Biaya Wisata: Mulai Rp 150.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ambeua Raya, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Pulau Hoga di Wakatobi menyimpan begitu banyak keindahan bawah laut. Sebab pulau ini berada di antara gugus kepulauan Tukang Besi, yang sudah terkenal dengan keanekaragaman terumbu karangnya. Pengunjung akan dibawa menuju surga dunia yang terletak di Sulawesi Tenggara. Hamparan pasir putih juga membuat pulau ini menjadi begitu spesial diantara para wisatawan.

Hal tersebut juga diperjelas karena pulau ini tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun oleh wisatawan mancanegara yang juga memiliki minat tinggi terhadap keindahan pulau.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Hoga

Daya Tarik Pulau Hoga
Image Credit: Instagram INFO BUTON

Pulau cantik ini terletak secara geografis di sebelah timur Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Memiliki kekayaan bawah laut yang begitu indah, membuat pulau ini menjadi incaran oleh banyak wisatawan.

1. Terumbu Karang yang Mempesona

Sebagai tempat yang berhasil menarik minat banyak wisatawan, tentu keindahan dari pulau ini tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab terumbu karang yang hidup begitu beragam.

Mulai dari terumbu karang berukuran kecil, hingga yang menjulang tinggi dapat pengunjung temui disini. Selain itu, Pulau Hoga juga memiliki banyak jenis ikan yang hidup diantara terumbu karang.

Pengunjung dapat memandang terumbu karang yang indah secara langsung. Bisa dengan cara berenang, dan juga menyelam.

2. Pasir Putih yang Indah

Sebab berada diantara gugus pulau yang berada di timur Indonesia, membuat pulau ini masih asri. Warga dan pemerintah lokal juga terus menjaga ekosistem agar tetap terjaga.

Itu dibuktikan dengan pasir putih yang mendesir menuju pantai. Bulir-bulir pasir putih adalah tanda bahwa daerah sekitar tetap bersih.

Vegetasi yang hidup di sekitar pantai juga membantu untuk menyaring kotoran. Sehingga membuat pasir di daerah ini sudah melewati beberapa filterisasi.

3. Memiliki Banyak Jenis Ikan

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Pulau Hoga adalah beragamnya jenis ikan yang hidup. Ikan-ikan tersebut dapat hidup dengan nyaman sebab didukung oleh keadaan sekitar.

Terumbu karang yang menjadi rumah bagi para ikan berhasil menarik berbagai jenis ikan untuk tinggal didalamnya. Juga karena ikan-ikan di daerah ini tidak diburu secara membabi buta.

Peran masyarakat yang sadar dengan pentingnya keanekaragaman hayati patut ditiru. Sebab hal itu bisa membuat pengunjung makin betah berlama-lama untuk tinggal di pulau ini.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Hoga
Image Credit: Google Maps Andrika P.

4. Nyiur yang Melambai

Daerah sekitar pulau memiliki nuansa menawan dengan pohon kelapa yang mengelilingi pulau. Hal tersebut bisa membuat siapapun merasa nyaman ketika berada dibawahnya.

Pengunjung tidak akan merasa bosan ketika berada di pulau ini. Sebab pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan nyiur yang melambai.

Bunyi gemericik ombak dan kibasan nyiur, akan membuat siapapun betah untuk tinggal. Lebih dari itu, pohon kelapa juga bisa pengunjung manfaatkan sebagai tempat berteduh dari terik mentari.

5. Keindahan Senja di Sore Hari

Seperti kebanyakan pantai, Pulau Hoga juga menyimpan keindahan sore hari. Pengunjung akan dibuat kagum oleh senja yang menyapa.

Bagaimana tidak, dengan letak pulau yang tepat. Pulau ini mampu memberikan tampilan senja secara jelas.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika mentari akan tertutup halangan seperti pulau lain. Sebab lepas pantai dari pulau ini terbentang luas hingga ke ujung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Hoga
Image Credit: Instagram like_buton

Untuk bisa sampai ke Pulau Hoga, pengunjung harus melakukan perjalanan udara hingga ke Sulawesi Utara. Lalu pengunjung bisa melanjutkan perjalanan lewat laut atau udara menuju ke bandara Wakatobi.

Setelah sampai ke Wakatobi, pengunjung bisa menyewa kapal dari warga lokal untuk menuju pulau Kaledupa. Kemudian pengunjung bisa kembali menaiki kapal laut lain menuju ke kawasan pulau.

Jarak perjalanan dari Kaledupa menuju Hoga relatif jauh. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, sebab pemandangan yang disajikan dalam perjalanan amatlah indah. Sesampainya pengunjung di Pulau Hoga, pengunjung bisa melakukan reservasi untuk penginapan. Atau membawa sendiri peralatan yang dimiliki pengunjung untuk menginap.

Untuk bisa menikmati segala keindahan yang ada di pulau Hago, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek untuk keperluan akomodasi dan penginapan.

Biaya perjalanan berbeda bagi setiap orang. Hal ini bisa terjadi karena pada bulan-bulan tertentu, pulau Hago Wakatobi akan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Maka dari itu pengunjung harus mengetahui tanggal yang baik untuk datang. Idealnya, bulan Januari hingga April adalah waktu yang senggang dan dapat pengunjung manfaatkan untuk berkunjung.

Sedang pada bulan-bulan diluar itu, biasanya wisatawan akan berbondong-bondong untuk datang. Entah untuk sekedar liburan, atau untuk melakukan aktivitas bawah laut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Hoga

Aktivitas di Pulau Hoga
Image Credit: Instagram محمد نورخالق دجرمو

1. Berenang di Laut

Sebagai salah satu pulau yang memiliki kekayaan biota laut terindah di dunia. Tentu akan sangat disayangkan apabila pengunjung tidak menikmati fasilitas tersebut.

Pengunjung bisa berenang di lepas pantai atau di daerah sekitar pantai untuk menghindari ombak yang tinggi. Pengunjung juga bisa menyewa pelampung dari penduduk lokal.

Air yang jernih serta garis pantai yang panjang, bisa membuat pengunjung betah untuk berenang. Juga karena ombak di daerah ini tidak begitu tinggi.

2. Menyelam dan Snorkeling

Karena terumbu karang yang ada di Pulau Hoga begitu terjaga keasriannya. Membuat pengunjung bisa menikmatinya secara langsung.

Pengunjung bisa membawa sendiri peralatan untuk menyelam. Atau bisa menyewa peralatan dari balai konservatif kelautan yang ada di pulau ini.

Keindahan terumbu karang yang ada di pulau ini tentu akan sayang untuk dilewatkan. Sebab kapan lagi pengunjung bisa melihat secara langsung kekayaan bawah laut jika tidak di pulau ini.

Aktivitas Menarik di Pulau Hoga
Image Credit: Instagram Siti Maryam

3. Menikmati Buah Kelapa Muda

Karena pohon kelapa di daerah ini bisa tumbuh bebas dan banyak bertebaran. Maka penduduk sekitar juga memanfaatkannya sebagai salah satu mata pencaharian.

Pengunjung bisa menikmati kesegaran air kepala muda langsung dari pohon. Penduduk akan memetiknya khusus untuk pengunjung.

Pengunjung juga bisa mengambilnya secara langsung. Dengan catatan pengunjung sudah mendapatkan izin dari si pemilik.

4. Memancing di Laut

Untuk bisa memancing di Pulau Hoga, pengunjung harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk membuat ikan yang hidup di daerah sekitar tidak tereksploitasi secara berlebihan.

Pengunjung bisa membawa sendiri peralatan mancing. Lalu ikut naik kapal penumpang, dan menikmati kegiatan memancing ikan di lepas pantai.

Pengunjung juga dapat memancing di daerah sekitar pantai. Berdiri di atas bangunan pembatas juga bisa menjadi hal yang istimewa.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau Hoga
Image Credit: Google Maps Fitria Purnamasari

1. Naya Matohara Resort

Penginapan yang satu ini memiliki banyak fasilitas untuk pengunjung nikmati. Salah satunya adalah sarapan pagi, Wi-FI dan parkir gratis, serta ruangan ber-AC. Selain itu, penginapan ini juga terhubung dengan banyak wahana wisata. Mulai dari goa air Kontalame, pantai Cemara, dan juga pantai Moli’i Sahatu.

Pengunjung akan mendapatkan fasilitas lain berupa kendaraan laut yang siap mengantarkan pengunjung berwisata ke tempat-tempat di sekitar pulau. Selain itu, tersedia pula fasilitas antar jemput bandara.

2. Hotel Mangrove Inn

Selanjutnya, ada hotel yang berada sangat dekat dari Pulau Hoga. Hotel ini memiliki banyak fasilitas seperti ruangan yang nyaman, Wi-Fi dan sarapan gratis, serta layanan pelanggan 24 jam. Hotel ini juga memiliki fasilitas lain berupa antar jemput. Pengunjung dapat menghubungi pihak hotel untuk bisa memperoleh fasilitas yang satu ini.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan dari sekitar hotel. Sebab hutan bakau yang berada di daerah sekitar hotel mampu membuat pengunjung untuk betah berlama-lama.

3. Wakatobi Patuno Hotel

Terdapat di dekat dermaga, tentu hotel ini bisa menjadi salah satu pilihan pengunjung untuk beristirahat. Sebab pengunjung tak perlu mencari hotel lain yang terletak jauh dari Pulau Hoga. Memiliki banyak fasilitas seperti ruangan nyaman ber-AC, antar jemput gratis bagi pengunjung yang sudah melakukan reservasi, dan juga sarapan gratis. Hotel ini sering dijadikan tujuan pengunjung untuk beristirahat.

Pemandangan dari sekitar hotel juga tidak main-main. Menghadap langsung ke arah pantai, tentu pengunjung bisa lebih menikmati waktu untuk beristirahat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pulau Hoga
Image Credit: Twitter Indonesian Trip

Sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentunya Pulau Hoga memiliki banyak fasilitas untuk pengunjung gunakan.

Fasilitas seperti kamar mandi umum, ban sebagai pelampung untuk berenang, peralatan menyelam, dan kapal penumpang tersedia disini. Pengunjung juga bisa menginap di rumah masyarakat lokal jika ingin berlama-lama di pulau ini.

Fasilitas lain yang dapat pengunjung gunakan adalah tempat ibadah yang tersebar di beberapa titik di pulau ini. Pengunjung bisa bertanya kepada warga sekitar apabila ingin melakukan kegiatan ibadah.

Begitulah segala hal yang ada di Pulau Hoga Wakatobi, dan juga keindahan yang tergambar secara jelas di surga dunia yang menjadi rumah bagi banyak biota laut ini. Fasilitas-fasilitas yang ada di pulau ini tentu dimaksudkan bagi pengunjung agar bisa lebih nyaman untuk tinggal dan berlama-lama berada di pulau.