Tempat Wisata Wakatobi

Temukan Tempat Wisata Menarik di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Objek Wisata Alam dan Bahari Terbaru, Kekinian, Terindah & Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Anugrah yang dimiliki oleh Indonesia memang sangat banyak. Mulai dari pulau-pulau yang indah, kekayaan alam yang melimpah, perkebunan yang subur dan banyak objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun internasional. Salah satu daerah yang memiliki objek wisata yang indah dan banyak pilihan adalah Sulawesi tepatnya di Wakatobi.

Berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi memiliki banyak selaki potensi yang dapat dikembangkan salah satunya adalah pariwisata. Selain memiliki kekayaan alam untuk keperluan hidup manusia daerah ini juga memiliki kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat yakni keindahan alam dan potensi wisatanya yang beraneka ragam.

Pariwisata di Wakatobi memang memiliki daya tarik yang mampu membuat wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Bagi seorang traveller tempat ini merupakan salah satu surganya untuk mencari tempat-tempat indah, tertarik untuk mengetahui apa saja keindahan yang dimiliki oleh Wakatobi?

1. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Twitter.com @lis_ririens

Terdapat pribahasa yang sangat unik di tempat ini yakni “ jika ingin ke pantai, cukup lompat dari dapur”. Hal tersebut menggambarkan bahwa daerah ini memang memiliki banyak sekali objek wisata pantai dengan keindahan yang sangat memukau. Keindahan pantai Cemara tidak kalah pamor dengan objek wisata pantai lainnya yang ada di Indonesia.

Destinasi wisata ini merupakan salah satu spot terbaik untuk berburu pemandangan sunset. Terletak di bagian ujung Wakatobi menjadikan tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah ketika matahari mulai terbenam. Warna matahari yang kuning kemerahan ikut terlukiskan pada air pantai yang bersih dan tenang membuat siapa saja yang melihatnya akan terkagum-kagum.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Waha, Sombu, Kec. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

2. Puncak Khayangan

Puncak Khayangan
Image Credit: Facebook.com @bintang.anjaya

Berada di Pulau Tomia menjadikan objek wisata ini sangat diminati oleh wisatawan. Buka karena letaknya namun karena pemandangan yang disajikan begitu mempesona. Sesuai dengan namanya yakni Puncak Kayangan tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau.

Destinasi wisata ini terkenal dengan keindahan matahari terbenam yang begitu memukau. Selain bisa menikmati keindahannya pada siang hari, namun pengunjung juga diperbolehkan untuk bermalam atau camping di tempat ini. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan malam dengan pemandangan bintang di langit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kahiyanga, Kec. Tomia, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

3. Goa Kontamale

Goa Kontamale
Image Credit: Google Maps (Edwin Iskandar Dinazar)

Daerah Wakatobi juga memiliki daya tarik lain dan tidak hanya pantai saja. Namun tempat ini juga memiliki memiliki gua-gua yang sangat estetik. Salah satu Gua yang paling terkenal dan populer di kalangan wisatawan adalah Goa Kontamale. Ekosistem pada goa ini didominasi oleh stalagnit pada dinding guanya.

BACA:  Pulau Labengki, Surga Bahari Andalan Sulawesi Tenggara

Tempat ini juga di kenal di beberapa kalangan wisatawan dengan nama Goa Telaga. Nama tersebut seolah memberikan isyarat bahwa goa tersebut memang memiliki air atau lebih tepatnya genangan air pada bibir goanya. Anda bisa menyusuri tempat ini serta menikmati suasana khas goa yang memiliki banyak hal menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Poros Wandoka, Pongo, Kec. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

4. Hutan Lindung Tindoi

Hutan Lindung Tindoi
Image Credit: Travelwakatobi.wordpress.com

Objek wisata ini berada pada salah satu daerah di Wakatobi tepatnya Pulau Wangi-Wangi. Nama dari destinasi ini adalah Hutan Lindung Tindoi terletak pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini merupakan Hutan Lindung yang sangat dijaga karena memiliki nilai mistis dan dianggap keramat oleh penduduk lokal.

Namun di nilai mistis yang dimiliki, hal lain yang menjadi daya tarik tempat ini adalah kekayaan hayati yang dimiliki begitu melimpah. Keanekaragaman hayati yang ada di tempat ini sangat khas dengan Hutan Hujan Tropis yang sangat mengagumkan. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tindoi Timur, Kec. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

5. Benteng Liya Togo

Benteng Liya Togo
Image Credit: Facebook.com @ardyawan.adryvj

Kekayaan pariwisata yang dimiliki oleh Wakatobi tidak hanya tentang keindahan alamnya saja. Di tempat ini juga terdapat objek wisata dengan nilai sejarah yang tinggi yakni Benteng Liya Togo. Meskipun berusia sudah tua Benteng ini masih mampu berdiri tegak dan kokoh sampai sekarang, bahan yang digunakan juga sangatlah unik.

Yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini adalah terdapat Masjid tertua yang ada di Indonesia Timur. Selain itu bahan yang digunakan dalam pembuatan Benteng ini sendiri menggunakan Batuan Karang yang direkatkan oleh putih telur. Menarik bukan ?, terdapat benteng yang berusia tua terbuat dari batu karang dan perekatnya bukan semen melainkan putih telur.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Liya Togo, Kec. Wangi-Wangi Selatan, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

6. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo
Image Credit: Twitter.com @ecosuntravel

Daerah Wakatobi juga memiliki objek wisata Air Terjun yang sangat dikenal oleh wisatawan. Terkadang objek wisata ini menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan ketika ingin mencari tempat berlibur saat di Wakatobi. Nama tempat ini adalah Air Terjun Moramo yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Yang menarik dari tempat ini adalah adanya tingkatan-tingkatan aliran air yang sangat unik. Hal tersebut membuat pemandangan yang ada di sini semakin indah. Selain itu juga yang membuat tempat ini menjadi salah satu Air Terjun terindah Indonesia, karena terdapat kolam-kolam alami yang berlandaskan batu granit yang indah.

BACA:  Pulau Bokori, Destinasi Bahari Nan Eksotis di Sulawesi Tenggara
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Sari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

7. Pantai Pulau Anano

Pantai Pulau Anano
Image Credit: Facebook.com @bintang.anjaya

Objek wisata menarik lainnya yang ada di Wakatobi adalah Pantai Pulau Anano. Tempat ini juga memiliki sebutan lain di kalangan wisatawan yakni Pulau Seribu Penyu, karena daerah ini merupakan lokasi koloni penyu hijau saat bertelur.

Selain bisa menikmati suasana pantai yang indah Anda juga bisa melihat pemandangan yang sangat menarik yakni proses bertelurnya penyu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

8. Danau Sombano

Danau Sombano
Image Credit: Google Maps (Andreas Hermanto)

Danau Sombano terletak pada pulau Kaledupa. Lokasi danau ini sendiri cukup unik yakni berada tepat di tengah-tengah Hutan Bakau. Namun keindahan lain yang menjadi daya tarik tempat ini adalah terdapat beranekaragam flora khas daerah tropis dan air danaunya sendiri sangatlah jernih. Wisatawan yang datang berkunjung diperbolehkan untuk berenang di tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sombano, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

9. Desa Kulati Pulau Tomia

Desa Kulati Pulau Tomia
Image Credit: Google Maps (Ilman Ilman)

Selain memiliki objek wisata alam dan wisata sejarah daerah ini juga memiliki objek wisata lain, yakni objek wisata budaya. Salah satu tempat yang terkenal karena suasana tradisional yang masih sangat kental adalah Desa Kulati Pulau Tomia.

Objek wisata ini terletak di pulau Tomia yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Pemandangan di tempat ini sangat indah dan berestetik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kulati Kec. Tomia Timur, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

10. Pemandian Alam Hendaopa

Pemandian Alam Hendaopa
Image Credit: Facebook.com @wakatobimultimedia

Salah satu pemandian Alam yang unik dan Indah juga terletak di daerah ini. Tempat ini berada di Desa Wawatimo tepatnya puncak Gunung Tomia.

Berada di ketinggian membuat objek wisata ini memiliki udara yang sangat segar, namun yang membuat tempat ini menarik adalah pintu masuknya berupa lubang biasa dan seolah-olah tidak ada apa-apa di baliknya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wawotimo, Puncak Gunung Tomia, Kab. Wakatobi, Sualwesi Tenggara.

11. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
Image Credit: Google Maps (Syamsuddin Adam)

Jika sedang mencari spot Foto lansekap, Anda wajib untuk datang ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan bentang alam dan hamparan gunung-gunung sampai hamparan hutan bakau ada di tempat ini. Selain itu di lokasi ini terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna yang menarik.

BACA:  25 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Paling Hits
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tatangge, Kec. Tinanggea, Kab. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

12. Pantai Pulau Hoga

Pantai Pulau Hoga
Image Credit: Twitter.com @blueconectivity

Keindahan pantai-pantai yang ada di Wakatobi memang sudah terkenal memiliki keindahan yang memukau. Jumlah pantai di tempat ini memang sangat banyak sekali, sehingga memberikan banyak pilihan bagi pengunjung. Salah satu pantai yang terkenal di tempat ini adalah Pantai Pulau Hoga dengan pasir putih dan terkenal sangat bersih.

Ketika sedang berada disini, Anda akan merasakan ketenangan serta dibuat kagum dengan pemandangan pantainya. Bagaimana tidak pantai dengan pasir putih serta ombak yang tenang dan ditambah hamparan pemandangan yang asri mampu membuat Anda lupa waktu. Tempat ini memang sangat cocok untuk melepas rasa penat dan lelah untuk Anda yang capek bekerja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ambeua Raya, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

13. Pulau Karang

Pulau Karang
Image Credit: Twitter.com @pegipegi

Tempat wisata yang unik lain di daerah ini adalah Pulau Karang. Keunikan dari tempat ini adalah sebagian besar permukaan tanahnya berupa karang, selain itu tempat ini juga dikenal sebagai daerah penghasil Parang terbesar di Wakatobi.

Banyak sekali hal yang dapat anda lakukan disini seperti menyelam, mendaki bukit dan berbagai hal liburan lainnya yang sangat menyenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tomia, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

14. Pantai Onemoba’a

Pantai Onemoba’a
Image Credit: Facebook.com @laeny.laode

Pantai Onemoba’a terletak di desa Lamanggau, kecamatan Tomia, Pulau Tomia. Ketika berkunjung disini Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Destinasi wisata ini memberikan pemandangan yang sangat asri dengan pohon kelapa di pinggirnya. Selain itu keindahan bawah laut tempat ini sangat memukau karena terdapat gugusan terumbu karang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamanggau, Kec. Tomia, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

15. Pantai Huntete

Pantai Huntete
Image Credit: Instagram.com @amalhermawan

Salah satu objek wisata dengan panjang pantai terluas di Wakatobi adalah Pantai Huntete. Tempat ini menyajikan pemandangan yang indah khas pantai lain yang ada di Wakatobi, namun memiliki keunikan sendiri.

Bentuk pantai ini sendiri melengkung dan terdapat lapangan yang cukup luas, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat bakar-bakar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kulati, Kec. Tomia Timur, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Bagaimana mulai tertarik mengunjungi Wakatobi? sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata hits yang belum disebutkan. Namun jika Anda ingin lebih tahu lagi apa saja keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh daerah ini, sebaiknya Anda langsung datang berlibur kesini.