15 Tempat Wisata di Cimahi Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Cimahi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Cimahi, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Cimahi, Jawa Barat. Objek Wisata Populer, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Pernahkah Anda berkunjung ke kota Cimahi? Cimahi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Cimahi memang bukan kota yang terbilang besar. Namun, ternyata banyak lokasi wisata yang tidak banyak orang tahu keberadaannya.

Ragam lokasi wisata yang ada di Cimahi mulai dari destinasi wisata alam seperti air terjun, situs-situs budaya, hingga tujuan wisata murah meriah di tengah kota. Jika Anda gemar berburu spot foto, maka bisa dipastikan Anda tidak akan kehabisan spot foto selama berkunjung ke kota ini.

Baik berkunjung bersama teman atau keluarga, rasanya sayang jika Anda melewatkan berbagai tempat wisata berikut selama berkunjung ke kota ini. Berikut 15 rekomendasi tempat wisata di Cimahi yang memukau bisa Anda pilih.

1. Curug Cimahi

Curug Cimahi

Image Credit: Tourbandung.com

Penamaan air terjun ini dengan nama Cimahi bukan dikarenakan lokasinya yang berada di Kota Cimahi, melainkan karena nama sungai ‘penyumbang’ aliran air terjun ini adalah Sungai Cimahi. Untuk mencapai lokasi air terjun dari gerbang masuk, Anda perlu menuruni tangga. Jumlahnya 500 lebih anak tangga.

Jika hari sedang cerah, dari sudut-sudut tertentu Anda bisa menyaksikan pelangi yang menyembul di kaki air terjun. Pihak pengelola pun juga menggantung lampu hias berwarna-warni yang menambah cantiknya air terjun tersebut. Pada kawasan Curug Cimahi ini pula terdapat kawanan monyet yang berhabitat di sana.

Lokasi: Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

2. Taman Alun-Alun Cimahi

Taman Alun-Alun Cimahi

Image Credit: Limawaktu.id

Ingin berwisata dengan harga tiket masuk yang murah meriah? Taman Alun-Alun Cimahi solusinya. Di Taman Alun-Alun Cimahi, tiket masuknya gratis.

Dengan banyaknya pohon-pohon peneduh di taman alun-alun ini, Anda bisa bersantai di alun-alun ini tanpa perlu kepanasan. Lokasinya yang berada tepat di tengah-tengah kota membuat akses menuju taman alun-alun menjadi lebih mudah.

Selain itu, seperti kebanyakan alun-alun kota lain, banyak penjaja jajanan yang bisa Anda cicipi jika berkunjung ke tempat ini. Taman alun-alun ini juga dilengkapi dengan fasilitas playground yang cocok bagi pengunjung yang membawa putra-putri mereka.

Lokasi: Jl.Raya Barat, Setiamanah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

3. Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp

Image Credit: Instagram.com @benny_heureuy

Menempati wilayah seluas 22 hektare, Ciwangun Indah Camp ini merupakan lokasi wisata rekreasi keluarga yang memiliki banyak aktivitas untuk dilakukan di dalamnya. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan outbond maupun camping.

Selain itu, ada juga Curug Tilu yang sebenarnya tidak terlalu besar, namun mampu membuat Anda yang berkunjung betah berlama-lama di air terjun ini. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, memang butuh usaha ekstra. Perjalanan melelahkan selama kurang lebih satu jam akan terbayarkan dengan melihat pemandangan air terjun.

BACA:  Curug Cigentis, Objek Wisata Alam Nan Eksotis di Karawang

Selain itu, sesuai namanya, lokasi ini menawarkan camping ground. Sehingga bagi Anda yang ingin melewatkan weekend di lokasi yang jauh dari kota, Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman Anda untuk berkemah di sini.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

4. Pasar Cimindi

Pasar Cimindi

Image Credit: Jabar.tribunnews.com

Siapa bilang pasar tidak boleh jadi destinasi wisata? Bagi Anda yang gemar berbelanja atau ingin icip-icip kuliner lokal, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pasar ini. Pasar ini cukup terkenal di kalangan wanita karena harga kerudung, dari yang bentuknya segiempat sampai pasmina, serta kain meteran yang dibanderol dengan harga murah.

Berburu pernak-pernik lokal pun bisa Anda lakukan di pasar ini. Dengan standar harga pasar, tentunya harganya akan lebih miring daripada harga di toko oleh-oleh. Nilai lebihnya, Anda bisa menawar harga untuk mendapatkan harga yang lebih bersaing lagi.

Jika Anda penggemar fotografi, terlebih untuk kategori portrait dan human interest, Anda bisa berburu foto sepuasnya di pasar ini. Rekam ragam aktivitas di pasar dengan kamera Anda, dari aktivitas jual beli hingga potret para pedagang di pasar.

Lokasi: Jl. Mahar Martanegara, Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

5. Taman Kartini

Taman Karitini

Image Credit: Ayobandung.com

Taman Kartini adalah ruang terbuka hijau lain yang ada di Kota Cimahi. Tak jauh berbeda dari Taman Alun-Alun Cimahi, taman ini juga menawarkan fasilitas rekreasi murah meriah di tengah kota.

Sempat diabaikan karena kesan angkernya, saat ini animo kunjungan masyarakat Cimahi ke taman ini sudah meningkat pasca revitalisasi yang dilakukan pemerintah pada tahun 2015.

Terlebih pada hari Sabtu atau Minggu, kawasan Taman Kartini ini akan ramai dengan pengunjung. Pengunjung yang mengajak serta putra-putri mereka seringkali berada di sekitar lokasi playground kecil. Saat bulan Ramadan, banyak juga warga yang sengaja ke sini untuk menghabiskan waktu sebelum buka puasa alias ngabuburit.

Lokasi: Jl. Baros, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

6. Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi

Image Credit: Instagram.com/mynameisirma93

Diresmikan pada tahun 2009, pada awalnya AWC hanya dibangun untuk mengutamakan wisata kulinernya. Kuliner yang ditawarkan adalah kuliner Sunda, kuliner Chinese, dan sajian modern.

Lambat laun, kawasan wisata ini dikembangkan menjadi kawasan wisata all in one yang memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Sebut saja wahana outbond, jembatan gantung, taman bermain anak, ATV, hingga berkuda dan pemancingan.

Dengan kawasan yang asri dan banyak fasilitas, tentunya menghabiskan waktu untuk berwisata di Alam Wisata Cimahi ini akan menyenangkan, terlebih jika Anda berkunjung bersama orang terkasih Anda.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

BACA:  9 Wisata Museum di Bogor yang Paling Favorit Dikunjungi

7. Kampung Adat Cireundeu

Kampung Adat Cireundeu

Image Credit: Infobdg.com

Berlokasi di pinggiran Kota Cimahi, yaitu di Kelurahan Leuwigajah, Kampung Adat Cireundeu ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat bagaimana kehidupan masyarakat Sunda di kota Cimahi.

Berbeda dengan masyarakat Pulau Jawa yang notabene bergantung pada beras sebagai makanan pokok, di Kampung Adat Cireundeu ini Anda akan menemui para wanita yang membuat rasi (beras singkong) dari olahan singkong. Tentunya mereka melakukan ini karena aturan adat.

Di kampung ini, selain belajar mengenai budaya yang diterapkan oleh warga setempat, Anda juga bisa berkunjung ke kawasan hutan lindung Leuweung Larangan dan Leuweung Tutupan. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan kebun palawija warga yang hasil panennya menjadi suplai makanan warga setempat.

Lokasi: Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

8. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug

Image Credit: Tourbandung.id

Selain Curug Cimahi, ada pula Curug Bugbrug. Walau tidak setinggi Curug Cimahi, Curug ini juga menjadi salah satu destinasi pilihan di Kota Cimahi. Lokasinya tidak jauh dari Ciwangun Indah Camp maupun Curug Cimahi.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan penat setelah seminggu beraktivitas, cocok sekali jika Anda berkunjung ke Curug Bugbrug ini. Lanskap hijau yang berpadu dengan keindahan air terjun membuat penat seakan hilang semua. Anda yang gemar memotret landscape pun bakal memiliki banyak spot foto untuk diabadikan.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

9. Masjid Al-Baakhirah

Masjid Al-Baakhirah

Image Credit: Anugerahkubah.com

Bagi Anda pelancong yang beragama Islam bisa mengunjungi masjid yang bentuknya unik ini. Berlokasi di daerah Baros, tengah Kota Cimahi, Masjid Al-Baakhirah ini memiliki bentuk layaknya perahu, terinspirasi dari kisah Nabi Nuh.

Walaupun lokasinya tidak begitu luas, kehadiran masjid dengan bentuk bangunan yang unik ini tetap menarik perhatian pengunjung baik dari dalam kota maupun dari luar kota. Bahkan beberapa sekolah berencana untuk mengunjungi masjid yang kini sudah digunakan rutin untuk berbagai kegiatan keagamaan.

Lokasi: Jl. Bapa Ampi, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimah.

10. Danau Wakadobol

Danau Wakadobol

Image Credit: Ridwanderful.com

Danau ini merupakan danau bekas galian batu dan pasir yang ­masuk dalam kategori danau tadah hujan. Artinya, sumber air danau ini berasal dari air hujan. Dengan warna air yang hijau dan dilengkapi dengan tebing yang menjulang mengelilingi danau, danau ini ternyata mampu memikat cukup banyak pengunjung.

Wakadobol sendiri ternyata bukan nama asli dari lokasi ini. Dulu, danau ini disebut Gunung Sumur Bandung. Akan tetapi, seiring meningkatnya kunjungan kawula muda ke danau ini, mereka sering menyebut danau ini sebagai Danau Wakadobol. Wakadobol sendiri berarti gunung yang hampir roboh.

Lokasi: Giriasih, Kec. Batujajar, Kab. Bandung Barat.

11. Wisata Paku Haji Cimahi

Wisata Paku Haji Cimahi

Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Terletak sekitar 9 km di barat laut Kota Cimahi, Wisata Paku Haji Cimahi menyediakan lokasi wisata dengan biaya masuk terjangkau. Ada beragam wahana yang bisa dicoba di sini. Namun wahana-wahana tersebut dikenakan biaya yang belum termasuk ke dalam biaya masuk sebesar Rp20.000/orang.

BACA:  Batu Apung Alam Hijau, Destinasi Wisata Edukasi di Purwakarta

Selain banyaknya pohon peneduh yang ditanam di lokasi ini, Anda juga dapat melihat koleksi burung yang dirawat dengan baik di tempat ini. Pun jika Anda pencinta petualangan, coba wahana ATV yang tersedia juga di lokasi ini.

Daya pikat lain dari Wisata Paku Haji ini adalah pilihan spot foto serta nasi liwet Sunda dengan cita rasa yang tak terbandingkan. Tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

Lokasi: Jl. Haji Gofur, Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat.

12. Jendela Alam

Jendela Alam

Image Credit: Liburananak.com

Walau lokasi ini lebih dekat ke Lembang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi lokasi ini bersama keluarga Anda. Lokasi ini sangat cocok untuk mereka yang ingin field trip juga.

Di Jendela Alam, Anda bisa berkunjung sambil mendekatkan diri dengan alam. Anda dapat mengunjungi area tanaman obat, memanen tomat ceri, atau mengunjungi kandang-kandang hewan yang dirawat di sana.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

13. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung

Image Credit: Hargatiket.net

Tidak jauh dari Curug Cimahi, Anda bisa berkunjung ke Taman Bunga Cihideung. Jaraknya hanya sekitar 2 km. Taman ini merupakan tempat pembudidayaan bunga yang terbesar seantero provinsi Jawa Barat. Jadi, taman ini bukan sekadar menjadi objek wisata saja.

Dengan penataan yang cantik, rasanya sayang jika tempat wisata ini terlewatkan saat berkunjung ke Cimahi. Anda juga dapat membeli souvenir di sini, atau membeli bunga untuk menjadi hiasan rumah Anda.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

14. Curug Malela

Curug Malela

Image Credit: Pegipegi.com

Lokasi wisata ini memang terletak jauh dari Kota Cimahi. Namun, meskipun ditempuh dengan jarak yang jauh dan melalui medan yang cukup sulit, Curug Malela mampu memberikan pemandangan yang luar biasa.

Air terjun Malela sendiri seringkali disebut sebagai The Little Niagara. Bukan tanpa alasan, tentunya. Air terjun ini memiliki lebar yang hampir sama dengan tingginya. Sehingga mirip dengan air terjun Niagara yang berada di Benua Amerika itu.

Lokasi: Desa Cicadas, Manglid,  Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat.

15. All About Strawberry

All About Strawberry

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Seperti yang tersirat dari namanya, pengunjung bisa ‘mengenal’ stroberi di lokasi ini. Anda juga bisa memanen stroberi, namun tentunya dengan membayar sejumlah uang. Pastikan untuk datang pagi karena jika sudah siang, stok stroberi sudah habis dipanen para pengunjung yang datang lebih awal.

Tak hanya itu, wahana flying fox dan kolam renang juga tersedia di tempat ini. Pengunjung juga mendapatkan welcome drink berupa jus strawberry ketika datang ke lokasi wisata ini.

Lokasi: Jl. Cihanjuang, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Itulah tadi 15 lokasi wisata di Cimahi yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur bersama orang tercinta. Meski termasuk kota kecil, bukan berarti Cimahi tak memiliki lokasi wisata menarik. Yuk, segera meluncur ke Cimahi!