10 Oleh-Oleh Khas Kediri Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Kediri

Berwisata atau mengunjungi suatu tempat tidak akan lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh yang identik dengan daerah tersebut. Oleh-oleh tersebut bisa berupa cindera mata, makanan ringan, camilan, dan sebagainya.

Kediri merupakan salah satu tempat di Jawa Timur yang menjadi destinasi wisata tujuan para pengunjung lokal maupun luar daerah. Selain kaya akan tempat wisata, Kediri juga memiliki beraneka oleh-oleh khas yang tidak akan ditemukan di daerah lain.

Masing-masing daerah mempunyai oleh-oleh khas yang berbeda. Termasuk Kediri, ada banyak oleh-oleh khas yang wajib Anda coba dan bawa pulang. Berikut rekomendasi 10 oleh-oleh ciri khas Kediri yang banyak diburu wisatawan.

1. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Image Credit by Ekokepet.com

Kediri terkenal dengan gethuk pisangnya yang memiliki rasa manis legit serta sedikit masam. Gethuk pisang Kediri terbuat dari bahan dasar pisang yang diolah sedemikian rupa sehingga bentuknya padat dan memiliki warna sedikit kecoklatan.

Gethuk pisang Kediri akan menimbulkan cita rasa unik bagi yang pertama kali mencobanya. Makanan ini disajikan dengan kemasan daun pisang digulung menyerupai lontong. Perpaduan legit dan asam yang pas akan membuat Anda ingin mencobanya lagi.

2. Tahu Takwa

Tahu Takwa

Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Tahu takwa adalah sebutan untuk tahu berwarna kuning yang khas Kediri. Berbeda dengan tahu pada umumnya, tahu takwa mempunyai struktur yang lebih padat. Namun saat digoreng akan sangat krispi dan gurih bagian luarnya.

Tahu takwa sebagai oleh-oleh tersedia dalam 2 varian yaitu tahu takwa matang maupun yang masih mentah. Jika Anda berasal dari daerah yang lumayan jauh dari Kediri bisa membeli tahu takwa mentah dalam kemasan kotak karena bertahan lebih lama

3. Tahu Pong

Tahu Pong

Image Credit by Instagram.com @e_ndro

Selain tahu takwa, Kediri juga mempunyai tahu pong sebagai oleh-oleh khas yang unik. Tahu ini kosong melompong pada bagian tengahnya. Biasanya digoreng kemudian disajikan bersama sambal petis ataupun cabe rawit.

Bagi Anda pecinta tahu wajib mencoba makanan ini. Rasasanya yang gurih, asin, dan sedikit crispy sangat cocok dijadikan oleh-oleh usai berkunjung ke Kediri. Anda bisa mendatangi gerai tahu pong terdekat di Kediri jika berminat membelinya.

4. Keripik Bekicot

Keripik Bekicot

Image Credit by Wisatajawatimur.xyz

Siapa bilang bekicot yang tampak menjijikkan bisa diolah menjadi camilan khas Kediri yang lezat. Keripik bekicot cukup populer di Kediri dan sering dijadikan oleh-oleh karena keunikannya.

Keripik bekicot bahan dasarnya berupa bekicot yang diolah secara higienis dan bersih. Memiliki rasa gurih, asin, dan sedikit manis yang nikmat disantap sebagai camilan. Keripik ini cocok dijadikan oleh-oleh karena kemasannya yang praktis.

5. Stik Tahu

Stik Tahu

Image Credit by Flickr.com @1sty

Kediri kaya akan kuliner dari olahan tahu. Stik tahu ini terbuat dari bahan dasar tahu yang diolah melalui proses penggorengan. Stik tahu berbentuk pipih segi panjang, dan mempunyai rasa asin, gurih, serta renyah yang khas.

Stik tahu sangat cocok dijadikan camilan untuk bersantai. Biasanya dinikmati dengan sambal pedas atau saus colek untuk semakin menambah cita rasanya.

6. Coklat Tempe

Coklat Tempe

Image Credit by Bukalapak.com

Bagi Anda yang mengunjungi Kediri wajib mencoba Coklat Tempe yang unik ini. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari tempe yang diolah bersamaan dengan cokelat.

Secara singkat proses pembuatannya ialah tempe diiris hingga tipis, kemudian diolah menyerupai keripik. Jika sudah, tempe dibaluri topping cokelat yang memiliki rasa manis. Jadi sajiian akhirnya akan terasa perpaduan gurih dengan manis yang lezat.

7. Sate Emprit

Sate Emprit

Image Credit by Gotravelly.com

Emprit merupakan salah satu jenis burung yang jika diolah secara tepat bisa menjadi kuliner spesial. Di Kediri terdapat hasil olahan emprit berupa sate, yang dagingnya mempunyai tekstur empuk serta tidak lengket saat dibakar.

Warna sate emprit kecoklatan dengan cita rasa lezat tiada duanya. Selain itu aroma harum sate emprit ini cukup kuat meskipun tidak berbau amis.

8. Carang Mas

Carang Mas

Image Credit by Putratravel.net

Carang mas merupakan salah satu oleh-oleh khas Kediri yang terbuat dari bahan dasar ubi jalar. Di daerah lain mungkin juga terdapat camilan sejenis, tapi carang mas Kediri ini memiliki rasa manis dan lengket yang unik.

Warna carang mas kecokelatan dengan satu bagian ke bagian lainnya saling menempel. Saat dikunyah akan muncul rasa gurih dan sedikit crispy meskipun rasa dominannya adalah manis.

9. Sambal Pecel

Sambal Pecel

Image Credit by Sambalpecelaslikediri.blogspot.com

Kediri juga terkenal dengan pecelnya yang mempunyai rasa lezat dan ikonik tidak bisa ditemukan di tempat lain, walaupun pecel lumayan mudah ditemukan di berbagai daerah.

Sambal pecel Kediri terbuat dari kacang yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu dan cabai sehingga memberi rasa pedas yang menggugah selera. Pecel Kediri sendiri biasanya dihidangkan dengan kemasan daun pisang yang disebut juga pecel pincuk.

10. Sambal Tumpang

Sambal Tumpang

Image Credit by Panglimatomat.blogspot.com

Sambal tumpang terbuat dari bahan dasar tempe. Biasanya sambal tumpang disajikan bersamaan dengan pecel Kediri meskipun sebenarnya kedua kuliner ini berbeda.

Rasa sambal tumpang biasanya cukup segar namun menyegarkan. Jika ingin membawa sambal tumpang sebagai oleh-oleh alangkah lebih baik jika Anda membeli yang tersegel dalam kemasan sehingga lebih awet untuk perjalanan jauh sekalipun.

5 Tempat Membeli Oleh-Oleh Khas Kediri

1. Tahu dan Takwa Bahkacung

Tahu dan Takwa Bahkacung

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.59, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Jatimplus.id

Tempat untuk membeli tahu takwa yang sangat populer di Kediri adalah Toko Tahu dan Takwa Bahkacung. Tempat ini menjual tahu takwa baik yang sudah diolah maupun yang masih dalam bahan mentah.

Toko ini buka dari pagi sekitar pukul 07.00 hingga sore hari. Anda bisa membeli berbagai macam olahan tahu yang dijual dengan harga terjangkau.

2. Gethuk Pisang Madusari

Gethuk Pisang Madusari

Lokasi: Jl. Ngadisimo Utara I No.27, Ngadirejo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Travelingyuk.com

Ada banyak sentra oleh-oleh yang menjual gethuk pisang khas Kediri, salah satunya Toko Madusari.

Tempat ini menjual beraneka macam camilan oleh-oleh khas Kediri, termasuk gethuk pisang yang banyak dicari wisatawan.

3. Pusat Oleh-Oleh Kediri 99

Pusat Oleh-Oleh Kediri 99

Lokasi: Jl. Tinalan 4 Barat No, 5, Tinalan, Kec. Pesantren, Kota Kediri. – Image Credit by Pusatoleholehkhaskediri99.business.site

Pusat oleh-oleh ini cukup terkenal di Kediri karena menyediakan beraneka macam oleh-oleh dengan harga terjangkau. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, namun sangat lengkap.

Anda bisa mengunjungi toko ini jika ingin membeli camilan khas seperti stik tahu, cokelat tempe, gethuk pisang, dan sebagainya.

4. Pusat Oleh-Oleh Kediri GTT

Pusat Oleh-Oleh Kediri GTT

Lokasi: Jl. Pamenang No.1, Besok, Toyoresmi, Kec. Ngasem, Kab. Kediri. – Image Credit by Ironmakmur.blogspot.com

Pusat oleh-oleh ini telah mempunyai rating di Google sebesar 4.2 dan patut direkomendasikan sebagai tempat berburu oleh-oleh khas Kediri. Dengan mengusung konsep café dan wisata belanja, tempat ini wajib Anda kunjungi jika berada di Kediri.

Ada banyak pilihan oleh-oleh yang dijual dengan harga bervariasi, seperti aneka olahan tahu, keripik, dan camilan lainnya.

5. Sintha Tahu

Sintha Tahu

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.138, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Facebook.com (Shintasarikedelai)

Sinta Tahu merupakan tempat membeli oleh-oleh yang cukup lengkap menyediakan berbagai camilan dan makanan khas Kediri. Yang paling terkenal tentu berbagai olahan tahunya, serta ada juga berbagai jenis gethuk pisang.

Pelayanannya yang ramah menjadi poin plus yang ditawarkan toko ini sehingga Anda akan merasa nyaman saat berbelanja oleh-oleh.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Kediri beserta tempat untuk membelinya yang bisa Anda jadikan referensi jika berkunjung ke Kediri. Sebagian besar pusat oleh-oleh berada di daerah kota sehingga mudah untuk dijangkau.