Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang salah satu jembatan unik peninggalan BJ Habibie di Batam, Kepulauan Riau. Jembatan ikonik penghubung pulau-pulau di Batam yang menyuguhkan pemandangan alam yang memesona dan menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Trans Barelang, Sembulang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Tidak hanya memiliki wisata kuliner yang rasanya enak, Batam juga memiliki sebuah ikon yang megah dan mempesona. Ikon megah ini bernama Jembatan Barelang. Enam buah jembatan yang terbentang megah ini memiliki panjang sekitar 642 meter yang didalamnya terdapat sejarah yang cukup menarik. Jembatan ini memiliki berbagai macam versi penamaannya.

Seperti contohnya nama Barelang, nama ini dibuat karena singkatan 3 pulau yang terhubung dengan jembatan ini yaitu Batam, Rempang, dan juga Galang. Walaupun jembatan ini memiliki nama dari singkatan 3 pulau yang berbeda, tetapi banyak juga yang menyebut jembatan ini dengan nama Jembatan Habibie. Karena di masa pemerintahan B.J.Habibie lah jembatan ini mulai dibangun.

Dahulu disaat pembangunan jembatan ini, mendiang B.J.Habibie melibatkan sekitar ratusan insinyur anak bangsa dan beliau tidak melibatkan satu pun seorang tenaga asing. Jembatan ini terdiri dari 6 bagian jembatan yang masing-masing memiliki nama. Jembatan ini dibuat kurang lebih selama 6 tahun, yakin mulai dari tahun 1992 sampai tahun 1998.

Daya Tarik yang Dimiliki Jembatan Barelang

Daya Tarik Jembatan Barelang
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Saat ini Kota Batam sedang gencar gencarnya memperindah kotanya untuk bisa menarik perhatian para wisatawan supaya mau berkunjung ke Batam. Oleh karena itu, pemerintah pusat saat ini membantu untuk mempercantik dan memperindah kota Batam. Berikut ini adalah daya tarik yang dimiliki oleh jembatan ikon Kota Batam.

1. Jembatan Barelang Memiliki 6 Jembatan

Jembatan yang memiliki panjang sebesar 2.264 meter tersebut terdiri atas rangkaian jembatan yang berjumlah 6 dan diberi nama atas raja raja yang pernah memiliki kuasa di jaman kerajaan Melayu Riau yaitu di abad 15-18 Masehi. Di jembatan yang pertama terdapat jembatan yang indah mirip dengan Golden gate di San Fransisco, USA.

Yang pertama adalah jembatan Tengku Fisabilillah yang merupakan jembatan paling dikenal di masyarakat, yang kedua bernama jembatan Narasinga yang sejatinya jembatan ini menghubungkan Pulau Nipah dan Tonton, yang ketiga Jembatan Ali Haji, yang keempat Jembatan Sultan Zainal Abidini, yang kelima Jembatan Tuanku Tambusai, dan yang terakhir Jembatan Raja Kecil.

Sejatinya semua jembatan itu memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat untuk mempermudah Anda menuju ke pulau lain. Jembatan ini memiliki panjang dan lebar berbeda beda. Karena jarak dari satu pulau ke pulau lain juga berbeda beda.

BACA:  35 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

2. Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Perlu Anda ketahui, jembatan ini dulunya dibangun oleh Presiden ke-3 Indonesia yaitu Bapak B.J.Habibie. Pembangunan jembatan ini dilakukan saat beliau belum menjadi presiden Indonesia, beliau saat itu masih menjadi Menteri Riset dan Teknologi pada tahun 1992 dan pembangunannya selesai di tahun 1998.

Tujuan dibangun jembatan ini sebagai fasilitas umum supaya bisa memudahkan akomodasi dan meningkatkan aktivitas ekonomi sehingga tempat otonomi untuk daerah daerah industri di Kepulauan Riau ini semakin besar pertumbuhan ekonominya. Sehingga bisa menjadi pemerataan ekonomi di Indonesia.

Daya Tarik dari Jembatan Barelang
Image Credit: Twitter.com @ditjen_imigrasi

3. Lampu Hias di Malam Hari

Pemerintah Kota Batam sengaja memasang berbagai macam lampu hias di jembatan ini. Sehingga pada saat malam hari, jembatan ini terlihat lebih cantik dan meriah. Namun lampu hias yang cantik ini hanya ada di Jembatan 1 Balerang saja karena jembatan 1 inilah yang paling dikenal oleh para wisatawan atau masyarakat sekitar.

Selain hanya mempercantik jembatan menggunakan lampu hias, pemerintah juga membenahi dan memperindah taman taman di sekitar jembatan. Penataan di lokasi ini dilakukan supaya dapat menarik para perhatian wisatawan supaya berkunjung ke tempat ini. Namun tujuan utamanya adalah untuk memajukan wisata Kota Batam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jembatan Barelang

Alamat Jembatan Barelang
Image Credit: Twitter.com @indonesiagaruda

Lokasi Jembatan Barelang ini terletak di pinggiran Kota Batam tepatnya berada di JL. Trans Barelang, Kelurahan Pulau Sekotok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Jembatan ini dekat dengan beberapa pemberhentian kendaraan umum seperti dekat dengan Bandara Hang Nadim, Terminal Batu AJi dan juga dekat dengan Pelabuhan Telaga Punggur.

Untuk bisa menuju lokasi jembatan ini direkomendasikan untuk menaiki kendaraan pribadi. Karena apabila Anda menggunakan kendaraan umum, tempat ini rasanya agak sulit untuk Anda jangkau. Bila Anda terpaksa menggunakan kendaraan umum seperti bis TransBatam, Anda harus naik turun dan beberapa kali harus ganti bis untuk bisa sampai ke tempat ini.

Apabila Anda sedang berada di pusat Kota Batam, letak jembatan ini lumayan jauh dari pusat Kota Batam. Letak jembatan ini kurang lebih sekitar 20 KM dari pusat Kota Batam. Diperlukan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan untuk menuju jembatan megah dan penuh menyimpan sejarah ini. Dan saat sampai di jembatan ini, Anda akan disambut dengan kemegahan dan keindahan alamnya.

Pada umumnya apabila Anda ingin masuk ke sebuah tempat wisata yang penuh akan nuansa indah dan sejarah, Anda pasti akan membayar tiket untuk bisa masuk. Namun, di jembatan ini Anda tidak dikenakan tarif sepeser pun atau bisa dibilang gratis tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk membeli jajanan atau oleh oleh yang dijual di sekitar jembatan

BACA:  Pantai Marina Batam, Objek Wisata Pantai yang Kaya Pesona

Apabila Anda ingin mengunjungi Jembatan Barelang, Anda bisa datang kapanpun Anda sempat dan Anda mau. Karena di tempat wisata ini tidak diberlakukan jam tutup dan jam buka. Anda bisa menikmati keindahan objek ini dari pagi, siang, ataupun malam hari. Jadi Anda tidak perlu menunggu hari libur kerja atau libur sekolah untuk bisa menyambangi salah satu destinasi wisata ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Jembatan Barelang

Aktivitas di Jembatan Barelang
Image Credit: Google Maps (Eri Metria)

1. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam yang disuguhkan oleh tempat ini tidak perlu Anda pertanyakan lagi. Panorama jembatan yang megah dan indah dengan diiringi keindahan panorama laut yang masih terjaga ekosistem didalam lautnya. Membuat para wisatawan pastinya akan betah apabila berlama-lama di tempat ini.

Panorama cantik ini bisa Anda lihat dan nikmati dari sisi dan sudut manapun yang Anda inginkan. Namun dari semua sisi dan sudut yang Anda pilih, yang paling indah dan berkesan adalah saat Anda menaiki kapal kayu dan dibawa berkeliling mengelilingi jembatan melewati laut dibawahnya. Karena dari sudut inilah Anda dapat melihat kemegahan jembatan ini.

2. Menikmati Sunset

Taman Dendang Melayu merupakan salah satu spot favorit para wisatawan yang sedang ingin menikmati sunset di Jembatan Barelang. Taman ini terletak di jembatan 1. Bahkan banyak sekali para orang orang tua dan anak muda membawa serta keluarga tercinta mereka untuk bersama sama menikmati indahnya sunset dari tempat ini.

Selain hanya sunset, Anda juga bisa menyaksikan sunrise di tempat ini yang pastinya tidak kalah cantik ketika Anda melihat sunset. Sembari olahraga di taman untuk menghilangkan rasa suntuk dan bosan ditambah dengan melihat sunrise yang indah nan cantik, membuat pikiran Anda segar kembali saat akan kembali ke rutinitas sehari hari.

3. Berkeliling Menaiki Kapal Kayu

Ini merupakan salah satu wahana yang paling digemari para wisatawan baik lokal maupun wisatawan internasional yang datang. Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini dengan naik kapal kayu, Anda hanya perlu membayar biaya sekitar 30.000 rupiah saja. Nantinya Anda akan diajak mengelilingi laut dibawah jembatan.

Aktivitas Jembatan Barelang
Image Credit: Twitter.com @dedy_ira_wan

4. Berwisata Kuliner

Setelah Anda seharian berwisata di Jembatan Barelang, tidak ada salahnya ketika Anda lapar kemudian Anda mencoba kuliner khas Kota Batam. Kuliner khas dari kota ini sangat terkenal di kalangan para pelancong, yaitu nama makanannya ialah sup ikan. Sup ikan ini dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri, ditambah dengan bumbu bumbu yang sangat sedap.

Ikan tenggiri didalam sup ikan ini disajikan dengan tekstur yang sangat lembut dan rasanya yang enak. Tak heran jika banyak para wisatawan yang setelah seharian menjelajahi keindahan jembatan, berburu makanan sup ikan ini. Maka dari itu sulit bila Anda melupakan Kota Batam, Karena memiliki makanan yang enak dan tempat wisata yang indah.

BACA:  22 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

5. Hunting Foto

Pemandangan indah yang tersaji di Jembatan Barelang ini bisa Anda jadikan sebagai objek untuk Anda abadikan dalam foto. Anda bisa berfoto disini berlatar belakang jembatan yang sangat megah dan juga didampingi dengan air laut yang jernih dan masih asri. Pemandangan luar biasa ini sayang jika Anda tidak mengabadikan dalam setiap momen berlibur anda.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, tempat ini juga cocok Anda gunakan sebagai sarana objek anda. Karena di tempat ini juga tidak sedikit orang yang melaksanakan foto para-wedding, foto álbum, atau bahkan yang hanya dipamerkan ke sosial media. Tidak heran jika banyak sekali orang mengambil foto di tempat yang indah ini.

6. Snorkeling

Apabila Anda ingin snorkeling di air laut bawah jembatan, Anda harus membawa peralatan sendiri karena di tempat ini tidak disediakan atau disewakan alat untuk snorkeling. Walaupun tempat ini bukan spot untuk snorkeling, tetapi air laut disini masih sangat jernih sehingga tidak heran bahwa ada wisatawan yang ingin menjelajahi kehidupan bawah laut disini.

Saat para wisatawan snorkeling disini, mereka juga tidak lupa untuk mengambil beberapa foto keunikan biota laut di tempat ini yang masih sangat terawat dan terjaga.

Fasilitas yang Tersedia di Jembatan Barelang Batam

Fasilitas Jembatan Barelang
Image Credit: Google Maps (Marhaban Batam)

Fasilitas yang tersedia di tempat ini sebagai penunjang kenyamanan para wisatawan saat berkunjung bisa dibilang cukup lengkap. Bila Anda ingin jalan jalan di bawah Jembatan Barelang, Anda bisa menyewa kapal kayu yang harganya cukup terjangkau. Selain itu, di kapal ini Anda bisa melihat sekeliling jembatan dengan hamparan pulau pulau kecil di sekitarnya. Dan juga dijamin keamanan Anda saat naik kapal.

Tidak hanya itu, para wisatawan disini juga bisa melihat panorama Barelang secara full apabila Anda melihat dari pantai Dendang Melayu. Karena di pantai ini juga tersedia beberapa fasilitas penunjang yang lengkap seperti bangku-bangku yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai, warung makan, toilet, kamar mandi, serta juga ada banyak sekali gazebo yang bisa dibilang cukup luas yang disediakan di pantai Dendang Melayu ini.

Nah, itu tadi merupakan gambaran singkat tentang salah satu destinasi wisata ikonik di Kota Batam yaitu Jembatan Barelang. Tempat wisata yang murah dan edukatif ini bisa Anda kunjungi bersama keluarga, anak, kekasih, atau bahkan keluarga anda.