Mengintip Keindahan Telaga Biru Situ Cicerem di Kuningan

Situ Cicerem Kuningan

Lokasi: Jl. Kaduela, Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.
MapCek Lokasi

Menghabiskan waktu luang belum lengkap kalau belum ke tempat wisata. Apalagi destinasi wisata yang dikunjungi menampilkan panorama alam yang mengesankan. Hal itu tentu akan membuat Anda betah berlama-lama. Mengunjungi destinasi wisata alam dipercaya ampuh menghilangkan penat atau stres.

Bagi Anda yang sedang berada di Kuningan, jangan lewatkan waktu untuk mampir berliburan. Kota Kuningan tak kalah menarik dibanding kota lain di Jawa Barat soal segi pariwisata. Pesona alam destinasi wisata alam di sini juga dikenal sangat alam dan menyegarkan.

Di Kuningan, ada beragam tempat indah yang dapat Anda jelajah. Meski tidak terlalu besar, kota ini menawarkan pesona alam yang lain dari pada yang lain. Salah satu destinasi wisata alam yang paling banyak menarik perhatian yakni Situ Cicerem. Informasi selengkapnya ada di bawah ini.

Sekilas Tentang Wisata Situ Cicerem di Kuningan

Sekilas Tentang Wisata Situ Cicerem di Kuningan

Image Credit: Jalancerita.com

Situ Cicerem merupakan destinasi wisata populer di Kuningan. Destinasi ini begitu populer sampai-sampai selalu dipadati pengunjung terutama di hari libur. Anda dapat mengajak keluarga maupun rekan bersantai bersama rekan sembari melihat panorama alam yang begitu memukau. Berada di Situ Cicerem akan membuat pengunjung betah serta enggan meninggalkan lokasi cepat-cepat.

Lokasi wisata sangat strategis mengingat tidak terlalu jauh dari jalan rasa. Telaga alami yang berada di kaki Gunung Ciremai ini lebih mengutamakan konsep kealamian dan keindahan suatu tempat. Terlihat di area lokasi masih banyak pepohonan rindang dan juga air jernih berwarna biru yang memanjakan mata.

Jika banyak telaga lain umumnya berwarna keruh dan cokelat, beda dengan Situ Cicerem. Situ Cicerem mengalirkan air yang sangat jernih berwarna biru. Jadi tak mengherankan situ ini di juluki telaga biru. Berada di ketinggian 315 mdpl juga akan membuat lokasi wisata ini terasa sangat menyegarkan hati dan pikiran. Pengunjung akan di buat terpesona dan betah berlama-lama.

Daya Tarik Wisata dari Situ Cicerem

Daya Tarik Wisata dari Situ Cicerem

Image Credit: Ramahtraveler.com

Wisata alam berupa telaga selalu memiliki daya tarik kuat untuk di kunjungi. Tak terkecuali ketika Anda datang ke Situ Cicerem. Situ Cicerem menawarkan keindahan alam yang tidak ada duanya. Pengunjung dapat merasakan kesejukan luar biasa mengingat daerah sekitar lokasi masih sangat asri. Pepohonan rindang di sekeliling membuat Anda tidak akan kepanasan walaupun di siang hari.

Situ Cicerem juga sering dijuluki sebagai telaga biru. Hal itu tidak mengherankan mengingat kejernihan air yang memang datang langsung dari pegunungan. Anda bahkan bisa melihat apapun yang ada di dalam air karena air di Situ Cicerem yang sangat bening sebening kaca. Di lokasi wisata tersebut juga terdapat ratusan ikan warna-warni yang siap menyambut kehadiran wisatawan.

Beberapa tahun belakangan, pihak pengelola sengaja mengembangbiakan ikan warna-warni di telaga biru Situ Cicerem. Ikan yang ada di telaga sangat ramah terhadap wisatawan. Terbukti ketika pengunjung datang, ikan tersebut akan datang mendekat terutama bila Anda memberinya makanan. Aktivitas memberi makan ikan tersebut juga sangat seru dan sering dilakukan pengunjung.

Fasilitas & Kegiatan Menarik Dilakukan di Situ Cicerem

Fasilitas & Kegiatan Menarik Dilakukan di Situ Cicerem

Image Credit: 10Tempat-wisata.blogspot.com

Situ Cicerem merupakan destinasi wisata yang sering di padati pengunjung. Menyadari antusiasme pengunjung yang ada, tak ayal beragam fasilitas kini sudah mulai terlihat di Situ Cicerem. Mulai dari fasilitas umum berupa kamar mandi dan tempat parkir luas jelas sudah tersedia. Hadirnya beberapa fasilitas tambahan juga merupakan upaya agar Anda semakin betah ketika berkunjung di tempat ini.

Beragam fasilitas yang ada di Situ Cicerem sangat seru. Salah satunya ialah tersedia ayunan gantung di atas pohon. Pengunjung dapat memainkan ayunan tersebut menghadap ke telaga biru langsung. Di bawah ayunan, Anda melihat langsung ikan emas warna-warna yang menyambut. Jangan khawatirkan keamanan karena kekuatan tali ayunan sudah teruji secara matang.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Situ Cicerem, jangan lewatkan untuk berenang. Hanya melihat saja kejernihan air tentu membuat Anda geregetan ingin berenang di telaga. Untungnya aktivitas berenang di lokasi memang di izinkan. Beda dengan telaga lainnya, di situ Cicerem pengunjung akan menikmati kesegaran air di temani ikan emas berwarna-warni.

Apabila Anda ingin merasakan ketenangan yang lebih, ada baiknya membawa pool float. Pengunjung dapat rebahan santai di kejernihan air yang begitu indah dengan pool float atau floating. Kondisi alam yang mendukung akan membuat Anda merasakan ketenangan yang sesungguhnya. Beberapa warung juga tersedia sebagai antisipasi pengunjung yang tidak sempat membawa bekal.

Rute Menuju Kawasan Wisata Situ Cicerem

Rute Menuju Kawasan Wisata Situ Cicerem

Image Credit: Okezone.com

Selain memiliki pesona alam yang menakjubkan, akses menuju kawasan wisata Situ Cicerem juga mudah di ikuti. Arus dan rute menuju lokasi wisata sudah di buat sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat. Pengunjung dapat datang baik menggunakan kendaraan sendiri maupun alat transportasi umum seperti bus bila datang berombongan.

Jika Anda datang dari pusat kota Kuningan atau Cirebon dapat memilih rute yakni memasuki jalur Bundaran Ciracas. Kemudian dilanjutkan dengan menuju jalan Mandirancan. Di jalan ini Anda akan disajikan panorama alam berupa persawahan yang sangat luas. Setelah sampai kini pengunjung harus melintasi jalan Cirea dan Pasawahan. Nah di desa Pasawahan itu terdapat telaga ini.

Mengingat kondisi jalan yang mudah di ikuti dan gampang di akses. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk mampir berlibur di Situ Cicerem. Lokasinya yang strategis karena tak jauh dari jalan raya tentu memudahkan pengunjung untuk datang. Anda jangan khawatir lagi tersesat mengingat petunjuk jalan yang ada sudah dapat membimbing sampai ke lokasi wisata Situ Cicerem.

Harga Tiket Masuk Kawasan Situ Cicerem

Harga Tiket Masuk Kawasan Situ Cicerem

Image Credit: Wisatapengusaha.blogspot.com

Harga tiket masuk sedikit banyak mempengaruhi keputusan pengunjung untuk datang ke lokasi wisata. Namun ketika datang ke Situ Cicerem, Anda tidak perlu khawatir mengenai harga tiket. Biaya tiket yang di bebankan ke pengunjung sangatlah ramah di kantong. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini dan itu sudah plus parkir.

Melihat harga masuk yang demikian tentu sangat ramah di kantong. Apalagi keindahan alam yang di tawarkan begitu mempesona dan bikin damai. Beragam fasilitas menarik pun bisa dilakukan agar pengunjung tetap betah berlama-lama di Situ Cicerem. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk datang mengunjungi telaga biru ini ketika sedang berada di kota Kuningan.

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk masih bisa mengalami perubahan. Hal itu terkait keputusan yang diambil pihak penyelenggara. Oleh karena demikian, ada baiknya Anda untuk selalu cek harga tiket masuk Situ Cicerem terbaru melalui pihak terkait.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Situ Cicerem. Telaga biru sebening kaca tersebut akan seru untuk Anda kunjungi. Jangan lupa pula untuk berswafoto di sekitar lokasi agar momen indah berkunjung ke tempat tersebut tak mudah terlupakan.