20 Minuman & Makanan Khas Batam yang Terkenal Enak

Minuman Makanan Khas Batam

Wisata kuliner memang menarik untuk dilakukan, apalagi berkunjung ke kota Batam yang memiliki beragam jenis minuman dan makanan khas lezat yang layak Anda coba.

Batam merupakan salah satu kota terbesar di Kepulauan Riau serta memiliki lokasi yang sangat dekat dengan Singapura. Kota yang terkenal dengan berbagai macam produk branded baik original atau KW ini tergolong maju. Kebanyakan orang datang ke Batam untuk memburu Gadget dengan harga miringnya.

Kota ini memang terkenal sebagai surga belanja bagi para wisatawan. Selain terkenal dengan elektronik, Batam juga dikenal dengan berbagai macam kulinernya. Kebanyakan penduduk Batam berasal dari pulau Sumatera sehingga makanan khasnya kental dengan unsur melayu.

Apabila sedang bersambang di sekitar Kepulauan Riau, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Batam yang memiliki perpaduan rasa Indonesia, Melayu, serta Tiongkoknya. Berikut merupakan rekomendasi makanan dan minuman khas Batam yang harus Anda coba!

1. Bingka

Bingka

Image Credit: Tripelaketoba.com

Bingka sebenarnya merupakan kue yang berasal dari melayu. Namun, bingka sangat populer di Batam dan mudah untuk dijumpai. Makanan yang dimasak dengan cara dibakar ini banyak dicari orang apabila berkunjung ke Batam.

Bingka memiliki berbagai jenis varian rasa mulai dari original, pandan, coklat, strawberry, wijen, dan keju. Rasa bingka sendiri mirip dengan bika ambon, tetapi cara pengolahannya yang dibakar membuat rasa makanan ini khas akan harumnya. Kue bingka banyak dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke Batam.

2. Luti Gendang

Luti Gendang

Image Credit: Luti-gendang-original-batam-halal.business.site

Luti Gendang merupakan makanan khas Batam yang mirip seperti kroket. Bedanya makanan ini memiliki isi berupa ikan yang telah dimasak dengan bumbu tertentu. Memiliki bentuk oval dan dimasak dengan cara digoreng membuat luti gendang bertekstur renyah di luar serta lembut di dalam.

Bahan dasar makanan ini berupa tepung dan isiannya yaitu abon ayam atau abon ikan tuna. Jika sedang menikmati kopi atau teh, luti gendang cocok sebagai teman santapannya. Bagi Anda yang ingin membelinya, banyak pedagang kaki lima menjual makanan ini dan biasanya masih fresh setelah digoreng.

3. Gong Gong

Gonggong

Image Credit: Kapanlagi.com

Sajian kuliner gong gong sangat terkenal di Batam. Gong gong merupakan siput laut yang dimasak dengan cara ditumis maupun direbus.

Jenis gong gong yang biasa dikonsumsi ada 4, yaitu gong gong ayam, gong gong putih cangkang tipis, gong gong merah cangkang tebal dan gong gong putih cangkang tebal.

Di Batam, makanan ini dapat ditemukan di semua restoran seafood. Harga perporsi makanan ini dibandrol dari mulai 25 ribu rupiah.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

4. Otak-Otak Batam

Otak-Otak Batam

Image Credit: Ayokulinerbatam.wordpress.com

Makanan yang satu ini kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang mengunjungi Batam. Kuliner yang bahan dasarnya ikan kemudian dicampur telur, tepung sagu, dan santan ini memang memiliki cita rasa yang lezat.

Untuk proses memasaknya sendiri dengan dibakar di atas bara api. Otak-otak yang dibungkus daun pisang ini kemudian mengeluarkan aroma harum. Bagi kalian yang ingin membelinya sebagai oleh-oleh, maka makanan ini dapat dimasak sendiri setelah sampai di rumah.

5. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Ukmriau.com

Memang olahan mie sangat populer di Batam, salah satunya mie sagu. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal serta beraroma khas yang berasal dari sagu bercampur dengan bumbu rempah-rempahnya.

Untuk menikmati kuliner yang satu ini kalian bisa menambahkan taburan touge, telur, bakso ikan maupun potongan ikan. Tidak seperti mie pada umumnya, mie sagu disajikan dengan kuah dingin bukan kuah panas. Sangat unik bukan?

6. Sop Ikan

Sop Ikan

Image Credit: Rasasayange.co.id

Walaupun banyak kota menjual menu ini, tapi sop ikan khas Batam memiliki cita rasa yang khas. Memiliki taste yang nendang serta akan terasa berbeda apabila Anda menikmati makanan yang khas dari daerah asalnya.

Sop ini menggunakan bahan utama ikan tengiri. Tambahan nasi putih saat menyantapnya tentu saja membuat air liur menetes saat melihatnya.

7. Mie Lendir

Mie Lendir

Image Credit: KSMTour.com

Banyak sekali olahan mie yang ada di Batam. Mie lendir sekilas mirip dengan mie kocok Aceh, namun rasanya tentu saja berbeda.

Mie lendir memiliki kuah yang terbuat dari ubi jalar dan kacang tanah. Hidangan khas Batam ini dapat mudah dijumpai pada pedagang kaki lima. Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir karena cukup terjangkau di kantong.

8. Mie Tarempa

Mie Tarempa

Image Credit: KSMTour.com

Memiliki nama tarempa karena mie ini pertama kali dibuat oleh orang Tarempa. Sebenarnya mie ini mirip dengan mie pada umumnya hanya isi mie saja yang berbeda.

Isi mie tarempa tidak ada ayamnya seperti pada kebanyakan mie lain. Biasanya mie ini menggunakan daging siput atau daging sapi sebagai toppingnya. Mie ini merupakan makanan khas melayu yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang.

9. Teh Obeng

Teh Obeng

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Teh obeng merupakan minuman khas batam yang menyegarkan juga menyehatkan. Obeng merupakan bahasa toinghoa yaitu “o “ berarti kosong serta “beng” berarti es.

Sebenarnya teh obeng sama seperti teh manis pada umumnya, hanya saja teh yang digunakan dalam pembuatan teh obeng ini berbeda dengan yang lainnya. Bahan utama minuman ini berupa teh pilihan terbaik dan berkualitas serta memiliki harum yang lebih keluar.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Enak

10. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Image Credit: Kompasiana.com

Sudah tidak asing lagi bukan dengan nasi lemak? Dari namanya saja sudah terasa betapa nikmatnya makanan ini. Makanan ini sebenarnya berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia. Karena lokasi Batam yang tidak terlalu jauh dari Malaysia, maka tak heran jika nasi lemak banyak dijumpai di Batam.

Nasi lemak cocok untuk disantap pada pagi hari sebagai sarapan. Nasi dengan cita rasa gurih serta berlemak ini sangat pas apabila ditambah dengan suwiran telur, mentimun dan ikan teri.

11. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella

Image Credit: Oleholehbatam.wordpress.com

Teh bunga rosella ini merupakan minuman khas Batam yang banyak ditemukan dimana-mana. Warna merah dari bunga rosella membuat teh ini unik dari teh biasanya. Saat ini minuman teh rosella sudah banyak dijual di kota-kota lain.

Jika ingin meminumnya, tinggal seduh teh ini dengan air panas. Aroma yang keluar serta rasa dari bunga rosella sangat khas dan banyak disukai oleh lidah banyak orang. Pengeringan bunga rosella ini juga alami sebelum akhirnya diolah menjadi salah satu minuman khas Batam.

12. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Image Credit: Tokopedia.com

Seperti namanya, bahan utama dari kue ini merupakan pisang. Selain bingka bakar, kek pisang villa ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Batam yang banyak diburu oleh wisatawan.

Kue ini sangat menarik dengan berbagai toppingnya yaitu coklat, keju, kacang, dan masih banyak yang lainnya. Kek pisang villa dikemas dengan menarik sehingga cocok apabila dibawa untuk oleh-oleh.

13. Teh Tarik

Teh Tarik

Image Credit: Seniberjalan.com

Minuman khas Batam yang satu ini pastinya sudah sangat populer. Rasanya yang cocok untuk lidah banyak orang ini menjadikannya mudah ditemui bukan hanya di Batam saja, tetapi di kota-kota lainpun banyak yang jual.

Teh Tarik merupakan campuran antara teh dan susu kemudian ditarik-tarik menggunakan 2 buah gelas selama beberapa saat. Proses pembuatan teh inilah yang membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

Jika mengunjungi Batam, tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi minuman yang satu ini. Rasanya akan jelas lebih otentik daripada rasa teh tarik yang ada di kota-kota lain.

14. Nasi Dagong

Nasi Dagong

Image Credit: Zonamakan.com

Dagong merupakan kependekan dari daging gonggong. Nasi yang dicampur dengan daging gonggong kemudian dibungkus daun pisang ini memiliki rasa yang istimewa. Bumbu rempah-rempahnya memberikan sensasi rasa lezat di lidah.

Menu ini biasa dijadikan sebagai sarapan pagi ditemani oleh secangkir teh tarik. Harganya yang murah serta enaknya rasa makanan akan membuat Anda yang telah mencicipinya ketagihan dan ingin balik lagi menyantapnya.

BACA:  12 Tempat Makan Enak di Batam Favorit Wisatawan

15. Kue Bilis

Kue Bilis

Image Credit: Kumpulankuekering.wordpress.com

Kue Bilis atau biasa dikenal dengan bilis molen ini merupakan kue yang memiliki isi ikan teri dengan cita rasa gurihnya. Ukuran makanan ini cukup mungil, hanya seperti molen mini.

Walaupun sebagai kue, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai lauk selain dimakan untuk camilan. Makanan yang satu ini cocok untuk dijadikan buah tangan ketika mengunjungi Kota Batam.

16. Rocklate Batam

Rocklate Batam

Image Credit: Silausurya.com

Rocklate merupakan salah satu makanan hits atau bisa dibilang kekinian khas batam, bahan utamanya berbeda dengan makanan khas lainnya. Makanan ini terbuat dari coklat yang dikombinasi dengan marshmellow.

Untuk anak kecil, rocklate menjadi salah satu makanan yang digemari. Manisnya coklat sangat pas di lidah kecil mereka. Selain untuk menyenangkan buah hati, makanan ini cocok dibawa untuk oleh-oleh karena dapat tahan lama.

17. Tapis

Tapis

Image Credit: Bosmeal.com

Tapis merupakan jenis kerang laut yang berukuran besar. Makanan ini merupakan salah satu seafood Batam yang harus Anda coba.

Penyajian makanan ini biasanya menggunakan piring kecil yang diberikan sambal cabe rawit. Jika Anda ingin mencobanya, banyak restoran seafood yang menjual tapis.

18. Keripik Kari

Keripik Kari

Image Credit: Batamtoday.com

Kari biasanya dijadikan kuah untuk menikmati masakan khas Melayu. Kali ini, ada olahan kari khas Batam yang dijadikan keripik. Terbuat dari terigu, daun kari, serta makanan laut seperti udang, kerang dan gong gong.

Selain varian rasa makanan laut, terdapat juga ekstrak jinten sehingga menambah cita rasa pedas manisnya. Makanan ini juga biasa dijadikan oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Batam.

19. Mie Kacang Selat Panjang

Mie Kacang Selat Panjang

Image Credit: Reyhanwisnu9b.blogspot.com

Makanan ini sebenarnya berasal dari Riau tetapi banyak dijumpai di Batam. Mie Kacang Selat Panjang ini memiliki ciri khasnya yaitu siraman kuah kacang yang beraroma udang.

Sekilas tampilan mie ini mirip dengan Mie Belitung tetapi soal rasa tentu saja berbeda. Mie kacang disajikan dengan telur, kecambah, dan tahu. Untuk sensasi pedas mie ini bisa dengan menambahkan irisan cabe rawit.

20. Kerapu Steam

Kerapu Steam

Image Credit: Kulinerkota.com

Sudah dapat ditebak dari namanya bahwa bahan baku makanan ini adalah ikan kerapu. Cara pembuatan kuliner yang satu ini memang dengan disteam atau seperti dikukus. Ikan kerapu yang segar akan dicampur dengan menggunakan bumbu rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, dan lain sebagainya untuk memberi cita rasa ikan yang sedap.

Apabila mencoba makanan ini, Anda akan merasakan lembutnya ikan kerapu yang dibaluri segarnya bumbu rempah sehingga membuat Anda ketagihan.

Itulah daftar makanan dan minuman khas Batam yang populer dan banyak dicari wisatawan untuk jadi rekomendasi wisata kuliner Anda. Jika datang berkunjung, jangan lupa mencicipi makanan khas di atas juga membeli buah tangan untuk keluarga di rumah.