Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Cirendang-Cigugur, Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berbicara soal tempat wisata di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, sampai dengan wisata kekinian bisa ditemukan dengan mudah di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang menarik dikunjungi di wilayah Kuningan, Jawa Barat adalah The Mountain Recreation Park.

Wisata di Kuningan dikenal sebagai suatu daerah dengan beragam tempat wisata untuk keluarga. Termasuk tempat wisata taman rekreasi ini dimana di dalamnya terdapat aneka macam wahana untuk anak-anak maupun orang dewasa dan juga kolam water park. Areanya cukup luas sehingga bisa menampung wahana air dan non air hingga puluhan jumlahnya.

Semua wahana air yang ada di taman rekreasi tersebut menggunakan sumber mata air dari Gunung Ciremai. Wisatawan tidak perlu merasa khawatir karena air yang digunakan di setiap wahana air tidak ada campuran kaporit. Oleh karena itu, taman rekreasi ini cocok dikunjungi oleh wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Daya Tarik The Mountain Recreation Park

Daya Tarik Mountain Recreation Park Kuningan
Image Credit: Google Maps Sang Saka

1. Suasana yang Disuguhkan Begitu Memanjakan Mata

Kabupaten Kuningan yang berada di kawasan Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki kekayaan sumber mata air sehingga tempat wisata ini populer di kalangan wisatawan. Selain sebagai tempat rekreasi, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah yang disuguhkan di tempat tersebut.

The Mountain Recreation Park memberikan nilai plus di mata wisatawan. Hal ini dikarenakan udara yang berhembus disana begitu sejuk karena lokasinya di bagian kaki Gunung Ciremai. Tempat wisata seluas 5,5 hektar ini terletak di atas ketinggian 762m mdpl dan menyuguhkan kenyamanan dan kesejukan.

2. Dibangun dengan Konsep yang Menarik

Tempat wisata yang baru diresmikan di bulan Agustus 2016 ini selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun baik dari segi fasilitas maupun wahananya. Karena itulah, taman rekreasi tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan. Menariknya lagi, konsep yang diusung berbeda dengan taman wisata yang lain.

Sangkan Resort Aqua Park mengusung konsep penginapan dan waterpark. Sementara itu, konsep yang diusung oleh taman wisata Mountain Kuningan adalah gabungan dari dua tema yakni taman bermain sekaligus taman rekreasi. Disana terdapat beragam jenis wahana permainan, taman bermain, dan juga taman rekreasi air.

3. Memiliki Beragam Kolam dengan Aneka Jenis Wahana Permainan Air

Karena berada di kaki Gunung Ciremai, tidak heran jika air yang digunakan di beragam kolam disana benar-benar segar. The Mountain Recreation Park mempunyai lima jenis wahana air antara lain kolam pemancingan, kolam prestasi, waterbal, fun pool, dan pony pool. Di kolam renang terdapat berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Adapun fasilitas yang dimaksud adalah seperti papan seluncuran yang bisa digunakan untuk wisatawan berseluncur dengan ban pelampung agar bisa terjun ke kolam secara langsung maupun meluncur tanpa menggunakan ban pelampung. Ada juga fasilitas ember tumpah supaya wisatawan bisa merasakan basah sekujur tubuh.

Fasilitas jamur besar bisa dimanfaatkan agar pengunjung bisa merasakan sensasi seperti sedang di bawah hujan. Wisatawan bisa berdiri tepat di bawah jamur besar agar bisa menikmati segarnya rintikan air dari jamur besar tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat The Mountain Recreation Park
Image Credit: Google Maps Kang Didno

Lokasi tempat wisata ini adalah di kawasan Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Jalan Raya Cirendang-Cigugur. Keberadaannya ada di dalam kompleks Perumahan Pesona Alam Kuningan. The Mountain Recreation Park dikenal juga dengan nama Waterbom Gunung Keling karena terletak di kawasan Gunung Keling.

Tempat wisata seluas 5,5 hektar tersebut berada di ketinggian 762 mdpl dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah selama di perjalanan menuju ke lokasi. Wisatawan yang berangkat dari Cirebon bisa menuju ke Kota Kuningan secara langsung.

Ketika sampai di bangjo Cirendang yang berada di taman Cirendan sebelah selatan (dahulu merupakan terminal Cirendang), wisatawan bisa berbelok ke arah kanan menuju ke kawasan Cigugur. Setelah itu wisatawan bisa mengikuti jalan hingga pintu masuk perumahan. Lokasi taman rekreasi tepat di belakang perumahan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket The Mountain Recreation Park
Image Credit: Google Maps YFC Collection

Tempat wisata tersebut dibuka untuk masyarakat umum setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Namun, khusus untuk hari Jumat, tempat wisata ini buka lebih siang mulai pukul 13.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk The Mountain Recreation Park di saat weekday (Senin sampai Jumat) adalah Rp 30.000 per orang.

Sementara itu, saat weekend (Sabtu dan Minggu) maupun hari libur nasional harga tiket masuknya adalah Rp 40.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin masuk ke area Replika Pesawat terbang harus membayar tiket masuk Rp 7500 per orang. Di tempat wisata ini ada dua jenis wahana yakni wahana gratis dan wahana berbayar.

Untuk wahana gratis antara lain Mr. Jackie, Batre Car, Otoped, Kora-Kora, Trick Art 3D, Bioskop 3D, dan Bioskop 4D. Sementara itu untuk wahana berbayar antara lain mini train, ontang-anting, smart balance, edukasi pesawat, gokart, waterball, mini ATV3, dan mini motorcross.

Aktivitas yang Menarik di The Mountain Recreation Park

Aktivitas di The Mountain Recreation Park
Image Credit: Google Maps Dian Sudyana

1. Mencoba Wahana Outbond

Wisatawan yang senang dengan ativitas outbond sangat cocok memilih tempat ini sebagai destinasi wisata keluarga. Disana terdapat wahana outbond serta area berkemah yang tentunya seru dan menyenangkan. Wahana outbond yang disediakan adalah flyng fox. Terdapat juga lokasi khusus untuk berkemah yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

2. Bermain Trampoline

Di area The Mountain Recreation Park juga terdapat permainan trampoline yang banyak digemari wisatawan terutama anak-anak. Permainan ini bisa memacu adrenalin sehingga pengelola wisata hanya memperbolehkan wisatawan yang tidak memiliki masalah kesehatan untuk menikmati permainan trampoline.

Sebelum memasuki arena bermain, wisatawan yang memenuhi ketentuan akan dipasangkan suatu alat keamanan. Jika sudah dipasang alat keamanan, wisatawan bisa mulai melompat-lompat maupun dibantu dilontarkan menuju ke atas oleh petugas yang siap membantu.

3. Masuk ke Wahana Pesawat

Di area taman rekreasi terdapat wahana pesawat yang berhenti dan parkir disana. Untuk bisa memasuki pesawat tersebut, wisatawan harus menyiapkan budget untuk membeli tiket masuk. Di dalam pesawat terdapat sistem kendali dan kursi penumpang yang lengkap.

Karena terdapat sistem kendali, maka wisatawan tidak hanya dapat berfoto saja, namun bisa sembari belajar untuk mengenal berbagai sistem yang terdapat di ruang co-pilot. Wisatawan bisa duduk di bangku pilot yang ada di dalam pesawat namun tidak dapat melakukan simulasi.

Aktivitas Menarik di The Mountain Recreation Park
Image Credit: Facebook The Mountain Recreation Park

4. Menonton Bioskop 4D dan 3D

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di The Mountain Recreation Park adalah menonton bioskop 4D dan 3D. Menariknya, wisatawan tidak perlu mengeluarkan sejumlah budget untuk bisa menikmati fasilitas ini. Sebelum masuk ke bioskop 3D, wisatawan akan dipinjami kacamata khusus 3D.

Sementara itu, di bioskop 4D wisatawan akan menikmati sensasi berbeda dari bioskop 3D dimana wisatawan akan menggunakan kacamata dan kursi khusus. Wisatawan akan merasakan sensasi seperti berada di dalam film tersebut.

5. Bermain Ontang-Anting dan Kora-Kora

Wisatawan yang senang bermain wahana menantang, bisa mencoba ontang-anting dan kora-kora. Karena ukurannya tidak begitu besar, maka dalam sekali putaran tidak bisa mengangkut banyak pengunjung. Kedua wahana tersebut terasa menyenangkan dan seru bagi wisatawan yang memang menyukai jenis wahana menantang.

6. Memasuki Area Trick Art 3D

The Mountain Recreation Park menyajikan berbagai gambar 3D yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk tempat hunting foto yang menarik. Di tempat ini wisatawan bisa hunting foto dengan beragam posisi dan pose tertentu supaya tampak nyata. Misalnya saja berfoto di samping hewan t-rex yang sedang merusak tembok.

Selain gambar 3D t-rex, ada banyak gambar 3D lainnya yang tidak kalah serunya. Wisatawan bisa berfoto menyesuaikan angle yang tepat sehingga hasil fotonya menjadi tampak nyata dan tidak terlihat dibuat-buat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas The Mountain Recreation Park
Image Credit: Google Maps Heryanti Muthalib

Fasilitas yang tersedia di The Mountain Recreation Park sangat beragam, baik wahana air maupun wahana non air. Untuk wahana airnya antara lain lima kolam utama berupa kolam pemancingan, waterboom, ember tumpah, seluncuran, kolam prestasi, dan fun pool.

Untuk wahana non air adalah seperti kora-kora, ontang-anting, mini train, komedi putar, dan lain sebagainya. Ada lagi fasilitas wahana lainnya seperti replika pesawat terbang dan bioskop 4D maupun 3D.

Untuk fasilitas umum tersedia warung makan, kamar mandi, kamar ganti yang terdapat di sekitaran kolam, area parkir, dan lain-lain. Wisatawan yang ingin mencoba bermain panah bisa menggunakan berbagai perlengkapan panah yang disediakan.

The Mountain Recreation Park merupakan tempat wisata recommended untuk dikunjungi karena terdapat berbagai macam wahana permainan seru dan menarik. Wahana air dan non air bisa dimanfaatkan oleh wisatawan baik berbayar maupun tidak berbayar.