Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat menjadi salah satu Provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata liburan yang cocok didatangi di akhir pekan. Liburan semakin menarik jika diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti mengunjungi rekreasi wisata. Salah satunya berada di daerah Kuningan, yaitu rekreasi kolam ikan Wisata Cibulan di Kuningan.

Wisata air yang satu ini tidak menampilkan pesona berbagai wahana-wahana permainan air melainkan wisata air yang memiliki panorama ikan legend yang sangat sakral bernama dewa. Menurut masyarakat setempat ikan ini merupakan titisan dari raja Prabu Siliwangi selaku raja dari kerajaan Pajajaran.

Objek wisata Kuningan  ini selalu dikunjungi para wisatawan setiap harinya yang tertarik dengan dunia ikan sambil menikmati pesona alam yang diberikan. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata tertua di Jawa Barat yang tentu menampilkan keindahan eksotis dengan memiliki berbagai kolam yang wajib untuk dilihat.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Cibulan

Daya Tarik Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Ilham Nurhaqi

1. Ikan Dewa

Daya tarik utama dari Wisata Cibulan ialah memiliki banyak habibat ikan dewa yang tidak akan pernah berkurang hidup di dalam kolam. Ikan ini sangat sakral dan dipenuhi dengan mitos-mitos setempat. Menariknya, setiap pengunjung yang datang selalu semangat untuk melihat keberadaan ikan sakral ini.

Ikan dewa merupakan satu-satunya ikan yang hanya dapat ditemui di lokasi wisata ini karena habitatnya hanya berada di Cibulan. Ikan dewa merupakan bagian dari spesies duoronensis dengan memiliki tubuh yang lebih besar dari ikan pada umumnya. Ikan ini mempunyai warna ke abu-abuan yang tercampur dengan kehitaman.

2. Tujuh Sumur di Wisata Cibulan

Destinasi wisata ini menyuguhkan tempat yang sangat dikeramatkan serta tempat yang sakral. Tempat ini disebut dengan keberadaan sumur tujuh karena memiliki jumlah 7 mata air yang menjadikan sumur ini menjadi terpisah. Konon, ketujuh sumur ini memiliki khasiat ataupun obat yang berbeda-beda setiap sumurnya.

Menurut penduduk sekitar, sumur ini merupakan situs petilasan dari Prabu Siliwangi, yang merupakan tempat Prabu Siliwangi dalam melakukan pertapaan, tak heran jika banyak pengunjung yang berdatangan ke tujuh sumur ini untuk mencoba berbagai khasiat yang terkandung pada setiap mata airnya.

3. Panorama Sekitar Kawasan

Objek Wisata Cibulan Kuningan adalah salah satu objek wisata pemandian dengan panorama yang indah disambut keberadaan ikan-ikan dewa dengan ukuran yang besar berenang. Kawasan ini memiliki 2 kolam utama yang berbentuk persegi panjang.

Kolam pertama memiliki kedalaman air kurang lebih sekitar 120 cm dan ada yang memiliki kedalaman 60 cm serta kolam kedua yang mempunyai kedalaman air sekitar 2 meter. Kedua kolam ini merupakan kawasan untuk para pengunjung beraktivitas berenang maupun berendam.

Panorama di kawasan wisata ini sama halnya dengan wisata-wisata alami lainnya, dengan memiliki pemandangan yang menghijau. Air kolam berasal langsung dari perbukitan, karena itu airnya sangat segar, dan dingin.

Di kolam ini tersedia banyak ikan-ikan dewa yang hanya tersedia di kawasan. Ikan yang hidup hanya di satu tempat ini mewarnai kolam. Di sekitar kawasan juga terdapat pepohonan-pepohonan yang rimbun, lebat disertai dengan suasana rindang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Nomi Devi Yanti

Wisata kolam air yang menyuguhkan ikan sakral serta pemandian ini hanya dapat ditemui di Desa Manis Kidul, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, masuk dalam kawasan Kecamatan Jalaksana, Provinsi Jawa Barat. Letaknya strategis berada di sekitar permukiman pedesaan.

Jarak tempuh perjalanan dari titik pusat Cirebon menuju ke lokasi Wisata Cibulan yaitu 28 kilometer di perjalanan, sedangkan untuk jarak dari titik pusat Kota Kuningan menuju ke lokasi wisata ditempuh sekitar 7 kilometer di perjalanan, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit di perjalanan.

Taman wisata ini tidak memiliki jarak yang jauh dari jalan besar. Pengunjung hanya perlu memasuki beberapa ratus meter di tengah permukiman warga sebelum sampai ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Dessy YuliAnti

Wisata kolam air pemandian ini hanya dibebankan biaya retribusi tiket masuk dengan seharga Rp 20.000 per orang dewasa pada hari biasa, sedangkan sebesar Rp 22.000 per orang dewasa pada hari libur dan akhir pekan.

Sedangkan tiket untuk anak-anak dibebankan biaya sekitar Rp 18.000 per anak pada hari biasa, dan sebesar Rp 20.000 per anak pada hari libur. Selain itu untuk biaya parkir kendaraan beroda empat membayar sekitar Rp 5.000 permobil, sedangkan untuk yang beroda dua membayar tiket sebesar Rp 3.000 per motor.

Sementara itu ada tambahan biaya lainnya, seperti biaya untuk terapi ikan dibayar sebesar Rp 5.000 per orang, dan biaya untuk mandi ataupun bilas dibayar sekitar Rp 5.000 per orang.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, Wisata Cibulan ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu dari pukul 07.00 WIB pagi hari sampai dengan pukul 17.00 WIB sore hari. Wisata kolam ini lebih banyak dikunjungi saat di akhir pekan maupun hari-hari libur nasional.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wisata Cibulan

Aktivitas di Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Recky Rida Septian

1. Memberi Makan Ikan Dewa

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan adalah memberi makan ikan-ikan sakral di dalam kolam saat datang ke Wisata Cibulan. Ikan ini berbeda dari kebanyakan ikan lainnya karena hanya dapat memakan buah apel merah. Sambil memberi makan, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kawanan ikan.

2. Berenang

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan adalah berenang. Anda dapat berenang di kolam yang menjadi habitat ikan dewa. Berenang sambil menikmati pemandangan ikan dewa yang ikut lincah berenang. Anda tidak perlu khawatir walaupun tubuh ikan ini sedikit besar tetapi ikan ini sangat aman dan jinak.

Bagi yang ingin berenang, lebih disarankan agar para wisatawan membawa baju ganti pakaian basah. Anda dapat menikmati suasana air dingin kolam yang memiliki kejernihan dengan warna kehijauan.

3. Mencoba Wahana Air

Wisata Cibulan Kuningan juga menyediakan berbagai macam wahana permainan air. Seperti wahana papan lompat ataupun wahana papan seluncuran. Semua wahana dapat dinikmati dengan gratis. Wahana ini juga sangat ramah dengan anak-anak karena terjaga amannya.

4. Bermain Sepeda Air

Menariknya, Wisata Cibulan juga menyediakan kegiatan sepeda air. Pengunjung dapat menaiki sepeda gantung tetapi di atas air. Wahana permainan terdiri dari dua macam, pertama wahana yang benar-benar berbentuk sepeda dan hanya dapat dimainkan oleh satu pengunjung saja.

Sedangkan kedua, wahana yang berbentuk angsa ini dapat dinaiki oleh 2 orang pengunjung. Kedua sepeda ini digunakan dengan dikayuh bersama. Sambil menikmati sepeda, anda dapat menikmati pemandangan kawasan yang sangat asri dengan warna air yang kehijauan jernih.

5. Membidik Panah

Walaupun kawasan ini penuh dengan berbagai kegiatan air, tetapi terdapat juga berbagai wahana yang dapat dimainkan tanpa campur tangan air. Anda dapat mencoba kegiatan memanah yang letaknya berada di belakang kolam. Sebelum memanah, pengunjung akan diberikan 10 anak panah sebelum memulai aksi.

Anda tidak perlu khawatir, sebelum memulai memanah, pengunjung akan mendapat arahan terlebih dahulu dari para pemandu yang profesional mengenai teknik-teknik memanah dengan baik sehingga mendapatkan bidikan yang tepat.

Aktivitas Menarikdi Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Epan Aditia

6. Bersantai di Sekitar Kawasan

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas di lokasi wisata kolam pemandian, anda dapat beristirahat di pondok-pondok atau gazebo yang telah disediakan. Menikmati pemandangan yang menarik dari dalam pondok sambil bersantai.

7. Naik Flying Fox

Flying fox merupakan wahana yang menantang adrenalin dengan melakukan Kegiatan meluncur dari atas ketinggian 7 meter. Anda dapat menaiki wahana ini sambil menikmati pemandangan yang tersaji di atas ketinggian. Tidak perlu khawatir karena wahana ini sudah dilengkapi dengan alat pengaman yang ketat.

8. Berburu Souvenir

Kegiatan menarik lainnya adalah berburu souvenir. Kawasan ini menyediakan berbagai toko yang menjajakan berbagai macam souvenir unik, seperti kerajinan-kerajinan khas yang dapat anda beli dengan harga yang murah. Berburu souvenir sebagai oleh-oleh dari perjalanan.

9. Terapi Ikan

Kegiatan yang satu ini merupakan bagian dari memasukkan kaki ke dalam ikan-ikan. pengunjung dapat melakukan terapi untuk membersihkan sel kulit mati. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak diminati pengunjung saat berdatangan di kawasan wisata favorit keluarga ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Herman Syah

Menariknya, Wisata Cibulan telah menyediakan berbagai fasilitas yang sangat memadai. Pengunjung tidak perlu khawatir lagi, di sekitar kawasan terdapat berbagai tempat istirahat yang berupa pondok sangat cocok untuk yang lelah sambil menikmati pemandangan bersantai.

Tempat ini juga menyediakan pondok-pondok warung yang memberikan berbagai makanan dan minuman untuk para pengunjung. Selain pondok makanan, kawasan ini juga menyediakan pondok untuk penjual souvenir dengan berbagai kerajinan khas daerah setempat. Disediakan juga beberapa penginapan bermalam di sekitar kawasan.

Demikian beberapa ulasan review singkat mengenai Wisata Cibulan Kuningan. Wisata kolam air pemandian ini sangat menarik khususnya bagi pecinta ikan. Selain memberikan keindahan alam, wisata juga menambah pengetahuan tentang asal usul ikan sakral yang hanya dapat ditemui jika bertandang ke lokasi.