14 Tempat Wisata di Sragen

Sragen merupakan salah satu ibu kota kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang terletak tidak jauh dari kota Surakarta hanya berjarak kurang lebih 30 km. Kabupaten Sragen dikenal dengan kota fosil dan dijuluki sebagai bumi sukowati yaitu, nama yang digunakan pada masa kerjaan kasunanan Surakarta.

Dengan kekayaan alam dan kreativitas manusia yang ada disana, kabupaten Sragen memiliki beberapa spot wisata yang dapat dinikmati. Mulai dari wisata perairan, pegunungan hingga museum menjadikan Sragen sebagai salah satu playlist tujuan wisata banyak orang.

Bukan hanya menyuguhkan keindahan dan keunikkannya, Sragen juga memiliki wisata pembelajaran atau edukasi yang dibuat oleh pembisnis lokal yang inspiratif. Wisata edukasi tersebut dipandu langsung oleh pengelolanya yang akan mengenalkan pengetahuan baru dan memberi pengalaman terhadap pengunjungnya. Berikut daftar Tempat Wisata di Sragen yang wajib Anda kunjungi di waktu liburan.

1. Wisata Pemandian Air Panas Bayanan

Wisata Pemandian Air Panas Bayanan

Lokasi: Gamping, Jambeyan, Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Mapio.net

Wisata Air Panas Bayanan ini terletak di Desa Jambean Kecamatan Sambirejo Sragen, Pemandian Air Panas Bayanan ini juga dikenal dengan nama Hyang Tirto Nirmolo. Pengunjung dapat merasakan langsung air panas dari sumbernya.

Pemandian Air Panas Hyang Tirto Nirmolo ini dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, gatal-gatal, menurunkan kolestrol dan menjaga kebugaran tubuh bagi siapa saja yang berendam didalamnya.

2. Wisata Pemandian Air Panas Ngunut

Lokasi: Sambirejo, Kembang, Jetis, Kab. Sragen, Jawa Tengah. - Image Credit by Ceritapiknik.com

Menyajikan suasana alam yang sangat asri dan alami menjadikan pemandian air panas ini banyak dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur maupun hari biasanya. Berlokasi di Ngunut Desa Jetis kecamatan Sambirejo, sangat strategis untuk dikunjungi.

Berendam di air yang hangat dan alami memberikan sensasi yang tersendiri bagi siapa saja. Air panas yang memiliki kandungan belerang ini dipercaya akan menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Sumber mata air panas ini berasal dari gunung lawu.

3. Wisata Alam Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo

Lokasi: Desa Jambeyan, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Dewibetisrejo.com

Masih berlokasi di Kecamatan Sambirejo, wisata alam ini berada di Desa Betisrejo yang dikenal dengan nama Desa Wisata. Wisata Desa Betisrejo selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah seperti pesawahan dan pegunungan, wisata ini juga memperkenalkan kepada pengunjung tentang pengolahan pertanian dengan cara organik.

Selain pengolahan pertanian secara organik wisata Betisrejo juga menyediakan fasilitas homestay bagi pengunjung yang menginap. Terdapat juga tempat pijat tradisional, permandian air panas dan juga tempat pembuatan tempe tradisional selain itu juga terdapat tempat suaka margasatwa yang dapat Anda kunjungi.

4. Wisata Petik Buah di Desa Sigit

Wisata Petik Buah Desa Sigit

Lokasi: Desa Sigit, Kec. Tangen, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Soloraya.solopos.com

Salah satu wisata agro yang ada di Kabupaten Sragen terletak di Desa Sigit kecamatan Tangen ini menyajikan tanaman jambu kristal dan kelengkeng yang dapat dipetik langsung. Untuk masuk di Desa wisata ini pengunjung hanya membayar sekitar Rp 20.000/orang.

Di wisata buah Desa Sigit ini terdapat 385 pohon kelengkeng yang dapat memanjakan pengunjung untuk menikmatinya. Berlibur di kebun buah ini pengunjung bisa menikmati buah kelengkeng sepuasnya.

5. Wisata Taman Sukowati

Wisata Taman Sukowati

Lokasi: Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Perpus.jatengprov.go.id

Merupakan salah satu ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Sragen, Taman Wisata Sukowati terletak di Kelurahan Sine. Dibangun oleh pemerintah Sragen, taman ini berfungsi sebagai tempat rekreasi dan bersantai bagi siapa saja yang berkunjung di Sragen.

Dengan berbagai macam jenis pohon yang ditanam di taman ini, menjadikannya sangat sejuk dan nyaman untuk aktivitas rekreasi ataupun relaksasi. Lokasi yang strategis dengan keadaan yang alami dan asri membuat banyak pengunjung menikmati suasana taman sukowati ini.

6. Wisata Taman Dayu Alam Asri

Wisata Taman Dayu Alam Asri

Lokasi: Gembong, Saradan, Karangmalang, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Hoteldiindonesia.net

Terletak di Desa Dayu kabupaten Sragen, Taman Dayu Alam Asri memiliki konsep wisata edukasi. Selain tempat rekreasi pada umumnya taman dayu alam asri memiliki kebun binatang dimana terdapat beberapa jenis hewan yang dapat Anda lihat secara langsung. Hewan tersebut seperti kanguru, ular, burung merak, burung elang dan berbagai jenis hewan lainnya.

Selain itu juga terdapat taman lalu lintas, flying fox, kolam renang dan juga wisata agro atau wisata pertanian sehingga menjadikan taman dayu alam asri banyak diminati oleh para pengunjung dari yang dewasa hingga anak-anak.

7. Wisata Taman Bunga Ganesha Sukowati

Wisata Taman Bunga Ganesha Sukowati

Lokasi: Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Yulianto Van Java)

Terletak di dusun II, Gemolong kabupaten Sragen taman ini menyajikan suasana yang alami karena terdapat pohon yang rindang bagus untuk melepaskan kepenatan. Pengunjung bisa menikmati suasana alami ini bersama teman-teman ataupun keluarga.

Tidak hanya terdapat pemandangan pohon namun juga terdapat taman bermain anak, gazebo, kolam ikan dan kelinci serta burung merpati yang akan membuat pengunjung terasa nyaman jika berada disana.

8. Wisata Alun-alun Kabupaten Sragen

Wisata Alun-alun Kabupaten Sragen

Lokasi: Jl. Raya Sukowati No. 2, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Soloraya.solopos.com

Alun-alun ini bernama Sasono Langen Putro dibangun sebagai salah satu ikon dari kabupaten Sragen. Di alun-alun ini terdapat air mancur dan juga tulisan Sragen yang bagus untuk dijadikan sebagai spot foto bagi pengunjung.

Di alun-alun tersebut terdapat panggung terbuka yang dibangun disisi utara alun-alun. Di sebelah barat dan timur Sasono Langen Putro terdapat air mancur dengan lingkaran kolam berdiameter 15 meter. Untuk bagian samping panggung terdapat jalur aksesibilitas untuk penyandang difabel.

9. Wisata Alam Kedung Grujug

Wisata Alam Kedung Grujug

Lokasi: Dukuh Pungkruk, Doyong, Kec. Miri, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Humas.jatengprov.go.id

Terletak di dusun Pungkruk desa Doyong kecamatan Miri kabupaten Sragen, merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Sragen. Wisata air terjun yang dapat membuat liburanmu tak terlupakan, pesona air terjun sekitar 3 meter ini membuat kudung grujug tidak kalah indahnya dari air terjun lainnya.

Di lokasi air terjun ini terdapat relief bebatuan yang secara alami tersusun menambah keunikannya. Tebing bebatuan itu sangat cocok untuk aktivitas fotografi.

10. Wisata Air Terjun Dung Jengglong

Wisata Air Terjun Dung Jengglong

Lokasi: Dukuh Mojolegi, Desa Bagor, Kec. Miri, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Kelurahan-bagor.blogspot.com

Dengan kesegaran air yang masih alami, wisata Air Terjun Dung Jengglong ini sangat tepat untuk dijadikan tujuan wisata. Terdapat kolam yang berwarna biru lembut memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Lokasi Air Terjun Dung Jengglong ini terletak di kali Jengglong Dukuh Mojolegi, desa Bagor kecamatan Miri di kabupaten Sragen. Liburan Anda akan terasa berharga dengan pesona alami yang disuguhkan oleh air terjun Dung Jengglong ini.

11. Wisata Gunung Banyak Srawung

Wisata Gunung Banyak Srawung

Lokasi: Desa Srawung, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Merupakan objek wisata pegunungan yang terletak di Srawung kabupaten Sragen Jawa Tengah, menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah dari atas pegunungan. Objek Wisata di Sragen ini sangat bagus bagi para traveler ataupun pecinta alam yang ingin menikmati keindahan dan keunikan gunung banyak ini.

Untuk menikmati indahnya puncak gunung banyak ini, pengunjung harus melalui jalur pendakian dengan jalan kaki dan butuh sedikit perjuangan. Namun, keindahan yang disuguhkan oleh gunung banyak ini ketika sampai di puncak akan membayar semua rasa lelah.

12. Wisata Petilasan / Makam Joko Tingkir

Makam Joko Tingkir

Lokasi: Butuh, Gedongan, Plupuh, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Dnk.id

Makam Joko Tingkir merupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di kabupaten Sragen, berada di Desa Butuh kecamatan Plupuh tepat berada di pinggir bengawan Solo. Wisata religi ini terdapat Makam Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya dan juga orang tua dari Joko Tingkir.

Wisata ini cocok untuk Anda yang suka akan destinasi wisata sejarah, karena terdapat beberapa benda kuno yang digunakan oleh Sultan Hadiwijaya pada masa kejayaannya seperti getek tambak boro yang merupakan getek bersejarah dinaiki oleh Joko Tingkir.

13. Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

Lokasi: Kebayanan II, Krikilan, Kec. Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Museum ini memiliki sekitar 12.685 koleksi fosil prasejarah, sehingga museum ini ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya di dunia. Kabupaten Sragen dikenal sebagai salah satu tempat yang banyak ditemui fosil manusia purba, dengan berkunjung ke museum ini Anda dapat langsung melihatnya.

Berkunjung ke museum prasejarah sangiran ini sangat baik karena merupakan sarana edukasi untuk memahami perkembangan sejarah. Museum ini terletak di Desa Krikilan kecamatan Kalijambe kabupaten Sragen.

14. Wisata Galeri Batik Sukowati

Wisata Galeri Batik Sukowati

Lokasi: Jl. Maospati – Solo No. 55, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Tempatwisatasragen.blogspot.com

Untuk para penikmat wisata batik atau fitur batik lainnya wisata galeri batik Sukowati sangat cocok untuk Anda kunjungi. Wisata ini menawarkan beragam model batik yang memanjakan mata, dengan keindahan dan keunikannya tersendiri.

Wisata ini sangat banyak dikunjungi bukan hanya liburan saja namun juga hari-hari biasanya akan tetap padat pengunjung. Lokasi galeri batik Sukowati ini sangat strategis yaitu terletak di Desa Sragen, Kabupaten Sragen.

Demikianlah informasi daftar Destinasi Wisata di Sragen yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan atau akhir pekan. Gunakan waktu liburmu dengan manjakan keluarga dan matamu berkunjung ke destinasi wisata yang diinginkan.