Kuningan terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Inilah rekomendasi wisata kuliner di Kuningan yang menggugah selera dan wajib Anda coba saat berkunjung.

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten besar yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki berbagai macam destinasi wisata. Kekayaan alam yang begitu mempesona menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga lokal maupun para pelancong.

Selain wisata alam, Kabupaten Kuningan juga menyediakan wisata buatan yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya yaitu wisata kuliner yang banyak tersebar di seluruh penjuru kabupaten. Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Anda akan menjumpai berbagai jenis kuliner khas kota yang menggugah selera.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke kota ini, wajib untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas daerah. Kabupaten Kuningan terkenal akan makanan khas yang beragam dan rasa yang lezat serta dibandrol dengan harga yang terjangkau. Berikut daftar wisata kuliner di Kuningan yang saying jika Anda lewatkan.

1. Kwecang

Kwecang
Image Credit: Instagram.com @buburcaptiger

Kwecang merupakan salah satu jajanan khas di Kabupaten Kuningan yang biasanya disediakan dalam upacara orang-orang China. Jajanan satu terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dipadatkan, kemudian dicampur dengan air kapur sirih atau air apu. Pembuatan jajanan ini direbus selama kurang lebih 4 jam.

Kwecang memiliki aroma yang khas karena di bungkus dengan menggunakan daun bambu. Jajanan nikmat ini memiliki rasa manis dan gurih dengan tekstur yang kenyal. Kwecang biasanya dimakan dengan dicocol gula pasir.

Bagi Anda yang berwisata kuliner di Kabupaten Kuningan, wajib untuk mencicipi jajanan satu ini. Selain rasanya yang nikmat, Kwecang juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Jajanan ini banyak dijual di warung-warung sepanjang jalan ataupun di restoran-restoran yang disajikan sebagai menu kudapan.

2. Hucap Kuningan

Hucap Kuningan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Salah satu menu sarapan yang paling diminati di Kabupaten Kuningan yaitu Hucap. Hucap merupakan singkatan dari tahu kecap yang penyajiannya mirip dengan ketoprak dan ketupat tahu. Perbedaannya yaitu bumbu kacang hucap lebih kental, manis, dan memiliki warna yang lebih pekat.

Makanan satu ini terdiri dari tahu dan lontong yang disiram dengan kecap dan bumbu kacang kental. Terdapat pula taburan bawang goreng yang semakin membuat pelanggan tergiur. Bumbu kacang ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Sebab itu, Anda akan merasakan rasa manis, pedas, asam, dan asin saat mencicipinya.

Makanan khas satu ini sangat mudah dijumpai di tempat makan dan restoran yang tersebar di Kabupaten Kuningan. Hucap menjadi salah satu kuliner yang paling banyak diminati oleh warga lokal maupun para wisatawan.

3. Papais

Papais
Image Credit: Brisik.id

Papias adalah sejenis kue basah khas sunda yang biasanya disajikan saat ada acara pernikahan ataupun acara syukuran lainnya. Kue ini terbuat dari tepung ketan, parutan kepala, garam, air, santan, dan gula merah yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Papais dikukus selama kurang lebih 20 menit.

Kue basah ini memiliki bau yang harum karena dicampur dengan pandan. Kue yang dibentuk kerucut ini memiliki rasa gurih pada bagian kulitnya dengan isian gula merah yang lumer saat Anda menggigitnya.

Papais sangat cocok dinikmati dengan segelas teh hangat. Kue ini bisa dengan mudah Anda jumpai saat berkelilinhg di Kabupaten Kuningan. Kue khas ini hanya bisa bertahan selama satu sampai dua hari saja.

4. Peuyeum Ketan

Peuyeum Ketan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Peuyeum Ketan atau tape ketan ini merupakan kuliner yang seringkali diincar oleh para wisatawan saat berlibur di Kabupaten Kuningan. Peuyeum Ketan dapat dijumpai dalam bentuk bungkusan daun jambu ataupun dalam ember hitam yang cocok dijadikan untuk oleh-oleh.

Kuliner ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang diolah secara tradisional dengan resep khas turun temurun. Tape ketan dibuat dengan cara fermentasi menggunakan ragi yang diberi daun katuk sebagai pewarna. Daun inilah yang menyebabkan peuyeum kuningan memiliki warna kehijauan.

Pembuatannya yang tradisional ini menghasilkan rasa tape ketan yang manis dan nikmat. Tape khas kuningan memiliki aroma yang khas dan membuat siapapun ketagihan. Peuyeum Ketan dapat dengan mudah dijumpai di toko oleh-oleh maupun di warung-warung pinggir jalan.

5. Nasi Lengko

Nasi Lengko Kuningan
Image Credit: Cookpad.com

Nasi Lengko merupakan salah satu makanan berat terkenal khas Kabupaten Kuningan. Selain cita rasanya yang lezat Nasi Lengko ini mengandung nilai gizi yang tinggi. Nasi ini dibuat dengan cara memadukan antara nasi, sayur, dan lauk pauk yang menyehatkan.

Nasi Lengko ini terdiri dari nasi, tempe, tahu, timun, tauge, dan telur yang disiram dengan bumbu kacang khas yang begitu nikmat. Anda akan merasakan sensasi manis dan gurih saat mencoba makanan ini

Kuliner khas Kuningan ini kaya akan karbohidrat dan protein. Semua bahan yang digunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Anda dapat dengan mudah menjumpai makanan ini di tempat makan ataupun restoran di sepanjang jalan Kabupaten Kuningan dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.

6. Nasi Kasreng

Nasi Kasreng Kuningan
Image Credit: Tagar.id

Salah satu hidangan favorit para wisatawan saat berkunjung di Kabupaten Kuningan adalah nasi kasreng. Nasi fenomenal ini terkenal dengan cira rasanya yang sangat lezat dengan harga yang ramah di kantong. Hidangan ini banyak dijumpai di warung-warung pinggir jalan.

Nasi kasreng ini dibungkus seperti nasi kucing dengan aneka macam lauk yang beragam. Terdapat tauge, udang rebon, gorengan, pepes ikan paray, ikan goreng paray, dan sambal yang dapat dipilih sesuai selera.

Rasa makanan yang sedap inilah yang menjadikan Nasi Kasreng ramai dinikmati oleh warga lokal maupun wisatawan. Tidak pas rasanya jika belom mencicipi hidangan khas ini saat berada di Kuningan.

7. Golono

Golono Kuningan
Image Credit: Radarcirebon.com

Golono merupakan kuliner khas Kuningan yang terbuat dari ampas tahu dengan racikan bumbu sederhana. Ampas tahu ini dicampur dengan daun bawang, garam, cabai rawit, dan sedikit penyedap rasa yang kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung yang telah dibumbui.

Makanan ini memiliki rasa pedas dan gurih yang begitu nikmat. Rasa renyah di luar dan lembut di bagian dalamnya membuat siapapun akan ketagihan. Kuliner khas sunda ini biasanya digunakan sebagai lauk pada nasi kasreng. Golono juga cocok dinikmati dengan cabe rawit segar.

Kuliner khas satu ini wajib kalian cicipi saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Anda akan banyak menjumpai Golono di warung-warung pinggir jalan ataupun dijual oleh pedagang kaki lima.

8. Tahu Kopeci

Tahu Lamping atau Kopeci
Image Credit: Diasrentalmobilcirebon.com

Tahu kopeci atau tahu lapmping memiliki bentuk balok dengan isi yang padat. Tahu ini memiliki tekstur yang lembut di dalam maupun di luarnya. Tahu ini digoreng sampai berwarna kecoklatan dan memiliki cita rasa kedelai yang masih kental.

Jajanan khas kuningan satu ini disajikan dengan menggunakan keranjang anyaman. Sangat cocok dinikmati dengan cabai rawit, sehingga menghasilkan rasa pedas dan gurih secara bersamaan. Tahu kepoci juga cocok dimakan bersama lontong.

Tahu Kepoci dapat dijumpai di penjual-penjual pinggir jalan. Tahu ini dibandrol dengan harga Rp 500 untuk satu buahnya.

9. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung Kuningan
Image Credit: Cookpad.com

Makanan khas sunda satu ini dapat Anda jumpai di daerah Kuningan. Seperti namanya, rujak kas kuningan ini terbuat dari sayur kangkung yang segar. Kankung di kukus sampai matang kemudian disiram dengan bumbu khas yang menyegarkan. Bumbu rujak terbuat dari Bumbu rujak terbuat dari cabe rawit, gula merah, asam jawa, tomat, dan juga terasi dengan takaran yang pas.

Rujak kangkung khas Kuningan memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan rujak lainnya. Rasa gurih, asam, dan pedas yang menjadi satu membuat lidah bergoyang. Anda akan meminta lebih dan lebih saat mencicipi hidangan ini.

Rasa nikmat inilah yang menjadikan Rujak Kangkung banyak diincar oleh para pelancong dari berbagai daerah. Rujak Kangkung ini dibandrol dengan harga yang sangat murah. Anda dapat dengan mudah menjumpai Rujak Kangkung di tempat makan yang berjejer di sepanjang jalan Kabupaten Kuningan.

10. Sop Buntut Bakar

Sop Buntut Bakar Kuningan
Image Credit: Putratravel.net

Sop Buntut Bakar merupakan hidangan terkenal khas kuningan yang membuat siapapun ketagihan. Buntut sapi diolesi dengan mentega secara merata kemudian di panggang sampai berwarna kecoklatan. Buntut sapi ini disajikan bersama kuah kaldu yang lezat dan gurih.

Makanan berat ini sangat cocok dinikmati saat masih hangat. Buntut bakarnya yang empuk membuat siapapun tidak bisa berhenti untuk memakannya. Sop ini menjadi incaran bagi para wisatawan yang berkunjung di daerah ini.

Sop Buntut Bakar dibandrol dengan harga yang terjangkau. Hidangan ini dapat Anda jumpai di tempat makan sederhana sampai dengan restoran terkenal yang ada di Kabupaten Kuningan.

Itulah beberapa wisata kuliner di Kabupaten Kuningan yang khas dengan cita rasa yang lezat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini, wajib untuk mengunjungi tempat-tempat diatas. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Kabupaten Kuningan juga terkenal dengan kulinernya yang menggoyangkan lidah. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan pengetahuan.