16 Tempat Wisata di Tegal

Rasanya sudah tidak asing lagi jika Tegal terkenal dengan warung-warung kecil yang banyak dibangun di berbagai kota. Biasanya masyarakat menyebutnya dengan warteg atau warung Tegal. Jika ditinjau dari sejarah, pada awalnya warung tersebut diperkenalkan oleh masyarakat Tegal sendiri, namun pada akhirnya banyak yang berhasil mengikuti jejak mereka.

Ketenaran warteg tersebut mampu menarik banyak wisatawan untuk mencicipi masakannya yang terkenal mantap dan terjangkau. Jika kamu pergi ke Tegal hanya untuk mencoba aneka kulinernya pasti akan rugi besar. Pasalnya, Tegal juga punya wisata yang hits dan keren abis.

Lokasinya yang terletak di Jawa Tengah menjadikan Tegal punya panorama alam dengan nuansa alami. Setiap pariwisata yang kamu kunjungi bakal menciptakan foto-foto dengan latar belakang yang cantik. Supaya kamu bisa bersiap-siap, berikut rekomendasi Tempat Wisata di Tegal yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah

Lokasi: Jl. Pemuda No. 40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by TripTrus.com

Karena lokasi Kota Tegal yang terletak di lintasan pantura, maka tak heran jika pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Salah satu nama pantai tersebut bernama purwahamba indah. Lokasinya ada di Kecamatan Surahadi.

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan dengan air laut berwarna biru jernih. Ombaknya juga sedang sehingga cocok digunakan sebagai wahana rekreasi keluarga. Sembari menikmati keindahan alam, kamu juga bisa bermain di tepi pantai. Di sini banyak wahana permainan yang asyik, mulai dari kereta mini, sepeda air, waterboom, dan lainnya.

2. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban

Lokasi: Penujah, Kedungbanteng, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Tegal juga memanfaatkan waduk sebagai objek wisata, salah satunya waduk cacaban. Lokasinya terletak di Kedungbanteng. Pada awalnya, fungsi waduk ini digunakan sebagai penampung air dan irigasi yang kemudian berkembang menjadi destinasi wisata yang aman bagi keluarga. Kabarnya, waduk ini dibangun atas inisiatif Soekarno pada tahun 1952.

Suasana di sini sangat asri dan tenang. Apalagi jauh dari kebisingan kota. Suara gemericik air waduk akan merelaksasikan pikiran dan kepenatan akibat rutinitas kerja. Di sini, kamu bisa berlayar dengan menggunakan perahu yang telah disediakan. Fasilitasnya juga memadai, ada warung apung, taman bermain, dan panggung hiburan.

3. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah

Lokasi: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Destinasi wisata berupa pantai yang sekaligus berkolaborasi dengan monumen adalah pantai alam indah. Lokasinya terletak di Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur. Tempat wisata ini menjadi favorit karena panoramanya, apalagi ditunjang fasilitasnya yang lengkap.

Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan. Bangunan istimewa yang bisa kamu temui di sini adalah Monumen Bahari. Monumen tersebut kemudian dinobatkan sebagai bangunan ikonis bagi masyarakat Tegal.

4. Bukit Gua Lawa

Bukit Gua Lawa

Lokasi: Harjowinangun, Kec. Balapulang, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Liburmulu.com

Tegal ternyata punya lanskap perbukitan yang terletak di gua. Nama destinasi wisata tersebut adalah Bukit Gua Lawa. Lokasinya berada di Harjowinangun, Kecamatan Balapulang. Di sini menyediakan panorama memesona dari kegagahan barisan pegunungan.

Pegunungan tersebut juga berkombinasi istimewa dengan hijaunya hutan rimba. Kamu juga akan merasakan kegagahan Gunung Slamet yang menjadi wisata ikonis. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang gemar ketinggian. Bisa dijadikan sebagai ajang adrenalin ketika mendaki bukit ini.

5. Bukit Bulak Cempaka

Bukit Bulak Cempaka

Lokasi: Cempaka, Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @sandaljepit93

Jalan-jalan ke perbukitan tidak hanya bisa kamu rasakan saat mengunjungi kota Malang saja, di Tegal juga ada. Namanya bukit bulak cempaka yang berlokasi di Cempaka, Bumijawa. Dari ketinggian 700 mdpl, kamu akan menyaksikan lanskap kota Tegal yang ada di bawahnya dengan terkesima.

Meskipun berada di ketinggian, masyarakat Tegal juga membangun spot-spot cantik untuk memburu foto berkualitas. Dijamin kamu tidak akan menyesal, apalagi suasanya akan semakin syahdu ketika menjelang sore hari.

6. Wana Wisata Prabalintang

Wana Wisata Prabalintang

Lokasi: Jl. Raya Danasari, Kec. Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Destinasi wisata dengan pemandangan pepohonan pinus akan kamu jumpai saat berkunjung ke Wana Wisata Prabalintang. Lokasinya terletak di Jalan Raya Danasari, Kecamatan Bojong. Di sini, kamu akan disuguhi panorama berupa barisan pohon pinus yang tumbuh menjulang.

Suasananya asri berbaur secara sempurna dengan sungai dan aneka tumbuhan. Mirip pemandangan khas hutan, namun masih tampak terawat. Kamu pastinya bisa menciptakan foto keren saat berkunjung di sini karena ada beberapa lokasi yang bikin fotomu anti mainstream.

7. Curug Monyet

Curug Monyet

Lokasi: Cawitali, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatategal.com

Ingin berwisata ke tempat yang masih perawan? Curug Monyet jawabannya. Tidak seperti destinasi wisata lain, tempat ini lokasinya tersembunyi, tepatnya ada di Dusun Gunung Guntur, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa. Maka tak heran jika perjalanannya memang butuh perjuangan.

Perjuangan kamu akan terbayar tuntas saat menyaksikan deburan air terjun yang jatuh. Tubuhmu juga akan dimanjakan suasana sejuk dari panorama alam yang terasa natural. Selain itu, pemandangannya juga dilengkapi nuansa eksotis dari batu-batu yang ada di sampingnya.

8. Sulaku Bumijawa Park

Sulaku Bumijawa Park

Lokasi: Jl. Wredameta, Pagupakan, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Oliverpic.pw

Rekreasi berkonsep waterpark pasti sudah biasa bagi keluarga, tapi destinasi satu ini berbeda dari wisata waterpark lainnya. Nama tempat wisata tersebut adalah Sulaku Bumijaya Waterpark yang berlokasi di Pagupakan, tidak jauh dari kaki Gunung Slamet.

Di sini kamu bakal betah karena berbagai wahana permainan bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari outbound, flying fox, memancing, agrowisata, futsal center, dan kedai jamu. Jika kamu ingin menikmati pemandangan sekitar, bisa berkeliling kebun dengan naik ATV. Jangan lupa untuk menyempatkan menginap di Sulaku Bumijawa Park.

9. Bukit Cepu

Bukit Cepu

Lokasi: Batumirah, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Flickr.com

Destinasi wisata dengan panorama perbukitan selanjutnya adalah bukit cepu. Lokasinya terletak di Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa. Objek Wisata di Tegal ini bisa diakses dengan mudah sehingga setiap kendaraan bisa terparkir secara rapi di bawah Bukit Cepu.

Untuk mencapai ke bukitnya, kamu harus melewati jalan setapak dan anak tangga yang jumlahnya sangat besar. Maka tak heran jika harus menyiapkan tenaga dan bekal ekstra. Setelah sampai, rasa lelahmu akan terbayar saat menatap lanskap panorama yang sangat menawan, terlebih udaranya juga sejuk.

10. Loco Antik Tegal

Loco Antik Tegal

Lokasi: Jl. Raya Slawi – Bogares Kidul, Kec. Pangkah, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter @infotegal

Spot foto menarik dengan gaya klasik akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke Loco Antik Tegal. Lokasinya ada di Jalan Raya Slawi, Pangkah. Di sini, kamu bisa berfoto dengan nuansa antik khas lokomotif. Dijamin fotomu bakal instagrammable dan keren abis.

Kabarnya, tempat wisata ini dikelola secara baik oleh salah satu perusahaan BUMN, yaitu PG. Pangka. Selain bisa menggunakan Loco Antik sebagai spot foto bergaya vintage, kamu juga bisa berkeliling kebun tebu yang ada di sekitarnya. Usahakan datang lebih pagi supaya tidak berlama-lama antre.

11. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Lokasi: Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Flickr.com

Tegal punya destinasi wisata yang cocok sekali digunakan untuk menikmati bintang di kala malam, namanya bukit bintang. Lokasinya ada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa. Baru-baru ini, bukit bintang jadi wisata kekinian yang banyak diincar generasi muda.

Ketika berkunjung ke sini, usahakan datang saat sore menjelang malam. Pasalnya, senja akan semakin tampak eksotis, apalagi berkombinasi sempurna dengan gemerlap lampu yang bisa disaksikan dari ketinggian. Saat malam, cahanya bintang akan semakin terlihat dan nuansa menjadi syahdu. Dijamin hasil foto kamu akan fantastis.

12. Wisata Kesehatan Jamu

Wisata Kesehatan Jamu

Lokasi: Kalibakung, Kec. Balapulang, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Wisata terbaru dengan konsep edukasi bakal kamu temui di wisata kesehatan jamu. Lokasinya ada di Kalibakung. Meskipun terbilang baru, tempat wisata ini bisa menambah wawasan kamu tentang berbagai jenis jamu yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pelayanannya ramah yang ditunjang dengan kehadiran klinik jamu. Kamu tentunya bisa berkonsultasi langsung dengan dokter dan apoteker khusus tentang pembuatan jamu berkualitas. Panorama yang terpancar dari sungai di sisi bukit dan persawahan akan melengkapi liburan kamu di tempat ini.

13. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci

Lokasi: Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelspromo.com

Ingin memanjakan tubuh? cobalah berkunjung ke destinasi wisata favorit di Tegal, namanya Pemandian Air Panas Guci. Lokasinya terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, tepatnya di kaki Gunung Slamet. Maka tak heran jika suasananya bakal sejuk dan segar di badan.

Kabarnya, berendam langsung di air panas yang mengalir dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari rematik, koreng, hingga penyakit lainnya. Selain bisa berendam, di sana juga ada air terjun julukannya Air Terjun Jidor. Bagi kamu yang tak ingin badan basah, bisa menyewa kuda untuk memburu spot-spot menarik di sekitar lokasi.

14. Situs Manusia Purba Semedo

Situs Manusia Purba Semedo

Lokasi: Desa Semedo, Kec. Kedung Banteng, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Pecintasejarah18.blogspot.com

Siapa bilang Tegal tak punya wisata sejarah? Coba saja kunjungi Situs Manusia Purba Semedo yang berlokasi di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng. Di sini, kamu akan belajar tentang beragam fosil dan peninggalan manusia purba yang dulunya pernah tinggal di wilayah Tegal.

Berbagai fosil dari jenis hewan akan kamu temui di sini, mulai dari gajah purba, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan binatang lainnya yang hidup sekitar satu juta tahun lalu. Selain itu, kamu juga akan menyaksikan peninggalan bersejarah manusia yang nilainya tinggi, seperti kapak penetal, serpih, dan serut. Bagaimana? Bermanfaat bukan belajar sejarah di Situs Manusia Purba Semedo.

15. Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang

Lokasi: Lemah Duwur-Talang, Desa Bengle, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Ceknricek.com

Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa mengenal budaya khas Jawa dengan singgah ke konsorsium rumah wayang. Lokasinya terletak di Desa Bengle, Kabupaten Tegal. Tempat wisata budaya ini dikelola langsung oleh Sanggar Satria Laras. Pemimpinnya saja sudah terkenal di dunia perwayangan, yaitu dalang Ki Enthus Susmono.

Pintu gerbang Konsorsium ini akan selalu terbuka bagi setiap pengunjung. Saat masuk, sebuah bangunan khas kerajaan siap menyambut. Nuansa yang kental akan budaya Jawa akan kamu temui di sini, mulai dari jenis-jenis wayang, senjata khas milik wayang, lukisan, musik, dan jenis-jenis aksesori yang biasa ikut tampil dalam pertunjukkan wayang dan masih ada banyak lagi.

16. Pantai Muarareja

Pantai Muarareja

Lokasi: Jl. Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wartabahari.com

Pohon bakau memang cocok jika dijadikan penambah keindahan dari sebuah pantai. Kali ini jajaran pohon bakau tersebut bisa kamu temui di Pantai Muara reja. Selain dinikmati sebagai destinasi wisata, para pemancing juga ikut meramaikan tempat ini karena mampu menuntaskan hasrat dalam memancing.

Kawasan ini terkenal dengan pepohonan cemara yang mengelilingi pantai. Suasana sejuk akan kamu rasakan ketika sampai di sini. Suara ombak dan kicauan burung akan menambah ketenangan di dalam hati. Jangan lupa untuk menyantap ikan bakar lezat yang dijual di beberapa warung di sini, serta tuntaskan dahagamu dengan minum kelapa muda yang kesegarannya mengalir.

Demikian informasi tentang Destinasi Wisata di Tegal. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu saat mengunjungi kota yang terletak di lintasan pantura ini. Selamat berlibur.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak