25 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Tegal

Rasanya sudah tidak asing lagi jika Tegal terkenal dengan warung-warung kecil yang banyak dibangun di berbagai kota. Biasanya masyarakat menyebutnya dengan warteg atau warung Tegal. Jika ditinjau dari sejarah, pada awalnya warung tersebut diperkenalkan oleh masyarakat Tegal sendiri, namun pada akhirnya banyak yang berhasil mengikuti jejak mereka.

Ketenaran warteg tersebut mampu menarik banyak wisatawan untuk mencicipi masakannya yang terkenal mantap dan terjangkau. Jika kamu pergi ke Tegal hanya untuk mencoba aneka kulinernya pasti akan rugi besar. Pasalnya, Tegal juga punya wisata yang hits dan keren abis.

Lokasinya yang terletak di Jawa Tengah menjadikan Tegal punya panorama alam dengan nuansa alami. Setiap pariwisata yang kamu kunjungi bakal menciptakan foto-foto dengan latar belakang yang cantik. Supaya kamu bisa bersiap-siap, berikut rekomendasi Tempat Wisata di Tegal yang wajib dikunjungi.

1. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari

Image Credit: Google Maps (Muhammad Al Kahfi)

Danau Beko Margasari memiliki nama lain Danau Gunung Karang. Awalnya, danau ini merupakan tambang batu kapur. Setelah proses penambangan, cekungan-cekungan akibatnya lambat laun terisi air hingga menjadi sebuah telaga.

Danau yang tidak sengaja terbentuk ini sebaiknya dikunjungi ketika musim penguhujan karena biasanya saat musim kemarau air di telaga ini mengering. Tempat ini bukanlah sebuah destinasi wisata melainkan sebuah spot fotografi dan tempat penambangan yang masih aktif. Anda disarankan untuk berdiri tidak terlalu dekat dengan tebing karena dikhawatirkan tebing akan longsor.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jatilaba, Kec. Margasari, Kota Tegal, Jawa Tengah.

2. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah

Image Credit: TripTrus.com

Karena lokasi Kota Tegal yang terletak di lintasan pantura, maka tak heran jika pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Salah satu nama pantai tersebut bernama purwahamba indah. Lokasinya ada di Kecamatan Surahadi.

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan dengan air laut berwarna biru jernih. Ombaknya juga sedang sehingga cocok digunakan sebagai wahana rekreasi keluarga. Sembari menikmati keindahan alam, kamu juga bisa bermain di tepi pantai. Di sini banyak wahana permainan yang asyik, mulai dari kereta mini, sepeda air, waterboom, dan lainnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pemuda No. 40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

3. Pantai Larangan

Pantai Larangan

Image Credit: Google Maps (Choirun Eron)

Pantai Larangan merupakan salah satu pantai yang memiliki akses mudah dijangkau. Di tempat ini, terdapat beberapa prasarana yang tersedia seperti dermaga kapal nelayan, tempat pelelangan ikan, warung makanan dan minuman, toilet, penyewaan ban, hingga tempat karaoke.

Banyaknya warung-warung yang didirikan oleh warga, membuat tempat ini sering dijumpai sampah. Kebersihan di pantai ini pun kurang terjaga sehingga banyak wisatawan yang merasa kecewa setelah datang kesana. Sebaiknya, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda hanya bermaksud untuk membeli ikan yang murah agar tidak terlalu kecewa.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bandeng, Munjung Agung, Kec. Kramat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

4. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban

Image Credit: Inibaru.id

Tegal juga memanfaatkan waduk sebagai objek wisata, salah satunya waduk cacaban. Lokasinya terletak di Kedungbanteng. Pada awalnya, fungsi waduk ini digunakan sebagai penampung air dan irigasi yang kemudian berkembang menjadi destinasi wisata yang aman bagi keluarga. Kabarnya, waduk ini dibangun atas inisiatif Soekarno pada tahun 1952.

Suasana di sini sangat asri dan tenang. Apalagi jauh dari kebisingan kota. Suara gemericik air waduk akan merelaksasikan pikiran dan kepenatan akibat rutinitas kerja. Di sini, kamu bisa berlayar dengan menggunakan perahu yang telah disediakan. Fasilitasnya juga memadai, ada warung apung, taman bermain, dan panggung hiburan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penujah, Kedungbanteng, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

5. Taman Rakyat Slawi Ayu

Taman Rakyat Slawi Ayu

Image Credit: Google Maps (Gazkart Ben Beckman)

Berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi taman kotanya. Di Kabupaten Tegal, terdapat ruang terbuka hijau yang dimanfaatkan warga sekitar sebagai sarana rekreasi, olahraga, dan pertunjukan seni.

Taman Rakyat Slawi Ayu biasa disingkat dengan Trasa. Trasa ini memiliki tiga bagian utama dengan bagian utara sebagai pusat oleh-oleh dan kerajinan khas Tegal, bagian selatan sebagai tempat Pedagang Kaki Lima (PKL) menjajakan makanan, dan bagian tengah sebagai tempat kegiatan masyarakat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mingkrik, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah.

6. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah

Image Credit: Inibaru.id

Destinasi wisata berupa pantai yang sekaligus berkolaborasi dengan monumen adalah pantai alam indah. Lokasinya terletak di Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur. Tempat wisata ini menjadi favorit karena panoramanya, apalagi ditunjang fasilitasnya yang lengkap.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Solo yang Bikin Betah Nongkrong

Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan. Bangunan istimewa yang bisa kamu temui di sini adalah Monumen Bahari. Monumen tersebut kemudian dinobatkan sebagai bangunan ikonis bagi masyarakat Tegal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

7. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih

Image Credit: Google Maps (Izza St)

Jembatan ini merupakan jembatan penghubung antara dua desa yang dipisahkan oleh sebuah aliran sungai. Panjang dari Jembatan Gantung Danawarih yaitu 273 meter dengan lebar satu meter.

Di sekitar jembatan, terdapat sebuah makam terkenal yakni makam Ki Gede Sebayu, tokoh bersejarah dalam berdirinya Tegal, yang menjadi wisata religi bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. Akses menuju jembatan ini bisa dibilang sedikit sulit dijangkau karena tidak terdapat papan penunjuk jalan dan kondisi jalan yang terjal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Danawarih, Kec. Balapulang, Kota Tegal, Jawa Tengah.

8. Bukit Gua Lawa

Bukit Gua Lawa

Image Credit: Liburmulu.com

Tegal ternyata punya lanskap perbukitan yang terletak di gua. Nama destinasi wisata tersebut adalah Bukit Gua Lawa. Lokasinya berada di Harjowinangun, Kecamatan Balapulang. Di sini menyediakan panorama memesona dari kegagahan barisan pegunungan.

Pegunungan tersebut juga berkombinasi istimewa dengan hijaunya hutan rimba. Kamu juga akan merasakan kegagahan Gunung Slamet yang menjadi wisata ikonis. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang gemar ketinggian. Bisa dijadikan sebagai ajang adrenalin ketika mendaki bukit ini.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Harjowinangun, Kec. Balapulang, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

9. Rita Park Tegal

Rita Park Tegal

Image Credit: Google Maps (Rizki Triana)

Rita Park Tegal merupakan taman hiburan keluarga terbesar yang ada di Jawa Tengah. Di tempat ini, tersedia 28 wahana permainan baik yang diperuntukkan untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Tempat ini menyediakan berbagai wahana permainan yang patut untuk dicoba. Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke tempat ini yaitu mencoba wahana Circus Travel, Sky Drop, Pulau Hiu, Mini Coaster, 5D Cinema, dan lain-lain. Hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mencoba wahana kincir yang memiliki ketinggian 35 meter dengan panorama Kota Tegal.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolonel Sugiono No.155, Pesurungan Kidul, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah.

10. Bukit Bulak Cempaka

Bukit Bulak Cempaka

Image Credit: Instagram @sandaljepit93

Jalan-jalan ke perbukitan tidak hanya bisa kamu rasakan saat mengunjungi kota Malang saja, di Tegal juga ada. Namanya bukit bulak cempaka yang berlokasi di Cempaka, Bumijawa. Dari ketinggian 700 mdpl, kamu akan menyaksikan lanskap kota Tegal yang ada di bawahnya dengan terkesima.

Meskipun berada di ketinggian, masyarakat Tegal juga membangun spot-spot cantik untuk memburu foto berkualitas. Dijamin kamu tidak akan menyesal, apalagi suasanya akan semakin syahdu ketika menjelang sore hari.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cempaka, Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

11. Curug Penganten Cawitali

Curug Penganten Cawitali

Image Credit: Google Maps (fityan fathurahman)

Lokasi wisata air terjun yang indah ini belum terlalu diketahui oleh wisatawan karena tempatnya yang tersembunyi di balik bukit. Dinamakan Curug Penganten karena memiliki dua air terjun yang bersisian seperti layaknya pasangan,

Sepanjang mata memandang, para wisatawan akan merasakan sejuknya alam sekitar air terjun yang dipenuhi oleh rerimbunan pohon yang hijau menyejukan mata. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merasakan dinginnya air terjun dengan mandi di air terjun yang indah ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ladang, Guci, Kec. Bumijawa, Kota Tegal, Jawa Tengah.

12. Wana Wisata Prabalintang

Wana Wisata Prabalintang

Image Credit:Travelingyuk.com

Destinasi wisata dengan pemandangan pepohonan pinus akan kamu jumpai saat berkunjung ke Wana Wisata Prabalintang. Lokasinya terletak di Jalan Raya Danasari, Kecamatan Bojong. Di sini, kamu akan disuguhi panorama berupa barisan pohon pinus yang tumbuh menjulang.

Suasananya asri berbaur secara sempurna dengan sungai dan aneka tumbuhan. Mirip pemandangan khas hutan, namun masih tampak terawat. Kamu pastinya bisa menciptakan foto keren saat berkunjung di sini karena ada beberapa lokasi yang bikin fotomu anti mainstream.

BACA:  11 Wisata Kuliner di Tegal yang Enak & Wajib Anda Coba
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Danasari, Kec. Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

13. Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi

Image Credit: Google Maps (Ulfah Hidayatullah)

Bukit ini merupakan lokasi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Tegal dan sekitarnya. Keindahan panorama perbukitan yang memanjakan mata menjadi salah satu alasan mengapa tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Bukit ini menawarkan pemandangan persawahan, gunung Slamet, hingga kecantikan matahari terbit dan tenggelam. Selain itu, tempat ini memiliki dua wahana ekstrim yakni panjat tebing dan sky bridge yang tentunya sangat disukai para pecinta adrenalin.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagerwangi, Kec. Balapulang, Kota Tegal, Jawa Tengah.

14. Curug Monyet

Curug Monyet

Image Credit: Wisatategal.com

Ingin berwisata ke tempat yang masih perawan? Curug Monyet jawabannya. Tidak seperti destinasi wisata lain, tempat ini lokasinya tersembunyi, tepatnya ada di Dusun Gunung Guntur, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa. Maka tak heran jika perjalanannya memang butuh perjuangan.

Perjuangan kamu akan terbayar tuntas saat menyaksikan deburan air terjun yang jatuh. Tubuhmu juga akan dimanjakan suasana sejuk dari panorama alam yang terasa natural. Selain itu, pemandangannya juga dilengkapi nuansa eksotis dari batu-batu yang ada di sampingnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cawitali, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

15. Wisata Bahari Waterpark Tegal

Wisata Bahari Waterpark Tegal

Image Credit: Google Maps (Agung Malakian)

Destinasi wisata ini merupakan wisata air terbesar di Tegal. Di tempat ini, tersedia berbagai wahana air yang menyenangkan seperti Kiddy Pool, Wave Pool, River Pool, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang membedakan tempat ini dengan wisata air lainnya adalah dibangunnya futsal basah dan kolam olimpiade. Kolam ukuran olimpiade ini biasanya digunakan untuk perlombaan renang maupun latihan berenang. Fasilitas yang tersedia, sama seperti wisata air pada umumnya dengan tambahan kafetaria.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah.

16. Sulaku Bumijawa Park

Sulaku Bumijawa Park

Image Credit: Oliverpic.pw

Rekreasi berkonsep waterpark pasti sudah biasa bagi keluarga, tapi destinasi satu ini berbeda dari wisata waterpark lainnya. Nama tempat wisata tersebut adalah Sulaku Bumijaya Waterpark yang berlokasi di Pagupakan, tidak jauh dari kaki Gunung Slamet.

Di sini kamu bakal betah karena berbagai wahana permainan bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari outbound, flying fox, memancing, agrowisata, futsal center, dan kedai jamu. Jika kamu ingin menikmati pemandangan sekitar, bisa berkeliling kebun dengan naik ATV. Jangan lupa untuk menyempatkan menginap di Sulaku Bumijawa Park.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wredameta, Pagupakan, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

17. Guciku Hot Waterboom

Guciku Hot Waterboom

Image Credit: Google Maps (Aji Suyatna)

Pemandian ini merupakan wisata sumber air panas yang direkomendasikan untuk wisatawan. Tempat ini cocok dikunjungi bagi orang-orang yang lelah setelah beraktivitas. Pasalnya, disini wisatawan bisa berelaksasi dengan menikmati hangatnya air panas alami yang berasal dari dalam perut bumi.

Pemandian ini memiliki kolam yang sangat bersih dan jernih. Yang paling membedakan pemandian ini dengan pemandian lainnya adalah adanya kolam renang mini yang beratap. Jadi, kolam mini ini sangat aman untuk dipakai balita berenang.

Harga Tiket: Rp 400.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalengan, Guci, kec. Bumijawa, Kota Tegal, Jawa Tengah.

18. Bukit Cepu

Bukit Cepu

Image Credit: Flickr.com

Destinasi wisata dengan panorama perbukitan selanjutnya adalah bukit cepu. Lokasinya terletak di Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa. Objek Wisata di Tegal ini bisa diakses dengan mudah sehingga setiap kendaraan bisa terparkir secara rapi di bawah Bukit Cepu.

Untuk mencapai ke bukitnya, kamu harus melewati jalan setapak dan anak tangga yang jumlahnya sangat besar. Maka tak heran jika harus menyiapkan tenaga dan bekal ekstra. Setelah sampai, rasa lelahmu akan terbayar saat menatap lanskap panorama yang sangat menawan, terlebih udaranya juga sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batumirah, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

19. Loco Antik Tegal

Loco Antik Tegal

Image Credit: Twitter @infotegal

Spot foto menarik dengan gaya klasik akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke Loco Antik Tegal. Lokasinya ada di Jalan Raya Slawi, Pangkah. Di sini, kamu bisa berfoto dengan nuansa antik khas lokomotif. Dijamin fotomu bakal instagrammable dan keren abis.

Kabarnya, tempat wisata ini dikelola secara baik oleh salah satu perusahaan BUMN, yaitu PG. Pangka. Selain bisa menggunakan Loco Antik sebagai spot foto bergaya vintage, kamu juga bisa berkeliling kebun tebu yang ada di sekitarnya. Usahakan datang lebih pagi supaya tidak berlama-lama antre.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Wonosobo Favorit Wisatawan
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Slawi – Bogares Kidul, Kec. Pangkah, Tegal, Jawa Tengah.

20. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Image Credit: Flickr.com

Tegal punya destinasi wisata yang cocok sekali digunakan untuk menikmati bintang di kala malam, namanya bukit bintang. Lokasinya ada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa. Baru-baru ini, bukit bintang jadi wisata kekinian yang banyak diincar generasi muda.

Ketika berkunjung ke sini, usahakan datang saat sore menjelang malam. Pasalnya, senja akan semakin tampak eksotis, apalagi berkombinasi sempurna dengan gemerlap lampu yang bisa disaksikan dari ketinggian. Saat malam, cahanya bintang akan semakin terlihat dan nuansa menjadi syahdu. Dijamin hasil foto kamu akan fantastis.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

21. Wisata Kesehatan Jamu

Wisata Kesehatan Jamu

Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata terbaru dengan konsep edukasi bakal kamu temui di wisata kesehatan jamu. Lokasinya ada di Kalibakung. Meskipun terbilang baru, tempat wisata ini bisa menambah wawasan kamu tentang berbagai jenis jamu yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pelayanannya ramah yang ditunjang dengan kehadiran klinik jamu. Kamu tentunya bisa berkonsultasi langsung dengan dokter dan apoteker khusus tentang pembuatan jamu berkualitas. Panorama yang terpancar dari sungai di sisi bukit dan persawahan akan melengkapi liburan kamu di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalibakung, Kec. Balapulang, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

22. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci

Image Credit: Travelspromo.com

Ingin memanjakan tubuh? cobalah berkunjung ke destinasi wisata favorit di Tegal, namanya Pemandian Air Panas Guci. Lokasinya terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, tepatnya di kaki Gunung Slamet. Maka tak heran jika suasananya bakal sejuk dan segar di badan.

Kabarnya, berendam langsung di air panas yang mengalir dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari rematik, koreng, hingga penyakit lainnya. Selain bisa berendam, di sana juga ada air terjun julukannya Air Terjun Jidor. Bagi kamu yang tak ingin badan basah, bisa menyewa kuda untuk memburu spot-spot menarik di sekitar lokasi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

23. Situs Manusia Purba Semedo

Situs Manusia Purba Semedo

Image Credit: Pecintasejarah18.blogspot.com

Siapa bilang Tegal tak punya wisata sejarah? Coba saja kunjungi Situs Manusia Purba Semedo yang berlokasi di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng. Di sini, kamu akan belajar tentang beragam fosil dan peninggalan manusia purba yang dulunya pernah tinggal di wilayah Tegal.

Berbagai fosil dari jenis hewan akan kamu temui di sini, mulai dari gajah purba, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan binatang lainnya yang hidup sekitar satu juta tahun lalu. Selain itu, kamu juga akan menyaksikan peninggalan bersejarah manusia yang nilainya tinggi, seperti kapak penetal, serpih, dan serut. Bagaimana? Bermanfaat bukan belajar sejarah di Situs Manusia Purba Semedo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Semedo, Kec. Kedung Banteng, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

24. Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang

Image Credit: Ceknricek.com

Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa mengenal budaya khas Jawa dengan singgah ke konsorsium rumah wayang. Lokasinya terletak di Desa Bengle, Kabupaten Tegal. Tempat wisata budaya ini dikelola langsung oleh Sanggar Satria Laras. Pemimpinnya saja sudah terkenal di dunia perwayangan, yaitu dalang Ki Enthus Susmono.

Pintu gerbang Konsorsium ini akan selalu terbuka bagi setiap pengunjung. Saat masuk, sebuah bangunan khas kerajaan siap menyambut. Nuansa yang kental akan budaya Jawa akan kamu temui di sini, mulai dari jenis-jenis wayang, senjata khas milik wayang, lukisan, musik, dan jenis-jenis aksesori yang biasa ikut tampil dalam pertunjukkan wayang dan masih ada banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

25. Pantai Muarareja

Pantai Muarareja

Image Credit: Wartabahari.com

Pohon bakau memang cocok jika dijadikan penambah keindahan dari sebuah pantai. Kali ini jajaran pohon bakau tersebut bisa kamu temui di Pantai Muara reja. Selain dinikmati sebagai destinasi wisata, para pemancing juga ikut meramaikan tempat ini karena mampu menuntaskan hasrat dalam memancing.

Kawasan ini terkenal dengan pepohonan cemara yang mengelilingi pantai. Suasana sejuk akan kamu rasakan ketika sampai di sini. Suara ombak dan kicauan burung akan menambah ketenangan di dalam hati. Jangan lupa untuk menyantap ikan bakar lezat yang dijual di beberapa warung di sini, serta tuntaskan dahagamu dengan minum kelapa muda yang kesegarannya mengalir.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Demikian informasi tentang Destinasi Wisata di Tegal. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu saat mengunjungi kota yang terletak di lintasan pantura ini. Selamat berlibur.