12 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Tebing Tinggi

Sebagai salah satu tempat bersejarah di Indonesia, dan menjadi kota tua di Padang, Tebing Tinggi memang memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik hati. Objek wisata alam maupun sejarah tersear ada di setiap sudut wilayah Tebing Tinggi. Sebagai tempat yang dahulunya pernah menjadi kerajaan di Padang, tempat ini menawarkan banyak eksotisme keindahan panorama alam yang siap memanjakan matamu.

Jika Anda berencana untuk mengekplore kota ini, berikut 12 tempat wisata di Tebing Tinggi yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Taman Kota Tebing Tinggi

Taman Kota Tebing Tinggi

Image Credit: Tebingtinggikota.go.id

Setiap kota pasti memiliki satu tempat yang dijadikan pusat perpuaran ekonomi wilayah mereka. Begitupun di Bukit Tinggi. Taman ini adalah salah satu taman kota yang ada di Tebing Tinggi yang berfungsi untuk ruang terbuka hijau. Tempat ini cocok untuk dijadikan temoat refreshing yang murah meriah. Penataan taman yang cantik pasti akan membuatmu betah berlama- lama, apalagi udaranya masih sangat segar.

Lokasi: Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

2. Istana Negeri Padang

Istana Negeri Padang

Image Credit: Detik.com

Istana yang berbentuk rumah panggung ini masih berdiri kokoh sampai sekarang. Istana Negeri Padang dibangun pada tahun 1800an, jadi bangunan ini sudah berusia hampir 2 abad, dan bentuknya tidak banyak berubah dari pertama kali dibangun. Jika kamu berkesempatan untuk berwisata ke Tebing Tinggi, jangan lewatkan wisata bersejarah satu ini, selain menambah wawasan pemandangan sekitar istana sayang jika dilewatkan.

Lokasi: Bandar Utama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

3. Pemandian Putri Nagur

Pemandian Putri Nagur

Image Credit: Abdulkhalik-news.blogspot.com

Wisata alam di Tebing Tinggi juga sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satu yang patut kamu coba adalah Pemandian Putri Nagur. Destinasi wisata satu ini berada di Kecamatan Sipispis, pemandian ini memang ramai di kunjungi masyarakat setempat. Jadi siap- siap ya jika kamu ke sini saat weekend, maka kondisinya akan benar- benar ramai.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Medan Favorit Wisatawan

Lokasi: Tinokkah, Kec. Sipispis, Kab. Serdang Bedagai.

4. Tinggi Raja

Tinggi Raja

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata alam selanjutnya adalah Tinggi Raja. Tinggi Raja merupakan salah satu wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat ke Bukit Tinggi. Di sini kamu bisa mandi dengan air panas sambil melihat pemandangan alam sekitar yang masih berupa hutan hijau yang rindang.

Tinggi Raja memang suatu wisata alam yang memadukan antara pemandian air panas dengan hutan konservasi. Pemandangan di sini di dominasi oleh warna putih, itu karena kawah yang ada di sekitar daerah tersebut berwarna putih, jadi masyarakat sekitar juga menyebutnya sebagai kawah putih Tebing Tinggi.

Lokasi: Dolok Merawa, Kec. Silau Kahean, Kab. Simalungun.

5. Danau Laut Tador

Danau Laut Tador

Image Credit: Oyorooms.com

Rekomendasi wisata alam selanjutny adalah Danau Laut Tador. Tempat wisata sajtu ini sudah populer di kalangan masyarakat Tebing Tinggi. Keindahan alam di Danau satu ini memang susah untuk ditampik, tempat wisata satu ini akan memberikanmu kedamaian dengan pemandangan alam yang menenangkan.

Danau laut yang jernih berpadu dengan hijaunya pepohonan yang rimbun terlihat alami dan menyejukkan mata. Di danau juga masih terdapat banyak ragam ikan yang bisa kamu pancing sambil menghabiskan waktu menenangkan diri sejenak.

Lokasi: Laut Tador, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

6. Budaya Beca

Budaya Beca

Image Credit: Wisato.id

Ingin mencoba wisata yang sedikit anti mainstream dan sedikit berbeda dengan kegiatan seperti biasanya, kamu bisa mencoba salah satu wisata budaya yang ada di Tebing Tinggi, namanuy adalah Budaya Beca. Kamu bisa datang saat menjelang hari raya, budaya ini merupakan kegiatan mengelilingi kota sambil menggunakan beca.

Uniknya lagi kamu bisa menembaki penumpang yang ada di beca lain dengan menggunakan pistol air sebagai bentuk keakraban satu sama lain. Mendengar ulasannya saja pasti sudah membuatmu penasaran bukan ? langsung saja datang ke Tebing Tinggi untuk melihat atau malah berperan langsung.

BACA:  15 Tempat Wisata di Langkat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Lalang, Rambutan, Kota Tebing Tinggi

7. Waterpark Gundaling

Waterpark Gundaling

Image Credit: Dispora.tebingtinggikota.go.id

Wisata satu ini cocok sekali untuk diajadikan destinasi wisata bersama keluarga atau teman- teman dekatmu. Di sini kamu bisa main air sepuasnya dengan banyak wahana- wahana yang keren dan pastinya seru banget.

Tiket masuk ke sini juga terjangkau sekali, tidak perlu terlalu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa masuk ke dalam Waterpark Gundaling. Fasilitas yang terdapat di sini sudah bagus dan cukup lengkap, di jamin wisata keluargamu semakin menyenangkan dan berkesan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta LK III, Tambangan, Padang Hilir, Tambangan, Kec. Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi.

8. Bayu Lagoon

Bayu Lagoon

Image Credit: Foursquare.com

Hampir sama dengan waterpark gundaling, Bayu Lagoon merupakan sebuah taan rekreasi keluarga yang menyenangkan. Berbeda dengan waterpark Gundaling, fasilitas yang ada di sini lebih lengkap. Seperti variasi kolam renang yang sampai ada 3 buah. Di sini memang terdapat 3 jenis kolam renang yang bisa meyesuaikan tinggi badan para pengunjung yang hendak berenang.

Selain itu terdapat pula restoran dengan menu nusantara yang siap membuatmu kenyang seketika. Jika sedang berwisata bersama anak- anak ke Tebing Tinggi, rasanya Bayu Lagoon adalah pilihan utama yang harus kalian kunjungi.

Lokasi: Jl. yos sudarso Tj. Marulak, Sri Padang, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi.

9. Tugu Peringatan 13 Desember 45

Tugu Peringatan 13 Desember 45

Image Credit: Dispora.tebingtinggikota.go.id

Setiap kota pasti memiliki ceritanya sendiri untuk bisa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sama halnya dengan kota lain, Tebing Tinggi juga mempunyai historynya untuk merebut kemerdekaan. Perjuangan tersebut di digambarkan lewat bangunan Tugu yang menjadi salah satu ikon sebagai saksi perjuangan bagaimana kerasnya perjuangan orang dahulu demi memberikan wilayah tersebut kemerdekaan yang sesungguhnya.

Saat sore hari Tugu Peringatan ini biasanya ramai oleh masyarakat setempat yang sedang bersantai atau olahraga ringan. Ada juga beberapa jajanan yang ada tak jauh dari lokasi Tugu. Tempat ini bisa menjadi wisata murah meriah untuk budget yang tipis.

BACA:  21 Oleh-Oleh Khas Medan Paling Populer

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo, Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

10. Bah Bolon Arung Jeram

Bah Bolon Arung Jeram

Image Credit: Goadventure.co.id

Sebenarnya wisata satu ini tidak terletak di Tebing Tinggi, namun jaraknya dekat sekali dengan  daerah Tebing Tinggi. Orang luar pasti selalu mengira wisata alam satu ini berada di Tebing Tinggi. Spot rafting di Sungai Sumatera sayang sekali untuk dilewatkan, ditambah lagi pemandangan alam yang masih berupa hutan- hutan asri.

Lokasi: Buluh Duri, Kec. Sipispis, Kab. Serdang Bedagai.

11. Taman Edukasi

Taman Edukasi

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Tempat satu ini cocok untuk kamu yang sedang berlibur dengan membawa putra- puti kecilmu. Berada di jalan Bukit Bundar tempat ini adem dan aman untuk wisata keluarga. Berlibur sambil belajar bisa kamu coba di salah satu taman yang ada di Tebing Tinggi ini. namanya adalah Taman Edukasi.

Di sini kamu bisa melihat berbagai tanaman yang di tata rapi serta meliat proses pemeliharaan taman dengan memanfaatkan sampah daur ulang. Taman Edukasi ini juga mempunyai banyak spot foto menarik untuk menambah koleksi foto di galerimu.

Lokasi: Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

12. Green Hill

Green Hill

Image Credit: Tebingtinggiku.com

Wah kalau wisata satu ini cocok juga dijadikan tempat menghabiskan waktu bersama teman terdekat atau keluarga. Tempat satu ini memang memiliki pemandangan yang segar dan masih hijau. Rumput- rumput pendek akan membuat matamu terasa segar. Di sini kamu bisa menemukan banyak spot foto selfie, dan usahakan datang ke sini saat sudah sore hari agar cuaca tidak terlalu panas.

Lokasi: Jl. Baja, Tambangan Kec. Padang Hilir, Kab.Tebing Tinggi.

Itulah 12 rekomendasi tempat wisata di Tebing Tinggi yang bisa kamu jadikan pilihan terbaik saat liburan. Jangan lupa juga untuk berburu wisata kuliner di Tebing Tinggi, dijamin tidak akan mengecewakan liburan kerenmu. Selamat berlibur dan selamat bersenang- senang.