Provinsi Sumatera Utara memang selalu mampu menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Karena itulah, tidak heran provinsi tersebut selalu dijadikan sebagai destinasi wisata favorit saat menjelang liburan tiba. Tempat wisata yang ada di sana terkenal begitu alami dengan landsekap alam yang sungguh mampu membuat siapa saja terpukau.

Anda yang kebetulan berada di Provinsi Sumatera Utara, maka jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam yang ada di sana. Salah satu wisata alam favorit di tempat tersebut yaitu Air Terjun. Ada berbagai macam pilihan air terjun dengan nuansa dan pemandangan khasnya masing-masing.

Karena itulah, bagi Anda yang berencana untuk mencari tempat wisata berupa air terjun, maka tidak ada salahnya untuk segera meluncur ke Provinsi Sumatera Utara. Berikut ini akan diberikan beberapa rekomendasi air terjun cantik yang ada di sana dan tak boleh Anda lewatkan bersama dengan keluarga.

1. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Image Credit: Twitter @indonesia_eyes

Air terjun pertama memiliki keindahan luar biasa yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 120 meter. Tentunya ketinggian tersebut akan membuat Air yang jatuh begitu deras. Letak air terjun yaitu berada di sekitaran Danau Toba sebelah utara atau tepatnya yaitu berada di Kecamatan Merek, Desa Tongging.

Pesona alam yang ditawarkan oleh air terjun ini memang tidak main-main indahnya. Karena itu, sangat sayang sekali Jika Anda melewatkan semua keindahan tersebut. Supaya bisa tiba di tempat wisata ini, maka Anda akan memerlukan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam jika berangkat dari pusat Kota Medan.

Harga Tiket: 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Tongkat

Air Terjun Tongkat
Image Credit: Instagram Landscaper & Videographer

Untuk rekomendasi yang berikutnya yaitu Air Terjun Tongkat. Lokasi dari air terjun tersebut berada di Kabupaten Langkat, Kecamatan Sei Bingei, Desa rumah Galuh. Saat Anda datang ke tempat wisata tersebut, maka nantinya Anda akan bisa menyaksikan keindahan dari batang kayu besar yang tampak serupa dengan tongkat.

Karena itulah, air terjun ini diberi nama Air Terjun Tongkat. Kayu besar tersebut tertancap kuat di tebing air terjun, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini. Untuk ketinggiannya sendiri, air terjun tersebut mencapai 30 meter. Perjalanan yang nantinya akan Anda tempuh untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tongkat ini yaitu sekitar 1 jam dari Medan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingei, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

3. Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren Putih
Image Credit: Facebook Budi Haryono

Air Terjun Sampuren Putih memiliki pesona yang sangatlah indah dan tak kalah menakjubkan seperti air terjun lainnya. Untuk ketinggiannya sendiri memang tidak terlampau tinggi seperti air terjun lainnya, karena memang ketinggian dari air terjun tersebut hanya 3 meter saja.

Namun meskipun begitu, Air Terjun Sampuren Putih tersebut sangatlah bersih dan jernih. Selain itu juga Anda bisa berenang di tempat tersebut, karena memiliki kedalaman kolam yang begitu luas dan juga dalam.

Lokasi dari Air Terjun Sampuren Putih yaitu berada di Sumatera Utara, Kecamatan Sibolangit, Desa Cinta Rakyat. Anda yang tertarik untuk berkunjung ke tempat tersebut, maka harus segera meluncur ke Kabupaten Deli Serdang. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa tiba di sana kurang lebih 2 jam jika berangkat dari pusat Kota Medan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Negri Gugung, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Twitter @GoodLifeBCA

Air Terjun Dua Warna juga berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki landsekap yang begitu memukau. Selain itu, terdapat juga penampakan yang akan membuat Anda takjub. Hal itu dikarenakan air terjun dua warna memiliki panorama alam yang begitu asri, alami dan jauh dari polusi.

Ketinggian dari air terjun tersebut mencapai 75 meter. Anda akan menyaksikan air yang ada di air terjun tersebut sangatlah jernih dan bersih. Selain itu, ketika berada di bawah, air memiliki warna biru seperti halnya warna laut. Lokasi tepatnya dari Air Terjun Dua Warna yaitu berada di Desa Durin Sirugun.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Instagram Calvin Sukma Nugraha

Air terjun berikutnya ini berada di Jalan Jamin Ginting KM 5 Desa Doulu. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata tersebut, maka sebenarnya perjalanan ke sana sangatlah mudah. Air Terjun Sikulikap tersebut selain aksesnya yang terbilang mudah, keindahan dan juga pesona air terjun tak kalah dengan tempat lain.

Ketinggian Air Terjun Sikulikap tersebut mencapai 30 meter. Di tempat tersebutlah nantinya Anda akan bisa menikmati berbagai macam keindahan serta deburan air yang terjun keras menghantam area bebatuan yang ada di bawah. Pastinya Anda akan merasakan sensasi seru saat berada di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Tarunggang

Air Terjun Tarunggang
Image Credit: Facebook Agus Bador

Untuk tempat wisata selanjutnya yaitu Air Terjun Tarunggang. Air terjun yang berada di Provinsi Sumatera Utara tersebut memang mampu menarik kedatangan para pengunjung untuk berdatangan. Jika dibandingkan dengan air terjun lain yang telah disebutkan di atas, memang ketinggiannya terbilang rendah, karena hanya 15 meter saja.

Namun meski begitu, saat Anda datang ke tempat tersebut Anda bisa melihat keunikan yang hanya bisa ditemukan di tempat ini. Keunikan tersebut yaitu pasir yang terdapat di air terjun memiliki warna putih. Hal itu tentunya membuat Anda seolah terbayang berada di area pantai.

Spot foto yang disuguhkan tempat tersebut memang begitu instagenic dan patut untuk Anda pamerkan di laman Instagram. Selain pasir yang berwarna putih, keunikan lain yang terdapat di Air Terjun Tarunggang yaitu adanya sebuah goa dibalik air terjun. Daya tarik tersebut tentunya tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja selama berada di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rumah Lenggo, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Namo Belanga

Air Terjun Namo Belanga
Image Credit: Google Maps M Irfan Ansari Barus

Rekomendasi air terjun selanjutnya yaitu Air Terjun Namo Belanga. Tempat ini memang cukup populer dan seringkali dikunjungi oleh wisatawan, baik itu lokal maupun luar daerah. Airnya memang terkenal sangat jernih dan bersih, sehingga Anda tidak akan merasa khawatir saat ingin mandi di sana.

Panorama alam yang disuguhkan oleh tempat ini sungguh sangat menakjubkan. Untuk bisa mencapai lokasi dari Air Terjun Namo Belanga tersebut, maka Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam dari pusat Kota Medan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Ukur Utara, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

8. Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi
Image Credit: Twitter BatakPedia

Air terjun pelangi merupakan salah satu tempat yang mampu memanjakan Anda selama berlibur bersama dengan keluarga. Kepopuleran dari tempat tersebut membuatnya selalu diminati oleh wisatawan. Keindahan dari alam akan bisa Anda saksikan selama mengunjungi Air Terjun Pelangi.

Tidak hanya airnya yang sejuk, bersih dan menyegarkan saja, melainkan juga di sana Anda akan menikmati udara yang begitu bersih dan menyenangkan. Salah satu spot foto favorit wisatawan yaitu Jembatan Lau Hulung. Jembatan itu sendiri termasuk jembatan terpanjang yang memiliki area jurang di bawahnya dan berada di Provinsi Sumatera Utara.

Agar nantinya Anda bisa sampai di tempat tersebut, maka Anda bisa berangkat dari pusat Kota Medan dan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam. Lokasi tepatnya yaitu berada di Desa Tanjung Timur, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman
Image Credit: Google Maps Awen Gozila

Bagi Anda yang hobi melakukan travelling, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama air terjun ini. Air Terjun Siluman dikatakan demikian karena air terjun tersebut memang terkadang mengeluarkan air, namun kadang juga tiba-tiba air tersebut hilang.

Air terjun berada di tebing curam, hal itulah yang akhirnya membuat tempat tersebut tampak begitu eksotik. Saat memutuskan untuk berkunjung ke sana, jangan lupa untuk membawa kamera.

Karena ada banyak sekali keindahan alam yang patut untuk Anda abadikan dalam jepretan foto. Untuk menuju ke lokasi wisata tersebut memang Anda harus menyiapkan stamina yang kuat, karena tracking menuju ke Air Terjun Siluman tersebut cukup menantang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

10. Air Terjun Teroh-teroh

Air Terjun Teroh-teroh
Image Credit: Google Maps Ryan Pramana Putra

Air Terjun Teroh-teroh adalah salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda kunjungi saat hari libur tiba. Tempat tersebut memiliki pemandangan yang begitu menyejukkan. Karena di sana banyak sekali terdapat pepohonan hijau rindang dan asri. Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berada di sana.

Selain itu, di tempat tersebut juga tersedia beberapa fasilitas yang mampu menunjang kegiatan para pengunjung yang datang. Air terjun ini berada di Desa Rumah Galuh, Kabupaten Langkat. Jika Anda berangkat dari Kota Binjai, maka setidaknya dibutuhkan waktu selama 1 jam perjalanan.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

11. Air Terjun Lau Lutih

Air Terjun Lau Lutih
Image Credit: Google Maps Suhendri

Untuk rekomendasi air terjun yang terakhir yaitu Air Terjun Lau Lutih. Tak kalah indah dan menarik seperti air terjun yang sudah disebutkan di atas, di sini Anda juga akan menemukan pemandangan yang sangatlah menakjubkan. Debit air yang turun begitu deras dan ketinggian air terjun yang cukup curam akan membuat Anda takjub.

Bagi Anda yang hobi sekali melakukan fotografi, maka berada di sana merupakan keputusan yang sangat tepat untuk dilakukan. Jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke tempat tersebut bersama dengan sanak famili maupun teman-teman Anda. Karena di sana ada banyak sekali keseruan yang menanti.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Itulah ulasan tenttang daftar air terjun cantik yang bisa Anda temukan di Provinsi Sumatera Utara. Berkunjung ke provinsi tersebut memang merupakan sesuatu yang sangat tepat untuk dilakukan, karena di sanalah nantinya Anda bisa menemukan banyak sekali alternatif wisata air terjun yang bisa dikunjungi.