Puncak Gagoan salah satu destinasi wisata alam nan eksotis di Solok. Puncak dengan bukit batu yang memukau dan tempat terbaik untuk menikmati panorama alam meski harus melalui jalur lumayan sulit dan terjal.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Paninggahan, Kec. Junjung Sirih, Kota Solok, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Sumatera Barat adalah daerah yang memiliki objek wisata yang beraneka ragam. Ada wisata pantai, air terjun, danau, bukit, gunung dan banyak lagi pilihan tempat wisata yang mencengangkan. Bagi para traveler, berkunjung ke Sumatera Barat akan memberikan kepuasan tersendiri.

Salah satu wisata alam yang populer saat ini adalah Puncak Gagoan. Puncak ini terletak di Paninggahan. Puncak bukit tersebut adalah pilihan pertama bagi traveler pecinta alam yang ingin mendaki ke puncak curam dan tinggi itu.

Gambar keindahan panorama alam yang tersebar secepat kilat di media sosial membuat para wisatawan bergegas mengepakkan ranselnya. Semakin hari semakin banyak unggahan foto dan video tentang wisata puncak bukit tersebut. Sehingga dengan pesonanya, semakin banyak pula pengunjung yang datang berwisata ke lokasi tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Gagoan

Daya Tarik Puncak Gagoan
Image Credit: Twitter.com @a_p_i_kv

1. Keindahan Puncak

Pucak gagoan memiliki keindahan yang tiada tanding. Selain itu untuk bisa mencapai keindahan panorama Puncak Gagoan, Anda perlu mendaki bukit curam itu. Bukit curam yang memiliki arti Takut ketinggian tersebut memiliki kemiringan 90 derajat. Dihiasi dengan bebatuan putih menambah seram jalur pendakian tersebut.

Setelah sampai di puncak bukit Gagoan, wisatawan akan menikmati hembusan angin segar, sejuk tanpa polusi. Dimana di sekeliling puncak terdapat hutan yang membuat oksigen di lokasi menjadi lebih segar.

Saat pagi, puncak bukit tersebut akan ditutupi kabut tebal. Saat tersebut, ada beberapa wisatawan yang memanfaatkannya untuk berswafoto. Namun ada juga wisatawan yang buru-buru untuk turun dan kembali pulang. Karena saat kabut mulai menyelimuti, jarak pandang akan semakin pendek dan susah untuk melewati jalur turun.

Dengan keindahan yang memikat hati tersebut, puncak bukit Gagoan juga memiliki sisi yang sangat berbahaya. Pengelola lokasi wisata memberikan beberapa tanda bahaya berupa papan yang dicoret silang dengan warna merah. Dimana tempat-tempat tersebut sangat rawan longsor, dan tidak boleh dilewati.

2. Puncak yang Diapit oleh Dua Bukit

Selain keindahan panorama alam dan segarnya udara, Puncak Gagoan juga diapit oleh dua bukit lainnya. Keberadaan dua bukit tersebut menjadi nilai tambah untuk keindahan di atas puncak bukit Gagoan tersebut. Anda bisa mengambil foto dengan latar bukit-bukit indah tersebut.

Dari sudut manapun Anda mengambil foto, akan terlihat bagus dan indah. Karena lokasinya yang sangat strategis untuk mengambil gambar. Dari beberapa sudut Anda akan diberikan pemandangan berupa deretan gunung dan bukit-bukit. Di sudut lainnya pemandangan kota Solok dan danau Singkarak terlihat jelas dan cantik.

Selain itu, ada hamparan rumput hijau yang memanjakan mata. Diantara bukit tersebut terdapat aliran sungai. Sungai yang jernih dan bersih menjadi daya tarik supaya pengunjung lebih banyak yang datang. Selain menjadi penyejuk mata, aliran air sungai tersebut dimanfaatkan juga sebagai kebutuhan sehari-hari warga di sekitar lokasi.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Puncak Gagoan

Alamat Puncak Gagoan
Image Credit: Google Maps (Charles Samola)

Berada di Pegunungan Bukit Barisan membuat tempat wisata tersebut menjadi sangat populer karena pemandangan yang asri. Lokasi tepatnya yaitu di Paninggahan Tanjung, Solok, Sumatera Barat. Puncak bukit Gagoan memiliki jarak sekitar 78 km dari kota Padang. Namun jika Anda berada di Kota Solok, hanya berjarak 20 km saja.

Rute yang bisa di lalui yaitu melalui Pasar Sumani, kemudian lurus saja sampai sejauh 7 km. setelah itu ikuti panduan di pinggir jalan menuju Puncak Gagoan. Dimana bukit tersebut berdekatan dengan keberadaan Ngarai Sianok.

Setelah sampai di pintu gerbang wisata, Anda bisa menitipkan kendaraan Anda di lokasi parkir. Dari tempat parkir Anda akan memulai berjalan kaki dan mendaki menuju puncak bukit Gagoan. Perjalanan tersebut bisa memakan waktu sekitar kurang lebih 15 menit.

Perjalanan tersebut akan dikelilingi oleh pepohonan. Tidak jauh setelah itu Anda akan melewati jalan terjal berbatu. Rute ini membutuhkan konsentrasi ekstra dan hati-hati yang tinggi. Semakin dekat degan puncak, Anda akan melewati jalan yang semakin jurang dan ditambah dengan bebatuan.

Tiket masuk menuju lokasi wisata tersebut hanya sepuluh ribu saja untuk satu orang. dimana tempat wisata ini buka dari 8 pagi sampai jam 6 sore saja. Untuk harinya, buka pada hari senin sampai ahad tanpa hari libur.

Biaya parkir untuk sepeda motor hanya dipungut dua ribu rupiah saja. Sedangkan untuk mobil, dipungut biaya lima ribu saja. Namun kendaraan yang parkir di area tersebut lebih banyak kendaraan bermotor. Akan cukup sulit jika datang menggunakan kendaraan roda empat. Sehingga pengunjung yang datang lebih banyak menggunakan sepeda motor.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Gagoan

Aktivitas Menarik di Puncak Gagoan
Image Credit: Twitter.com @Tami28215055

1. Santai di Padang Rumput

Sesampainya di puncak bukit, Anda akan mendapati kawasan tersebut dipenuhi oleh hamparan rumput hijau. Di tempat ini Anda bisa merebahkan tubuh Anda sejenak. Menikmati keindahan surga di ketinggian puncak bukit Gagoan. Hempasan angin turun membantu merileksasikan pikiran Anda saat bersantai di sini.

Duduk di pinggir batu cadas adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan para wisatawan. Udara dan cuaca di ketinggian ini membuat Anda terpikat dan tidak ingin beranjak jauh.

2. Hunting Foto Keren

Puncak tersebut menjadi spot fotogenik yang viral. Dimana spot foto di Puncak Gagoan yang mulai membawa para wisatawan datang ramai-ramai ke lokasi. Batu cadas yang berada di ujung bukit menjadi pemikat orang-orang untuk berfoto di area tersebut.

Bagi beberapa pengunjung yang datang, selain bersantai para wisatawan banyak yang hunting dan jalan-jalan di sekitar puncak. Mencari sudut terindah untuk mengambil foto. Meski setiap sudut puncak itu memiliki keunikan masing-masing. Namun, setiap orang berbeda-beda selera dalam mencari lokasi berfoto.

Beberapa orang yang memiliki nyali, melakukan foto di ujung batu. Duduk dan berdiri dengan fose bahagia di pinggir batu di ujung bukit. Dimana keberadaan batu tersebut hanya menggelantung dan di bawahnya ada hutan yang rimbun.

Berfoto di tempat ini adalah salah satu kegiatan yang paling ekstrim. Dimana para wisatawan tersebut hanya duduk tanpa menggunakan pengaman di batu itu. Meski sudah diberikan tanda silang merah yang bertanda dilarang, namun beberapa pengunjung masih saja berfoto di lokasi tersebut.

Usahakan untuk berfoto sewajarnya saja, tidak di tempat yang memiliki resiko celaka dan bahaya yang tinggi. Tidak dengan mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan foto kece bukan. Masih banyak lokasi yang memiliki view lebih keren dan kece dari pada batu di ujung bukit tersebut.

Aktivitas di Puncak Gagoan
Image Credit: Google Maps (Tempat Duduk)

3. Kemah di Padang Rumput

Beberapa wisatawan yang datang dari tempat yang jauh, menggelar tenda dan bermalam di hamparan rumput hijau di Puncak Gagoan. Area ini cukup datar dan sangat cocok dijadikan tempat berkemah bersama teman-teman. Saat sore hari Anda akan menemukan awan-awan berarak mendekat dan terasa sangat dekat.

Pilihlah cuaca yang bagus jika ingin bermalam di puncak bukit ini. Supaya aman dan nyaman saat malam harinya. Selain itu pastikan kondisi Anda cukup baik dan tidak sedang sakit.

Jika datang dan bermalam di tempat ini dalam keadaan yang kurang baik dapat membuat Anda kesulitan mendapatkan bantuan dokter. Selain lumayan jauh dari pemukiman, hal ini juga bisa berbahaya untuk Anda. Anda juga harus membawa bekal dan persiapan makanan yang cukup jika berkemah di tempat wisata itu.

4. Bersepeda saat Menaiki Bukit

Beberapa atlet profesional datang ke lokasi wisata ini untuk latihan. Atlet sepeda itu menjadikan jalur trekking tersebut sebagai tempat berlatih saat naik dan menuruni bukit. Hal seram ini dilakukan berulang kali untuk melatih fokus dan nyali dari atlit-atlit tersebut.

Hal ini hanya dilakukan oleh profesional. Jika Anda belum pernah melakukannya, maka jangan mencoba-coba untuk menaiki bukit terjal tersebut menggunakan sepeda. Kegiatan ini juga hanya dilakukan oleh beberapa orang yang ingin uji nyali. Selain itu proses latihan tersebut juga dilakukan sebelum perlombaan dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Gagoan Solok

Fasilitas di Puncak Gagoan Solok
Image Credit: Instagram.com @indra.arts

Fasilitas yang disediakan yaitu berupa posko saat masuk pintu gerbang wisata. Ada toilet dan musola di dekat parkiran, sebelum menaiki puncak bukit. Ada warung yang menjajakan makanan ringan dan makanan berat serta berbagai jenis minuman.

Selain itu, ada pondok sederhana yang dimanfaatkan sebagai tempat istirahat dan melepas lelah. Di dekat pondok itu ada lokasi parkir yang aman. Jika Anda bermalam atau berkemah pastikan melapor pada penjaga parkir dan pengelola wisata setempat. Supaya kendaraan Anda aman dan tetap dijaga.

Itulah beberapa ulasan tentang keindahan alam Puncak Bukit Gagoan di Solok. Dimana puncak tersebut dapat memberikan inspirasi bagi setiap orang yang datang. Menikmati keindahan perkotaan dari ketinggian adalah hal yang paling seru dan asik.