Air Terjun Riam Dait

Air Terjun Riam Dait memiliki pesona yang memukau dan keunikan tersendiri. Air terjun tujuh tingkat yang terbentuk dari patahan Sungai Dait di Kalimantan Barat.

Lokasi: Sekendal, Kec. Air Besar, Kab. Landak.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan Barat telah lama dikenal dengan sebutan seribu sungai. Hal itu bukan tanpa alasan melainkan provinsi ini berada di kondisi geografis yang mana banyak di aliri beragam sungai. Erosi vertikal menjadi salah satu penyebab sehingga muncul pula banyak sekali air terjun di tempat ini. Berbicara soal curug, Anda tak boleh ketinggalan untuk mengunjungi Riam Dait.

Air terjun Riam Dait merupakan destinasi wisata tersembunyi di pelosok kota Pontianak. Tempatnya yang berada di pedalaman membuat tempat wisata masih begitu alami dan memiliki udara yang super segar. Anda yang berkunjung dijamin akan semakin betah setelah melihat penampakan sebuah curug yang memiliki tujuh tingkat berbeda.

Curug Riam Dait memang berada di lokasi yang jauh. Dari pusat kota Pontianak saja butuh waktu selama 6 jam untuk sampai. Namun belakangan ini, tempat wisata ini begitu populer berkat panorama alam yang terlihat begitu menakjubkan. Adapun Anda juga dapat bersantai sembari melakukan banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Riam Dait

Daya Tarik Air Terjun Riam Dait
Image Credit: Twitter.com @baratdaya_

Air Terjun Riam Dait memiliki daya tarik yang menarik untuk diketahui. Berikut ini beberapa daya tarik air terjun yang ada di Kalimantan Barat ini yang harus Anda ketahui.

1. Memiliki 7 Tingkatan Air Terjun

Daya tarik utama dari curug riam darit ini terletak dari adanya tujuh tingkatan air terjun. Adanya banyak tingkatan demikian tentu menjadi fenomena yang berbeda dan lain dari pada yang lain. Nampak pemandangan air terjun pun semakin Indah dengan masing-masing tingkat memiliki ketinggian yang berbeda. Anda yang hendak melihat pun butuh perjuangan untuk naik.

2. Pemandangan Alam yang Menawan

Air terjun Riam Dait terletak di pelosok kota Pontianak. Hal itu membuat alam sekitar lokasi wisata masih sangat terjaga. Pengunjung yang datang akan melihat langsung area lokasi yang masih begitu alami. Nuansa segar pun begitu sangat terasa untuk Anda yang berniat untuk bersantai. Rasa penat akibat aktivitas sehari-hari pun bisa dilewati.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Hamparan Pasir Putih

Bila biasanya pasir putih hanya terdapat di pantai, fenomena demikian tidak berlaku bagi air terjun yang satu ini. Riam dait menawarkan keindahan alam menakjubkan disertai hamparan pasir putih yang terlihat jelas. Ada pun pengunjung akan semakin terpesona dengan keindahan curug ini yang disertai pasir putih.

Daya Tarik dari Air Terjun Riam Dait
Image Credit: Instagram.com @handy_lim1

4. Penuh Tantangan

Bagi Anda yang suka tantangan, air terjun ini begitu di rekomendasikan. Sebab untuk melintasi setiap tingkatan maka perlu perjuangan keras untuk dapat melewatinya. Fakta demikian diperkuat dengan adanya beberapa trek dan tebing pendek sebagai jalur perlintasan yang harus ditempuh. Namun untuk tingkatan 3-7 hanya di anjurkan untuk pengunjung yang berpengalaman.

5. Udara yang Segar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa air terjun Riam Dait masih begitu asri. Lokasinya yang berada di pelosok membuat belum banyak tersentuh tangan manusia. Nah berkat itulah udara alam sekitar begitu menyegarkan. Berkunjung bersama rekan atau keluarga pasti akan membuat momen liburan semakin seru. Apalagi ada pula spot camping yang bisa di pilih.

6. Aliran Air yang Jernih Menawan

Selain memiliki pasir putih membentang di sekitar curug, air terjun ini juga terkenal akan kejernihannya. Hal itu terbilang wajar mengingat datangnya air langsung dari sumber hulu. Maka dari itu, kejernihan sangat terjaga. Bahkan pengunjung dapat langsung meminum air tersebut secara langsung karena memang begitu jernih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Raim Dait

Alamat Air Terjun Raim Dait
Image Credit: Google Maps (Madiva Lana)

Datang ke air terjun Riam Dait membutuhkan pengorbanan yang tidak biasa. Sebab perjuangan menuju lokasi terbilang akan sangat panjang. Perlu diketahui bahwa curug ini bertempatkan di desa Skendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Lokasi yang demikian terbilang amat jauh untuk di akses dan butuh perjalanan lumayan panjang untuk dapat sampai.

Bila ditempuh dari pusat kota Pontianak maka harus menempuh selama 6 jam. Hal itu membuktikan bahwa air terjun ini berada di lokasi yang jauh. Malah akses dari Entikong akan lebih dekat. Entikong merupakan perbatasan dua negara bersebelahan yakni Indonesia dan Malaysia.

Apabila Anda datang dari Bandara International Supadio, Pontianak. Maka perlu melanjutkan perjalanan menuju kabupaten Landak. Perjalanan menggunakan transportasi umum dapat ditempuh selama 3 jam. Lalu setelah itu ke arah Serimbu dengan waktu mencapai 2 jam untuk kemudian melanjutkan menuju air terjun. Usahakan ketika dayang menggunakan kendaraan yang cocok untuk offroad.

BACA:  25 Tempat Wisata di Singkawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Air Terjun 7 Tingkat

Harga Tiket Air Terjun 7 Tingkat
Image Credit: Facebook.com @angga.angga

Untuk dapat mengunjungi tempat yang Indah tak melulu harus menghabiskan banyak uang. Misalnya seperti datang ke air terjun Riam Dait yang terbilang sangat murah dan terjangkau. Anda dapat dengan bebas mengunjungi destinasi yang menawan ini hanya dengan menggelontorkan uang sejumlah Rp 10.000 per kendaraan.

Harga tiket masuk demikian terlihat amat murah. Apalagi Anda dapat mengeksplor alam yang masih sangat terjaga dengan baik. Penambahan biaya lebih terkait jika Anda ingin membeli makanan di area wisata. Sedangkan air minum sebaiknya bawa secukupnya saja mengingat air dari curug dapat di konsumsi langsung mengingat asli dari perbukitan.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan di Air Terjun Riam Dait

Kegiatan di Air Terjun Riam Dait
Image Credit: Google Maps (Alexander Belo)

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Perjalanan menuju curug Riam Dait sangatlah panjang. Namun begitu sampai di lokasi wisata maka Anda akan di buat terpukau dengan pemandangan yang ada. Air terjun dengan tujuh tingkatan cukup menarik untuk di nikmati sambil bersantai di area yang sudah tersedia. Anda dapat bersantai di tingkatan pertama yang mana disitu terdapat gazebo dan juga kantin.

2. Tracking di Air Terjun

Untuk Anda penyuka tantangan, air terjun ini begitu di rekomendasikan. Bukan tanpa alasan melainkan curug ini menawarkan perjuangan ekstra dalam menaiki setiap tingkatan. Makin tinggi tingkatan yang dinaiki maka rintangan semakin berat. Kondisi trek yang tertutup dan memiliki tebing mengharuskan Anda memanjat secara perlahan.

3. Camping di Air Terjun

Air terjun Riam Dait sudah lama dikenal sebagai tempat camping. Nuansa alam yang segar ditambah pemandangan yang menakjubkan membuat banyak pengunjung berniat untuk camping. Lokasi yang direkomendasi untuk membuat tenda berada pada tingkatan kedua dari air terjun. Tingkat kedua dikenal lebih bersahabat dengan kondisi tanah yang datar.

Mengingat banyaknya peminat yang datang untuk ngecamp maka Anda harus datang dengan cepat bila ingin demikian juga. Peminat di sini terbilang banyak sedangkan lokasi tidak mampu langsung menampung sekaligus. Meski memiliki banyak tingkatan tetapi untuk tingkat 3-7 tidak di rekomendasikan karena masih terbilang hutan belantara bahkan tidak banyak cahaya masuk.

BACA:  Pulau Simping, Pesona Pulau Terkecil di Dunia Berada di Singkawang

4. Menyantap Kuliner

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada beberapa kantin yang tersedia di lokasi wisata. Kantin memang terletak pada tingkatan paling bawah di air terjun ini. Maka dari itu Anda yang ingin menyantap beberapa hidangan lezat dapat langsung membelinya. Bahkan kantin tersebut buka 24 jam sehingga menjadi keuntungan tersendiri di waktu kapan pun.

5. Fotografi

Bagi Anda yang gemar dan hobi fotografi, mengunjungi curug ini akan menjadi lokasi yang pas. Sebab ada banyak pilihan spot yang bisa di jelajah. Apabila pengambilan gambar dilakukan dengan benar maka bukan tidak mungkin akan menghasilkan hasil jepretan yang Indah. Apalagi alam sekitar dan bebatuan akan amat cocok dijadikan latar belakang foto.

6. Bermain Air

Datang ke curug maka belum lengkap jika belum bermain air. Apalagi air yang turun dari Riam Dait berasal saru sumber hulu langsung sehingga sangat segar. Namun, tidak semua tingkatan mengijinkan pengunjung bermain air. Di antara tujuh tingkatan ada beberapa tempat saja yang bisa diperbolehkan untuk bermain air demi menjaga keselamatan wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Riam Dait

Fasilitas di Air Terjun Riam Dait
Image Credit: Google Maps (Jajagi Jalan-Jalan dan Berbagi)

Meskipun air terjun Riam Dait berada di lokasi yang terbilang jauh bukan berarti tidak ada fasilitas apa-apa yang ditawarkan di sana. Beberapa fasilitas umum sebagai penunjang kegiatan pengunjung sudah tersedia dengan layak misalnya toilet dan kantin. Kehadiran toilet amat penting agar pengunjung tidak bingung ketika ada keperluan mendesak.

Lalu kantin menjadi lokasi yang pas untuk Anda yang merasa lapar dan tidak membawa bekal. Selain keduanya masih ada fasilitas umum lain berupa gazebo. Gazebo ini merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai di area wisata. Perlu diketahui bahwa semua fasilitas umum yang ditawarkan hanya terdapat pada tingkat satu atau yang paling bawah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata air terjun Riam Dait. Curug ini masih begitu alami belum banyak terkena sentuhan tangan manusia. Hal itu banyak di pengaruhi karena letak geografisnya yang terbilang jauh dari perkotaan. Meski butuh perjuangan ekstra selama perjalanan namun Anda akan puas setelah melihat pemandangan yang ada.