25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Pontianak

Pontianak, terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang dilewati garis khatulistiswa. Dilihat dari kondisi geografisnya ini, tak diragukan lagi, jika Pontianak juga menyimpan potensi wisata yang cukup besar.

Tak hanya garis khatulistiwa, Kalimantan juga dikenal sebagai pulau seribu sungai, dimana di pulau ini terdapat banyak sungai-sungai besar yang mengalir. Salah satunya juga mengalir di Kota Pontianak ini.

Adanya sungai ini kemudian juga menambah daftar potensi wisata yang ada di Pontianak. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa destinasi wisata di Pontianak yang bisa menjadi tujuan saat Anda berkunjung.

1. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Image Credit: Travelosta.com

Museum ini sering dijadikan untuk pusat konservasi. Berisi peninggalan-peninggalan sejarah Suku Tionghoa, Suku Melayu dan Suku Dayak. Di dalam museum terbagi 3 ruangan yaitu Ruang Budaya Kalimantan Barat, Ruang Keramik dan Ruang Pengenalan. Koleksinya banyak yang berupa miniatur dan replika sejarah.

Diresmikan pada tahun 1983 oleh Direktur Jenderal Kemendikbud dan pertama kali dirintis tahun 1974. Akhir-akhir ini banyak dijadikan pameran dan lomba lukis. Wajib berkunjung bagi Anda karena harga tiket masuknya pun sangat murah.

Disebut sebagai museum terlengkap milik Pontianak. Memiliki visi dan misi yang bagus yakni untuk pelestarian budaya. Ada ruang keramik yang memperlihatkan koleksi keramik ciamik. Ada juga ruang budaya yang memperlihatkan 7 unsur kebudayaan.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Rizkyjayarentcar.com

Kalimantan, khususnya Pontianak, tak hanya terkenal dengan sungainya saja. Jika Anda suka dengan destinasi pantai, Pantai Pasir Panjang ini adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Pantai yang terletak di Singkawang Selatan ini menawarkan berbagai daya tarik.

Seperti pantai lainnya, disini Anda juga bisa menikmati pasir putih yang halus serta air laut berwarna biru jernih sejauh mata memandang. Tak hanya pemandangannya, pantai ini juga menawarkan daya tarik ombak besar yang cocok untuk kegiatan berselancar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Panjang No. 89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

3. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Image Credit: Bujangmasjid.blogspot.com

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Pontianak. Sejarahnya didirikan oleh Syarif Abdurrahman. Konstruksi bangunan dari kayu dan atap rumbia serta mampu menampung seribu lebih Jemaah.

Ukiran arsitektur sangat kental Budaya Melayu. Kaligrafi di dinding-dinding mencerminkan peradaban Islam. Menariknya, ada 6 pilar yang mencerminkan rukun iman. Ketika berkunjung, Anda akan merasakan suasana asri dan sejuk. Warna masjid ini kuning, sangat khas budaya Pontianak dengan luas 4.000 m2. Terdapat juga taman untuk bersantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Beting, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

4. Pantai Kijing

Pantai Kijing

Image Credit: Wisatapontianak.com

Satu lagi pantai di Pontianak yang bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan akhir pekan. Lokasinya yang cukup tersembunyi, yaitu di kawasan Kecamatan Sungai Kunyit membuat pantai ini tidak begitu ramai dikunjungi.

Suasana yang tidak begitu ramai dengan pemandangan khas pantai berupa pasir putih dan hamparan ombak bergulung membuat pantai ini benar-benar memberikan ketenangan sehingga sangat cocok untuk refreshing di akhir pekan. Jangan lewatkan pula pemandangan romantis matahari terbenam dari pinggir pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

5. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Makam ini merupakan makam jaman Kerajaan Kadariyah. Pengunjung yang datang biasanya berziarah atau sekedar rekreasi. Ada situs meriam yang dulu digunakan untuk penyerangan Belanda. Dinamakan Batu Layang, karena dulu ada banyak bebatuan di Sungai Kapuas yang nampak seperti melayang alih-alih tenggelam.

Di sinilah Sultan Hamid II disemayamkan. Sultan Hamid II merupakan putra dari Sultan Syarif Muhammad. Beliau yang berjasa membuat lambang negara garuda Pancasila. Sultan Hamid II menjadi sultan terakhir di Pontianak setelah kepergiannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

6. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Image Credit: Wikipedia.org

Sinka Island Park ini adalah destinasi wisata terpadu, yang mana di dalamnya terdapat area kolam renang, kebun binatang hingga pantai. Letaknya berada di kawasan teluk, tepatnya di Teluk Ma’jantuh yang berada di Singkawang.

BACA:  25 Tempat Wisata di Singkawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain area wisata yang disebutkan di atas, disini Anda juga bisa menikmati keindahan dan keunikan pulau terkecil di dunia hanya dengan melewati sebuah jembatan. Jembatan ini juga cukup bagus jika Anda gunakan sebagai spot berfoto.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

7. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

Image Credit: Sangkaicity.blogspot.com

Taman nasional ini dulunya mempunyai status sebagai suaka margasatwa dan mulai tahun 1990 menjadi taman nasional. Merupakan kawasan perlindungan Orang Utan untuk melindungi orang utan serta fauna langka lain seperti Kijang Mini.

Lokasi wisata ini berada di ketinggian 1.116 mdpl. Menariknya, menjadi daerah aliran sungai bagi pesisir pantai selatan dan barat Kalimantan. Terdapat 3000 orang utan dan habitat asli bagi bekantan.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padu Banjar, Kec. Simpang Hilir, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat.

8. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Berkunjung ke Pontianak rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke ikon kota Pontianak, tugu khatulistiwa. Disini Anda bisa menikmati keindahan arsitektur tugu yang dibangun tepat di titik yang dilalui garis khatulistiwa ini sekaligus mempelajari segala hal tentang garis khatulistiwa.

Apalagi jika Anda berkunjung di waktu tertentu seperti pada tanggal 21-23 Maret atau tanggal 21-23 September. Di waktu tersebut Anda bisa merasakan fenomena ketika matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Fenomena ini membuat semua benda jadi tidak memiliki bayangan.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

9. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Image Credit: Borneochannel.com

Pulau yang jauh dari keramaian kota. Untuk dapat kesini, Anda harus menaiki kapal selama 1 jam. Terdapat hamparan pantai di sekitar pulau ini. Anda dapat menikmati pantai dikelilingi hutan tropis.

Anda bisa snorkeling untuk melihat kehidupan laut seperti terumbu karang dan anemon. Anda dapat memanfaatkan momen dengan berfoto. Anda akan merasakan air laut yang jernih dengan pemandangan terumbu karang. Warga sekitar menyebutkan bentuk pulau ini seperi lembu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

10. Paradise-Q Waterpark

Paradise-Q Waterpark

Image Credit: Reviewapaaja.com

Jika Anda sedang mencari tempat liburan yang cocok untuk keluarga, wahana permainan air Paradise-Q Waterpark ini adalah pilihan terbaik. Disini Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan tentunya aman.

Wahana permainan air yang disediakan beragam dan bisa Anda pilih sesuai umur. Arena bermain ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menikmati waktu santai bersama keluarga dan anak-anak di akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Arteri Supadio KM 12.8 No. 16, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat.

11. Hutan Kota Untan

Hutan Kota Untan

Image Credit: Amazingborneo.id

Memiliki koleksi pepohonan dan tanaman menjadikan Hutan Kota Untan dijadikan tempat rekreasi. Hutan ini juga digunakan sebagai tempat pelestarian dan dibuka setiap hari bagi Anda yang ingin berkunjung.

Selain menjadi salah satu ikon Kota Pontianak, lokasi ini juga menjadi pabrik penghasil oksigen dan Kawasan perlindungan. Disebut Arboretum, menjadi tempat flora dan habitat aslinya. Faunanya seperti burung-burung dan satwanya berupa serangga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

12. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Penjamur Bengkayang

Image Credit: Sorotpost.com

Bagi Anda yang suka dengan destinasi wisata yang menyajikan keindahan alam, Bukit Penjamur Bengkayang ini adalah pilihan yang tepat. Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Pontianak, yaitu dengan menempuh perjalanan 4 jam. Namun, saat sampai Anda tidak akan kecewa.

BACA:  Pulau Simping, Pesona Pulau Terkecil di Dunia Berada di Singkawang

Disini Anda bisa menikmati pemandangan dari atas puncak bukit dengan hamparan awan di hadapan. Lokasi bukit ini bahkan juga sering menjadi arena berkemah favorit pengunjung yang suka dengan kegiatan outdoor.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

13. Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas

Image Credit: Instagram.com @adelazk

Disini, Anda akan menemukan replika Tugu Khatulistiwa serta air mancur. Ada banyak spot foto seperti bangunan berbentuk tanjak. Tanjak merupakan udeng khas Melayu.

Lalu ada kapal bandong yang disewakan bisa Anda naiki jika Anda berminat. Terakhir, jembatan kuning yang menghubungkan waterfront dengan alun-alun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rahadi Usman, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

14. Klenteng Thian Hou Keng

Klenteng Thian Hou Keng

Image Credit: Skyscrapercity.com

Destinasi selanjutnya yang bisa menjadi tujuan saat berkunjung ke Pontianak adalah Klenteng Thian Hou Keng. Klentenh yang masih aktif dijadikan sebagai tempat ibadah ini merupakan salah satu bangunan paling tua di Pontianak.

Disini Anda bisa menikmati keindahan arsitektur Tionghoa yang begitu kental. Ketika berkunjung di waktu yang tepat, Anda bahkan bisa melihat berbagai pertunjukan yang digelar dalam rangka peringatan hati besar keagamaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kapten Marsan No.33, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

15. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap

Image Credit: Wikipedia.org

Air terjun ini memiliki tinggi 20 meter dan dijadikan sebagai PLTA. Fasilitas rekreasi yang disediakan disini yakni outbond dan penginapan. Dinamai Air Terjun Riam Merasap karena kabut dingin dan cipratan air yang jatuh.

Berada di atas air terjun, Gua Maria menambah spot yang bisa Anda kunjungi. Hijaunya pepohonan membuat suasana disini sejuk. Meski akses tempat ini sedikit terjal dan licin, namun akan terbayarkan dengan sensasi suasana Anda seperti Air Terjun Niagara di Amerika.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sahan, Kec. Seluas, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

16. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Image Credit: Flickr.com

Berwisata sambil edukasi? Siapa bilang tidak bisa. Aloe Vera Center ini adalah salah satu destinasi di Pontianak yang tidak hanya dijadikan sebagai objek wisata namun juga edukasi. Disini Anda bisa melihat hamparan tanaman lidah buaya sepanjang mata memandang.

Kegiatan utama yang bisa Anda lakukan disini adalah belajar cara menanam, merawat hingga memanen tanaman lidah buaya. Anda juga akan mendapat pembelajaran bagaimana pengolahan lidah buaya menjadi produk, baik itu produk kecantikan hingga produk makanan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

17. Tugu Bambu Runcing Pontianak

Tugu Bambu Runcing Pontianak

Image Credit: Facebook.com @maman.jsumarto

Tugui ini dibangun untuk memperingati tokoh pahlawan peristiwa pemberontakan Hindia Belanda. Kesebelas tokoh Sarekat Islam yang meninggal dalam peristiwa Mandor dan pembuangan di Boven Digoel. Maka dari itulah, digambarkan ada 11 bambu runcing.

Tugu ini diresmikan tahun 1987 dan direnovasi pada tahun 2006. Disebut juga monumen Sebelas Digulis. Selain monumen, 11 tokoh tersebut juga dijadikan nama jalan di Pontianak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

18. Kampung Wisata Kuantan

Kampung Wisata Kuantan

Image Credit: Tukangjalanjajan.com

Kampung tematik saat ini memang menjadi potensi wisata yang cukup besar di Indonesia, salah satunya di Pontianak. Kampung Wisata Kuantan ini adalah destinasi kampung tematik yang dijamin bisa memanjakan mata Anda saat berkunjung.

Area desa yang dihias sedemikian rupa dengan tema-tema tertentu ini juga kerap menjadi spot berfoto favorit pengunjung. Tak heran karena memang kampung tematik ini dibuat dengan tema-tema tertentu yang tentunya instagramable.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

19. Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin

Image Credit: Facebook.com @yayasanmujahidinkalbar

Merupakan masjid terbesar di kota Pontianak. Awalnya masjid ini diresmikan tahun 1978, lalu direnovasi pada tahun 2015.

BACA:  Air Terjun Riam Dait, Menikmati Keindahan Air Terjun 7 Tingkat di Kalimantan Barat

Masjid ini memiliki luas 4 hektar dan dapat menampung hingga 9000 jemaah. Masjid ini dijadikan sebagai pusat dakwah dan biasanya diadakan sholat jumat dan sholat tarawih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

20. Kampung Beting

Kampung Beting

Image Credit: Rizkyjayarentcar.com

Kampung Beting ini adalah destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mengenal kehidupan masyarakat Pontianak di jaman dahulu. Kampungnya berada di atas air dengan bangunan panggung yang khas.

Disini Anda bisa menikmati bagaimana eksotisnya tata kehidupan sosial serta bangunan yang dibuat oleh masyarakat pada jaman dahulu. Anda bisa menikmati serunya berkeliling kampung dengan menggunakan perahu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

21. Pelabuhan Seng Hie

Pelabuhan Seng Hie

Image Credit: Kognisia.co

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pelabuhan Seng Hie. Pelabuhan ini adalah pelabuhan tertua di Pontianak. Tidak hanya menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal untuk melakukan bongkar muat saja, pelabuhan ini juga memiliki sejarah panjang.

Pelabuhan yang awalnya miliki seorang pedagang asal China ini juga sempat diambil alih oleh Belanda. Destinasi ini bisa memberikan gambaran pada Anda bagaimana kejayaan jalur perdagangan laut di Indonesia. Beberapa spot juga bisa Anda jadikan spot foto yang menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Sultan Muhammad, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

22. Arboretum Sylva Untan

Arboretum Sylva Untan

Image Credit: Ericopieter.blogspot.com

Terletak di tengah kota, hutan kota atau arboretum ini juga sering menjadi tujuan bagi masyarakat Pontianak untuk sekedar melepas penat. Tidak hanya itu saja, yang lebih istimewa disini Anda bisa mempelajari lebih dekat berbagai tanaman khas dari Kalimantan.

Di hutan kota ini ada setidaknya 190 jenis pohon serta 80 spesies anggrek yang dibudidayakan. Tak hanya tanaman, disini juga terdapat beberapa fauna yang dikembangbiakkan. Arboretum ini juga dilengkapi fasilitas track jogging yang bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

23. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Image Credit: Travelosta.com

Jika Anda ingin melihat kebudayaan asli Kalimantan Barat, di Pontianak Anda bisa menemukan salah satunya, yaitu rumah adat. Rumah adat yang bernama Rumah Betang Radakng ini adalah rumah adat masyarakat Dayak yang mungkin sudah jarang ditemui.

Keunikan rumah ini adalah panjangnya, yang juga membuat rumah ini diklaim sebagai rumah adat paling panjang di Indonesia. Rumah yang berbentuk rumah panggung ini dibangun panjang karena memang menjadi tempat tinggal satu keluarga suku Dayak. Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin panjanh pula rumahnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

24. Jembatan Kapuas

Jembatan Kapuas

Image Credit: Bangalzripunyecerite.blogspot.com

Berbicara Kota Pontianak tak bisa dilepaskan dari Sungai Kapuas yang mengalir membelah Kota Pontianak. Salah satu tempat yang juga menjadi destinasi kunjungan favorit saat berada di Pontianak adalah Jembatan Kapuas yang membentang di atas Sungai Kapuas.

Tidak hanya menjadi penghubung wilayah Pontianak, jembatan ini juga sering menjadi arena favorit bagi para fotografer untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Berpose di atas Jembatan Kapuas saat matahari terbit atau terbenam adalah kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan. Hasil fotonya juga tak akan mengecewakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hamid II, Tanjung Hulu, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

25. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Image Credit: Flickr.com

Destinasi terakhir yang harus Anda kunjungi saat berada di Pontianak adalah Keraton Kadriah. Bangunan ini adalah peninggalan Kesultanan Pontianak yang didirikan pada tahun 1771 oleh sultan pertama Pontianak.

Disini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan arsitektur keraton yang terlihat sangat megah saja. Di dalamnya juga terdapat banyak peninggalan sejarah, baik peninggalan Kesultanan Pontianak maupun peninggalan masa penjajahan Jepang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Raya 1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pontianak yang merupakan salah satu kota besar di Kalimantan ini juga memiliki berbagai potensi wisata. Daftar destinasi wisata di Pontianak di atas hanya beberapa destinasi yang wajib Anda kunjungi. Destinasi tersebut tidak hanya menawarkan keindahan saja namun juga bisa menjadi sarana edukasi.