20 Wisata Kuliner di Bali yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Bali

Sebagian besar tujuan wisatawan yang datang ke Bali tentu ingin menikmati destinasi wisata yang ada di Pulau ini. Namun, ternyata Bali juga menyimpan banyak wisata kuliner yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Fakta bahwa Bali begitu terkenal karena menjadi destinasi wisata favorit, tidak membuatnya kehilangan berbagai macam kuliner khasnya. Dari masakan lokal yang sedap dan penuh rempah sampai masakan luar negeri di restoran bintang lima, bisa Anda temukan di Bali.

Dengan banyaknya tempat makan, menemukan tempat untuk berwisata kuliner bukanlah hal yang gampang. Ada banyak hal yang dipertimbangkan; harga, makanan yang disajikan, suasana, pemandangan dan masih banyak lagi. Inilah panduan yang bisa membantu Anda mencicipi kuliner di 20 tempat makan paling terkenal di Bali.

1. Bebek Bengil Ubud

Bebek Bengil Ubud

Lokasi: Padang Tegal, Jl. Hanoman, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Merupakan pelopor menu crispy duck atau bebek goreng krispi, Bebek Bengil Ubud tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa menikmati makan siang dengan pemandangan hamparan sawah. Seharga 125.000 rupiah untuk tiap porsinya, bebek goreng sudah dilengkapi dengan nasi, sambal dan sayur urap.

Restoran ini buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Makanan dan minuman yang terjangkau sebanding dengan suasana dan pemandangan yang indah, menjadikan Bebek Bengil Ubud wajib Anda kunjungi ketika berwisata kuliner di Bali.

2. Sate Babi Bawah Pohon

Sate Babi Bawah Pohon

Lokasi: Jl. Dewi Sri IV Jl. Campuhan I – Dewi Sri, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung. – Image Credit by Sintiaastarina.com

Tempat makan yang populer bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Bai, yaitu sate babi. Anda bisa menambahkan semangkuk nasi atau menaikkan level kepedasan sate yang dipesan. Satu porsinya dihargai 30.000 rupiah saja.

Warung makan Sate Babi Bawah Pohon buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam setiap harinya. Jika Anda pikir warung ini hanya terkenal bagi wisatawan lokal, Anda akan kaget melihat banyak turis asing yang mampir untuk mencicipi sate babi disana.

3. Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh

Lokasi: Terminal Lama, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana. – Image Credit by Punapibali.com

Salah satu ikon wisata kuliner di Bali, rumah makan ini buka dari jam 7 pagi hingga 10 malam. Menu utamanya adalah ayam betutu, tapi Anda juga bisa mencicipi bebek betutu disana. Rasanya pedas dengan rempah khas Bali, sambal matah dan sayur plecing.

Anda bisa memesan satu ekor ayam penuh, setengah atau hanya seperempatnya saja. Untuk harga, satu porsinya dihargai mulai dari 30.000 hingga 100.000, tergantung ukuran ayam yang Anda pesan.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Solo Favorit Wisatawan

4. Nasi Ayam Kedewetan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewetan Bu Mangku

Lokasi: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kokidol.blogspot.com

Nasi ayam milik Bu Mangku ini dihargai 100.000 rupiah untuk dua orang, cocok untuk dinikmati bersama pasangan. Isiannya berupa nasi, ayam suwir, sambal, ayam goreng kering, kacang goreng, urap, telur pindang, sate lilit dan kulit ayam goreng.

Buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 9 malam, Anda bisa menikmati makan seporsi nasi ayam di bale-bale bernuansa Bali tradisional dengan lapangan rumput yang hijau. Selain nasi ayam, Anda bisa memilih menu lain seperti nasi campur khas Bali, ayam sisit, tum ayam, dan ayam betutu.

5. Waterfall Breeze Eco Café

Waterfall Breeze Eco Café

Lokasi: Jl. Kayu Putih, Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng. – Image Credit by Traveloka.com

Terletak hanya 25 km saja dari air terjun, Anda bisa bersantap sambil merasakan kabut tipis dari air terjun. Dengan konsep eco-friendly, suara hutan seperti kicauan burung, gemuruh air terjun dan gemericik air di sungai terdengar riuh.

Buka setiap hari dari pukul 9 sampai 5 sore, harga makanan yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari 30.000 rupiah Anda bisa mencicipi kuliner khas Indonesia sembari merasakan sejuknya hutan yang asri.

6. Babi Guling Pak Dobiel

Babi Guling Pak Dobiel

Lokasi: Jl. Srikandi No.9, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung. – Image Credit by Kintamani.id

Jika Anda berwisata di Bali, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner Babi Guling khas di Bali. Buka setiap jam 9 pagi hingga 4 sore, warung makan Pak Dobiel tidak pernah sepi pembeli.

Babi guling di warung Pak Dobiel sendiri sudah sangat terkenal dan memiliki banyak pelanggan setia. Hanya dengan uang 30.000 rupiah, Anda sudah bisa mencicip satu porsi babi guling yang lezat.

7. Kubu and Sawah Terrace

Kubu and Sawah Terrace

Lokasi: Jl. Raya Kedewatan, Banjar, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Resoran ini menggunakan struktur bambu yang ramah lingkungan sebagai desain interior dan eksterior. Terdapat private cocoons yang dihadapkan langsung ke Sungai Ayung yang jernih.

Anda juga dimanjakan dengan panorama hutan dan hamparan sawah. Restoran buka dari jam 6 pagi hingga 11 malam. Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Indonesia dan Bali, Mediterania, Eropa dan masih banyak lagi.

8. Dedari Theory

Dedari Theory

Lokasi: JL. Pantai Labuan Sait, Br Dinas Labuan Sait, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung. – Image Credit by Kintamani.id

Terdapat tempat wisata kuliner di Bali dengan konsep yang unik. Selain rumah pohon, Anda bisa menikmati makan di wagon, bean bags ala piknik dan masih banyak lagi.

BACA:  12 Tempat Wisata di Jembrana (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dedari Theory merupakan restoran tempat nongkrong outdoor yang menawarkan berbagai macam kuliner Bali maupun western berharga terjangkau, mulai dari 35.000 rupiah sampai 175.000 rupiah.

9. Warung Liku

Warung Liku

Lokasi: Jl. Nakula No.19A, Seminyak, Kuta, Legian, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kab. Badung. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Warung yang murah meriah ini juga wajib Anda kunjungi jika sedang berlibur di Bali. Menu utamanya adalah ayam betutu yang satu porsinya dihargai 15.000 rupiah saja.

Untuk satu ayam betutu yang dibungkus untuk oleh-oleh, Anda hanya harus menebusnya dengan 65.000 rupiah. Karena harga yang murah ini, Warung Liku tak pernah sepi pembeli.

10. Bali Asli

Bali Asli

Lokasi: Jl. Gelumpang, Karangasem, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem. – Image Credit by Tripadvisor.com

Jauh dari hiruk-pikuk kota, Bali Asli menawarkan pemandangan yang indah, cita rasa makanan khas Bali dan bagi Anda yang ingin tahu rahasia masakan Bali yang sedap, disediakan kelas memasak.

Bali Asli buka dari jam 10 pagi hingga 7 malam setiap harinya. Jika ingin bersantai, Anda bisa berjalan-jalan di pematang sawah untuk melepas penat.

11. Pomegranate Café

Pomegranate Café

Lokasi: Jl. Subak Sok Wayah, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Bwarung.com

Restoran ini mengusung konsep open space dengan tempat makan yang langsung menghadap area persawahan, gunung, dan sungai. Menu makanannya cukup variatif mulai dari masakan Bali, China, India maupun masakan khas Indonesia pada umumnya.

Pomegranate Cafe buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Harganya cukup murah, dengan 300.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati satu paket makanan lengkap bedua bersama pasangan.

12. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Sanur Kaja, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Buka dari jam 8 pagi hingga 10 malam, warung makan ini tak pernah sepi pengunjung. Jadi Anda harus sabar mengantri untuk menikmati menu andalan mereka yang lezat, sup kepala ikan dengan bumbu kuning khas Bali.

Ikan Jangki yang menjadi resep sup kepala ikan merupakan tangkapan nelayan Sanur yang masih segar, sehingga rasanya empuk dan tidak amis. Satu porsinya hanya dihargai 55.000 rupiah saja.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba

13. The Amora Bali Restaurant

The Amora Bali Restaurant

Lokasi: Jl. Raya Penelokan No.999, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Kintamani.id

Di Amora Bali Restaurant, Anda bisa menikmati indahnya Gunung Batur. Rasakan sensasi makan di atas awan karena letak restoran ini beratus meter di atas permukaan laut.

Buka setiap hari, makanan yang diolah disini pun berasal dari kebun masyarakat sekitar restoran. Mulai dari 120.000 rupiah per orangnya, Anda bisa menikmati paket all you can eat bersama teman maupun rekan.

14. Sisterfields

Sisterfields

Lokasi: Jl. Kayu Cendana No.7, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung. – Image Credit by Afatgirlsfoodguide.com

Sisterfields merupakan kafe dengan konsep Australia. Disini Anda bisa menikmati all-day breakfast, brunch maupun lunch. Anda juga bisa menikmati berbagai macam jenis kopi yang disediakan.

Buka dari jam 7 pagi hingga 10 malam, Anda kadang harus mengantri karena restoran ini sering penuh. Menu makanan yang disajikan bergaya Australia, seperti smashed avocado on toast, eggs benedict dan breakfast bowls.

15. Rondji Restaurant

Rondji Restaurant

Lokasi: Jl. Penestanan Kelod, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Balifantastic.com

Restoran ini cukup asri dan teduh dengan menu makanan Eropa bergaya Perancis dan Italia. Anda juga bisa menemukan makanan khas Bali seperti Bebek Rondji yang menjadi menu andalan.

Tersedia pula berbagai pilihan cocktail jika Anda tak ingin makan makanan berat. Rondji Restaurant buka dari jam 11 pagi hingga 11 malam. Harga yang ditawarkan untuk makanannya sekitar 300.000 rupiah untuk dua orang.

16. Kamandalu Resort Ubud

Kamandalu Resort Ubud

Lokasi: Jl. Raya Andong, Banjar Nagi, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Pinterest.com @Trulyclassymagazine

Merupakan wisata kuliner sekaligus wisata alam yang romantis bersama pasangan. Anda bisa menikmati makan siang ala piknik menggunakan perahu menyusuri sungai.

Untuk merasakan fasiltas ini, Anda tak perlu menginap, cukup melakukan reservasi karena slot hariannya terbatas. Jam operasionalnya dimulai pukul 12 siang dengan durasi tiap trip-nya sekitar 1,5 jam.

17. Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud

Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud

Lokasi: Jl. raya goa gajah, banjar teges, Peliatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Ksmtour.com

Dengan menu andalan bebek goreng, restoran ini menawarkan pemandangan asri persawahan yang memanjakan mata. Satu porsi bebek gorengnya dihargai 105.000 rupiah dengan isian nasi putih, sayur kacang, kerupuk udang, irisan jeruk dan tambahan buah semangka.

Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 8 malam, restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Tempat makan berupa lesehan dengan bale-bale, membuat pengunjung bisa merasakan angin sepoi-sepoi yang bertiup lembut.

18. Nasi Tekor

Nasi Tekor

Lokasi: Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar. – Image Credit by Inspirasipagi.id

Mungkin Anda masih asing dengan nasi tekor, tapi nasi tekor cukup terkenal di kalangan wisatawan yang ingin merasakan cita rasa khas Bali tradisional. Anda akan merasa makan di rumah sendiri karena pernak-pernik hiasan warung akan membuat Anda bernostalgia.

Disajikan sendiri oleh sepasang kakek dan nenek, menu yang dijual adalah nasi campur khas Bali yang berisi lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal bali, kacang goreng, ayam panggang dan kuah ares. Nasi tekor buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

19. Sate Plecing Arjuna

Sate Plecing Arjuna

Lokasi: Jl. Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar. -Image Credit by Travelingyuk.com

Anda tidak boleh melewatkan sate plecing jika berkunjung ke Pulau Dewata. Sate plecing sendiri merupakan sate yang terbuat dari daging babi yang diberi bumbu manis. Anda juga bisa memesan sate sumsum, soto sapi, bakso sapi maupun sate plecing campuran antara daging babi dan sapi.

Satu porsinya dihargai 70.000 rupiah untuk dua orang. Sate Plecing Arjuna buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 7 malam. Meski tidak begitu luas, namun Sate Plecing Arjuna tak pernah sepi pembeli.

20. Mentari Resataurant Bedugul

Mentari Resataurant Bedugul

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Singaraja Km. 50, Baturiti, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan. – Image Credit by Water-sport-bali.com

Restoran Mentari menyediakan menu buffet dengan makanan khas Indonesia sebagai menu sajian utama. Anda bisa mengambil langsung  makanan sesuai selera dengan banderol harga 100.000 rupiah saja tiap orangnya.

Tersedia berbagai lauk pauk, ikan, berbagai macam olahan nasi, sop dan masih banyak lagi. Mentari Restoran Bedugul buka setiap hari dari pukul 11 pagi hingga 4 sore.

Bali tidak hanya berisi pantai, pesta dan destinasi wisata alam yang asri, terdapat pula banyak wisata kuliner yang bisa Anda sambangi ketika berlibur di Bali. Selamat berwisata kuliner di Bali!