Pantai Tegal Wangi, Wisata Pantai Nan Eksotis & Tersembunyi di Bali

Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi merupakan surga tersembunyi dan eksotis di Jimbaran, Bali. Pantai dengan pemandangan alam yang memukau, kolam batu hingga panorama sunset yang dapat memanjakan wisatawan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Jika menyebutkan kata Bali yang terpikir pertama kali pastilah daerah pariwisata pantai pasir putihnya yang indah dan terkenal hingga ke mancanegara. Selain nama-nama pantainya yang mendunia seperti Kuta, ada beberapa pantai di Bali yang memiliki pesona luar biasa namun masih jarang dikunjungi para wisatawan.

Pantai Tegal Wangi merupakan salah satu pantai di Bali yang jarang dikunjungi wisatawan. Pantai ini terletak di bagian selatan, tepatnya di daerah Jimbaran. Jimbaran sendiri merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan kekayaan biota laut dan hidangan seafoodnya yang lezat.

Pantai yang sering disebut Jimbaran Hidden Beach oleh turis asing ini mulai dikenal oleh orang luar pada tahun 2006. Pantai yang letaknya di bagian bawah tebing ini sangatlah indah, unik dan memberi suasana pantai yang tenang juga berbeda dari pantai-pantai lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tegal Wangi

Daya Tarik Pantai Tegal Wangi

Image Credit: Google Maps (Yohana Paula)

Pantai berpasir putih dengan alamnya yang bersih dan belum tersentuh memberi suasana yang berbeda karena tempatnya yang cukup tenang. Kemudian tidak hanya indah, pantai ini juga memiliki pemandangan yang instagramable.

1. Alam yang Masih Terjaga

Berada di tempat yang jarang di kunjungi oleh wisatawan membuat alam di sekitar pantai menjadi sangat bersih dan terjaga. Anda tidak akan menemukan spot kotor penuh sampah atau alam yang rusak dan hanya akan disuguhi pemandangan hutan hijau di sekitar pantai dan karang-karangnya yang indah.

2. Tebing dan Jalan dari Batu Kapur yang Masih Alami

Perjalanan menuju ke area pantai masih cukup alami. Wisatawan akan menemukan tebing-tebing tinggi yang menyembunyikan pantai ini berdiri dengan megah dan siap memperlihatkan pemandangan atas tebing yang tidak kalah mempesona. Anda juga akan melihat jalanan dari batu kapur yang begitu alami selama menuju ke pantai.

3. Kolam Batu yang Alami

Di bagian selatan pantai terdapat kolam batu yang terbuat secara alami oleh air ombak. Kolam itu biasanya terisi air ketika ombak laut tinggi dan masuk ke bagian kosong kolam. Kolam ini sangat eksotis dan tidak jarang digunakan untuk berendam dan berfoto.

Daya Tarik Pantai Tegal

Image Credit: Google Maps (Alex Wisner)

 4. Gua Pantai Bawah Tebing

Setelah kolam batu, jika berjalan hingga ke bagian ujung Pantai Tegal Wangi, pada bagian kirinya terdapat gua kecil di bagian bawah tebing. Gua dengan lebar sekitar 6 meter ini memiliki pencahayaan yang cukup dan sering didatangi pengunjung karena tempatnya yang indah dan sejuk cocok untuk berteduh di siang hari.

BACA:  15 Hotel Murah di Nusa Penida Bali dengan View Pantai

5. Pemandangan Pantai yang Mempesona

Pemandangan pantai pasir putih di tempat ini sangatlah indah. Lautnya yang biru dengan ombaknya yang besar yang menghantam karang-karang di sekitar pantai memberi nuansa alam yang megah. Pesona yang indah ini mengundang para wisatawan untuk berkunjung dan menjelajah setiap sudut pantainya.

6. Lokasi Foto Favorit

Pemandangan alamnya yang luar bisa membuat tempat ini kerap menggugah para wisatawan untuk menjadikan lokasi ini sebagai tempat foto favorit, terlebih di acara-acara tertentu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tegal Wangi

Alamat Pantai Tegal Wangi

Image Credit: Google Maps (I Gedengurah Widiantara)

Pantai eksotis ini berada di Jimbaran, Badung, Bali. Untuk berangkat ke lokasi pantai ini setidaknya Anda memerlukan internet untuk akses Google Maps dan kendaraan roda dua maupun roda empat karena lokasinya yang lumayan jauh dari kota besar seperti Denpasar.

Jika Anda dari luar Bali dan ingin mengambil jalur udara, Anda bisa mengambil penerbangan ke Bandara Ngurah Rai. Dari bandara Anda bisa menyewa kendaraan atau menggunakan ojol. Perjalanan dari bandara hingga ke pantai memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 13.8 km.

Apabila mengambil rute keberangkatan dari Uluwatu, maka keberangkatannya akan menempuh jarak sekitar 15 km dan waktu kurang lebih 35 menit. Dan jika mengambil rute keberangkatan dari Garuda Wisnu Kencana, jarak yang ditempuh akan menjadi lebih dekat yaitu hanya 5,5 km saja dari Pantai Tegal Wangi dan hanya akan memakan waktu 15 menit.

Setelah sampai di lokasi pengunjung tinggal memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang ada di pinggir pantai. Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki jalur beraspal yang mudah diakses oleh alat transportasi apa saja, mulai dari transportasi umum, ojek online, kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tegal Wangi Bali

Harga Tiket Pantai Tegal Wangi

Image Credit: Google Maps (Yolanda Aurelly)

Pengunjung tidak perlu khawatir karena wisatawan yang datang tidak dikenakan biaya masuk untuk menikmati pemandangan pantai yang indah. Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan ketika memasuki kawasan ini saja. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- dan untuk kendaraan roda empat dikenakan Rp 15.000,-.

Pantai ini juga dibuka setiap hari selama 24 jam sehingga Anda bisa berkunjung kapan saja. Tetapi waktu terbaik untuk berkunjung biasanya adalah pada waktu matahari terbenam yaitu sekitar pukul 17.30 waktu setempat, atau ketika suasana pantai tenang di pagi hari.

BACA:  12 Tempat Wisata di Klungkung (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tegal Wangi

Kegiatan Menarik di Pantai Tegal

Image Credit: Google Maps (Abimanyupt Wow)

1. Menyaksikan Sunset

Datang ke pantai ini paling tepat di sore hari ketika matahari mulai terbenam. Pemandangan sunset yang kemerahan yang dilihat dari atas tebing maupun dari bibir pantai sangatlah indah.

2. Menjelajah Area Pantai

Pantainya yang masih alami dengan banyak karang-karang, tebing dan pepohonan hijau mengundang banyak wisatawan yang berkunjung untuk menjelajah tiap sudutnya.

3. Berendam di Kolam Batu

Jika Anda datang ke Pantai Tegal Wangi Anda wajib mencoba berendam di kolam batu yang alami dan eksotis ini. Tempatnya yang unik dan sangat indah dapat menjadi tempat relaksasi sekaligus tempat berfoto yang menyenangkan.

4. Berteduh di Dalam Gua

Gua di ujung pantai ini selain menawarkan pemandangan dalam gua yang alami dan cantik, juga memberikan kesejukan untuk para wisatawan. Pengunjung yang datang kerap berteduh dari terik matahari di tempat ini.

5. Menikmati Pemandangan Pantai

Di pagi maupun sore hari dimana cuacanya tidak begitu panas Anda dapat duduk santai di pinggir pantai dan menikmati pemandangan pasir putih dan alamnya yang asri.

Kegiatan Dilakukan di Pantai Tegal

Image Credit: Google Maps (Dk Ven)

6. Bermain Layang-Layang

Anda bisa membawa layang-layang ke tempat ini dan dengan anginnya yang tidak terlalu kencang dapat menerbangkannya bersama teman atau keluarga.

7. Bermain Voli Pantai

Anda bisa bermain voli di tepi pantai pasir putihnya dimana cukup lebar untuk bermain voli atau sepak bola ramai-ramai dengan keluarga.

8. Sesi Foto

Wisatawan dapat berfoto di tempat ini. Ada banyak spot foto yang sangat indah dan menawan yang siap dibagikan di sosial media Anda. Bahkan tak jarang tempat ini menjadi destinasi foto prewedding favorit para pengunjung baik dari dalam maupun mancanegara.

9. Berkunjung ke Pura Segara

Anda bisa mampir ke Pura Segara yang ada tidak jauh dari pantai. Tempatnya yang rindang dan sangat teduh cocok sebagai tempat peristirahatan sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Tegal Wangi.

10. Berkunjung ke Puri Bhagawan

Selain ke pura, Anda bisa mengunjungi Puri Bhagawan yang ada di puncak bukit. Tempat ini sering dijadikan tempat dilaksanakannya upacara pernikahan dan terdapat tempat unik seperti rumah adat Joglo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Tegal Wangi

Penginapan Sekitar Pantai Tegal Wangi

Image Credit: Booking.com

1. AYANA Resort and Spa

Lokasi AYANA Resort and Spa hanya berjarak kurang dari 1 km dari pantai dan sangatlah strategis. Pasalnya tempat ini selain dekat dengan bandara dan rumah sakit, tetapi dekat dengan pusat perbelanjaan dan lokasi-lokasi populer lain di Bali. Selain itu dengan harga mulai dari Rp 1.400.000,- per unit kamarnya Anda akan mendapat fasilitas kamar terbaik.

BACA:  20 Tempat Wisata di Denpasar (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Resort dengan beberapa pilihan kamar ini menawarkan free breakfast dan pelayanan resepsionis 24 jam. Kemudian fasilitas kamarnya lengkap dengan teras, ruang keluarga, bathtub, brangkas, dvd, dapur mini, lemari es, tv dan wifi. Anda juga tidak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan toilet dan parkir khusus penyandang disabilitas.

Selain itu tempat ini menyediakan kafe dan restoran dengan hidangan yang lezat dan harga terjangkau. Kemudian resort juga menyediakan jasa tour guide, pusat kebugaran dan spa, kolam renang, area golf dan tenis, serta bar untuk berkumpul bersama teman-teman.

 2. Royal Tulip Springhill Resort

Royal Tulip Springhill Resort berada di kawasan Jimbaran, Bali dan berjarak kurang lebih sekitar 1,3 km dari Pantai Tegal Wangi. Resort ini menyediakan kamar dengan harga mulai dari Rp 431.000,- per unit kamarnya. Berlokasi di pusat kota membuat tempat ini dekat dengan bandara, rumah sakit, tempat-tempat wisata populer dan sarana umum lainnya.

Tempat ini memiliki resepsionis 24 jam, wifi, fasilitas antar-jemput dan persewaan kendaraan. Tempatnya yang mudah diakses penyandang disabilitas, juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti fasilitas bisnis, olahraga, dan wahana anak. Untuk kamar yang ada terdapat fasilitas lengkap dengan bath tub dengan shower, ruang tv dan paket makan.

 3. Suwita Bali Villa

Suwita Bali Villa berada di Jimbaran dan hanya berjarak 1,3 km saja dari pantai. Dengan harga mulai dari Rp 3.750.000,- Anda akan mendapatkan villa eksklusif dengan fasilitas kamar lengkap nan mewah. Anda juga akan mendapatkan fasilitas wifi, antar-jemput bandara, maupun persewaan kendaraan. Tempatnya juga cukup dekat dengan lokasi-lokasi wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tegal Wangi Bali

Fasilitas di Pantai Tegal Wangi

Image Credit: Google Maps (Marsel Corea)

Pantai Tegal Wangi memiliki fasilitas memadai yang siap membuat segala kegiatan di area pantai menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan. Anda dapat dengan mudah menemukan tempat persewaan kendaraan seperti mobil dan motor dengan harga terjangkau. Akses ojek online menuju lokasi juga bisa didapat dengan mudah, juga terdapat area parkir yang luas.

Untuk wisatawan yang baru mencoba berkunjung ke area ini juga dapat dengan mudah mencari guide lokal yang fasih berbahasa Inggris maupun Indonesia dengan harga terjangkau yang siap menemani Anda berkeliling. Anda juga bisa menemukan toilet, penginapan, tempat spa, tempat kuliner dan penjual cinderamata tak jauh dari area pantai.

Pantai Tegal Wangi merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Bali. Kemegahan pantai pasir putih dan laut birunya yang indah tidak bisa didapatkan di pantai lain. Apalagi dengan spot-spot berfotonya yang sangat pas untuk wisatawan yang ingin hunting foto cantik dan instagramable. Lokasi indah ini bisa menjadi salah satu destinasi liburan Anda.