10 Tempat Makan Enak di Padang Favorit Wisatawan

Tempat Makan Padang

Bagi penikmat kuliner, mencari tempat makan di Kota Padang yang enak dan terjangkau sangatlah mudah. Tempat yang menawarkan makanan khas lezat untuk pengalaman kulineran yang berkesan.

Indonesia terdiri dari berbagai daerah yang mempunyai ciri khasnya masing-masing dalam menyajikan kuliner. Berbagai ras dan suku kebudayaan yang beragam mampu menghasilkan masakan yang memiliki cita rasa lezat. Tidak mengherankan apabila Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang disukai oleh para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Salah satu kota yang menawarkan wisata kuliner enak adalah kota Padang. Ibu kota Sumatera Barat ini memiliki banyak tempat kuliner yang sering dijajal oleh para wisatawan. Para pengunjung dapat mencicipi makanan khas Padang. Biasanya, rendang merupakan makanan yang paling sering direkomendasikan. Namun, bukan berarti masakan andalan disana hanyalah rendang. Masih banyak menu lain yang layak dicoba.

Mengeksplor kota sambil melakukan wisata kuliner adalah kenikmatan yang hakiki. Anda bisa sepuasnya menjelajah restoran dan rumah makan yang siap melayani kebutuhan perut. Banyaknya restoran dan tempat makan di Padang mestinya membuat kebingungan untuk memilih tempat terbaik. Jangan khawatir lagi, berikut beberapa saran destinasi kuliner lezat di Padang.

1. Rumah Makan Fuja

Rumah Makan Fuja

Image Credit: Infomakan.com

Karena letak geografisnya yang dekat dengan pesisir pantai, menjadikan Rumah Makan Fuja ini sebagai tempat yang menyediakan beragam menu seafood. Anda bisa menyantap hasil tangkapan laut yang masih segar seperti udang, kerang, lobster, ikan kue, cumi, dan lain sebagainya. Harga per porsi berkisar antara Rp 30.000 sampai dengan Rp 70.000.

Poin plusnya, hidangan bisa dimakan sambil mengamati keindahan pantai yang tak jauh dari rumah makan. Selain itu, disarankan datang sebelum senja tiba. Karena, selama menunggu pesanan datang Anda bisa melihat panorama matahari terbenam yang sangat indah. Pastinya momen tersebut dapat menjadi latar belakang yang bagus.

Lokasi: Jl. Samudera No.24, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

2. Soto Garuda

Soto Garuda

Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Rekomendasi tempat wisata kuliner berikutnya yaitu soto garuda. Seperti namanya, tempat makan ini menyediakan menu utama berupa soto. Sudah lama soto garuda ini berdiri sejak tahun 1976 dan mempunyai catatan panjang di dunia kuliner. Karena sudah ada sejak lama maka masyarakat Padang sering mengandalkan tempat makan ini sebagai tujuan kuliner.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Cita rasa lezat yang berasal dari sotonya memang tak akan ditemukan di tempat lain. Bahkan, kuah sotonya yang kental cocok dimakan saat sedang hangat. Apalagi ditambahi perasan jeruk nipis diatasnya yang makin membuat hidangan Anda semakin segar tuk disantap. Meskipun menu utamanya adalah soto, terdapat menu lain seperti gado-gado.

Lokasi: Jl. S. Parman Kelurahan No.110, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

3. Restoran Lamun Ombak

Restoran Lamun Ombak

Image Credit: Gotravelly.com

Siapa yang menyukai masakan nasi Padang? Salah satu restoran yang menyediakan nasi Padang ialah Lamun Ombak. Anda bisa menemukan berbagai menu khas seperti gulai, udang balado, rendang, asam padeh, dan ayam pop. Untuk tambahan info, restoran ini selalu ramai pengunjung terlebih pada jam-jam makan siang dimana para karyawan kerja sedang istirahat.

Harga tiap porsi cukup terjangkau sekitar Rp 15.000 sampai Rp 40.000 dan Anda sudah dapat menikmati masakan khas Padang sepuasnya. Restoran Lamun Ombak sudah terkenal dikalangan warga lokal dan wisatawan yang berasal dari luar daerah sampai mancanegara.

Lokasi: Jl. S. Parman No.232A, Ulak Karang Utara, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

4. Es Durian Iko Gantinyo

Es Durian Iko Gantinyo

Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Wisata kuliner tidak melulu tentang makanan berat. Anda juga bisa mencicipi es durian yang sangat terkenal di Padang. Tempat makan es durian ini sering dijadikan pilihan nongkrong para pemuda-pemudi sambil mengobrol santai. Terlebih jika Anda adalah seorang pencinta buah durian maka wajib mampir ke tempat Es Durian Iko Gantinyo.

Menu yang disediakan untuk varian es durian bisa memilih bebas tambahan topping. Misalnya saja seperti kelapa muda, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Desain konsep tempatnya yang minimalis tapi nampak modern ini cukup nyaman dipandang sehingga orang-orang betah mengobrol lama.

Lokasi: Jl. Pulau Karam Kelurahan No.9, Kampung Pondok, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

5. D’Cost

D’Cost

Image Credit: Traveloka.com

Restoran yang menyediakan masakan seafood lainnya adalah D’Cost. Tempat ini dapat ditemukan di lantai ke tiga dari Plaza Andalas. Tidak ada salahnya beralih dari masakan tradisional sejenak dan menyambangi restoran ini. Anda perlu menyiapkan budget uang mulai dari Rp 30.000 dan baru bisa menikmati makan sepuasnya disana.

BACA:  10 Tempat Wisata di Padang Pariaman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Bahan-bahan yang digunakan memasak pun seperti restoran seafood pada umumnya. Misalnya berupa ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, dan lain sebagainya. Restoran ini didominasi oleh masakan seafood yang mempunyai cita rasa sedap karena bumbunya yang diracik dalam takaran pas di lidah.

Lokasi: Jl. Pemuda No.15, Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

6. Martabak Kubang Hayuda

Martabak Kubang Hayuda

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Destinasi kuliner yang disarakan berikutnya adalah Martabak Kubang Hayuda. Hampir seluruh masyarakat Padang mengetahui martabak legendaris ini. Tak jarang orang-orang menjadikannya tempat makan martabak favorit. Asal usul nama dari martabak ini diambil dari singkatan nama pendirinya yaitu Haji Yusri Darwis menjadi Hayuda.

Hidangan martabak ini berbeda dibandingkan tempat lainnya. Karena ukurannya lebih tebal dari martabak biasanya. Ada 3 varian yang bisa dipesan disini yaitu martabak spesial, martabak biasa, dan martabak super. Masing-masing varian mempunyai ukuran yang berbeda-beda tergantung paket yang dipilih.

Lokasi: Jl. Prof. M. Yamin SH No. 138B, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

7. Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sate menjadi pilihan kuliner wajib yang sayang sekali jika dilewatkan. Di Padang, terdapat ate Mak Syukur yang sangat terkenal di kalangan masyarakat karena telah berdiri sejak tahun 1941. Waw, sangat lama sekali bukan? Bahkan waktu itu Indonesia masih belum merdeka. Itulah mengapa kedai sate ini tetap terkenal namanya meski mempunyai banyak pesaing.

Walaupun terlihat seperti tempat sate biasa, aslinya hidangan yang disajikan disini sangat lezat hingga membuat orang rela mengantri panjang. Apalagi kuah sambalnya yang kental sungguh memikat lidah para pengujung. Selain itu, Anda dapat memesan minuman unik teh telur yang hanya dapat ditemui di tempat Mak Syukur.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

8. Restoran Simpang Raya

Restoran Simpang Raya

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Lokasinya yang strategis dan dekat dengan jalan raya membuat restoran ini mudah dijangkau. Restoran Simpang raya menyediakan berbagai menu masakan khas Padang yang tak kalah enak dari tempat lainnya. Jam buka restoran ini pun cukup pagi yaitu pukul 06.00 sampai 23.30 mendekati tengah malam tepat. Untuk masalah biayanya cukup terjangkau dan aman di dompet.

Menu andalan yang sering ditawarkan oleh restoran ini ialah ikan asam pade, udang balado, ayam pop, dan cumi gulai. Semua menu tersebut laris manis karena komposisi bumbu yang pas di lidah dan membuat ketagihan. Rasa pedas dari bumbu baladonya membuat orang-orang tidak sungkan untuk datang kembali ke restoran ini.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Padang yang Terkenal Enak

Minuman yang disediakan bervariasi. Mulai dari es teh, es jeruk, segala rasa jus, dan lain-lain. Tempat makannya yang luas membuat betah sebab tidak merasa pengap. Area parkirnya pun cukup besar menampung kendaraan Anda.

Lokasi: Jl. Bundo Kanduang, Kampung Jao, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

9. Es Cendol Patimura

Es Cendol Patimura

Image Credit: Yusranita.wordpress.com

Hawa panas membuat orang selalu ingin yang dingin-dingin. Kalau begitu, Anda bisa mencoba Es Cendol Pattimura. Es ini terkenal karena sajian cendol yang sangat kenyal dan rasa segar dari es. Cukup membawa uang Rp 8000 saja Anda sudah bisa mencicipi segarnya es cendol. Tempat ini sangat direkomendasikan saat musim panas tiba untuk meredakan gerah.

Bahan yang digunakan sebagai campuran es yaitu tumbukan halus dari beras ketan, emping yang telah dilembutkan lalu keduanya dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. Itulah mengapa rasanya bisa sangat menyatu dan terkesan beda dari yang lainnya. Selain itu, nama es ini mengambil dari nama pahlawan Pattimura.

Lokasi: Kampung Jao, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

10. Ongkrongan Turagari

Ongkrongan Turagari

Image Credit: Alimuakhir.com

Tempat makan ini lebih mirip seperti angkringan, sehingga jam bukanya pun hanya pada malam hari. Anda bisa menyantap masakan Padang sambil menikmati hiruk pikuk suasana malam hari. Menu yang disediakan di Ongkrongan Turagari yaitu lontong sayur pakis dan cemilan yang sering disebut sebagai sala ikan. Puaskan perut dengan mencicipi lontong khas Turagari.

Selain hidangan lontong sayur dan sala ikan, minuman yang tersedia pun tak kalah lengkap. Misalnya seperti jus pinang, kacang hijau, bubur kampiun, teh telur, dan beberapa minuman lainnya. Ketika singgah makan disana Anda pasti akan menyadari betapa beragamnya kota Padang sehingga dapat menghasilkan menu masakan lezat khas daerah.

Lokasi: Jl. Veteran, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

Demikianlah ulasan rekomendasi tempat makan di Kota Padang yang terbaik. Semoga setelah membaca rekomendasi diatas Anda tidak akan lagi kebingungan dan dapat menjadikannya sebagai referensi kelak. Mengetahui nama-nama restoran dan rumah makan akan menambah wawasan supaya lebih selektif lagi memilih tempat makan yang pas sesuai selera.