16 Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Banyuwangi

Banyuwangi merupakan sebuah daerah wisata yang amat populer saat ini. Hal itu karena Banyuwangi memiliki keindahan alam serta budaya yang cukup menarik. Selain kedua hal tersebut daerah ini juga memiliki beragam wisata kuliner yang siap untuk menggoyangkan lidah Anda.

Makanan khas Banyuwangi yang wajib untuk Anda coba yakni nasi tempong, rujak soto, pedes rantinem, sego cawuk, dan berbegai jenis kuliner lainnya. Anda harus mencicipi berbagai makanan tersebut karena memiliki citra rasa yang unik dan sangat lezat.

Tidak sah kiranya ketika Anda berwisata ke Banyuwangi tanpa mengunjungi berbagai tempat makan yang menjajakan makanan khas Banyuwangi. Bagi Anda yang membutuhkan referensi tempat makan tersebut, berikut akan di ulas beberapa tempat makan yang wajib dikunjungi ketika Anda pelesiran ke Banyuwangi.

1. Pecel Pincuk Bu Tin

Pecel Pincuk Bu Tin

Lokasi: Jl. Kapten Pierre Tandean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Koran-jakarta.com

Wisata kuliner yang pertama wajib untuk Anda kunjungi yaitu pecel pincuk bu tin. Tempat makan ini sungguh sederhana. Andahanya akan menemukan lapak berukuran 6×6 meter di sebuah perkampungan.

Namun dari sisi taste, kuliner ini sungguh lezat karena menyajikan nasi pecel yang terbuat dari bahan alami. Anda juga dapat menambahkan toping berupa rempelo ati, telur goreng, ayam, dan lauk lainnya.

2. Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus

Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus

Lokasi: Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Merdeka.com

Tempat wisata kuliner berikutnya yaitu tahu petis dan es degan pak agus. Di lokasi ini Anda dapat menikmati tahu petis dengan ukuran yang jumbo. Perpaduan antara petis, garam, dan cabai hijau membuat lidah Anda tidak berhenti untuk bergoyang.

Selain dapat menikmati tahu petis yang amat lezat, Anda juga dapat menikmati minuman penghilang dahaga yakni es degan. Perpaduan antara es degan dengan tahu petis akan membuat Anda tidak akan melupakan momen liburan di Kota Banyuwangi.

3. Bakso Kiki Genteng Banyuwangi

Bakso Kiki Genteng Banyuwangi

Lokasi: Jl. Temuguruh, Dusun Krajan, Genteng Wetan, Kec. Genteng, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Superadventure.co.id

Bagi Anda pencinta kuliner bakso wajib hukumnya untuk mengunjungi bakso kiki genteng banyuwangi. Pasalnya di tempat ini Anda dapat menikmati rasa bakso yang sungguh lezat.

Namun, ketika berkunjung ke tempat ini Anda mesti bersabar. Pasalnya tempat ini selalu ramai oleh pengunjung khususnya pada hari lebaran maupun liburan panjang.

4. Bakso Hamil Sampai Beranak Super Jumbo

Bakso Hamil Banyuwangi

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Merdeka.com

Sama seperti bakso kiki genteng, kuliner di destinasi ini menyediakan bakso yang lezat. Namun, yang membedakan yakni ukuran bakso yang membuat Anda takjub. Hal itu karena bakso di sini sungguh besar dan di dalamnya Anda dapat menemukan bakso kecil dan telur.

Ukuran bakso di sini dapat mencapai 1 kg. untuk itu disarankan untuk Anda yang berkunjung ke sana wajib untuk mengajak sanak famili untuk menikmati bakso ini.

5. Kuliner Banyuwangi Sego Bungkus Bu Poer

Kuliner Banyuwangi Sego Bungkus Bu Poer

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Gotravelly.com

Kuliner Banyuwangi Sego Bungkus Bu poer merupakan salah satu kuliner khas dari Banyuwangi. Sego bungkus ini merupakan nasi yang dibungkus daun pisang dengan berbagai varian lauk yang berbeda.

Anda dapat  memilih lauk seperti oseng-oseng mercon, ikan laut, telur dadar dan lainnya. Selain itu Anda juga dapat menikmati berbagai pilihan nasi seperi nasi jagung, nasi merah, hingga nasi kuning.

6. Wisata Kuliner Lodeh Koro Pedas

Wisata Kuliner Lodeh Koro Pedas

Lokasi: Jl. Raya Wongsorejo, Dusun Alasmalang, Alasrejo, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tribunnews.com

Bagi Anda penggemar cita rasa pedas wajib untuk mengunjungi wisata kuliner lodeh koro pedes apabila pelesiran ke Banyuwangi. Hal itu karena rumah makan ini menyajikan menu pedas yang lezat.

Anda dapat menikmati makanan khas dari Banyuwangi yaitu Lodeh Koro Pedas. Makanan ini terdiri dari buah koro yang dicampur dengan cabe dan bumbu lainnya.

7. Nasi Tempong Mbak Nah

Nasi Tempong Mbak Nah

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Travelingyuk.com

Rumah makan yang wajib untuk Anda kunjungi ketika pelesiran ke Banyuwangi yaitu Nasi Tempong Mbah Nah. Di sana Anda dapat menyantap makanan tradisional khas Banyuwangi yaitu Nasi tempong.

Nasi tempong merupakan makanan khas banyuwangi berbahan dasar nasi dengan berbagai jenis lalapan seperti kemangi, lalapan sayur, dan timun. Nasi tempong juga disajikan bersama lauk seperti jeroan ayam dan telur dadar.

8. Pondok Rujak Soto

Pondok Rujak Soto

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.113, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tribunnews.com

Salah satu kuliner yang khas di Banyuwangi yakni rujak soto. Anda dapat mampir ke warung pondok rujak soto yang terletak di berbagai pusat kota banyuwangi. Rasanya cukup lezat dan nikmat.

Rujak Soto merupakan perpaduan antara rujak cingur dengan kuah soto daging. Perpaduan keduanya sungguh nikmat dan dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang.

9. Ayam Pedas Rantinem

Ayam Pedes Rantinem

Lokasi: – Image Credit by Merahputih.com Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Kab. Banyuwangi.

Bagi Anda pencinta kuliner dengan rasa yang hot alias pedas sebaiknya mencoba berkunjung ke tempat makan ini. Ayam pedas raminten menyediakan kuliner ayam bakar yang pedas dan memiliki citra rasa yang lezat.

Perpaduan rasa pedas dan lezat membuat Anda pasti ketagihan dengan rasanya. Rumah makan ini sangat ramai pada saat makan siang, oleh sebab itu sebaiknya Anda bersabar untuk mengantri ketika mencoba kuliner ini.

10. Sego Cawuk Banyuwangi

Sego Cawuk Banyuwangi

Lokasi: Jl. Kalimas, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Instagram.com @andreyongz

Bagi Anda yang ingin menyantap kuliner khas Banyuwangi yang memiliki cita rasa yang khas sempatkanlah untuk mampir ke rumah makan cawuk Banyuwangi.

Di tempat makan tersebut Anda dapat menyantap kuliner sewo cawuk. Sego Cawuk adalah kuliner dengan kombinasi nasi dengan jagung muda yang dibakar serta dicampur dengan timun serta cabai dan asem. Kuliner ini akan membuat mata Anda melek karena rasa pedas dan asam.

11. Pecel Rawon Ayu Banyuwangi

Pecel Rawon Ayu Banyuwangi

Lokasi: Jl. Adi Sucipto No.76, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kumparan.com

Apabila Anda sedang pelesiran di Banyuwangi maka melipirlah sejenak ke jalan adi sucipto Banyuwangi. Hal itu karena di sana terdapat rumah makan yang menyajikan masakan khas Banyuwangi yang sangat lezat.

Pecel Rawon Ayu Banyuwangi merupakan sebuah resto yang menyuguhkan nasi pecel dengan kombinasi kuah rawon yang nikmat. Untuk meningkatkan citra rasa Anda dapat menambahkan tahu goreng, peyek udang, dan empal daging yang akan membuatnya semakin lezat.

12. Rawon Bik Atik Banyuwangi

Rawon Bik Atik Banyuwangi

Lokasi: Jl. A. Yani, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Rawon Bik Atik Banyuwangi merupakan salah satu pilihan wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi. Pasalnya di tempat ini Anda dapat menyantap kenikmatan dari rawon bik atik yang sungguh fenomenal.

Menyantap rawon bik atik ditemani dengan nasi putih panas dan empuknya daging sapi akan membuat liburan Anda akan semakin istimewa.

13. Sop Kesrut Rodiyah Banyuwangi

Sop Kesrut Rodiyah Banyuwangi

Lokasi: Karang Sari, Segobang, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kompas.com

Destinasi kuliner lainnya yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Sop Kesrut Rodiyah Banyuwangi. Di tempat ini Anda akan dapat menikmati menu khas Banyuwangi yaitu sop kesrut yang sangat khas dan lezat untuk disantap.

Bagi Anda yang belum familiar dengan sop kesrut, sop ini dibuat dengan bahan dasar olahan kaldu kental dengan balungan (tulang ayam kampung). Rasa lezat dan nikmat akan Anda rasakan karena kaldu dari masakan meresap hingga sum-sum tulang ayam.

14. Warung Biru Banyuwangi

Warung Biru Banyuwangi

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tripadvisor.com

Tempat makan yang wajib Anda kunjungi untuk melakukan santap siang yakni warung biru Banyuwangi. Di rumah makan ini Anda dapat menikmat berbagai varian menu seperti ayam bakar, ayam goreng, boto tawon, ikan laut bakar dan menu lainnya.

Rumah makan ini cukup populer karena citra rasa khas dari olahan sambil yang pedas dan lezat. Maka disarakan utuk Anda datang sebelum jam 12.00 WIB agar mendapatkan tempat makan.

15. Wisata Kuliner Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi Banyuwangi

Wisata Kuliner Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi Banyuwangi

Lokasi: Jl. Pantai Blimbingsari, Pacemengan, Blimbingsari, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Bagi Anda yang mengujungi pantai di Banyuwangi khususnya Blimbingsari, sebaiknya Anda berkunjung ke  rumah makan ikan bakar blimbingsari rogojampi. Pasalnya di sana Anda dapat menikmati ikan bakar dengan view pantai yang sungguh indah.

Selain ikan bakar, rumah makan ini juga menyediakan berbagai macam kuliner lainnya seperti rajungan, kakap, kerapu, udang, cumi-cumi, sotong, dan aneka jenis sea food lainnya. Untuk tingkat kesegaran tidak perlu diragukan lagi karena merupakan hasil tangkapan langsung nelayan sekitar.

16. D’Copiz Café Banyuwangi

D'Copiz Café Banyuwangi

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.- Image Credit by Topijelajah.com

Tempat yang wajib untuk Anda kunjungi ketika ke Banyuwangi yakni D’Copiz Café Banyuwangi. Cafe ini sangat tempat untuk Anda yang ingin menikmati beragam jenis kopi. Anda dapat menikmati berbagai jenis kopi robusta, arabica, luwak, dan kopi khas Banyuwangi.

Selain dapat menikmati aneka ragam kopi, Anda juga dapat menikmati berbagai camilan yang lezat seperti kentang goreng, siomay, tahu goreng, dan berbagai jenis camilan ringan lainnya.

Itulah 16 destinasi wisata kuliner di Banyuwangi yang wajib untuk Anda kunjungi. Berkunjung ke Banyuwangi akan semakin semarak ketika Anda berkunjung ke tempat tersebut. Lidah Anda akan dimanjakan dengan citra rasa khas Banyuwangi yang sangat lezat.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak