10 Tempat Kuliner Malam di Solo Yang Enak & Murah

Kuliner Malam Solo

Melakukan wisata kuliner ketika malam hari akan mendatangkan sensasi yang berbeda ketika Anda melakukannya di pagi atau siang hari. Suasana malam memberikan suasana yang akan membuat Anda bisa menikmati kuliner dengan lebih istimewa.

Menikmati lalu lalang kendaraan atau orang yang sedang lewat dapat memberikan perasaan senang yang tidak bisa digambarkan. Apalagi kuliner malam di Solo sebagian besar berada di pinggir jalan sehingga Anda juga bisa menikmati keindahan jalan raya yang ramai.

Solo di malam hari tidak pernah sepi. Banyak masyarakat maupun wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk menikmati suasana malam yang ramai. Apalagi, dengan menyantap beberapa kuliner menggoda, rasa lapar Anda ketika tengah malam akan terobati. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi kuliner malam di Solo yang bisa menaikkan nafsu makan Anda.

1. Galabo

Galabo

Lokasi: Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Panduanwisata.id

Galabo merupakan nama makanan yang berasal dari Gladag Langen Bogan dan menyediakan berbagai macam kuliner lezat di malam hari. Mulai makanan berkuah hingga kering, seperti soto, rawon, sate buntel, lalapan, semuanya bisa dipilih sesuai dengan selera.

Selain menu makanan, ada juga menu minuman khas Solo yang memiliki rasa sangat nikmat. Beberapa minuman tersebut seperti timlo, angsle, cemoe, dan masih banyak lagi. Anda bisa menikmati hangatnya minuman tersebut di tengah-tengah dinginnya cuaca malam di Solo.

2. Markobar

Markobar

Lokasi: Jl. Doktor Moewardi, Mangkubumen, Banjarsari, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Tribunnews.com

Jika Anda adalah pencinta makanan manis, maka jangan sampai melewatkan makanan satu ini. Markobar merupakan martabak manis yang kaya akan varian rasa yang unik. Banyak wisatawan yang menyukai kuliner satu ini karena bisa memilih berbagai rasa yang diinginkan. Ditambah lagi harganya nyaman di kantong.

Mulai dari rasa cokelat, vanilla, hingga beberapa rasa buah, semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Tempat makannya juga sangat strategis dan nyaman untuk nongkrong. Biasanya memang banyk sekali anak muda yang menghabiskan malam dengan mengobrol bersama teman-temannya.

3. Sate Kere Tugiyem

Sate Kere Tugiyem

Lokasi: Jl. Arifin No.63, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Gotravelly.com

Siapa yang tidak menyukai kuliner sate? Sepertinya hampir semua orang menyukai kuliner satu ini. Jika Anda berkunjung ke Solo pastikan untuk mampir ke warung sate legendaris satu ini karena rasa yang disuguhkan benar-benar akan membuat Anda ketagihan.

Warung ini sudah berdiri hingga puluhan tahun lamanya, dan rasa yang dimiliki tidak pernah berubah. Anda bisa menikmati sate ayam, daging, jeroan, dan usus dengan rasa sambal yang sangat gurih.

4. Selat Solo

Selat Solo

Lokasi: Jl. K.H Samanhudi No.1, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Ksmtour.com

Jika Anda menyukai jenis-jenis masakan barat, maka wajib untuk mencicipi kuliner malam Solo satu ini. Selat Solo adalah jenis hidangan yang di dalamnya berisikan daging, kentang, telur rebus yang diiris menjadi dua, dan beberapa sayuran segar.

Sebenarnya yang membuat kuliner satu ini istimewa adalah rasa kuahnya. Rasa kuahnya mungkin akan terasa asing di lidah Anda karena memang kuliner ini memiliki cita rasa makanan Eropa. Apalagi, Anda juga bisa menikmati suasana malam Solo dari balik jendela restoran yang menghadap langsung pada taman.

5. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Tribunnews.com

Pergi ke Solo tanpa menikmati kuliner malam satu ini rasanya tidak akan lengkap. Serabi notosuman adalah salah satu kuliner yang menjadi favorit dikalangan wisatawan. Pasalnya, rasanya tidak hanya khas saja, melainkan juga gurih dan manis. Tuangan santan yang melimpah juga semakin membuat cita rasa yang dihadirkan menggoyang lidah Anda.

Proses memasaknya juga unik karena menggunakan cetakan khusus dan dimasak menggunakan tungku. Anda bisa menikmati kuliner ini sambil lesehan dan menikmati keindahan malam suasana kota Solo.

6. Angkringan

Angkringan

Lokasi: Jl. Adi Sucipto No.129, Jajar, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Detik.com

Apakah Anda menyukai konsep makan lesehan? Jika iya maka angkringan adalah salah satu pilihan yang tepat. Anda akan dimanjakan dengan banyak sekali pilihan menu yang menggiurkan dan tentunya harga yang ditarik juga sangat murah.

Untuk makanan beratnya Anda bisa menikmati nasi kucing, dan untuk lauknya, Anda bisa memilih berbagai macam lauk yang tersedia. Lauk yang tersedia adalah sundukan telur puyuh, sundukan ayam, dan berbagai macam ikan serta gorengan yang sangat melimpah. Tempat ini juga sangat cocok digunakan untuk nongkrong karena tempatnya sangat nyaman.

7. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Inibaru.id

Ingin menikmati berbagai macam kuliner dalam satu tempat sekaligus? Pasar Malam Ngarsopuro adalah jawabannya. Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas Solo hingga jajanan biasa lainnya di pasar malam ini. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah.

Tempatnya sangat terbuka, hanya ada payung besar di bagian atasnya. Sebaiknya Anda membawa jaket agar tidak terlalu merasa kedinginan. Namun, sensasi makan di pinggir jalan sambil menikmati orang-orang berlalu lalang akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat ini.

8. Pecel Omah Ndeso

Pecel Omah Ndeso

Lokasi: Turisari, Jl. Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Surakarta.go.id

Jika di banyak kota lainnya pecel hanya disajikan pada pagi hari, di Solo ketika malam hari pecel menjadi makanan favorit. Pecel Omah Ndeso adalah salah satu warung makan pecel favorit di kalangan wisatawan. Sayuran atau yang lebih akrabnya disebut kulupan, semuanya segar-segar dan banyak pilihannya.

Untuk lauknya Anda juga bisa memilih sesuai dengan selera. Mulai dari gorengan hingga sundukan, semuanya bisa Anda ambil sesuka hati. Bungkus daun pisang yang digunakan akan membuat rasa pecel menjadi semakin lezat, apalagi warung ini buka ketika tengah malam sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika tiba-tiba merasa lapar.

9. Seafood Pak Petruk

Seafood Pak Petruk

Lokasi: Jl. Gajahmada No.48, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Cdn3.id.orstatic.com

Ketika di tengah malam Anda merasa lapar dan tidak ada makanan di rumah, maka sebaiknya langsung saja datang ke warung seafood Pak Petruk. Di sana Anda bisa menikmati sajian berbagai menu ikan laut seperti cumi-cumi, kepiting, udang dan berbagai olahan ikan laut lainnya dengan bumbu yang legit dan lezat.

Selain itu, ada juga bakmie seafood. Bagi Anda yang menyukai kuliner mie maka sangat disarankan untuk memilih menu tersebut. Untuk tempat duduknya Anda bisa memilih ingin lesehan atau duduk di kursi yang telah disediakan. Namun, sebenarnya lebih baik memilih yang lesehan sehingga Anda bisa menikmati secara langsung keindahan malam Solo.

10. Gudeg Ceker Margoyudan

Gudeg Ceker Margoyudan

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Kompas.com

Kuliner malam yang sangat rekomended selanjutnya adalah Gudeg Ceker Mergoyudan. Kuliner tersebut sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Solo dan beberapa wisatawan. Hal tersebut karena rasa yang dimiliki oleh gudeg ceker ini benar-benar lezat, tidak akan bisa Anda rasakan di tempat lainnya.

Ceker yang ada merupakan ceker lunak yang sudah dimasak menggunakan presto sehingga Anda lebih mudah ketika memakannya. Yang istimewa adalah Anda bisa memilih berbagai kuah dengan rasa yang berbeda-beda. Mulai dari kuah bumbu kare, bumbu bali, hingga bumbu rica-rica, semua bisa dinikmati sesuai dengan selera.

Itulah beberapa rekomendasi tempat-tempat kuliner malam di Solo yang bisa mengatasi rasa lapar Anda. Semua kuliner malam hari tersebut sangat sayang untuk dilewatkan, jadi jika Anda ingin melakukan wisata kuliner jangan lupa memilih beberapa tempat tersebut.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Payakumbuh
15 Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Pariaman
14 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi