15 Tempat Wisata di Jakarta Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Jakarta Barat

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Barat. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Menarik untuk Dikunjungi.

Jika Anda sedang berada di daerah Jakarta Barat, dan ingin liburan sejenak melepas penat karena aktivitas sehari-hari tak perlu khawatir karena terdapat berbagai destinasi menarik  yang dapat Anda kunjungi. Tidak hanya mall, kota ini menawarkan wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Jakarta Barat memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Kota ini pernah menjadi pusat pemerintahan VOC pada masa penjajahan Belanda, sehingga tidak mengherankan jika di beberapa tempat terdapat bangunan yang bersejarah.

Bagi Anda yang memiliki hobby fotografi tidak ada salahnya mengunjungi kota ini untuk disalurkan dengan berbagai spot yang menawan. Berikut daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Jakarta Barat.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Image Credit: Indonesiakaya.com

Salah satu museum terbesar di Jakarta adalah Museum Fatahillah atau dikenal Museum Sejarah Jakarta. Museum ini dibangun pada tahun 1707 dengan arsitektur bergaya neo klasik yang sangat menawan menyerupai Istana Dam di Amsterdam.

Berbagai macam koleksi yang dapat Anda nikmati adalah berbagai replika peninggalan sejarah Jakarta, koleksi kerajinan seperti gerabah, keramik dan batu prasasti. Fasilitas yang disediakan di Museum Fatahillah yaitu Taman Fatahillah, ruang pertemuan, perpustakaan, Mushollah, kantin,dan toko souvenir.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

2. Museum Wayang

Museum Wayang

Image Credit: Topcareer.id

Sesuai namanya, museum ini memiliki berbagai koleksi wayang baik dari Indonesia maupun manca negara. Koleksi jenis wayang dari Indonesia diantaranya wayang kulit, wayang mainan, wayang topeng, wayang golek, dan wayang klitik.

Jika Indonesia memiliki keunikan wayang, di museum ini Anda juga disuguhkan berbagai koleksi wayang dan boneka yang berasal dari manca negara seperti Thailand, India, dan berbagai negara lainnya. Selain itu, di museum ini Anda juga dapat menjumpai koleksi piring sebagai tanda batu nisan Jan Pieterszoon Coen dan teater wayang yang diadakan secara berkala.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

3. Chinatown

Chinatown

Image Credit: Bukalapak.com

Anda dapat merasakan kental akan suasana etnis Tionghoa di China Town daerah Glodok, Jakarta Barat. Di kawasan ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai hal yang identik dengan suasana di China dari arsitektur, makanan sampai pernak-pernik khas etnis Tionghoa.

Ketika memasuki kawasan China Town Anda akan menjumpai berbagai lampion bergantungan menghiasi sepanjang jalan dan dan bangunan yang ada di daerah sekitar. Pada petak 9, Anda dapat berkunjung ke Klenteng Vihara Dharma Bakti yang terdapat disana.

BACA:  27 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Gajah Mada, RT.2/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

4. Gereja Sion (Gereja Portugis)

Gereja Sion (Gereja Portugis)

Image Credit: Heikaku.com

Gereja yang berkapasitas sampai 1.000 jemaat ini merupakan bangunan tua yang sampai sekarang sesuai dengan fungsi awal dibangun. Berbeda dengan bangunan lain yang sudah beralih fungsi contohnya menjadi museum atau lainnya.

Gereja ini memiliki arsitektur gaya Eropa yang sangat menarik sejak dibangun sehingga dijadikan sebagai salah satu cagar budaya di Jakarta. Bahasa pengantar dalam ibadah di Gereja Sion memakai Bahasa Portugis.

Lokasi: Jl. Pangeran Jayakarta No.1, RT.9/RW.4, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

5. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Image Credit: Jakartayuk.wordpress.com

Jembatan yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda ini memiliki bentuk yang unik seperti jungkit yang berkonstruksi dari kayu sebagai pijakan jembatan dan besi sebagai penyangganya. Pada tahun 1629, jembatan ini sempat rusak karena serangan namun diperbaiki oleh Belanda.

Jembatan Kota Intan memiliki daya tarik sendiri bagi penikmat fotografi karena terdapat berbagai spot foto yang menarik. Lokasinya tidak jauh dari Kota Tua sehingga para pelancong menjadikan destinasi pilihan yang tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

6. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Image Credit: Suara.com

Kota Tua merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi para pelancong yang datang ke Jakarta Barat. Anda disini akan menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang tidak berubah dan masih otentik.

Berbagai titik di kawasan ini terdapat persewaan sepeda onthel untuk melengkapi keseruan Anda dalam berkeliling merasakan suasana masa lampau. Karena keindahan arsitekturnya, Kota Tua dijadikan surga oleh penggemar fotografi.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

7. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Image Credit: Kompas.com

Koleksi di Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki koleksi dari berbagai daerah di Indonesia dan Luar Negeri. Museum ini layaknya rumah bagi pelaku seni, karena menyimpan berbagai koleksi karya seni berkelas internasional.

Awal pembangunan gedung ini pada tahun 1870 oleh pemerintahan Hindia Belanda dan pada tahun 1990 resmi digunakan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik yang di kelola oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta. Fasilitas yang dimiliki oleh museum ini adalah studio gerabah, perpustakaan, toko souvenir, dll.

Lokasi: Jl. Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

BACA:  11 Wisata Pantai di Jakarta Paling Recommended

8. Museum Tekstil

Museum Tekstil

Image Credit: Heikaku.com

Museum tekstil didirikan sebagai salah satu bentuk usaha untuk melestarikan berbagai jenis tekstil tradisional yang ada di Indonesia. Bangunan ini mempunyai ciri khas Indonesia yang kental dari pintu sampai detail bangunan dengan ukiran-ukirannya.

Koleksi di museum ini terdapat berbagai macam kain tradisional dari seluruh daerah. Kain batik, kain jumputan, kain tenun, bahkan kain yang terbuat dari berbagai macam bahan salah satunya dari kulit kayu.

Lokasi: Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Selatan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

9. Toko Merah

Toko Merah

Image Credit: Kumparan.com

Nama toko merah merupakan sebuah toko yang dikelola oleh orang keturunan China pada tahun 1851. Sebelumnya, bangunan ini merupakan tempat tinggal bagi Gubernur Jenderal VOC.

Bangunan ini masih berdiri kokoh dan masih terawat dengan baik. Sehingga dapat mematahkan opini yang selama ini  beredar tentang cerita seram di Toko Merah tersebut.

Lokasi: Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang No.3, RT.7/RW.3, Roa Malaka, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat.

10. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Image Credit: Mediabumn.com

Museum Bank Indonesia adalah museum dengan kelas internasional dan nyaman dikunjungi sehingga menjadikan Anda betah di dalamnya. Koleksi yang ada di museum ini adalah segala hal yang berhubungan dengan sejarah keuangan Indonesia.

Fasilitas yang didapatkan di museum ini juga tergolong lengkap yaitu ruangan dengan tatanan rapi, manajemen yang baik serta terdapat pendingin ruangan di dalamnya. Dengan semua fasilitas serta pengalaman yang akan Anda dapatkan, tiket masuk ke museum ini adalah gratis.

Lokasi: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

11. Museum Arsip Nasional

Museum Arsip Nasional

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Gedung ini dibangun oleh Gubernur Belanda pada tahun 1760 dan dijadikan sebagai gedung penyimpanan arsip oleh kolonial Belanda. Pada tahun 1951 setelah Indonesia merdeka, berubah menjadi Kantor Arsip Nasional RI, dan tahun 1974 tempat ini dijadikan menjadi museum ketika Kantor Arsip Nasional dipindah ke Jakarta Selatan.

Koleksi dengan jumlah 500 koleksi selain surat, koleksi utama di museum ini adalah miniatur sejarah pada zaman VOC salah satunya brankas dengan ukuran besar. Nuansa gaya kolonial sangat terasa dalam sekitar bangunan ini, dengan kebun yang terdapat berbagai jenis bunga.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.111, RT.1/RW.1, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

12. Museum Macan

Museum Macan

Image Credit: Indonesiatraveller.id

Museum of Modern and Contempotery Art in Nusantara ini dengan luas sekitar 4.000 meter persegi ini memiliki kurang lebih 800 koleksi seni kontemporer dan modern yang dikumpulkan oleh kolektor Haryanto Adikoesoemo selama 25 Tahun. Museum ini merupakan museum intuisi pertama yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer

Museum macan diresmikan pada Tahun 2017, tidak hanya koleksi lukisan terdapat berbagai karya seni kontemporer dengan seni instalasi, serta teknik yang mengagumkan. Karya seni yang ditampilkan di museum ini ketika Anda datang untuk kedua kalinya akan melihat hal yang sama, karena museum ini akan terus memamerkan karya seni yang baru.

Lokasi: Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat.

13. Taman Cattleya

Taman Cattleya

Image Credit: Ihategreenjello.com

Bagi Anda yang jenuh akan hiruk pikuknya Kota Jakarta, Taman Cattleya dapat dijadikan solusi untuk pelepas penat dengan pemandangan yang hijau dan rimbun. Memiliki luas kurang lebih 3 hektare, dengan sebuah danau menjadi salah satu primadona tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Fasilitas di taman ini juga tergolong lengkap, terdapat peralatan untuk olahraga seperti fitnes dan jogging track. Demi kenyamanan pengunjung, pengelola taman ini menjaga 24 jam keamanan di sekitar area taman.

Lokasi: Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

14. Masjid An-NaWier

Masjid An-NaWier

Image Credit: Matakota.id

Masjid merupakan tempat ibadah umat Muslim. Di Jakarta Barat, terdapat masjid yang sangat bersejarah karena menjadi pusat penyebaran agama Islam di daerah sekitar. Didirikan pada tahun 1760 oleh seorang ulama bernama Sayid Abdullah bin Husein Alaydrus dari Hadramaut.

Masjid An-Nawier memiliki desain yang agak berbeda sehingga menjadikannya unik, yaitu tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya dengan pengaruh arsitektur dari budaya India dan Arab. Masjid yang mampu menampung sampai 2.000 jemaah ini memiliki sekitar 33 tiang penyangga.

Lokasi: Jl. Pekojan Raya No.71, RT.3/RW.1, Pekojan, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat.

15. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium

Image Credit: Mediaindonesia.com

Tempat wisata yang wajib dikunjungi yang terakhir adalah Jakarta Aquarium, di tempat ini Anda dapat mengenal berbagai macam makhluk hidup yang hidup di laut. Tidak sekedar terhibur tingkah lucu dari biota laut, disini dapat menjadi wisata edukatif untuk anak dengan menawarkan atraksi yang seru.

Di Jakarta Aquarium terdapat atraksi yang diunggulkan oleh pengelola salah satunya pertunjukan teater dalam aquarium. Fasilitas yang ditawarkan juga terbilang lengkap dengan tersedianya fasilitas locker untuk Anda yang ingin menyimpan barang, ada akses untuk pengguna kursi roda, dan toko souvenir yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh.

Lokasi: Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Jakarta Barat yang dapat Anda jadikan referensi jika Anda sedang berlibur,  dapat disesuaikan dengan pilihan ataupun anggaran yang Anda miliki. Keberagaman tempat wisata dapat dilestarikan dan tidak melupakan sejarah, baik oleh wisatawan lokal maupun asing.