10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Pekalongan

Bepergian ke suatu tempat tentu tidak akan lengkap tanpa membawa buah tangan yang bisa dibawa pulang, untuk sekadar dinikmati sendiri ataupun dibagikan kepada kerabat terdekat. Pekalongan merupakan salah satu daerah yang mempunyai kekayaan oleh-oleh khas.

Pekalongan terkenal sebagai daerah asal kerajinan batik. Berbagai desain batik terbaik tercipta di kota ini. Namun tidak hanya batik saja, Pekalongan juga mempunyai beberapa oleh-oleh khas lain.

Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Pekalongan yang bisa Anda jadikan referensi jika bingung hendak membawa pulang buah tangan apa usai berkunjung ke Kota Batik ini.

Rekomendasi 10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan

1. Kue Lumpang

Kue Lumpang

Image Credit by Cookpad.com

Kue basah ini mempunyai bentuk menyerupai mangkok yang unik. Umumnya berwarna hjau atau coklat. Bahan dasarnya terbuat dari santan kelapa dengan gula aren yang dijadikan satu adonan. Pada bagian atasnya terdapat taburan parutan kelapa dan daun pandan.

Kue ini dikemas secara tradisional yakni berupa bungkus daun pisang hijau. Pembungkus ini turut menambah aroma kue lumpang agar lebih segar. Rasa manis dan sedikit gurih kue ini akan terasa lezat jika dibagikan kepada keluarga atau kerabat di rumah.

2. Capret Pekalongan

Capret Pekalongan

Image Credit by Cintapekalongan.com

Capret merupakan kerupuk khas Pekalongan yang mempunyai ukuran amat kecil namun cita rasanya sangat lezat. Camilan tradisional ini dijual dalam beberapa varian, yang paling terkenal adalah varian original dan pedas.

Tekstur capret varian original adalah renyah dengan rasa gurih yang bikin ketagihan. Sedangkan capret varian pedas mempunyai tekstur yang lebih lengket dengan warnanya kemerahan. Meskipun pedas, varian ini masih terasa manis.

3. Limun Oriental

Limun Oriental

Image Credit by Catatanbackpacker.com

Minuman ini sudah fenomenal sejak awal abad 19 lalu, tepatnya pada masa kekuasaan Belanda di Nusantara. Konon limun ini disebut juga Banyu Londho yang berarti “minuman orang Belanda” karena memang dulunya hanya dikonsumsi kaum Hindia saja.

Limun oriental mempunyai rasa segar yang dibuat tanpa bahan pengawet. Bahan utama pembuatannya adalah air lemon dan gula aseliest. Minuman ini sangat ampuh menghilangkan dahaga karena kesegarannya alami dan otentik. Kemasannya masih menggunakan botol jadul.

4. Kue Glundung

Kue Glundung

Image Credit by Penamoedikal.blogspot.com

Kue Glundung merupakan kue kuliner khas Pekalongan yang terbuat dari bahan ketela pohon dengan gula aren sebagai isinya. Jika Anda familiar dengan makanan “jemblem” maka kue glundung ini serupa.

Anda bisa mendapatkan kue ini di pusat oleh-oleh maupun di pasar tradisional. Makanan rakyat ini mempunyai rasa manis yang bisa membuat kenyang karena bahan utamanya mengandung karbohidrat.

5. Ogak Jahe

Ogak Jahe

Image Credit by Jabar.tribunnews.com

Ogak jahe biasa disebut juga dengan binteng jahe. Camilan ini khas Pekalongan yang mempunyai rasa manis dan sangat sesuai dijadikan kawan bersantai bersama segelas teh.

Bahan utama ogak jahe adalah jahe dan kelapa yang dicampurkan dengan gula. Ogak jahe memadukan cita rasa gula Jawa yang manis dengan jahe yang terasa sedikit pedas, namun inilah yang menghadirkan aroma segar menghangatkan.

6. Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar

Image Credit by Wiratech.co.id

Kerupuk gendar terbuat dari bahan olahan nasi yang sudah dihaluskan (gending). Selain kerupuk gendar, Pekalongan juga mempunyai kuliner hasil olahan gending yang lain, yaitu nasi gendar.

Kerupuk gendar mempunyai rasa gurih dengan teksturnya yang renyah sehingga disebut juga sebagai cracker. Meskipun bahan dasarnya nasi, cita rasa nasi tidak terlalu terasa karena sudah berpadu dengan bumbu lain.

7. Kopi Tjanting

Kopi Tjanting

Image Credit by Picbear.org

Kopi Tjanting merupakan kopi khas Pekalongan yang menghadirkan cita rasa tradisional. Biji kopinya dipetik secara langsung dari perkebunan di daerah Jolotigo. Kopi Tjanting diproses dengan menggunakan teknik roasting medium.

Kopi Tjanting tersedia dalam beberapa varian biji kopi, seperti arabica, robusta, dan excelsa. Kopi ini dikemas dalam kemasan medium yang dibedakan warnanya sesuai rasa. Warna merah untuk varian excelsa, hitam untuk robusta, dan keemasan untuk arabica.

8. Tauco

Tauco

Image Credit by Resepkoki.id

Jika Anda telah familiar dengan kelezatan Soto Tauto yang tenar di Pekalongan, maka oleh-oleh ini wajib dibawa. Tauco adalah rahasia di balik kelezatan soto tersebut. Cita rasa bumbu yang khas menjadikannya sebagai kunci kenikmatan Soto Tauto.

Anda bisa mendapatkan tauco dari pusat oleh-oleh, karena bumbu ini sudah sangat legendaris sehingga mudah didapat. Kemasannya dibungkus plastik berukuran sedang dan dijual dengan harga terjangkau.

9. Keripik Tahu dan Tempe

Keripik Tahu dan Tempe

Image Credit by Ramesia.com

Keripik tahu dan tempe khas Pekalongan menjadi favorit semua kalangan karena rasa gurihnya tidak terlupakan. Meskipun camilan ini dapat ditemukan di berbagai tempat lain, tapi yang berasal dari Pekalongan bercita rasa khas karena diolah dengan cara tradisional.

Camilan ini dibuat dari bahan kedelai yang mempunyai kandungan gizi tinggi, terutama protein. Rasanya gurih dan renyah, dengan tekstur tahu maupun tempe yang masih terasa. Keripik khas Pekalongan ini tersedia dalam varian original.

10. Batik Tangan Khas Pekalongan

Batik Tangan Khas Pekalongan

Image Credit by Bukalapak.com

Tak akan lengkap rasanya berkunjung ke Kota Batik tanpa membawa buah tangan batik yang dibuat secara langsung oleh pengrajin. Batik Pekalongan mempunyai ciri khas berupa warna-warna kecoklatan (sogan) yang dihasilkan oleh pewarna alami dari kulit kayu.

Beberapa jenis batik Pekalongan dibuat dengan cara tradisional menggunakan canting sehingga harganya relatif lebih mahal. Namun keindahannya sangat otentik dan tidak akan Anda dapatkan di tempat lain.

5 Toko Oleh-Oleh Khas Pekalongan Wajib Dikunjungi

1. Outlet Limun Oriental

Outlet Limun Oriental

Lokasi: Jl. Rajawali Utara No.15, RT.01/Rw03, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. – Image Credit by Minumkopi.com

Limun oriental membuka outlet resmi yang bisa Anda kunjungi jika ingin membawa pulang oleh-oleh limun segar khas Pekalongan. Anda bisa mendapatkan limun dengan harga ramah di kantong.

Tempat ini menyediakan berbagai varian limun oriental dengan beragam rasa. Mulai dari rasa buah-buahan seperti sirsak, nanas, lemon, jeruk, dan masih banyak lainnya.

2. Toko Oleh-Oleh Si Pitung

Toko Oleh-Oleh Si Pitung

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Bendan, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Toko-oleh-oleh-jajanan-khas-kota-pekalongan-sipitung.business.site

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh khas Pekalongan seperti capret, ogak jahe, dan lain-lain di Toko Oleh-Oleh Si Pitung. Tempatnya cukup mudah ditemukan karena berada di tepi jalan.

Toko ini buka pada hari-hari aktif dan tutup sebelum malam hari. Anda bisa membeli berupa kemasan maupun kiloan.

3. Ketjap dan Tautio Pulau Jawa

Ketjap dan Tautio Pulau Jawa

Lokasi: Jl. Salak No.77, Sampangan, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. – Image Credit by Wartakota.tribunnews.com

Tempat ini menjadi tujuan wajib dikunjungi jika Anda ingin mendapatkan tauco legendaris khas Pekalongan yang mempunyai rasa lezat.

Toko ini telah berdiri sejak dulu dan terkenal sebagai pusat kecap dan tauco untuk soto bercita rasa terbaik. Harga yang dibandrol juga terjangkau.

4. Toko Nyonya Djoe

Toko Nyonya Djoe

Lokasi: Jl. Sumatera No.16B, Sapuro Kebulen, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. – Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Toko ini menjadi tempat Anda bisa mendapatkan kue lumpang terbaik dengan harga terjangkau, baik dijual perbiji maupun dalam jumlah banyak.

Toko ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, serta nyaman untuk dijadikan tempat berburu oleh-oleh.

5. Pusat Batik International

Pusat Batik International

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.573, Pegantungan, Pekuncen, Kec. Wiradesa, Kab. Pekalongan. – Image Credit by Inibaru.id

Jika Anda ingin berburu batik dengan kualitas terbaik, pastikan untuk hadir ke tempat ini. Anda bisa menemukan berbagai motif batik otentik khas Pekalongan.

Tempatnya cukup luas dengan penataan yang memudahkan pengunjung untuk memilih batik sesuai selera. Pelayanannya pun ramah sehingga Anda akan nyaman.

Itulah rekomendasi 10 oleh-oleh khas Pekalongan yang wajib Anda coba sekaligus tempat untuk membelinya. Pekalongan mempunyai kekhasan makanan berupa jajanan Jawa yang mempunyai cita rasa terbaik, selain identik pula dengan kerajinan batiknya.