15 Cafe Instagramable di Jogja yang Bikin Betah Nongkrong

Cafe Jogja

Selalu ada yang kurang apabila berkunjung ke Jogja tanpa nongkrong. Rekomendasi cafe instagramable di Kota Jogja yang menawarkan menu enak dan tempat yang nyaman.

Jogja merupakan sebuah daerah istimewa yang kaya akan budaya, tradisi, wisata, hingga kulinernya juga beragam. Kota di lereng Gunung Merapi ini tidak pernah sepi dari wisatawan baik lokal maupun dari manca. Lalu lintasnya juga nyaris selalu ramai hingga 24 jam, apalagi di beberapa jalanan yang sangat hits dan melegenda.

Banyak orang menghabiskan waktu disana hanya untuk sekedar nongkrong sambil menikmati pemandangan yang indah. Hal itulah yang menyebabkan di Jogja bermunculan banyak cafe dengan gaya yang unik dan nyetrik. Bahkan pelayanan, menu, dan dekorasinya juga sangat anti mainstream.

Nah, jika Anda yang sedang di Jogjakarta, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi 15 cafe yang instagramable di sana. Selain dapat memanjakan mata, sekaligus bisa juga menjamu lidah dengan aneka makanan dan minuman lucu yang harus dipesan sebagai teman nongkrong santai. Atau mungkin juga bisa dipesan untuk oleh-oleh.

1. Cafe Brick

Cafe Brick

Image Credit: Cafebrick.co.id

Ternyata di Jogja ada juga loh bangunan yang mengusung gaya eropa. Ya, Anda bisa menemukannya di Cafe Brick, Sleman. Setiap sisi dan sudutnya sangat kental akan sentuhan eropa dan cocok untuk berfoto. Mulai dari bagian luar ruangan, dalam ruangan, hingga pernak-pernik hiasannya juga bergaya eropa.

Saat masuk didalam, bisa dilihat perpaduan antara jendela dan bata merah pada temboknya menghadirkan suasana layaknya di Inggris. Inilah alasan mengapa cafe ini pernah dipilih sebagai tempat syuting.

Menunya berupa camilan atau makanan ringan seperti roti bakar, kentang goreng, dan spaghetti. Untuk menu berat ada brick flipp panekuk, brick chicken cone, dan masih banyak lagi Sedangkan minuman yang ditawarkan ada aneka racikan kopi kekinian. Semua itu wajib hukumnya untuk Anda coba.

Lokasi: Jl. Damai No.8, Tambakan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman.

2. Legend Coffee

Legend Coffee

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sesuai dengan namanya, cafe ini memang menjadi tempat nongkrong yang paling tua di Jogja. Tempatnya sangat luas dan disediakan ruangan indoor ataupun outdoor. Bagian dalam ruangannya memiliki desain yang sangat klasik. Mulai dari ornamen hingga furniturenya semua bergaya lama.

Aneka camilan, kopi, dan jus bisa Anda pesan disini. Harganya juga sangat murah, hanya berkisar Rp 9.000 hingga Rp 45.000. Semua fasilitas tersebut bisa dinikmati, apalagi disini tidak menguras kantong. Selain ngopi, ada pula beberapa permainan yang ditawarkan. Seperti soccer table dan bilyar mini.

Lokasi: Jl. Abu Bakar Ali No.24-26, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

3. 80’s Bocor Alus

80’s Bocor Alus

Image Credit: Gudeg.net

Nama cafe ini selaras dengan keunikan gaya dan dekorasinya. Aneka pernak-pernik khas 1980an dipajang disini sebagai hiasannya. Kesan barang-barang lama yang usang, berkarat, dan jadul juga menambah daya tarik untuk berkunjung. Susunannya yang sangat estetik tentunya sangat pas untuk berfoto.

BACA:  20 Wisata Pantai di Jogja Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Barang-barang yang dipajang bukanlah barang biasa, namun benda yang pernah populer pada eranya. Selain dapat bernostalgia, pengunjung juga bisa menikmati aneka menu yang disediakan. Ada berbagai macam nasi goreng, olahan seafood, ayam, mie, hingga pecel pun ada.

Sementara sebagai teman nongkrong, bisa juga untuk memesan roti bakar, pisang bakar, kentang, ketela, nangka goreng, dan masih banyak lagi. ada pula berbagai macam minuman mulai dari es, jus, susu, dan berbagai macam wedang tradisional. Semuanya dibanderol dengan harga yang murah dan rasa yang sangat enak.

Lokasi: Jl. Parangtritis 5.5, Kulon No.RT. 007, Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

4. Secret Garden Coffee and Chocolate

Secret Garden Coffee and Chocolate

Image Credit: Kulineraric.blogspot.com

Berbeda dari cafe-cafe lainnya, Secret Garden Coffe and Chocolate merupakan sebuah tempat makan dengan konsep yang sangat mewah. Sesuai namanya, tempat ini memberikan nuansa kebun rahasia nan sangat romantis, nyaman, dan tenang. Makan malam disini pasti terasa sangat berkelas.

Perpaduan nuansa Jawa klasik dan modernnya sangat hidup. Tidak salah, apabila cafe ini menjadi tujuan banyak pengunjung. Kesan mewah dari sana semakin terasa saat Anda memesan menunya yang cenderung ke Eropa seperti pancake dan wafle. Minumannya juga ada aneka coklat hingga smothies.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.2, Pakuncen, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

5. Kalluna

Kalluna

Image Credit: Elikuskus.com

Kalluna menawarkan tempat dengan konsep bohemian yang sangat ciamik untuk berfoto. Bahkan saking instagenicnya, disini sampai-sampai menyediakan paket foto preweding bagi yang hendak menikah.

Tempat yang dijuluki Santorini Jogja ini, menyediakan smooking room juga. Menu-menunya didominasi masakan barat yang mungkin kurang cocok di lidah orang yang belum terbiasa. Untuk bisa menikmati suasana disini, Anda disarankan melakukan reservasi terlebih dahulu, agar tidak kehabisan tempat karena saking larisnya.

Lokasi: Jl. Sajiono No.13, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

6. Marisini Coffee

Marisini Coffee

Image Credit: Genpijogja.com

Kedai unik berikutnya, sangat unik. Terdiri dari beberapa bangunan besar yang menghadap langsung ke raung terbuka, konsepnya juga sam terbuka. Banyak kursi berjajar rapi, warna temboknya didominasi putih tulang dan sangat estetik. Tempatnya sangat cocok untuk bersantai.

Furniturenya ada yang bergaya tradisional hingga modern klasik. Ornamen yang digunakan juga tak kalah menarik. Sayang rasanya apabila kesini tanpa berfoto. Pasalnya banyak sekali spot foto yang bisa diambil.

Saat berkunjung sempatkan untuk memsan Es Kopi Susu Papa Marisini, minuman andalan disini yang harganya sekitar Rp 20.000. Memang sedikit lebih mahal, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba rasa unik dan nagih.

Lokasi: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman.

7. Indische Koffie Benteng Vredeburg

Indische Koffie Benteng Vredeburg

Image Credit: Detik.com

Jika ingin nongkrong sekaligus belajar mengenai sejarah, maka datang saja ke Indische Koffie Benteng Vredeburg. Cafe yang berlokasi di Benteng Vredeberg ini menawarkan konsep wisata sejarah dan kuliner.

BACA:  10 Mall Keren di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Menu-menu yang ditawarkan terdiri dari aneka makanan ciri khas dari Indonesia. Akan tetapi sesuai dengan temanya, ada pula makanan dari Belanda yang wajib untuk dicoba.

Tempatnya didesain menyerupai bangunan Belanda dengan mengusung banyak ornamen berwarna putih. Ada juga tempat diluar ruangan dan dihiasi aneka tumbuhan hijau yang menyegarkan. Perpaduan itu menghasilkan suasana Indo-Holland yang sangat kental.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

8. Ling Lung Kopi & Eatery

Ling Lung Kopi & Eatery

Image Credit: Gudeg.net

Berbicara tentang tempat instagenic di Jogja memang tidak akan ada habisnya. Tapi untuk yang unik-unik dan klasik, Anda sangat bisa datang ke Ling-Lung Kopi. Tempatnya didesain dengan gaya lama atau klasik. Kesannya tenang, ditambah ornamennya kebanyakan berwarna coklat dan hitam yang menambah kesan kuno yang sangat menarik untuk diabadikan difoto.

Tempat ini mengolah kopi secara modern dengan alat-alat canggih dan kekinian banget. Jadi tidak usah menunggu lama untuk dapat menikmati kopi. Meski begitu, harga yang ditawarkan mulai Rp 15.000 sampai 60.000 saja.

Lokasi: Jl. Perumnas No.50C, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

9. Roaster and Bear

Roaster and Bear

Image Credit: Gudeg.net

Menghadirkan cafe dengan suasana yang unik dari yang lainnya. Setiap dindingnya dihiasi dengan beragam lukisan, foto, gambar beruang-beruang yang sangat lucu dan menggemaskan. Desain ruangannya juga sangat mewah dan berkelas, ada sofa, berbagai macam kursi, dan lain-lain.

Selain itu, ada pula bangku panjang dengan bantal-bantal lucu. Apalagi menu-menu disini juga tidak kalah hits dari tempatnya. Masalah harganya tidaklah terlalu tinggi dan sebanding dengan kenyamanan yang didapat. Disediakan pula lantai dua atau open spase yang pastinya sangat nyaman untuk nongkrong ataupun bersantai.

Lokasi: Jl. P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

10. Kedai Mataram

Kedai Mataram

Image Credit: Hungerranger.com

Saat berkunjung ke Malioboro, Anda bisa sekalian nongkrong di Kedai Mataram. Cafe luas ini menyediakan smoking room di luar ruangan, jadi bagi yang tidak nyaman dengan asap rokok bisa datang kesini.

Desain interiornya sangat cozy, dan dilengkapi dengan wifi gratis. Sangat cocok sebagai tujuan mengerjakan tugas. Pengunjung yang datang bisa menggunakan permainan tradisional congklak dan monopoli yang disediakan secara gratis.

Menu disini sangat bervariasi, mulai dari masakan western, kekinian, hingga yang tradisional semuanya ada. Lokasinya yang strategis juga sangat mudah untuk dijangkau, meskipun hanya dengan berjalan kaki dari Malioboro.

Lokasi: Mataram St No.55, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota  Yogyakarta.

11. Tujuan Café

Tujuan Café

Image Credit: Suara.com

Tujuan Cafe memadukan interior dari aneka perabot dari anyaman bambu dengan desain ruangan yang sangat artistik dan lucu. Tempatnya jelas sangat cocok untuk hunting foto instagramable.

BACA:  16 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Aneka beverages dan makanan bisa dipesan di cafe yang buka mulai jam sembilan pagi hingga sepuluh malam ini. Jangan lupa saat nongkrong ajak teman banyak, agar suasana menjadi lebih ramai.

Lokasi: Tirtodipuran St No.17C, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

12. Yellow Truck

Yellow Truck

Image Credit: Jdfoodiary.blogspot.com

Cafe ini merupakan cabang dari Yellow Truck di Bandung. Namanya yang sudah terkenal, menjadikan tempat ini langsung ramai pengunjung saat pertama kali dibuka. Konsep yang disuguhkan sesuai dengan namanya, yaitu mengusung warna kuning.

Salah satu tujuan mahasiswa ini juga menawarkan aneka menu makanan dan minuman yang pas dikantong. Akan tetapi jangan salah sangka terlebih dahulu, tempat ini tidak seperti foodtruck cafe pada umumnya.

Lokasi: Jl. Supadi No.2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

13. Le Travail Coffee

Le Travail Coffee

Image Credit: Jogjaasik.com

Sebuah tempat yang sangat cocok untuk anak zaman sekarang yang suka dengan gaya modern. Letravail Cafe menawarkan suasana simple dengan kesan elegan, berkelas, dan sangat nyaman.

Anda bisa berswafoto dan mengunggahnya di media sosial, apalagi di cafe ini tersedia wifi gratis yang sangat membantu. Minuman yang disediakan ada manual brew, espresso, teh, dan aneka kopi lainnya. Terdiri dari dua lantai dan buka hingga dini hari, membuat Letravail sangat cocok untuk nongkrong.

Lokasi: Jl. Pintu Selatan UPN No.7, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman.

14. Lantai Bumi

Lantai Bumi

Image Credit: Ottencoffee.co.id

Dinding ruangan disini tidak dilapisi pewarna cat, sehingga kesanya lebih antik. Disediakan juga beberapa tempat yang bagus untuk berfoto. Selain bisa untuk nongkrong, Lantai Bumi juga sangat pas untuk rapat. Ada ruangan berkapasitas enam sampai sepuluh orang.

Jam bukanya juga mulai pukul delapan pagi hingga tengah malam. Jadi sudah sedari pagi, Anda bisa datang kesini untuk menikmati hangatnya kopi dengan aneka camilan lainnya. Tempat satu ini tentunya sangat cocok untuk rapat, diskusi, dan mengobrol santai, hingga bertukar ide dengan durasi lama. Menu-menunya juga sangat pas dikantong pelajar.

Lokasi:  Pogung Baru C28, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

15. Bong Kopitown

Bong Kopitown

Image Credit: Gudeg.net

Mendengar namanya, mungkin sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang. Pasalnya di sebagian daerah Indonesia sudah berdiri cafe instgramamble satu ini. Meski begitu, tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung meskipun hanya untuk sekedar minum, apalagi pada saat jam-jam sibuk.

Tempatnya diatur sedemikian rupa agar menyerupai penjara atau bong. Setiap sudutnya sangat menarik untuk diabadikan. Saat pertama datang, Anda pasti akan langsung melihat tulisan nama cafe yang besar dan jelas. Menu makanan disini terdiri dari aneka olahan khas Pontianak.

Lokasi: Jl. Sagan Kidul No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Itulah 15 cafe unik dan instagramable di Jogja yang pas untuk bersantai. Jajaran cafe diatas memang sangat menarik dan tentunya sangat sayang apabila tidak dikunjungi. Saat berada disana, jangan lupa untuk berswafoto yang banyak, lalu mengunggahnya di akun sosial media milik Anda. Ajak teman, keluarga, dan pasangan juga. Karena nongkrong dan ngobrol bersama juga dapat menurunkan strees dan membuka pikiran.