10 Taman Keren di Jogja untuk Mengisi Akhir Pekan

 

Taman Keren Jogja

Jogja menyimpan berbagai macam magnet pariwisata alam yang memesona. Temukan Wisata Taman Terbaik di Jogja untuk refreshing atau mengisi akhir pekan Bersama keluarga.

Jogjakarta akan selalu jadi candu bagi siapapun yang pernah datang bertamu. Tidak hanya keramahan warganya, semua sudut kotanya pun seakan menanti untuk sering dikunjungi. Kota yang disebut Kota Pelajar ini terbagi menjadi 5 kabupaten. Masing-masing kabupaten mempunyai potensi wisata unggulan yang bervariasi. Mulai dari ujung gunung hingga ke pinggir pantai, segala destinasi tempat rekreasi bisa Anda pilih sesuai suasana hati.

Berbeda dengan pantai dan candi yang banyak didatangi oleh para wisatawan, ulasan kali ini akan memilihkan jenis wisata yang bisa Anda nikmati dengan tenang jauh dari kesan ramai. Bagi penyuka keindahan pemandangan alam menawan lengkap dengan semilir angin dan teduhnya rerimbunan pepohonan, berikut rekomendasi wisata taman di Jogja yang patut Anda kunjungi.

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang

Image Credit: Yogyes.com

Di Kabupaten Sleman, Kaliurang adalah tempat yang tepat untuk memanjakan mata wisatawan karena udaranya yang sejuk serta pemandangan alamnya yang memikat. Tersebar menjadi tiga lokasi yang berdekatan di selatan kaki Gunung Merapi, kompleks Kaliurang menawarkan beberapa sensasi berbeda pada wisatawan. Tentu saja Anda bisa mengunjungi ketiga-tiganya sekaligus.

Lokasi utama adalah Taman Wisata Kaliurang, dimana beberapa wahana permainan anak menghiasi tempat yang ditumbuhi pohon-pohon langka khas habitat hutan Merapi. Lokasi kedua adalah kawasan hutan lindung Tlogo Putri.

Hutan lindung ini selain ditujukan untuk melindungi pohon langka juga supaya habitat elang Jawa tidak di ujung kepunahan. Gardu Pandang adalah lokasi terakhir yang bisa dinikmati jika Anda memilih untuk menyepi sembari menikmati Gunung Merapi dari kejauhan.

Lokasi: Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

2. Kaliadem

Kaliadem

Image Credit: Ksmtour.com

Terletak di sisi lain kaki Gunung Merapi, Kaliadem memberikan bukti betapa dasyatnya letusan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sepanjang jalan Anda akan disuguhi asrinya pemandangan alam. Suasananya sangat tenang dan damai. Sama sekali tidak pernah terlihat bahwa daerah ini pernah porak poranda akibat terjangan abu vulkanik.

Foto-foto penampakan keadaan Kaliadem setelah terkena semburan awan panas terdapat di bunker yang kini dijadikan semacam museum. Masih di area Kaliadem, terdapat beberapa spot mengambil gambar yang sering dijadikan lokasi prewedding photoshoot dengan latar belakang Gunung Merapi.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Jogja yang Bikin Betah Nongkrong

Lokasi: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

3. Kali Kuning

Kali Kuning

Image Credit: Kotajogja.com

Merupakan daerah aliran lahar dingin, pemandangan Kali Kuning kontras menyatukan jalanan terjal berbatu abu-abu dengan hijaunya pohon pinus di perbukitan. Lokasinya dekat dengan Kaliadem, yaitu di sebelah timur lereng gunung Merapi. Kesegaran udara yang masih bersih, gemericik air sungai, serta pemandangan nan hijau membentang dijamin mampu membuat lupa segala kepenatan yang melanda.

Ada beberapa cara untuk menikmati wisata alam di tempat ini. Bagi para pejuang introvert yang ingin menikmati pemandangan dalam diam, silakan berswafoto di banyak sudut foto buatan nan indah. Namun untuk sang extrovert yang ingin memacu andrenalin, menaiki jeep off road di sungai berbatu-batu adalah sebuah pilihan lain.

Lokasi: Jl. Bebeng, Pangukrejo, Palemsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman.

4. Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bunder

Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bunder

Image Credit: Eksotismegunungkidul.com

Tahura ini biasa disebut Hutan Bunder oleh masyarakat di Kabupaten Gunung Kidul ini. Hutan yang awalnya digunakan untuk penelitian keanekaragaman hayati, akhirnya digunakan untuk umum sebagai taman wisata. Selain banyaknya pohon pinus dan jati, keistimewaan Tahura Bunder adalah adanya pohon kayu putih yang wangi. Anda pun bisa sekalian berkunjung ke pabrik kayu putih tertua di Jogja.

Suasana hutan yang teduh dengan semburat sinar matahari tipis melewati sela-sela pohon yang menjulang tinggi, menjadikan banyak pengunjung mengabadikan moment spesialnya di hutan ini. Anda nantinya akan sering berpapasan dengan rombongan orang yang mengadakan pemotretan berkonsep. Jika beruntung, Anda pun akan menjumpai rusa hasil konservasi dan penangkaran, yang berlari bebas tanpa takut ditangkap.

Lokasi: Gading III, Gading, Kec. Playen, Kec. Gunung Kidul.

5. Taman Nasional Kalibiru

Taman Nasional Kalibiru

Image Credit: Wsrentaljogja.com

Beralih ke daerah Kulon Progo, Taman Nasional Kalibiru yang terletak di ketinggian 450 dpl ini menyajikan pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit. Melewati jajaran perbukitan Menoreh, paru-paru Anda akan segera terisi penuh dengan udara segar yang berhembus di sepanjang jalan meliuk-meliuk.

Kalibiru yang dibangun dari swasembada masyarakat sekitar, memang sangat pas untuk menjadi target wisata para penyuka fotografi alam di Jogjakarta. Pengelola juga membangun spot foto yang tidak sedikit di ketinggian, supaya pengunjung bisa puas berswafoto sambil mengagumi keindahan kawasan berjejuluk Jewel of Java. Jika cuaca mendukung, Anda beruntung bisa melihat laut Selatan di ujung cakrawala.

BACA:  19 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

6. Bukit Puncak Suroloyo

Bukit Puncak Suroloyo

Image Credit: Outingjogja.com

Tidak sempat ke Borobudur tapi tetap ingin mengabadikan kemegahannya? Datanglah ke titik tertinggi dari Bukit Menoreh, di Puncak Suroloyo, sekitar 2.000 dpl. Panorama indah dari Borobudur nan agung, perkebunan menghampar, dan kota Yogyakarta di bawahnya membuat Anda akan lupa segala lelah letih lesu dari perjuangan mencapai puncak.

Waktu tebaik untuk menikmati pemandangan di sini adalah subuh sesaat sebelum matahari terbit. Kabut pagi yang belum terurai sinar matahari terlihat syahdu, menambah nuansa magis laksana pemandangan dari dunia lain. Karena jalan mendaki yang lumayan menguras tenaga, para pengunjung bisa menambah perbekalan di warung yang tersedia di area bawah Bukut Suroloyo.

Lokasi: Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

7. Taman Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan

Image Credit: JDlines.com

Pemandangan sempurna Sungai Oya yang bermuara di Pantai Parangtritis dapat disaksikan dari kebun buah di atas perbukitan Dlingo, Bantul. Tempat yang sejatinya digunakan untuk penelitian berbagai varietas buah-buahan ini memiliki ratusan pohon mangga, jeruk, dan durian yang bisa dibeli langsung setelah memetiknya.

Melewati jajaran anak tangga setelah turun dari kendaraan, Anda bakal langsung disambut udara yang terasa sangat sejuk dan panorama yang menyegarkan mata. Lanskap indah yang menghadap lembah ini adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di pagi hari sekaligus matahari terbenam di senja hari.

Jika matahari sinar matahari menghilang di balik kaki langit, kabut rendah mulai turun menutupi permukaan lembah. Tanah tempat Anda pun seakan tertutup awan lembut. Indah sekali!

Lokasi: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

8. Songgo Langit Mangunan

Songgo Langit Mangunan

Image Credit: Reservasi.com

Disebut juga Seribu Batu Songgo Langit, taman wisata ini terkenal dengan bentuk rumah replika film The Hobbit, rumah mungil yang dibuat untuk kurcaci. Sejak tiba di pintu utama Songgo Langit, pengunjung langsung bersua dengan sejumlah rumah dari ranting kayu yang dibangun berundak mengikuti jalan menanjak. Pondok ini beberapa digunakan menjadi semacam warung makan, dan beberapa menjadi tempat untuk sembahyang.

BACA:  21 Tempat Kuliner Malam di Jogja yang Enak & Murah

Jika Anda tidak terburu waktu, masuklah lebih dalam ke arah hutan yang ditumbuhi pepohonan pinus yang tinggi. Ada banyak sudut cantik untuk berswa foto tersebar di tepat ini sembari menikmati pemandangan yang begitu mengesankan dari ujung bukit. Wahana flying fox dibangun untuk menyenangkan wisatawan keluarga. Temukan juga beruang kayu, kincir angin kayu, panggung kesenian dari kayu dan jembatan kayu, lalu bergayalah!

Lokasi: Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

9. Pinus Penger

Pinus Penger

Image Credit: Travelspromo.com

Penikmati pemandangan dari pncak bukit tidak melulu saat matahari bersinar di hari yang cerah. Kala senja mulai menghilang dan lampu kota mulai menggantikan, tiba saatnya Anda bergegas ke Pinus Pengger. Mengandalkan spot foto berlatar belakang gemerlap lampu kota, Anda tentu bisa mengabadikan keindahan malam Jogja lantai dua.

Instalasi kesenian cabang-cabang pohon kering dari yang dipasang di area ini menambah lengkapnya koleksi foto-foto wisata perjalanan Anda. Konsep instalasi ini contohnya gapura selamat datang, rumah Indian, panggung kayu, serta tangan kayu raksasa. Semuanya terpasang tersebar menghadap kota Jogja, indah berpadu dengan bintang di angkasa..

Lokasi: Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

10. Puncak Becici Dlingo

Puncak Becici Dlingo

Image Credit: Dakatour.com

Masih di daerah Bantul, destinasi wisata taman ini juga menawarkan keindahan pemandangan, teristimewa saat matahari tebenam di atas perbukitan. Dari beberapa lokasi wisata, kawasan ini populer di luar negeri karena Barrack Obama dan keluarga pernah menyambangi. Aroma pohon pinus yang menjulang tinggi dan bau tanah basah, menjadi semacam relaksasi tersendiri untuk sejenak menepi dari kesibukan sehari-hari.

Tak perlu takut kehabisan bekal piknik, di kawasan Puncak Becici, penduduk setempat menyediakan berbagai makanan dan minuman yang disantap sembari menikmati sisi lain dari bukit paling barat Dlingo ini. Fasilitas lain yang disediakan tempat ini terbilang cukup lengkap, ada tempat kesehatan, toilet dan bahkan tempat sholat.

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

Sedikit menghindar dari penatnya pekerjaan, mari luangkan waktu sejenak untuk memotivasi diri sebelum mulai berjibaku pada rutinitas sehari-hari dengan mengunjungi taman keren di Jogja. Jangan sampai Ada lupa memberikan apresiasi atas pencapaian Anda selama ini. Ayo rekreasi!