10 Taman Keren di Semarang untuk Mengisi Akhir Pekan

Taman Keren Semarang

Daftar taman terbaik di Kota Semarang dengan beragam spot foto keren untuk melepas penat atau mengisi akhir pekan Bersama orang tercinta.

Semarang, ibukota Jawa Tengah, memang merupakan salah satu daerah yang banyak dikunjungi karena keunikannya, terutama dalam bidang pariwisata. Semarang agaknya disebut mirip dengan kota besar lainnya di mana mall dan pusat perbelanjaan tersedia, namun di kota ini, taman yang asri juga banyak sekali ditemukan.

Kesempatan kali ini diulas beberapa taman terbaik di Semarang yang sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga, baik itu wisata untuk refreshing maupun wisata untuk berfoto-foto ria. Semua taman di bawah ini bisa ditemukan dengan mudah di Semarang karena memang sudah sangat terkenal sebagai tempat tujuan wisata.

Nah, jika sedang berada di Semarang, jangan lupa mampir ke tempat-tempat di bawah ini karena sudah pasti taman-taman ini akan memberikan suasana baru untuk liburan. Semua orang bisa berfoto dan selfie di taman-taman ini sembari menikmati suasana indah kota Semarang.

1. Taman KB

Taman KB

Image Credit: Seputarsemarang.com

Salah satu taman yang paling terkenal di Semarang dan harus dikunjungi saat berwisata di kota ini adalah Taman KB. KB di sini merupakan singkatan dari “Keluarga Berencana”. Ya, memang di taman ini ada ikon patung ibu dan anak yang merupakan simbol program KB sehingga taman ini dikenal dengan sebutan demikian.

Di taman ini, semua orang bisa menikmati fasilitasnya, seperti menikmati jogging track yang luas dan dilengkapi dengan pemandangan indah di kanan dan di kirinya. Selain jogging track, taman KB juga memiliki spot selfie khas ruang publik terbuka dan juga lokasi kuliner yang selalu padat oleh orang-orang yang datang ke sana untuk berjualan dagangan mereka.

Taman KB dikenal sebagai taman ikonik kota Semarang sehingga siapapun pasti penasaran untuk berkunjung ke sini. Jangan khawatir, taman ini tidak mematok tiket biaya masuk dan juga buka 24 jam sehingga siapapun bisa berwisata di sini secara gratis dan bisa datang kapan saja menyesuaikan jadwal mereka.

Lokasi: Jl. pandanaran 2, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

2. Taman Kasmaran

Taman Kasmaran

Image Credit: Dakatour.com

Taman Kasmaran ini merupakan salah satu taman yang unik di Semarang. Lokasinya ada di Kelurahan Randusari. Seperti namanya, taman ini memang sering digunakan oleh para anak muda untuk nongkrong bersama kekasih atau gebetan. Taman ini memiliki banyak spot selfie dan lokasinya yang ada di ketinggian.

BACA:  16 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Hal ini membuat pengunjungnya bisa menikmati indahnya kota Semarang dengan mudah. Taman ini terletak di sebelah tempat wisata Semarang yang terkenal lainnya yaitu Kampung Pelangi. Dari Taman ini, warna-warni tembok dan atap Kampung Pelangi bisa terlihat jelas dan membuat suasana taman makin indah.

Lokasi: Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

3. Taman Kelinci

Taman Kelinci

Image Credit: Explorewisata.com

Jika mencari taman yang ramah anak di Semarang, maka jawabannya adalah Taman Kelinci. Ya, sesuai dengan namanya, memang ada banyak kelinci yang dipelihara di taman ini dan mereka bebas berlarian ke seluruh lokasi taman. Hal ini tentunya sangat menarik bagi siapa saja yang berkunjung di sana, terutama bagi anak kecil.

Mereka bisa bebas berinteraksi dengan para kelinci dan juga bisa mengabadikan foto bersama binatang-binatang tersebut dengan mudah. Selain kelinci, taman ini juga memiliki fasilitas lain seperti ruang terbuka yang cocok untuk olahraga dan juga beberapa spot untuk selfie yang tentunya dicari oleh anak muda.

Salah satu hal yang paling menarik tentang taman ini adalah fasilitas bermain anak-anaknya yang cukup lengkap. Ada berbagai mainan seperti papan seluncur, ayunan dan juga jungkat-jungkit berwarna-warni yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk menghabiskan waktu di taman nan indah ini.

Lokasi: Jl. Raya H. Toeyib Soebadi, Rowoboni, Banyubiru, Cebur, Kalibeji, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

4. Taman Diponegoro

Taman Diponegoro

Image Credit: Semarangpanorama.blogspot.com

Taman di daerah Gajahmungkur, Semarang ini merupakan salah satu yang tertua di daerah ini. Ya, taman ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan sudah beralih fungsi berkali-kali. Namun, sejak beberapa dekade yang lalu, taman ini sudah dipermanenkan sebagai area publik sehingga bisa dikunjungi oleh siapapun tanpa pungutan biaya.

Di taman yang berbentuk persegi dan suasananya asri ini, orang-orang bisa melakukan banyak hal, seperti lari pagi, berfoto ria dan juga berwisata kuliner. Inilah mengapa taman ini selalu ramai dan penuh dengan pengunjung. Di sinilah tempat yang dirasa cocok untuk bersantai dengan mudah dan murah di Semarang.

BACA:  14 Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Nasional 14, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang.

5. Taman Tabanas

Taman Tabanas

Image Credit: Foursquare.com

Taman Tabanas merupakan taman yang menyajikan keindahan Kota Semarang dari ketinggian. Taman ini memiliki banyak sekali fasilitas dan tempat-tempat unik untuk melakukan selfie. Banyak pengunjung yang datang ke taman ini untuk mengabadikan momen liburan dan membuat konten untuk sosial media mereka.

Taman ini termasuk taman yang modern karena sudah dilengkapi dengan cafe dan tempat nongkrong untuk anak muda. Alhasil, taman ini tidak pernah sepi dan biasanya memang selalu padat pengunjung, terutama dari kalangan anak muda yang ingin refreshing namun dengan biaya yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Setia Budi No.12, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.

6. Taman Srigunting

Taman Srigunting

Image Credit: Arlisajati.blogspot.com

Semarang merupakan kota yang bersejarah dan banyak sekali dilengkapi dengan bangunan-bangunan tua khas kolonial. Selain Lawang Sewu yang sangat terkenal, masih banyak rumah dan bangunan Belanda yang lain di kota ini. Nah, salah satu cara untuk menikmati keindahannya adalah dengan berkunjung ke Taman Srigunting.

Taman ini terletak di ketinggian dan memiliki background kota tuanya Semarang. Banyak sekali rumah-rumah khas Kolonial yang menjadi latar belakang taman ini sehingga cocok dijadikan spot selfie. Hal ini membuat Taman Srigunting tidak pernah sepi pengunjung, terutama pengunjung dari kalangan anak muda.

Lokasi: Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

7. Taman Garuda

Taman Garuda

Image Credit: Semarangpanorama.blogspot.com

Taman Garuda juga merupakan salah satu taman tertua di kota Semarang. Taman ini sudah dibuat sejak masa kolonial. Lokasinya ada di dekat Gereja Bleduk di mana dulu orang-orang Belanda banyak menghabiskan waktu. Inilah mengapa taman ini dibuat di lokasinya yang sekarang ini.

Taman ini disebut sebagai Taman Garuda karena memang ada sebuah patung burung garuda besar yang menjadi ikon taman ini. Di sore dan malam hari, biasanya banyak penjual makanan yang ada di dekat taman sehingga memudahkan pengunjung taman untuk melakukan wisata kuliner juga.

Lokasi: Jl. Garuda, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

8. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Image Credit: Explorewisata.com

Jika mencari taman bunga khas Eropa di kota Semarang, datang saja ke Taman Bunga Celosia. Di sini, taman bunganya didesain sangat indah dan asri, layaknya taman bunga di Belanda atau di daerah Eropa lainnya. Ada bermacam-macam jenis bunga yang ditanam di sini dan membuat pemandangannya warna-warni nan cantik.

BACA:  17 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Di taman bunga ini, terdapat pula spot selfie yang menarik seperti ada rumah hobbit kecil seperti di film “Lord of the Rings” dan juga ada bangku warna-warni dan spot selfie lainnya dengan tema bunga. Siapapun pasti bisa mendapatkan foto nan menarik di Taman Bunga Celosia ini.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

9. Taman Pandanaran

Taman Pandanaran

Image Credit:Johansurya.id

Taman ini merupakan taman yang cukup unik karena banyak warga Semarang yang tahu betul sejarah taman ini. Yaman Panadanaran dulunya merupakan sebuah pom bensin atau SPBU. Setelah tidak lagi berfungsi sebagai pom bensin, lokasinya dirombak total menjadi ruang publik terbuka.

Taman ini memiliki konsep modern dengan banyak sekali spot untuk berfoto. Ada ciri khas patung naga yang besar menjulang di taman ini. Ada juga beberapa tempat duduk dan pemandangan asri lainnya yang disajikan oleh tempat wisata yang satu ini. Taman ini bisa didatangi secara gratis oleh siapa saja.

Lokasi: Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

10. Taman Wilis

Taman Wilis

Image Credit: Tripzilla.id

Taman Wilis terletak di Candisari, Semarang. Lokasinya ada di atas bukit sehingga banyak dikunjungi orang ketika senja dan malam hari. Mengapa? Dari taman ini, pengunjung bisa melihat indahnya kota Semarang dari ketinggian. Di senja hari, sunset atau matahari terbenam menjadi pemandangan indah yang sungguh memanjakan mata.

Di malam hari, kerlap-kerlip lampu kendaraan dan bangunan di seluruh kota Semarang dapat dinikmati dari atas taman ini. Inilah mengapa taman yang buka 24 jam ini selalu ramai, apalagi di malam hari. Taman ini tidak menarik tiket masuk sehingga cocok untuk para pengunjung yang ingin rekreasi hemat.

Lokasi: Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

Itulah rekomendasi taman yang paling sering dikunjungi wisatawan di Semarang dan digadang-gadang menjadi salah satu yang terbaik di kota lumpia ini. Siapapun yang berkunjung ke Semarang sangat wajib untuk datang ke taman-taman tadi dan refreshing sejenak bersama teman dan keluarga di sana. Taman-taman tadi bisa menjadi alternatif liburan yang murah dan edukatif.