10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Mojokerto

Kota Mojokerto termasuk salah satu kota yang memiliki berbagai potensi wisata di Provinsi Jawa Timur. Kota ini menjadi salah satu kota yang sedang berkembang, maka tak mengherankan jika pemerintah Kota Mojokerto sedang giat membangun berbagai macam fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakatnya, termasuk untuk mendukung sektor pariwisata.

Kota Mojokerto yang terletak tidak jauh dari ibu kota Surabaya ini menawarkan berbagai wisata termasuk wisata sejarah, religi, wisata kota dan wisata alam. Alun-alun yang berada di pusat kota menjadi atraksi wisata yang tidak terlewatkan bagi para wisatawan. Selain itu Anda dapat mengunjungi klenteng Hok Siang, Musium wayang, berbagai situs peninggalan sejarah serta menikmat indahnya pemandangan Taman Brantas Indah.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berwisata ke kawasan ini adalah mencicipi kuliner khas Mojokerto. Di sini tersedia berbagai kuliner mulai dari makanan berat, cemilan dan kudapan hingga aneka minuman yang menyegarkan di tengah panasnya cuaca kota Mojokerto.

1. Bubur Sruntul Bu Saudah

Bubur Sruntul Bu Saudah

Lokasi: Jl. Mayjen Sungrono, Mergelo, Wates, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Qupas.id

Salah satu kuliner legenda dan sangat terkenal di Kota Mojokerto adalah bubur sruntu Bu Saudah. Tempat makan ini telah ada sejak 30 tahun yang lalu, dan hingga sekarang dilanjutkan oleh generasi kedua. Jika Anda ingin mencicipi kuliner ini, Anda dapat mampir di daerah Wates, kecamatan Magersari.

Bubur sruntul adalah jenis kuliner bubur yang terbuat dari tepung sagu dan dimasak menjadi sruntul. Kuliner ini memiliki cita rasa legit dengan tekstur yang kenyal. Selain karena rasanya yang nikmat, bubur sruntul di sini digemari karena harganya yang murah.

2. Depot Mie Pemuda

Depot Mie Pemuda

Lokasi: Jl. Empunala No.281, Mergelo, Kedundung, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Today.line.me

Depot mie ini terletak di jalan Empunala. Depot mie ini tidak pernah sepi pengunjung terutama pada musim liburan atau akhir pekan. Buka mulai sang hingga malam, depot mie ini menyajikan aneka olahan mie dengan cita rasa lezat.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Garut yang Enak & Wajib Anda Coba

Menu yang ditawarkan di depot mie Pemuda antara lain bakmie dan tamie. Selain itu Anda dapat mencicipi aneka masakan China lainnya seperti capcay, krengeseng udang, aneka nasi goreng, koloke, ayam saos inggris ata fuyung hai.

3. Warung Cak Muk

Warung Cak Muk

Lokasi: Jl. Taman Siswa No.49, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Diarysivika.com

Di warung ini lidah Anda akan dimanjakan dengan aneka makanan berupa penyetan yang menjadi andalan warung makan ini. Letaknya di daerah Magersari, warung Cak Muk buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam.

Porsi yang ditawarkan juga cukup beragam. Anda dapat memilih menu cobek rame-rame jika Anda datang bersama keluarga atau kerabat. Pada menu ini, penyetan terdiri dari beraneka ragam lauk pauk. Untuk nasi, Anda tidak perlu kuatir, karena di warung ini Anda dapat mengambil nasi sepuasnya sesuai yang Anda inginkan.

4. Nasi Pecel Mbak Toety

Nasi Pecel Mbak Toety

Lokasi: Jl. Bhayangkara No.12, Mergelo, Miji, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. – Image Credit by Jalanjalanenak.com

Makan lezat pada malam hari dapat Anda temukan di daerah Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Nasi pecel Mbak Toety memiliki letak yang cukup strategis yaitu di dekat stasiun Mojokerto. Tempat makan ini menawarkan sajian nasi pecel yang yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Mojokerto.

Seporsi nasi pecel terdiri dari sepiring nasi dengan aneka sayur seperti toge, kacang panjang, kangkung, dan kecambah. Kemudian sajian ini disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang dengan tambahan sambel yang menambah cita rasa makanan ini. Anda dapat menambah aneka lauk pauk seperti sate daging, rolade, ayam goreng atau telur.

BACA:  14 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

5. Soto Daging H. Sukron Mahmud

Soto Daging H. Sukron Mahmud

Lokasi: Jl. Mojopahit No.555, Mergelo, Kranggan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. – Image Credit by Twitter.com @Nonawiina

Soto daging H. Sukron Mahmud menjadi tempat makan dengan menu utama soto daging yang cukup terkenal di kota Mojokerto. Awalnya soto daging ini dijajakan dengan menggunakan gerobak, namun kini telah memiliki tempat sendiri di Jalan Mojopait.

Soto daging yang ditawarkan adalah soto daging ala Madura dengan kuah soto yang segar dan gurih lengkap dengan potongan daging berukuran besar. Meskipun begitu, daging bertekstur empuk dan lembut. Anda bisa menambahkan pelengkap seperti jeroan ke dalam mangkok soto daging Anda.

6. Pangsit Mie Banteng Pancasila

Pangsit Mie Banteng Pancasila

Lokasi: Jl. Benteng Pancasila No.Blok No.26, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Gotravelly.com

Banteng Pancasila di sematkan pada depot mie pangsit ini karena terletak di Jalan Banteng Pancasila. Depot ini menyediakan menu mie ayam pangsit dengan cita rasa lezat. Yang istimewa dari mie pangsit ini adalah mie yang digunakan merupakan mie buatan sendiri sehingga memiliki rasa khas yang berbeda dengan depot mie pangsit lainnya.

Seporsi mie pangsit dibandrol dengan harga yang terjangkau sehingga mie pangst ini memiliki banyak penggemar. Meskipun begitu, rasa mie pangsit tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Anda bisa menambahkan bakwan sebagai menu tambahan sehingga rasa mie pangsit semakin lengkap.

7. Bakwan Erna

Bakwan Erna

Lokasi: Jl. Letkol Sumarjo No. 109 Magersari, Mergelo, Kec. Purwotengah, Kota Mojokerto. – Image Credit by @Bakwan.erna

Bakwan adalah sejenis kuliner yang mirip dengan bakso dengan kuah kaldu yang lezat. Di Kota Mojokerto terdapat kedai makan yang menawarkan menu bakwan dan telah terkenal bahkan diklaim merupakan bakwan paling enak di Mojokerto. Bakwan Erna tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Terhits Dikunjungi

Yang spesial dari bakwan ini adalah dari sambel yang digunakan merupkan sambel buatan sendiri sehingga memiliki cita rasa yang khas, dan berpadu sempurna dengan kuah bakso yang hangat.

8. Lesehan Redjo Joyo

Lesehan Redjo Joyo

Lokasi: Jl. KH Surgi, Genengan, Banjaragung, Kec. Puri, Kab. Mojokerto. – Image Credit by Lesehan-redjo-joyo.business.site

Ingin menikmati makanan lezat dengan suasana yang menyegarkan, Anda dapat mengunjungi Lesehan Redjo Joyo yang terletak di daerah Sooko. Tempat makan ini menyediakan fasilitas yang lengkap seperti halaman parkir yang luas, toilet dan mushola.

Di sini Anda akan dimanjakan dengan aneka menu yang tersedia antara lain gurami bakar, ayam bakar, bebek goreng dan aneka menu lainnya. Selain menikmati makanan lezat di saung-saung yang disediakan, mata Anda juga akan disegarkan dengan pemandangan sekitar saung yang sejuk.

9. Depot Anda

Depot Anda

Lokasi: Jl. Bhayangkara No.26, Mergelo, Miji, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. – Image Credit by Garnesia.com

Jika Anda penggemar iga dan buntut, Anda pasti tidak akan melewatkan untuk makan di depot Anda. Terletak di Jalan Bayangkara, depot ini menyediakan aneka masakan yang bercita rasa lezat karena diolah dengan bumbu-bumbu yang pas dan menggunakan bahan-bahan pilihan.

Aneka menu yang disediakan Depot Anda antara lain nasi sop iga, sop buntut, nasi rawon dan nasi rames. Selain rasanya yang lezat dan harga bersahabat, depot ini memberikan rasa masakan khas Jawa Timur, sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

10. Warung Es Durian Pak Trimo

Warung Es Durian Pak Trimo

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.49, Mergelo, Magersari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Traveloka.com

Cuaca Kota Mojokerto yang hampir selalu panas membuat kuliner ini banyak dicari. Es durian milik Pak Trimo hampir selalu dipadati pembeli. Pasalnya, es kelapa muda yang menyegarkan ditambah dengan buah durian yang legit membuat Anda kembali segar setelah berjalan-jalan berkeliling Kota Mojokerto.

Pak Trimo membuat sendiri sirup untuk es durian ini, sehingga dijamin bebas pemanis buatan dan rasa manisnya terasa khas dan berbeda dengan es yang lain.

Tertarik untuk berwisata ke Mojokerto? Anda bisa mengunjungi beberapa rekomendasi tempat makan tersebut sehingga liburan Anda makin terasa lengkap dan menyenangkan. Cita rasa khas yang ditawarkan kuliner Mojokerto tidak akan mengecewakan.