Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang senang dengan suasana alam sejuk pegunungan, Anda bisa mencoba untuk berwisata ke Air Terjun Coban Sewu yang berada di area perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Memiliki pesona alam yang menakjubkan, menjadikan air terjun ini sebagai salah satu kawasan wisata unggulan di Malang dan Lumajang. Pesona alamnya dapat menghipnotis setiap pasang mata yang melihatnya. Selain itu, kesegaran dan kesejukan alam yang ada di kawasan wisata air terjun ini juga memiliki suasana yang dapat mendamaikan hati dan pikiran.

Dengan berlibur ke Coban Sewu Anda bisa menghilangkan rasa jenuh dan penat akan kehidupan sehari hari yang tidak terlepas dengan masalah, baik di sekolah maupun di kantor. Objek wisata ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata bagi keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Sewu

Daya Tarik Coban Sewu
Image Credit: Google Maps Fahad Aldrees

1. Tebing Perawan

Dulunya tebing ini adalah pintu masuk sebelum memasuki kawasan Coban Sewu. Lokasinya berada tepat di bawah jurang. Sebelum dapat mencapai tebing ini, Anda harus berjalan sekitar 800 m dari area air terjun utama. Perjalanan yang akan Anda lalui cukup terjal dengan bebatuan yang licin. Maka dari itu Anda harus selalu berhati hati saat akan menuju Tebing Perawan.

2. Goa Bidadari

Berbeda dengan Tebing Perawan, medan jalan yang akan Anda lalui untuk dapat sampai di kawasan Goa Bidadari ini cukup landai dan mudah. Goa dengan air yang mengalir dari sela sela dindingnya ini berjarak sekitar 300 meter dari kawasan air terjun. Legendanya goa ini merupakan tempat berkumpul bagi para bidadari cantik.

3. Telaga Biru

Area yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Goa Bidadari ini memiliki keindahan luar biasa yang dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Telaga ini memiliki air yang mengalir dari tebing. Kedalamannya pun terbilang cukup dangkal, yakni sekitar 100 cm saja. Maka dari itu, telaga ini aman untuk dijadikan sebagai area berenang bagi Anda yang takut dan tidak bisa berenang.

Daya Tarik Dimiliki Coban Sewu
Image Credit: Twitter #LiburMulu

4. Goa Tetes

Goa Tetes ini dapat Anda nikmati jika berangkat dari arah Lumajang dan akan memasuki kawasan air terjun. Dinamakan di area belakang Coban Sewu ini terdapat sebuah goa yang katanya sering kali digunakan sebagai tempat untuk melakukan semedi atau menyepi bagi orang yang mempercayai ajaran tertentu.

Selain itu, goa ini juga memiliki keindahan yang tak perlu diragukan lagi, bahkan goa ini juga terkenal sejak air terjun Coban Sewu terkenal.

5. Bukit dengan Panorama Alam Menakjubkan

Daya tarik selanjutnya yang terdapat di kawasan wisata air terjun ini yaitu bukit yang menawarkan keindahan begitu mempesona. Dari area bukit atau gardu pandang ini Anda bisa melihat pemandangan cantik dari ketinggian sekitar 30 meter. Gardu ini hanya dapat mencakup sekitar 50 pengunjung secara sekaligus.

Dari kawasan air terjun, gardu pandang ini hanya berjarak sekitar 100 meter. Walau agak jauh untuk jangkauan jalan kaki, namun Anda akan dapat menikmati keindahan air terjun dari atas bukit setelah sampai di area ini. Pemandangan cantik akan membuat Anda merasa semakin nyaman berada codi kawasan wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Coban Sewu
Image Credit: Google Maps Indra Pratama

Kawasan wisata Coban Sewu ini terletak di dua kabupaten sekaligus yakni Lumajang dan juga Malang. Untuk rute perjalanannya pun dapat ditempuh baik dari Kabupaten Lumajang maupun dari Kabupaten Malang.

Apabila memilih rute perjalanan dari Kabupaten Malang Anda akan memerlukan waktu kira-kira sekitar 2 jam setengah. Dari area Kabupaten Malang Anda bisa menuju ke arah Lumajang dengan melewati beberapa kecamatan.

Sebelum sampai di tugu perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang Anda akan menemukan sebuah gang menurun pada kiri jalan dari arah Kabupaten Lumajang. Dari gang tersebut Anda bisa lurus saja sampai menemukan area sungai, kemudian dari kawasan sungai ini Anda dapat meletakkan atau memarkirkan kendaraan Anda di gubuk penambangan pasir.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri area sungai hingga sampai di kawasan air terjun. Setelah kira-kira 200 meter atau sekitar 10 menit perjalanan dengan jalan kaki Anda akan sampai di lokasi wisata Coban Sewu ini

Sedangkan apabila memulai perjalanan dari Kabupaten Lumajang, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jalur ini dapat ditempuh bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah sekitaran Surabaya, Pasuruan, maupun Probolinggo.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Coban Sewu
Image Credit: Google Maps Latifatul Fauziah

Kawasan Coban Sewu terkenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Untuk dapat menikmati keindahan alam tersembunyi yang ada di kawasan wisata air terjun ini Anda akan dikenakan biaya masuk yang terbilang cukup ramah di kantong. Hal ini membuatnya menjadi destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan budget minim.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah per orang, Anda sudah dapat memasuki kawasan wisata air terjun tersebut dan menikmati segala keindahan alam yang tersuguh.

Biaya tambahan lain yang akan dikenakan hanyalah berupa biaya untuk memarkirkan kendaraan pribadi Anda. Biaya parkir ini pun terbilang masih cukup wajar dan terjangkau yang tidak akan membuat Anda merasa terbebani.

Anda dapat datang kapanpun ke sini, sebab kawasan ini tidak memiliki jam operasional yang berlaku. Namun mengingat akses jalannya yang cukup sulit dilalui, disarankan Anda datang pada pagi hari saja, sebab masih terdapat cahaya matahari yang dapat menyinari jalan Anda. Jadi keamanan Anda lebih terjaga dengan dapat melihat jelas medan dari jalan yang Anda lalui bila datang pada pagi hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Coban Sewu

Aktivitas Coban Sewu
Image Credit: Google Maps Ye Rachma

1. Bermalam di Dekat Coban

Apabila Anda belum cukup puas untuk melakukan kegiatan di kawasan wisata air terjun Coban Sewu. Anda bisa bermalam dan menikmati keindahan air terjun pada pagi harinya. Walaupun penginapan yang tersedia di kawasan wisata ini sangat sederhana sebab harganya murah, tetapi untuk kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan menginap di sini, Anda dapat bangun di pagi hari dan menikmati kesejukan yang di area air terjun. Anda juga dapat berolahraga kecil dengan melakukan kegiatan jogging atau yoga di sekitaran area air terjun, kegiatan ini pastinya akan dapat membuat pikiran Anda terasa lebih refresh. Dan yang pastinya dapat membuat keadaan tubuh kembali segar.

2. Berenang dan Bermain Air

Selain keindahan alam yang ditawarkan, tempat ini juga memiliki air terjun yang begitu segar. Anda dapat menikmati kesegaran air di kawasan ini dengan cara berenang atau hanya sekedar bermain-main di air. Memiliki air yang begitu jernih dengan kesegaran yang luar biasa bahkan cenderung lebih ke dingin ini diperoleh karena letak tebing air terjunnya begitu tinggi yakni berkisar 120 meter.

3. Agrowisata Buah

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat Anda lakukan di Coban Sewu adalah melakukan kegiatan agrowisata buah salak. Kegiatan ini pastinya merupakan kegiatan yang sangat jarang dapat dilakukan di tempat wisata lain.

Disini diperbolehkan untuk memetik buah salak sepuas yang Anda mau, sebab pohon salak yang tumbuh di kawasan ini merupakan pohon milik pengelola yang bebas diambil oleh siapapun. Setelah memetik beberapa buah salah Anda dapat membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman-teman Anda.

Aktivitas Seru Coban Sewu
Image Credit: Google Maps sepasangcarrier com

4. Berburu Kuliner

Setelah puas melakukan berbagai kegiatan di kawasan air terjun ini, Anda dapat mengisi perut di warung warung makan yang dikelola oleh warga sekitar. Jadi Anda tidak perlu repot menyiapkan bekal makanan dari rumah. Harga berbagai makanan dan minuman yang ada di sini pun terbilang cukup murah, sehingga tidak akan menguras kantong.

Anda dapat sejenak bersantai dan menikmati berbagai hidangan yang ditawarkan di warung warung ini. Selain itu, keberadaan warung warung yang ada di kawasan wisata air terjun ini juga menjadi sebuah ladang mengais rezeki bagi masyarakat sekitar.

5. Hunting Foto

Coban Sewu merupakan surga bagi para penggemar fotografi. Panorama dan komposisi dari bentuk alam yang ada menciptakan berbagai spot foto menarik yang banyak diminati oleh pengunjung. Sangat disayangkan apabila pergi berwisata ke sini namun tidak mengabadikan momen sebagai kenang kenangan.

6. Trekking Menantang

Anda dapat berpetualang dengan mencoba menjelajahi area sekitaran air terjun dan turun menuju area bawah. Anda perlu memperhatikan keadaan fisik dan stamina sebelum melakukan kegiatan ini. Sebab kegiatan trekking ini dapat menguras banyak tenaga Anda.

Untuk mencapai area bagian bawah, Anda perlu turun dengan medan yang cukup sulit. Anda akan meniti tebing dengan tangga bambu yang sangat sederhana. Bahkan Anda hanya akan berpegangan pada seutas tali pada beberapa sudut. Setelah sampai di bawah, Anda harus tetap berhati hati, sebab arus airnya yang lumayang deras.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Coban Sewu
Image Credit: Google Maps Namira Sweet

Kawasan wisata air terjun Coban Sewu didukung dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang rasa nyaman bagi para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini yaitu mulai dari kamar mandi atau toilet bersih, warung untuk makan, tempat ibadah umat muslim atau mushola, tempat istirahat, hingga tour guide juga ada di sini.

Untuk memaksimalkan liburan Anda di tempat wisata ini, Anda dapat menyewa jasa tour guide dengan merogoh kocek sebesar 200 sampai 300 ribu. Menikmati keindahan alam sambil belajar merupakan pengalaman menarik yang bisa Anda lakukan di sini. Hal ini tentu saja dapat membuat liburan Anda terasa lebih bermakna.

Selain menjelaskan berbagai pengetahuan dan membantu mencari trek terbaik untuk menyusuri kawasan wisata coban ini, pasa tour guide juga dapat menjadi fotografer bagi Anda, terlebih lagi ketika menemui spot yang dirasa cantik untuk befoto. Kehadiran tour guide di sekitaran lokasi pastinya sangat membantu, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali berlibur ke coban ini.

Itulah sedikit ulasan dari objek wisata Coban Sewu yang keindahan alamnya masih terasa sangat asri. Bagi Anda yang ingin berlibur di sekitaran Malang-Lumajang dengan budget minim, Anda dapat memasukkan objek wisata ini dalam daftar pilihan destinasi wisata Anda.