Pantai Mangrove Kampung Nipah, Pesona Pasir Putih & Hutan Bakau di Serdang Bedagai

 

Mangrove Kampung Nipah

Pantai Mangrove Kampung Nipah menjadi pilihan tepat untuk menikmati wisata alam di Serdang Bedagai. Pantai indah dengan hamparan pasir putih dan hutan bakau yang dapat memanjakan mata pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00 – 22.00, Alamat: Jl. Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Indonesia adalah negara kepulauan yang tidak hanya kaya akan adat istiadatnya saja. Di sini kita akan menemukan berbagai keragaman dari berbagai daerah. Mulai dari Bahasa, suku, tarian tradisional, makanan khas, dan sektor pariwisata yang membludak. Bisa dibilang, Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya yang memiliki tempat indah nan memukau.

Salah satu tempat yang menjadi sarang wisata adalah Sumatera Utara, yaitu Pantai Mangrove Kampung Nipah. Destinasi wisata pantai ini terletak di Kabupaten Serdang. Dan hingga hari ini pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung, bahkan menjadi objek pantai favorit wisatawan Sumatera Utara. Pantai Mangrove ini menyuguhkan panorama alam yang tidak biasa.

Di sekitar area pantai Anda akan menemukan jajaran pepohonan mangrove di mana pohon tersebut memang sengaja ditanam oleh masyarakat sekitar. Berkunjung ke pantai hits ini, pengunjung akan disuguhkan sebuah pemandangan yang tiada dua. Suara ombak pemecah karang seakan bersahutan. Belum lagi laut dan langit luas yang menjadi objek pandang sempurna untuk liburan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mangrove Kampung Nipah

Daya Tarik Pantai Mangrove Kampung Nipah

Image Credit: Google Maps (Azzurest)

Menjadi destinasi wisata yang banyak dicari, daya tarik pantai ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

1. Hutan Mangrove yang Lebat

Jika telah sampai di Pantai Mangrove, maka pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi pantainya. Meski termasuk kawasan pantai, warga Kampung Nipah sempat kesulitan menjadi nelayan. Hal ini karena upaya pemerintahan yang membangun sebuah pertambakan Udang Windu. Akibatnya tidak ada lagi hutan yang digunakan untuk menahan terjadinya abrasi.

Sehingga atas inisiatif warga yang saat itu sudah merasa sangat kesulitan. Ditanamlah bakau di pesisir Pantai Timur. Pasalnya, sejak pembangunan pertambakan dan hilangnya hutan bakau, tangkapan nelayan menjadi semakin sedikit. Untuk itu, warga yang kreatif menanam penahan abrasi mereka sendiri.

Sehingga di pantai cantik ini Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan indah. Tapi juga ada kegiatan bersama masyarakat serta belajar tentang tanaman mangrove itu sendiri sehingga hal in I bisa menambah pengalam Anda tentunya.

2. Wisata Edukasi

Pengunjung tidak hanya berwisata saja tapi juga sekaligus menambah pengetahuan. Pasalnya Pantai ini adalah pariwisata pertama yang dikelola oleh masyarakat. Di sini Anda akan belajar apa saja manfaat mangrove untuk pantai selain sebagai pencegah terjadinya abrasi. Selain itu, pengunjung juga diperkenankan untuk menanam tanaman Anda sendiri.

BACA:  Taman Air Percut, Tempat Rekreasi Keren Dekat Kota Medan

Hal ini tentu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan dengan mengingat pentingnya tanaman mangrove. Bahkan Anda pun bisa melihat proses pembibitan yang dilakukan oleh masyarakat. Kampung nipah juga memiliki warga yang kreatif. Anda akan diperlihatkan cara mengolah bakau menjadi makanan yang enak dan patut dicoba.

3. Disebut Sebagai Pantai Romantic

Keunikan Pantai Mangrove membuatnya digadang-gadang sebagai pantai romantic. Sehingga banyak dari pengunjung yang membawa pasangan mereka berkunjung ke sini. Bahkan banyak pula yang berwisata bersama keluarga maupun teman sebaya.

Bagaimana tidak, di sini udaranya begitu sejuk dengan pemandangan hutan mangrove yang lebat. Bisa jadi karena adanya hutan bakau itulah keasrian pantai masih sempat terasa. Biasanya pengunjung akan berfoto di sisi jembatan yang menghubungkan pantai dengan hutan mangrove. Oleh karenanya biasanya akan Anda temui pengunjung yang hunting foto pre wedding.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Pantai Mangrove

Alamat Pantai Mangrove

Image Credit: Google Maps (Tonny Lee)

Pantai indah yang satu ini sebenarnya berlokasi di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Serdang, Sumatera Utara. Untuk bisa sampai di lokasi yang tepat ada tiga jalur yang bisa Anda lewati. Yaitu jalur darat, udara dan laut. Jika berkunjung ke Pantai Mangrove melalui jalur darat maka Anda harus melewati Kota Medan. Mungkin perjalanan dari Kota menuju pantai ini bisa memakan waktu 2 jam.

Dari Kota Medan maka kendaraan akan melaju menuju Simpang Pantai Kelang. Di mana pantai tersebut berada di Kecamatan Sei Buluh. Sampai di lokasi, perjalanan akan dilanjutkan menuju lokasi pantai. Dari Sei Buluh kira-kira harus menempuh 8 km perjalanan.

Akses darat menuju pantai cantik ini bisa dibilang baik. Pasalnya kondisi jalanan sudah beraspal sehingga trekking pun aman. Meski begitu Anda harus tetap hati-hati sebab ada beberapa jalanan yang membutuhkan perbaikan.

Dari jalur darat maka kita bahawa menuju pantai pasir putih ini dari laut. Untuk Anda yang menempuh jalur laut bisa mulai dari pelabuhan Belawan. Dari pelabuhan tersebut Anda harus tetap berkendara untuk menuju pantai yang dimaksud.

Mulai dari jl. R. Pelabuhan menuju jl. Tol Belmera. Selanjutnya kendaraan harus dilajukan ke jalan tol Medan Kuala Namu. Menuju jl Lintas Sumatera menuju pantai Kelang, barulah setelah itu akan sampai di lokasi Pantai Mangrove.

Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove Kampung Nipah

Harga Tiket Pantai Mangrove Kampung Nipah

Image Credit: Google Maps (Muhammad Rizqi Darojat)

Wisata yang unik dan menarik ini memang memiliki panorama yang begitu melekat di benak pengunjung. Untuk Anda yang ingin merasakan dan melihat kenampakan alamnya bisa langsung ke Sumatera Utara.

BACA:  10 Tempat Wisata di Kotamobagu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Keindahan yang ditawarkan pantai hits ini memang tidak main-main. Untuk itu menjadi sebuah kewajaran jika Anda harus membayar tarif untuk masuk ke dalamnya. Sehingga Anda pun berjasa dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang pariwisata.

Untuk bisa masuk ke Pantai Mangrove, pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 10.000. Namun ingat, pantai yang satu ini hanya memiliki jam buka kurang lebih selama 14 jam saja. Yaitu mulai buka pukul 08.00 – 22.00. jika ingin berlama-lama di sekitar lokasi kini juga sudah tersedia penginapan terdekat yang bisa dijadikan tempat singgah sementara.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mangrove

Kegiatan Menarik di Pantai Mangrove

Image Credit: Google Maps (Fadly Nyx21)

1. Menikmati Keindahan Laut dan Pantai

Salah satu aktivitas pantai yang tidak boleh ketinggalan adalah menikmati keindahan lautnya yang luas juga garis pantai yang eksotis. Menjadi salah satu pantai yang dikenal romantic, maka sudah menjadi kewajaran jika pantai ini memiliki panorama alam yang memukau. Sehingga Anda pun akan betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

2. Bermain Pasir

Mengajak anak liburan ke Pantai Mangrove pasti identik dengan bermain pasir. Entah itu membuat bentuk unik maupun karya lainnya. Bahkan Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar pantai dan merasakan tekstur pasirnya yang halus. Hamparan pasir putih pantai di antara garis pantai yang berkelok indah akan membuat Anda semakin tidak ingin pulang.

3. Piknik dan Api Unggun

Wisata pantai ini memiliki jam buka hingga pukul 22.00. sehingga setelah matahari terbenam di ufuk Anda bisa menyalakan api unggun. Untuk itu semakin makin banyak orang akan semakin seru. Apalagi jika liburan bersama satu komunitas, pastinya akan lebih menyenangkan.

Di Pantai Mangrove Anda bisa piknik sederhana dengan ditemani api unggun. Saling bercerita sambal menikmati pemandangan indah di langit yang luas. Api unggun akan memberikan kehangatan pada tubuh di samping semilir angin darat yang dingin.

Kegiatan di Pantai Mangrove

Image Credit: Google Maps (Pantai Mangrove (Wisata MAngrove))

4. Voli

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini pada siang hari, maka jangan lewatkan kegiatan yang satu ini. Benar, voli pantai menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain menyehatkan Anda juga bisa berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

5. Kuliner Pantai yang Lezat

Selain kedua daya Tarik di atas, Pantai Mangrove Kampung Nipah juga memiliki kuliner yang sangat recommended untuk dicoba. Menyebar di sekitar kawasan pantai, jajanan kuliner tersebut telah banyak menarik minat pengunjung. Anda pun bisa melakukan proses penggemukan di wisata yang satu ini.

BACA:  Danau Linting, Wisata Air Hangat Unik Sarat Misteri di Deli Serdang

Bahkan beberapa dari menu mengenyangkan yang disajikan Anda bisa memilih menu laut yang masih segar. Mulai dari udang, kepiting, ikan bakar, dan lain sebagainya. Makanan tersebut akan terasa nikmat jika didampingi dengan minuman kelapa segar. Berwisata kuliner sambal menikmati pemandangan pantai memang menarik.

Bahkan untuk oleh-oleh Anda bisa membeli makanan yang dibuat oleh warga setempat dari tanaman bakau. Mulai dari makanan ringan seperti keripik nipah, hingga jajanan basah seperti sirup dan dodol. Selain itu bagi Anda pecinta teh, warga juga menjual teh Jeruju.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Mangrove

Penginapan Terdekat dari Pantai Mangrove

Image Credit: Booking.com

1. Grand Family hotel

3 penginapan terdekat di sekitar lokasi pantai yang pertama adalah Grand Family hotel. Tempat yang satu ini memiliki tarif sewa yang cukup hemat per malamnya. Dari Pantai Mangrove menuju Grand Family Hotel pengujung harus menempuh jarak sekitar 6,68 km. Biasanya penginapan inilah yang banyak menjadi tempat menginap pilihan karena terbilang sangat dekat.

2. Graha Soeltan Hotel

Selain Grand Family Hotel, ada Graha Soeltan Hotel dengan tarif per malam kurang dari Rp 200.000. Dari lokasi pantai hits ini menuju Graha Soeltan Hotel dibutuhkan jarak tempuh kurang lebih 13 km.

3. Trans Bandara Residence

Hotel ketiga disematkan pada Trans Bandara Residence dengan jarak tempuh 18,79 km. Penginapan ini sangat cocok untuk pengunjung karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Disini Anda bisa menikmati kamar yang nyaman, free wifi, kamar AC dan masih banyak lagi. Harga per malam untuk bisa menikmati fasilitas hotel pun disesuaikan dengan tipe kamar yang Anda pilih.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mangrove Kampung Nipah

Fasilitas di Pantai Mangrove Kampung Nipah

Image Credit: Google Maps (Andy Syrus)

Selain keindahan alam serta daya tarik yang dimiliki tempat wisata. Maka harus didukung pula dengan kelengkapan fasilitas yang ada. Di Pantai Mangrove Kampung Nipah sendiri memiliki fasilitas yang cukup memadai, di antaranya:

1. Lahan Parkir

Untuk Anda yang membawa kendaraan baik motor maupun mobil. Kini tidak usah khawatir pencurian atau kehilangan asset tersebut. Karena wisata pantai sudah memiliki lahan parkir sendiri. Apalagi tempatnya yang luas mampu menampung banyaknya kendaraan pengunjung. Meski begitu tetap ada tarif yang menjadi patokan.

2. Gazebo

Puas berkeliling pantai juga melakukan berbagai kediatan seperti berenang dan berjalan-jalan. Maka untuk istirahat di kawasan pantai pair putih ini sudah tersedia gazebo. Jadi, di gazebo tersebut Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan Pantai Mangrove juga hutan mangrove yang lebat. Tersedia pula toilet umum juga warung makan di kawasan pantai.

Beberapa hal mengenai Pantai Mangrove Kampong Nipah di atas tentunya membuat Anda semakin penasaran bagaimana kenampakan aslinya. Untuk itu Anda bisa langsung berkunjung ke destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Serdang Bedagai.