8 Wisata Pantai di Nusa Penida Bali yang Terkenal

Pantai Nusa Penida

Jika Berencana Liburan ke Pulau Dewata, Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Nusa Penida, Bali. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Patut Anda Eksplor Saat Liburan.

Nusa Penida dapat menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi Anda yang ingin berburu pemandangan pantai-pantai eksotis di Pulau Bali. Pulau cantik yang termasuk dalam Kabupaten Klunkung ini memang dikelilingi oleh banyak pantai dengan keunikannya masing-masing.

Pantai berpasir putih dengan dikelilingi tebing karang menjadi ciri khas yang dapat dijumpai di hampir semua pantai Nusa Penida. Bentuk garis pantai dan perbukitan atau tebing yang unik membuat setiap pantai memiliki pemandangan yang berbeda antara satu dan lainnya.

Pesona keindahan dan keunikan dari beberapa pantai di Nusa Penida berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara pun cukup tinggi di Nusa Penida, termasuk untuk beberapa objek wisata pantai yang terkenal berikut ini.

1. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking

Image Credit: Instagram.com @sipenjelajah

Salah satu pantai paling terkenal di Nusa Penida adalah Kelingking Beach. Pantai yang menjadi icon wisata Nusa Penida ini menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan. Pasir pantai yang putih bersih dengan tebing karang yang melengkung adalah ciri khas dari objek wisata Pantai Kelingking Nusa Penida.

Panorama pantai dengan tebing karang yang bentuknya unik ini dapat dinikmati wisatawan dari atas tebing. Terdapat akses jalan sepanjang 150 meter yang dapat dilalui untuk mencapai puncak tebing karang tersebut. Jalannya berupa beberapa anak tangga yang cukup terjal dan pegangan bambu, wisatawan disarankan untuk selalu berhati-hati.

Setelah sampai di puncak, landscape unik dari Kelingking Beach akan membuat kagum siapa saja yang melihatnya. Pemandangan yang tentunya tidak ditemui di pantai lain di Nusa Penida. Puncak tebing ini juga yang menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan. Namun saat ramai, wisatawan harus antri untuk bisa berfoto di spot tersebut.

Pantai yang masuk dalam daftar pantai tercantik di dunia ini lokasinya dekat dengan beberapa pantai eksotis lainnya seperti Crystal Bay, Broken Beach, dan Angel’s Billabong. Selain panorama pantai yang eksotis, kawasan wisata ini juga memiliki manta point yang menjadi spot terbaik untuk menyelam bersama ikan pari Manta.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

2. Crystal Bay Beach

Crystal Bay Beach

Image Credit: Instagram.com @faur.cosmin.w

Selain Pantai Kelingking, Nusa Penida juga terkenal dengan objek wisata Pantai Penida. Nama pantai ini lebih dikenal sebagai Crystal Bay Beach, terutama di kalangan wisatawan mancanegara. Sesuai dengan namanya, air laut di pantai ini sangat bersih dan jernih yang berkilau bagai kristal saat terkena sinar matahari.

BACA:  10 Destinasi Wisata di Bedugul Bali yang Paling Hits

Pemandangan matahari terbenam adalah daya tarik utama yang ditawarkan Pantai Penida ini. Pantai yang menghadap ke arah barat ini memang menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunset Nusa Penida. Sekitar pantai dikelilingi oleh perbukitan hijau dan tebing karang.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan sebuah bukit kecil yang disebut Batu Jineng. Selain menikmati keindahannya, kawasan wisata ini juga bisa digunakan untuk aktivitas seru lainnya seperti berjemur dan bermain bola pantai. Air lautnya yang begitu jernih cocok untuk wisatawan yang ingin berenang atau snorkeling.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

3. Pantai Atuh

Pantai Atuh

Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun Pantai Atuh sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Pasir putih dengan bebatuan karang kecil menjadi salah satu keunikan yang ditawarkan Pantai Atuh. Air lautnya pun sangat jernih dan bersih dengan ombak yang tidak begitu besar.

Ombak di Pantai Atuh tidak terlalu tinggi walaupun kawasan ini menghadap laut lepas. Hal tersebut karena di tengah lautnya, terdapat sebuah tebing batu karang yang cukup besar. Pepohonan rindang yang tumbuh di atasnya memberikan pemandangan hijau dan asri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Atuh.

Keindahan Pantai Atuh juga dapat dinikmati wisatawan dari atas tebing yang disebut Atuh Hill. Tebing ini akan ditemui saat Anda menuju objek wisata Pantai Atuh melalui jalur Desa Pelilit. Panorama eksotis dari pantai berpasir putih dan gugusan-gugusan pulau karang dapat dilihat dengan lebih jelas dari puncak tebing atau Atuh Hill ini.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

4. Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach Nusa Penida

Image Credit: Twitter.com @travelerlovers2

Diamond Beach menjadi salah satu objek wisata pantai terkenal di Nusa Penida. Kawasan wisata yang tergolong baru ini populer dengan spot foto berlatar belakang anak tangga yang dibangun di sisi tebing karang. Semakin mempesona dengan keindahan pantai berpasir putihnya yang khas pantai di Nusa Penida.

Panorama yang indah dan unik di Diamond Beach menjadi sajian alam yang memikat banyak wisatawan. Membuat objek wisata ini menjadi salah satu destinasi primadona selain Pantai Kelingking. Diamond beach tidak kalah indah dengan keindahan pantainya yang dikelilingi tebing batu karang dan bentuk pantainya yang berupa garis melengkung.

BACA:  Pantai Double Six Bali, Pantai Cantik untuk Bersantai Menikmati Sunset

Beberapa gugusan pulau karang kecil dengan puncak yang meruncing juga dapat dinikmati dari kawasan wisata pantai ini. Cocok untuk destinasi wisata honeymoon dengan suasana pantainya yang lebih tenang.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

5. Pasih Uug atau Broken Beach

Pasih Uug

Image Credit: Twitter.com @visitbali_id

Beberapa wisatawan mungkin lebih mengenal nama Broken Beach yang tidak lain merupakan Pasih Uug. Arti Pasih Uug dalam bahasa Bali adalah pantai yang rusak. Namanya kini lebih populer sebagai Broken Beach, Nusa Penida. Daya tariknya tentu ada pada pemandangan laut biru dan tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya.

Namun, yang menjadikan tempat wisata ini unik dan berbeda dari yang lainnya adalah adanya lubang besar di tengah tebing. Lubang yang memiliki tinggi 50-200 meter ini terlihat seperti sebuah terowongan laut alami. Bagian tebing yang unik tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berfoto-foto di Broken Beach.

Bagian atas dari terowongan atau lubang besar pada tebing bentuknya cukup datar sehingga dapat dilalui wisatawan. Pemandangan hijau dan segar dapat terlihat jika Anda datang pada musim hujan. Sedangkan saat kemarau, pemandangan di sekitar pantai ini menjadi gersang tetapi tetap unik dan keren.

Sedangkan laut di sekitar pantai ini menjadi salah satu spot snorkeling. Para wisatawan memiliki kesempatan untuk melihat langsung Pari Manta yang merupakan ikan pari raksasa di spot snorkeling Broken Beach.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

6. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong

Image Credit: Twitter.com @carolinevaniaa

Angel’s Billabong terletak tidak jauh dari Pasih Uug atau Broken Beach. Masih dengan pemandangan laut biru dan tebing-tebing karang yang mempesona. Wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan laut dari atas tebing. Sekedar bersantai atau berfoto-foto tidak akan membosankan di pantai ini.

Menariknya lagi, Angel’s Billabong memiliki sebuah kolam yang merupakan muara dari aliran sungai. Kolam alami tersebut diapit dua buah tebing karang. Airnya begitu jernih dan cukup tenang sehingga bisa digunakan untuk berenang. Namun saat air laut pasang, wisatawan tidak dianjurkan berenang di kolam tersebut.

BACA:  Pantai Jimbaran Bali, Pantai Berpasir Putih Tujuan Wajib Pecinta Kuliner

Gelombang laut perlu diwaspadai karena saat air laut pasang, gelombang besar bisa mencapai area kolam. Angel’s Billabong bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk Anda yang menginginkan pengalaman baru. Pengalaman dan sensasi berenang di kolam alami pada muara sungai sambil menikmati pemandangan pantai dan laut yang biru.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

7. Pantai Andus atau Smoke Beach

Smoke Beach

Image Credit: Google Maps (Trip.Nusa.Penida)

Pantai paling terkenal di Nusa Penida selanjutnya adalah Pantai Andus. Beberapa wisatawan lebih mengenalnya sebagai smoke beach. Nama pantai tersebut diambil dari pemandangan unik yang ada pada Pantai Andus. Objek wisata ini populer dengan pemandangan spektakuler dari ombak besar yang menyerupai asap.

Pantai dengan barisan batu karang ini memiliki pemandangan laut lepas yang begitu indah. Pada saat pasang laut, gelombang yang mencapai pantai dapat menyembur hingga ketinggian 10 meter. Deburan ombak yang kuat dan besar inilah yang menjadi daya tarik dari Smoke Beach atau Pantai Andus.

Banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk melihat fenomena alam di Pantai Andus secara langsung. Beberapa pengunjung pantai datang untuk hunting atau berburu spot foto. Ombak tinggi yang menghempas bibir pantai memang memberikan pemandangan unik untuk latar belakang sebuah foto.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

8. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan

Image Credit: Shutterstock.com @leo_nik

Pantai Suwehan semakin terkenal sebagai salah satu pilihan destinasi wisata di Nusa Penida. Keindahan alam dan suasana pantai yang masih alami menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Pasir pantainya putih dan halus dengan batuan karang yang bertebaran di beberapa sisi pantai.

Pemandangan laut lepas dengan warna birunya yang segar mampu menghipnotis para pengunjung pantai. Semakin unik dengan sebuah batu karang lancip yang cukup besar di tengah pantai. Panorama eksotis dari Pantai Suwehan ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan tanpa diabadikan dalam foto.

Suasana pantai yang relatif lebih tenang membuat objek wisata Pantai Suwehan cocok sebagai pilihan destinasi honeymoon yang romantis di Bali. Namun untuk ombak di sekitar pantai cukup besar sehingga tidak disarankan untuk wisatawan berenang hingga ke tengah atau mendekati batu karang.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Itulah deretan wisata pantai paling terkenal di Nusa Penida Bali yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda di Pulau Dewata. Selain pantai-pantai di atas, pulau eksotis ini tentu memiliki beberapa pantai cantik lainnya yang mungkin keberadaannya masih tersembunyi.