Jogja menjadi kota pariwisata dengan segudang destinasi wisata menarik. Jika Anda menyukai destinasi wisata sejarah, seni, dan budaya, Anda dapat berkunjung ke keraton, candi-candi, maupun museum yang banyak tersebar di Jogja. Destinasi wisata dengan berbagai wahana dan permainan yang menyenangkan juga ada banyak sekali untuk Anda kunjungi.

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Jogja juga tidak akan kehabisan destinasi wisata yang menarik. Wisata alam sangat lengkap dan akan membuat liburan Anda menjadi berkesan. Dengan berbagai pemandangan yang indah, wisata alam seperti hutan pinus, wisata pendakian, air terjun, goa, dan tentu saja pantai tidak akan membuat Anda bosan.

Tidak semua pantai di Jogja memiliki pasir putih. Misalnya saja Pantai Parangtritis yang sangat terkenal dengan keindahannya saat sunset, juga tidak berpasir putih. Meski demikian, jika Anda menyusuri pesisir pantai di Gunungkidul, Jogja, Anda akan menemukan sederet pantai pasir putih yang indah dan memiliki keunikannya tersendiri.

1. Pantai Siung

Pantai Siung
Image Credit: Google Maps Peri Supriadi

Pantai Siung merupakan pantai pasir putih yang berada di Tepus, Gunungkidul. Lokasi tempat wisata ini kurang lebih 75 kilometer dari Kota Jogja. Pantai ini cukup terpencil, sehingga cocok bagi Anda yang menyukai destinasi wisata yang tidak ramai dikunjungi wisatawan. Dengan keindahan pasir putih dan laut yang menawan, Pantai Siung bisa menjadi tempat Anda untuk melepas penat.

Pantai Siung memiliki bebatuan raksasa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Deratan bebatuan ini selain memberikan pemandangan yang unik, namun juga menjadi spot olahraga yang menantang adrenalin, yaitu panjat tebing. Selain panjat tebing, Pantai Siung juga menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk bermalam dengan membangun tenda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter  #LiburMulu

Pantai Pok Tunggal menjadi primadona wisata pantai, karena itu setiap hari selalu saja ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah. Meski perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal cukup sulit dengan banyak jalan berkerikil sehingga kendaraan akan mudah tergelincir jika tidak berhati-hati. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terobati dengan pemandangan indah yang tersaji.

Pantai pasir putih ini berada di balik bukit kapur, dengan laut yang bersih dan jernih. Pemandangan ini tentu akan memanjakan mata Anda. Pantai Pok Tunggal juga sangat khas dengan payung-payung berwarna-warni yang berjajar-jajar di sepanjang pantai. Sambil menikmati kelapa muda, Anda dapat duduk bersantai di bawah payung-payung ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti jogja
Image Credit: Twitter JOGJA / YOGYAKARTA

Pantai Indrayanti memiliki pasir putih yang bersih dan karang-karang yang eksotis. Pantai ini juga salah satu yang paling populer sebagai destinasi wisata pantai. Dengan fasilitas yang cukup memadai, pantai ini menjadi pilihan destinasi yang memanjakan pengunjung. Fasilitas seperti musala, toilet, restoran, cafe, bahkan penginapan tersedia untuk para wisatawan yang berkunjung.

Pantai ini juga unik karena memiliki pengawasan yang ketat pada kebersihan lingkungan. Pengelola memastikan tidak ada yang membuang sampah sembarang di area wisata ini. Tidak hanya wisatawan, pedagang di sekitar juga akan mendapat sanksi denda jika membuang sampah sembarangan. Sanksi ini cukup efektif dalam menjaga lingkungan di sekitar Pantai Indrayanti.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan1
Image Credit: Twitter News Traveling

Pantai Sadranan menyuguhkan hamparan pasir putih dengan air laut yang sangat jernih sehingga memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat indah. Dengan fasilitas yang lengkap, Pantai Sadranan juga tidak jauh dengan penginapan dan bungalow untuk pengunjung yang ingin menginap. Beberapa penginapan ini sangat terjangkau karena dikelola oleh warga sekitar.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Sadranan. Tersedia penyewaan peralatan snorkeling. Anda juga akan dipandu oleh guide ke lokasi dengan pemandangan laut yang indah dan membantu mengabadikan foto. Jika tidak snorkeling, Anda juga dapat mencoba perahu kano dan alat-alat safety. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang sangat populer.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gendus II, Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Image Credit: Goolge Maps Wisata Jogja285

Seperti namanya, Pantai Sepanjang memiliki khas dengan garis pantai yang terpanjang dari semua pantai di Gunungkidul. Di bibir pantai, Anda akan menemukan tumbuhan palem dan saung-saung dengan atap daun kering untuk beristirahat. Anda juga dapat menemukan warung-warung makanan dengan aneka menu dari hasil laut.

Jika air laut mulai surut, pengunjung dapat melihat karang-karang yang menjadi habitat biota laut di bibir pantai yang landai. Dari cekungan atau lubang di sekitar karang, Anda dapat menemukan bintang laut, bulu babi, kerang, anggang laut, dan ikan-ikan kecil. Warga sekitar juga biasanya untuk mencari rumput laut, kerang, atau lainnya untuk konsumi sendiri atau diolah untuk kemudian dijual.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nglolang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Drini

Pantai Drini
Image Credit: Goolge Maps Ayu Wijayadi

Pantai Drini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik namun juga wisatawan dari mancanegara. Pantai ini memiliki keindahan alam dengan perbukitan dan dataran tinggi di sekitarnya. Tebing-tebing di sekitar pantai juga merupakan spot terbaik untuk menikmati Pantai Drini dari ketinggian sehingga cukup banyak yang datang ke sana.

Pantai Drini juga memiliki banyak fasilitas yang cukup memadai untuk pengunjung sehingga akan memudahkan Anda mencukupi kebutuhan. Anda juga dapat berwisata kuliner. Ada banyak warung-warung dengan berbagai menu dari makanan khas lokal maupun juga berbagai menu makanan laut. Dengan harga yang cukup terjangkau, wisata kuliner tidak akan menguras kantong pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Sundak

Pantai Sundak (1)
Image Credit: Twitter Oxytocin

Pantai Sundak menjadi pantai pasir putih dengan pemandangan yang cantik namun masih sepi. Tidak banyak pengunjung yang datang sehingga bagi Anda yang ingin merasa di pantai pribadi dapat mengunjungi pantai yang cukup dekat dengan Pantai Indrayanti ini. Anda juga dapat bermalam dengan membangun tenda di pantai yang landai.

Jika berjalan ke arah laut, pengunjung dapat menemukan karang-karang kecil yang biasanya menjadi persembunyian ikan-ikan kecil. Karang-karang ini merupakan salah satu daya tarik Pantai Sundak. Selain itu di sebelah utara pantai terdapat batu kapur dan batu karang dengan ukuran yang cukup tinggi dengan goa air tawar yang dapat dimasuki pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan1
Image Credit: Goolge Maps Cahyanto

Pantai Ngrenehan masih cukup sepi, namun memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya yang populer di Jogja. Pantai ini berupa teluk, sedangkan di sekitarnya ada banyak perbukitan kapur dan menyajikan panorama yang memukau dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar di antara pasir putih. Cukup aman untuk berenang atau mencari ikan.

Jika Anda mengunjungi Pantai Ngrenehan, Anda juga akan dapat melihat aktivitas para nelayan yang mencari ikan. Ada banyak sekali perahu-perahu nelayan bersandar di pantai sebagai spot menarik untuk berfoto. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati sajian menu makanan atau membawa ikan-ikan segar untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kanogoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Image Credit: Twitter Gembel Mot

Pantai Wediombo terkenal dengan keindahannya dan juga ombak yang besar. Pantai ini akan ramai dikunjungi pengunjung saat memasuki musim liburan. Keindahan pantai ini tidak hanya dari pasirnya yang putih bersih, namun juga batu-batu karang di sekitar pantai. Bebatuan ini berjejer hingga ke tengah pantai dan akan terlihat jelas ketika air laut sedang surut.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Wediombo. Karena ombaknya yang cukup besar, sehingga cukup berbahaya untuk berenang di bibir pantai. Namun tidak jauh dari pantai terdapat kolam alam berdinding batu karang yang dapat digunakan untuk berenang atau berendam air laut. Ombak besar terhalang batu karang sehingga aman untuk menceburkan diri di dalam air.

Di Pantai Wediombo, pengunjung juga dapat bermalam dengan membangun tenda. Karena pantainya yang cukup luas dengan pasir yang halus, bermalam di pantai ini sangat menyenangkan. Pemandangan saat sore sangat indah. Saat malam hari, Anda dapat melihat langit malam tanpa halangan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Balong, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Seruni

Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps pintu ajaib

Pantai Seruni juga merupakan pantai yang jarang terjamah. Akses menuju pantai ini masih sejalur dengan Pantai Pok Tunggal. Tidak ada banyak pengunjung di Pantai Seruni justru membuat pantai ini lebih tenang dan nyaman. Banyak wisatawan yang membutuhkan ketenangan datang ke Pantai Seruni untuk menenangkan diri sambil menikmati pemandangan.

Pantai Seruni dikelilingi oleh perbukitan kapur. Akses jalannya memang terbilang sulit karena berupa tanah dan cukup berliku. Karena itu, untuk menuju Pantai Seruni, pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset ketika melintas. Di ujung jalan nanti, pengunjung sudah akan dapat melihat panorama pantai sempit menyerupai teluk kecil yang menjorok ke dalam.

Pengunjung juga dapat mendirikan tenda dan bermalam di sekitar pantai ini. Sudah tersedia area yang landai dan cukup aman untuk berkemah. Selain itu sudah tersedia juga kamar mandi, sehingga bagi pengunjung yang bermalam dapat membersihkan diri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tepus, Kec.Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Jogja memang kaya dengan wisata pantainya, termasuk juga dengan pantai pasir putih di sepanjang pesisir Gunungkidul. Setiap pantai memiliki keunikannya sendiri, sehingga Anda tidak akan bosan untuk mengunjungi setiap pantai. Beberapa pantai cukup sulit dijangkau, namun perjalanan akan terbayar dengan sajian keindahan alam di sekitar pantai akan memanjakan mata Anda.