The World Landmark Merapi Park salah satu objek wisata kekinian dan hits di Sleman, Jogja. Destinasi yang menyuguhkan replika landmark terkenal, Kid Waterpark, Cowboy Town, Cats House dan Rabbits Town.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 09.00-16.30, Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Sleman, Yogyakarta banyak dikenal sebagai Kota keraton yang masih melestarikan adat istiadat. Selain itu, Sleman juga sebuah kota tempat Gunung Merapi bersemayam. Di mana gunung inilah yang banyak menarik wisatawan, bukan hanya karena keindahannya tapi nyatanya juga terdapat wisata lain yang tidak kalah seperti Merapi Park Sleman.

Taman Merapi ini telah diresmikan sejak tahun 2017 lalu. Karena popularitas dan kesan yang diberikan, pengunjung banyak menyebut Merapi Park sebagai The World Landmark. Sebagai tempat wisata yang diunggulkan di Sleman, taman ini menawarkan berbagai keunikan. Mulai dari desain, tata letak, hingga fasilitas yang cukup memadai.

Sehingga pengunjung pun pasti akan sangat senang jika berada di destinasi wisata buatan ini. Tempatnya begitu luas dengan berbagai miniatur yang menjadi ikon negara-negara di dunia. Di sinilah pengunjung akan merasakan sensasi yang berbeda ketika mengunjungi taman hiburan. Berbagai hal mengenai Merapi Park Sleman akan dibahas lebih lanjut.

Daya Tarik yang Dimiliki The World Landmark Merapi Park

Daya Tarik The World Landmark Merapi Park
Image Credit: Twitter.com @adadijogjakarta

1. Kawasan Taman Indah nan Rapi

Daya tarik pertama dari sebuah taman di Sleman ini adalah dibuat dengan tatanan yang begitu rapi. Segala spotnya terstruktur dan memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, kawasan taman juga dilengkapi dengan jalan setapak untuk pengunjung berjalan santai sambil menikmati angin sepoi. Belum lagi pohon-pohon hijau yang mengelilingi area taman. Anda pasti akan sangat senang berada di tempat ini.

Lokasinya yang masih masuk ke daerah dataran tinggi membuat Merapi Park Sleman cocok sebagai tempat pelepas penat. Ada banyak hal yang bisa diamati, salah satunya adalah taman bunga yang memberikan kesan damai ketika melihatnya. Bisa dibilang taman ini terkesan sepi dan damai, hal ini karena lokasinya yang memang jauh dari hiruk pikuk kendaraan.

Bagaimana tidak, Merapai Park Sleman memang terletak tepat di bawah kaki Gunung Merapi. Jadi selain menikmati taman, pengunjung pun dapat melihat kenampakan Merapi yang kokoh menjulang.

2. Miniatur Ikon Dunia dari Eropa hingga Amerika

Yang menjadi daya tarik unggulan dari Taman Merapi adalah berbagai ikon negara yang ada di dunia bisa Anda saksikan hanya di satu tempat. Iya, berbagai bangunan terkenal seperti Eiffel, menara Pisa, Kincir Angin, Big Ben dan lain sebagainya bisa Anda saksikan di Merapi Park Sleman.

Replika tersebut dibuat dengan ukuran selayaknya miniatur mini. Setiap ikon miniaturnya ditata begitu rapi di beberapa area. Sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi keliling dunia tanpa perlu menaiki pesawat. Bahkan Anda pun bisa berfoto selayaknya berada di Eropa hingga Amerika.

Tidak perlu takut panas, karena di taman ini sudah terdapat pepohonan yang bisa digunakan sebagai payung teduh. Berlibur bersama keluarga ke tempat ini juga sangat direkomendasikan.

Apalagi teruntuk Anda yang hobi berfoto, Taman Merapi Jogja memiliki puluhan spot foto menarik yang bisa dicoba. Kunjungi Menara Eiffel milik Paris, atau berjalan sebentar dan Anda akan menemukan Big Ben yang merupakan jam besar Kota London.

3. Wahana Rekreasi dan Permainan

Yang menjadikan Merapi Park cocok sebagai wisata keluarga adalah karena tersedianya wahana rekreasi dan permainan. Tentu saja wahana ini cocok untuk berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga remaja.

Sejak kemunculannya di tahun 2017, wisata yang satu ini terus mengembangkan berbagai destinasi epik yang membuat liburan semakin seru. Salah satu yang menjadi favorit anak-anak jika berkunjung kesini adalah adanya kids waterpark.

Watepark yang berada dalam taman ini memiliki ketinggian air hanya sebatas 30 cm saja. Sehingga aman jika anak-anak ingin berenang maupun bermain air. Bahkan terdapat pula prosotan air yang membuat liburan keluarga Anda semakin mengesankan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Merapi Park

Alamat Merapi Park
Image Credit: Google Maps (Dick Indra)

Agar bisa sampai di tempat epik nan tiada dua ini Anda harus pergi ke daerah Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya memang bisa ditempuh dengan mudah karena jalurnya yang sudah cukup baik. Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke tempat ini.

Yang pertama bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Dengan 1 jam perjalanan saja pengunjung akan sampai di Merapi Park dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 22,6 km.

Dari pusat Kota Yogyakarta Anda harus berkendara ke jln Abu Bakar Ali. Jalan ini akam bisa aditemukan jika Anda menempuh jalur menuju Utara. Selanjutnya terus jalan hingga melewati jln. Cik Di Tiro, maka Anda akan menemukan bundaran dari Kampus UGM.

Selama perjalanan menuju Merapi Park Anda juga akan melewati Museum Gunung merapi. Barulah setelah melewati jln. museum Gunung Merapi pengunjung akan sampai di tempat The World Landmark.

Harga Tiket Masuk Wisata Merapi Park Jogja

Harga Tiket Merapi Park Jogja
Image Credit: Google Maps (STMGY Yogyakarta)

Lengkapnya spot foto dan banyaknya daya tarik yang dimiliki Taman Merapi ternyata tidak bisa diakses secara gratis. Pasalnya Anda harus sedikit menyisihkan uang untuk biaya tiket masuk agar bisa menikmati setiap keunikannya.

Meski begitu pengelola taman masih mematok harga yang bersahabat untuk wisatawan. Tiket masuk Merapi Park dibanderol dengan harga Rp 20.000 untuk setiap orangnya. Sedangkan jika Anda membawa kendaraan pribadi maka akan ada biaya retribusi tempat parkir sebesar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. Dengan tarif tersebut Anda sudah bisa eksplore segala tempat yang ada di taman cantik ini. Silahkan berkeliling sambil mengabadikan momen sepuasnya di tempat ini.

Wisata Taman Merapi buka dari hari Senin hingga Jumat yaitu mulai pukul 09.00 – 16.30. Sedangkan untuk akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu, tempat ini buka dari jam 08.30 – 15.00.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Merapi Park

Kegiatan Dilakukan di Merapi Park
Image Credit: Google Maps (The World Landmarks-Merapi Park Yogyakarta)

1. Berjalan Santai Mengelilingi Taman

Merapi Park memiliki beberapa spot menarik yang ada di area berbeda. Diantaranya adalah The World Landmark, Cowboy Town dan juga Kids Waterpark. Jadi Anda Anisa pilih sendiri spot mana yang ingin dikunjungi. Di area The world Landmark Anda bisa amenyaksikan berbagai miniatur bangunan yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia sampai ikon terkenal di berbagai negara.

Selanjutnya di Cowboy Town Anda akan diajak menelusuri perkebunan hijau dengan menaiki kuda. Sedangkan di Kids Waterpark, akan menjadi tempat permainan air yang menarik untuk dicoba.

Merapi Park memiliki berbagai tanaman bunga warna-warni yang akan menyejukkan penglihatan Anda. Aneka bunga tersebut sekaligus membuat pemandangan menjadi teramat syahdu. Semilir angin sepoi khas pegunungan juga memberikan sensasi tersendiri. Jadi, pengunjung pasti betah berada di tempat wisata ini.

2. Menunggang Kuda

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa taman wisata Merapi memiliki area Cowboy Town yang menyediakan kuda-kuda kecil yang bisa ditunggangi. Liburan bersama anak pasti akan menyenangkan sebab mereka bisa merasakan sensasi menaiki kuda dan seolah menjadi cowboy sesungguhnya.

Bahkan untuk lebih merasakan sensasi menjadi cowboy, pengunjung dapat menyewa topi ataupun perlengkapan seperti jaket Indian. Untuk bisa melakukan kegiatan ini Anda hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 15.000.

Kegiatan di Merapi Park
Image Credit:Google Maps (Ruly Ferdiyanto)

3. Jemparingan

Selain mengunjungi area utama, ada aktivitas seru lain yang pastinya menarik untuk dicoba. Apalagi kalau bukan main jemparingan. Di Jogja ada berbagai aktivitas yang sudah menjadi ciri khas, salah satunya adalah panahan. Nah, jemparingan inilah istilah lain dari panahan itu sendiri.

Meski begitu, jemparingan sangat berbeda dari olahraga panahan pada umumnya. Pasalnya, aktivitas ini dilakukan dengan duduk bersila. Jadi untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi menjadi pemanah bisa berkunjung ke area Jemparingan.

Tenang saja, tempat ini masih masuk dalam kawasan Merapi Park Sleman. Namun memang ada biaya tersendiri untuk bisa masuk dan menikmati aktivitas ini. Selain itu area jemparingan juga hanya dibuka saat akhir pekan saja yaitu hari Sabtu dan Minggu.

4. Hunting Foto Keren

Aktivitas yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke taman ini adalah berfoto. Tempat wisata ini memang unggul dari segi tata letak serta tema yang digagas. Menjadi destinasi wisata buatan yang dilengkapi miniatur ikon negara di dunia, Taman Merapi menjadi tempat yang instagramable.

Banyak spot menarik yang bisa dijadikan objek berfoto, diantaranya patung Masha and The Bear, Telepon Box layaknya di film-film luar negeri, New York Love Sculpture, dan masih banyak lagi. Belum lagi setiap bangunan tersebut dikelilingi tanaman bunga warna-warni. Sungguh menjadi kombinasi yang begitu sempurna untuk sebuah tempat wisata.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Merapi Park Jogja

Fasilitas di Merapi Park Jogja
Image Credit: Google Maps (Alisa Jusuf)

1. Gazebo

Sebagai tempat wisata yang begitu epik, Merapi Park Sleman ditunjang dengan berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk pengunjung. Diantara fasilitas tersebut adalah tersedianya gazebo untuk tempat beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar. Gazebo ini di bangun di beberapa titik, dan cocok menjadi lokasi untuk saling bercengkerama.

Selain itu gazebo juga bisa menjadi tempat Anda menikmati perbekalan selayaknya piknik sederhana. Tempat ini dapat Anda jadikan tempat untuk quality time bersama keluarga tercinta.

2. Bangku Panjang

Areanya yang luas membuat pengelola juga harus menyediakan bangku panjang untuk sekedar menjadi tempat duduk maupun lokasi berfoto. Bangku panjang juga tersedia di beberapa spot di area Merapi Park. Ketika lelah karena terus berjalan Anda bisa rehat sejenak duduk santai di bangku panjang ini.

3. Area Parkir

Untuk menjaga keamanan kendaraan pribadi dari pengunjung, pengelola tempat juga memberikan fasilitas berupa area parkir yang cukup luas. Untuk setiap kendaraan akan dikenakan biaya parkir di luar dari biaya tiket masuk ke Taman Merapi Sleman.

Fasilitas di Merapi Park
Image Credit: Google Maps (Hanifah Azizah)

4. Toilet

Fasilitas yang harus ada dan tidak boleh ketinggalan untuk ukuran tempat wisata adalah toilet. Di taman ini sendiri telah tersedia toilet yang bisa digunakan untuk umum. Jadi, pengunjung tidak perlu bingung lagi jika ingin buang air kecil maupun sekedar membersihkan diri setelah bermain air di Waterpark.

5. Cafe

Perut terasa lapar setelah melakukan banyak kegiatan? Kini di destinasi wisata Merapi Park Sleman juga telah tersedia cafe sebagai tempat pengisi perut yang keroncongan. Sehingga dipastikan Anda tidak akan kekurangan apapun ketika berkunjung ke wisata ini.

Nah, itu dia ulasan mengenai Merapi Park, sebuah tempat viral di Sleman, Yogyakarta. Jangan lupa masukkan wisata ini dalam list liburan Anda ya. Ajak pula teman maupun keluarga untuk berwisata bersama.