Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-22.00 WIB, Alamat: Sukorame, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Taman Ghanjaran menjadi salah satu objek wisata yang saat ini wajib untuk dikunjungi jika berada di Trawas, Mojokerto. Taman ini berdiri di atas tanah seluas 2,8 hektar yang merupakan lahan yang dimiliki oleh Tanah Kas Desa Ketapanrame. Dengan menggunakan konsep modern, taman wisata yang berada di ketinggian 1000 mdpl ini juga menawarkan udara yang sejuk dan segar.

Taman bermain yang murah meriah ini sangat cocok jika dikunjungi dengan keluarga. Pasalnya terdapat berbagai wahana yang dapat dicoba. Wahana-wahana ini dapat disesuaikan dengan usia pengunjung. Banyak juga wahana-wahana untuk anak-anak yang membuat betah untuk menghabiskan waktu liburan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Selain itu, tersedia spot-spot foto yang instragramable. Spot-spot ini telah disiapkan terutama untuk anak-anak muda yang suka hunting foto. Merupakan salah satu destinasi untuk berwisata malam, taman terbuka hijau dengan banyak pepohonan rindang ini kini banyak menjadi referensi liburan untuk segala usia maupun kalangan, karena itu Taman Ghanjaran tidak pernah sepi oleh pengunjung yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Ghanjaran

Daya Tarik Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps Wariyono Hayuning Bhawana

Taman Ghanjaran menjadi tempat yang banyak dikunjungi tidak hanya karena murah meriah, namun juga banyaknya daya tarik yang ditawarkan. Sebagai destinasi wisata untuk liburan keluarga, tidak hanya pengunjung dewasa saja, anak-anak juga dapat menikmati berbagai wahana seru. Daya tarik yang ditawarkan ini membuat pengunjung tidak cukup hanya datang satu kali saja.

1. Pemandangan Indah

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Taman Ghanjaran adalah lokasinya yang strategis sehingga menawarkan view yang indah. Berada di ketinggian, destinasi wisata ini memberikan udara yang sejuk kepada pengunjung. Tidak hanya taman-taman hijau saja yang membuat suasana menjadi nyaman dan enak di pandang, namun juga view alami yang ada di sekitarnya.

View berupa Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan merupakan daya tarik yang paling menonjol. Kedua gunung ini menjadi latar dari taman sehingga menambah keindahan pemandangan. Tampak berdiri gagah, kedua gunung ini memberikan pesona yang menakjubkan sehingga banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat keindahannya.

2. Spot Foto

Para anak-anak muda sangat tertarik untuk datang ke taman ini karena banyaknya spot-spot foto yang tersedia. Dengan taman-taman yang ditata dengan sangat cantik, spot foto ini juga menyediakan bangku-bangku taman, selain untuk duduk beristirahat juga untuk tempat untuk berpose. Lampu-lampu taman yang indah dan intragramable juga menjadi salah satu yang menarik perhatian.

Dua gunung yang menjadi latar taman ini juga menambah eksotis sebagai latar foto. Dengan taman-taman cantik, kedua gunung ini tampak berdiri gagah seperti siluet sehingga hasil gambar yang diambil para pengunjung terlihat lebih bagus. Adanya spot foto yang menarik ini membuat pengunjung puas berfoto-foto untuk diunggah di sosial media.

Daya Tarik Dimiliki Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps Indra Pratama

3. Wahana

Berbagai wahana sudah tersedia di Taman Ghanjaran ini untuk dicoba oleh pengunjung. Untuk menikmati setiap wahana ini, pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk tiap permainan. Lebih serunya, wahana ini juga tersedia untuk segala macam usia. Ada yang khusus untuk anak-anak, ada juga yang tersedia untuk remaja dan dewasa.

Berbagai wahana untuk anak-anak, selain seru juga mengedukatif dan meningkatkan kreativitas dari anak itu sendiri. Permainan-permainan seperti mobil mini, scooter, odong-odong dan lainnya pasti akan menarik perhatian anak-anak untuk mencobanya. Beberapa wahana anak juga ada yang tersedia gratis, dengan begitu anak-anak tidak akan merasa bosan berada di taman ini.

Sedangkan untuk remaja dan dewasa juga tersedia permainan-permainan seru. Salah satunya adalah ATV. Sudah tersedia lintasan khusus untuk jalur off road, dengan begitu ATV menjadi permainan yang cukup menantang. Sebenarnya anak-anak juga bisa saja menikmati wahana ATV ini, namun tetap harus didampingi oleh orang tua.

Selain ATV, masih banyak lagi wahana-wahana lainnya. Karena begitu banyaknya, pengunjung tidak akan cukup menikmatinya hanya dengan sekali kunjungan.

4. Shopping Center

Shopping center di kawasan ini sebenarnya berupa lapak-lapak yang menjual beragam makanan, minuman, maupun pernah-pernik lainnya. Dengan adanya lapak-lapak ini membuat pengunjung tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli makanan untuk mengisi perut. Apalagi menu yang ditawarkan juga sangat beragam dengan harga yang relatif murah.

Pengunjung juga dapat membeli berbagai pernak-pernik yang dijual di kawasan ini. Beragam pernak-pernik dapat dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Pengunjung yang menyukai wisata belanja pasti akan senang menghabiskan waktu di kawasan ini karena banyaknya barang-barang menarik yang dijual.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps yanita awalidiyah

Taman Ghanjaran berada di Jl. Raya Tretes – Trawas No 88. Merupakan lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau. Lokasinya sangat dekat dengan Ubaya Training Center atau UTC. Hanya memerlukan waktu 2 sampai 3 menit saja dengan berjalan kaki. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, akses jalan yang baik memungkinkan Anda membawa motor ataupun mobil.

Jika Anda dari Mojosari, rute menuju lokasi sangat mudah. Anda hanya perlu menuju Trawas hingga melewati Polsek Trawas dan juga Villa Puncak Trawas. Selanjutnya, pelankan laju kendaraan Anda dan lihat di sisi kiri jalan. Anda akan melihat papan nama yang bertuliskan Taman Ghanjaran yang artinya Anda sudah sampai di tujuan Anda.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps Muhammad Muchsinin

Taman Ghanjaran buka setiap hari selama 24 jam, karena itu dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan malam. Meski buka sepanjang waktu, wahana-wahana permainan yang tersedia di kawasan tersebut memiliki jam operasional tersendiri. Jika Anda memang ingin mencoba berbagai wahananya, maka lebih baik datang pada saat jam operasional dari tiap wahana.

Destinasi taman wisata ini juga sangat merakyat karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Anda hanya perlu membayar parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Meski tidak ada tiket masuk, Anda harus membayar retribusi jika ingin menaiki wahana. Biaya retribusi wahana tidak mahal, hanya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 tiap wahana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Ghanjaran

Aktivitas Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps sartono bey

Ada banyak permainan seru yang ditawarkan sehingga pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan jika berada di Taman Ghanjaran. Kegiatan-kegiatan ini sudah tentu tidak akan membuat liburan Anda menjadi membosankan. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda coba jika mengunjungi kawasan taman terbuka hijau yang satu ini.

1. Berfoto

Kegiatan ini banyak dilakukan pengunjung terutama di kalangan anak-anak muda. Apalagi sudah banyak tersedia berbagai spot foto yang sangat intagramable dan menarik. Bukan hanya spot foto buatan, pemandangan alam di sekitarnya juga mendukung untuk mendapatkan view yang lebih menarik. Taman-taman yang ada di sekitar juga tampak cantik ditambah latar gunung di belakangnya.

2. Berkuda

Ada sewa kuda, jadi jika hobi naik kuda, Anda dapat mencoba kegiatan yang satu ini. bukan hanya pengunjung dewasa saja, kuda ini juga dapat dinaiki oleh anak-anak. Kuda yang disewakan juga beragam ukuran, sehingga dapat disesuaikan dengan pengunjung. Pemilik kuda juga akan mendampingi Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi meski masih pemula.

3. Menikmati Berbagai Wahana

Ada banyak wahana yang disediakan di Taman Ghanjaran ini sehingga sayang sekali jika Anda melewatkannya. Wahana-wahana ini juga ada yang disediakan khusus untuk anak-anak. Jika Anda mengunjungi taman wisata ini, maka Anda harus mencoba wahana agar liburan Anda akan lebih seru dan tidak terasa membosankan.

4. Car Free Day

Jika Anda datang pada hari Minggu, maka Anda juga berkesempatan untuk melakukan kegiatan car free day yang sudah tentu menyenangkan. Tidak heran jika pengunjung akan membludak setiap hari Minggu untuk mengikuti car free day ini. Pengunjung dapat melakukan kegiatan-kegiatan dengan udara yang segar tanpa ada kendaraan bermotor yang menimbulkan polusi udara.

Aktivitas Seru Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps warno abusalwaazzam

5. Wisata Kuliner

Ada banyak lapak-lapak yang menjual berbagai makanan. Ragam pilihan makanan ada yang tradisional maupun makanan-makanan kekinian. Anda dapat berwisata kuliner dengan mencoba berbagai jajanan yang ada. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda juga dapat merasakan kelezatan makanan yang dijual.

6. Belanja Oleh-oleh

Tidak hanya makanan saja, lapak-lapak ini juga menawarkan berbagai pernak-pernik dan juga barang-barang lainnya. Karena itu, selain wisata kuliner, Anda juga dapat berwisata belanja. Membeli beberapa pernak-pernik dan barang yang ada sebagai oleh-oleh di rumah menjadi salah satu kegiatan yang juga dapat Anda lakukan di tempat wisata satu ini.

7. Bersantai

Anda juga dapat bersantai saja di kawasan ini. Tempatnya yang nyaman dan teduh sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga dan bersantai sambil menikmati pepohonan di sekitar taman. Apalagi dengan adanya gazebo yang dapat Anda gunakan untuk duduk dan beristirahat. Gazebo ini juga dapat Anda gunakan untuk berkumpul dengan keluarga.

8. Wisata Malam

Menjadi taman yang buka selama 24 jam, Anda juga dapat berwisata malam di Taman Ghanjaran. beberapa wahana permainan juga beroperasi hingga malam hari, meskipun tidak semuanya. Akan tetapi Anda masih tetap dapat menikmati suasana malam dengan lampu-lampu yang membuat suasana menjadi romantis.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Ghanjaran Trawas Mojokerto
Image Credit: Google Maps d rangga maulana

Taman Ghanjaran memiliki banyak fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Salah satunya lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, di lokasi taman juga terdapat banyak gazebo untuk beristirahat dan musala untuk beribadah. Tersedia juga toilet umum untuk pengunjung.

Wahana-wahana juga telah banyak tersedia untuk pengunjung di segala usia. Wisata keluarga ini menyediakan taman bermain yang menawarkan konsep edukasi dan ketangkasan. Juga beberapa wahana-wahana untuk anak-anak yang dapat dinikmati secara gratis. Wahana gratis tersebut misalnya dreamland dan playground.

Terdapat juga banyak spot-spot foto yang sudah tentu akan memuaskan para pengunjung yang hunting spot foto. Ada juga banyak lapak-lapak yang menjual makanan-makanan baik yang tradisional maupun yang kekinian. Selain itu ada lapak-lapak lainnya yang menjual berbagai pernah-pernik sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Taman Ghanjaran Trawas menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini banyak dikunjungi. Dengan berbagai wahana yang ada dan suasana yang nyaman membuat Anda tidak akan cukup untuk hanya datang satu kali saja. Anda juga dapat mengajak anak-anak berlibur di taman wisata ini untuk menikmati berbagai wahana edukasi yang menyenangkan.