10 Tempat Wisata di Kolaka Timur Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Kolaka Timur

Untuk kamu yang sedang bingung menentukan tujuan liburan, kamu bisa masukkan kota Kolaka dalam list liburanmu. Kolaka Timur merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang memiliki pemandangan alam yang mempesona. Dijamin kamu tak akan menyesal merencanakan ke tempat satu ini. Kamu bisa merasakan indahnya gunungnya, birunya pantainya serta hutan dan semua hal yang masih asri.

Jika ingin berkunjung ke Sulawesi Tenggara, berikut ada 10 tempat wisata di Kolaka Timur yang populer di kunjungi wisatawan.

1. Gunung Mekongga

Gunung Mekongga

Image Credit: Dagrinizar.blogspot.com

Gunung satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi mendaki. Pasalnya gunung ini sangat menantang karena untuk sampai ke puncak kamu butuh waktu hingga 5 hari.Hutannya yang masih asri di tambah pemandangan di atas puncaknya akan membuat kamu terpesona. Nama Gunung ini sendiri di ambil dari Burung Raksasa yang bernama Kongga. Dimana burung ini dibunuh karena keberadaannya meresahkan masyarakat yang tinggal disekitarnya.

Lokasi: Alaaha, Kec. Uluiwoi, Kab. Kolaka Timur.

2. Puncak Ostar

Puncak Ostar

Image Credit: Penulismudaunusra.wordpress.com

Puncak Ostar menjadi salah satu destinasi yang tidak  boleh kamu skip. Bahkan tempat wisata satu ini tidak pernah sepi pengunjung terutama ketika liburan telah tiba. Kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dari ketinggian yang nampak cantik dan mempesona. Belum lagi udara di Puncak Ostar begitu segar dan sejuk, bisa dipastikan kamu akan betah berada di Puncak ini. Jalanan yang dikelilingi dengan pegunungan juga menambah daya tariknya.

Rata rata pengunjung yang datang ke tempat wisata ini adalah muda mudi. Sebab selain memiliki panorama yang indah, Puncak Ostar juga memiliki spot foto yang melimpah.Ketika menjelang malam beberapa spot akan dihiasi dengan lampu bewarna warni. Jika kamu ingin melihat dan menikmati keindahan ini lebih lama, kamu bisa berkemah. Menariknya untuk menikmati semua pahatan Tuhan ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp. 10 ribu saja.

BACA:  15 Tempat Wisata di Kendari Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Simbune, Kec. Tirawuta, Kab. Kolaka Timur.

3. Air Terjun Uluiwoi

Air Terjun Uluwoi

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Air terjun yang dimiliki oleh Kolaka Timur juga tidak boleh kamu lewatkan. Aor Trjun Uluiwoi ini merupakan air terjun yang letaknya berada di tengah hutan. Sudah dipastikan jika air terjun ini masih terjaga kealamian dan juga keasriannya. Memang semua yang indah harus ada perjuangannya. Kamu harus melakukan perjalanan sekitar 5 jam untuk sampai di Air Terjun ini. Semua lelahmu akan terbayarkan jika sudah melihat keindahan air terjun ini.

Airnya yang jernih dan dingin mengundang siapa saja untuk berenang atau bermain air. Apalagi lokasinya yang berada di hutan membuat air terjun Uluiwoi ini memiliki udara yang sejuk dan juga segar. Sembari menikmati udara, air dan juga melepas lelah, tak ada salahnya kamu membuka bekal perjalananmu. Memang selama melakukan perjalanan ini kamu harus membawa bekal, karena kamu tidak akan menemui penjual makanan di tengah hutan.

Lokasi: Likuwalanapo, Kec. Ueesi, Kab. Kolaka Timur.

4. Pantai Mandra

Pantai Mandra

Image Credit: Butonpos.fajar.co.id

Pantai Mandra menjadi pantai yang harus kamu kunjungi ketika menginjakkan kaki di Kolaka Timur. Pantai ini sudah menjadi ikon wisata sekaligus menawarkan landcape pemandangan yang mengagumkan. Pantai satu ini menjadi pantai yang tidak pernah sepi pengunjung terutama ketika pagi atau sore hari. Di sepanjang pantai ini kamu bisa menemui berbagai pedagang yang menjajakan makanannya. Kebanyakan merupakan olahan seafood.

Sehingga mengunjungi pantai ini tidak hanya untuk menikmati pemandangan dan menghilangkan stress. Sembari menikmati panorama yang tersaji kamu juga bisa bercengkrama sekaligus berwisata kuliner. Masuk ke Pantai Mandra juga tidak dikenakan biaya masuk atau tiket. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir yang harganya tidak mahal. Inilah mengapa Pantai Mandra menjadi favorit dan selalu ramai pengunjung.

BACA:  10 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Paling Hits

Lokasi: Lamokato, Kec. Kolaka, Kab. Kolaka.

5. Taman Rekreasi Puncak Mowewe

Taman Rekreasi Puncak Mowewe

Image Credit: Facebook.com @PuncakMoweweKolakaTimur

Tempat wisata satu ini memang belum lama dibuka, namun sudah mencuri perhatian. Yang ditawarkan dari wisata ini tentu saja pemandangan dari ketinggian yang sangat indah dan menyejukkan mata. Udaranya yang sejuk juga menjadi nilai plus yang akan membuat kamu betah berlama lama di tempat ini. Menariknya lagi, fasilitas di Puncak Mowewe ini terbilang lengkap. Kamu bahkan bisa sambil makan untuk menikmati pemandangan yang ada.

Lokasi: Jl. Poros Kolaka – Kendari Km. 30 , Horodopi, Kec. Mowewe, Kab. Kolaka Timur.

6. Hutan Pinus Sorombipi

Hutan Pinus Sorombipi

Image Credit: Indahnyapuncakpinussorombipi.blogspot.com

Di Kolaka Timur kamu juga bisa menikmati rindangnya hutan pinus. Hutan Pinus Sorombipi merupakan salah satu tempat yang strategis dan tak pernah sepi pengunjung. Bersantai di hammock atau gazebo menjadi aktivitas pengusir stress yang menyenangkan. Jika memang ingin menikmati waktu lebih panjang, kamu bisa mendirikan tenda di perkemahan yang ada. Tiket masuk hutan pinus ini juga terjangkau sekitar Rp. 10 ribuan saja.

Lokasi: Lalingato, Kec. Tirawuta, Kab. Kolaka.

7. Air Terjun Tetewa

Air Terjun Tetewa

Image Credit: Detik.com

Air terjun Tetewa atau yang juga sering disebut Waterpark Tetewa ini menawarkan pemandangan air terjun yang berbeda. Air terjun ini sangat unik karena jumlahnya yang mengikuti musim. Bagaimana tidak ketika musim kemarau kamu hanya bisa melihat air terjun sebanyak 20 buah di sepanjang sungai 300 m ini. Namun ketika musim penghujan tiba, jumlah air terjunnya sangat banyak bahkan hingga ratusan.

Air terjun ini keluar dari berbatuan cadas di tebing di daerah tersebut. Kamu bisa menikmati pemandangan ini dengan menggunakan perahu karet. Waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun Tetewa ini adalah ketika siang hari. Saat pagi hari kawasan ini sering berkabut dan juga memiliki suhu yang lebih dingin. Namun untuk menuju lokasi dibutuhkan perjuangan yang cukup panjang, pastinya air terjun ini masih terjaga dan tak akan membuatmu kecewa.

BACA:  Pulau Bokori, Destinasi Bahari Nan Eksotis di Sulawesi Tenggara

Lokasi: Likuwalanapo, Kec. Ueesi, Kab. Kolaka Timur.

8. Pulau Madamarang

Pulau Padamarang

Image Credit: Jalanwisata.id

Pulau satu ini juga tidak boleh tidak ada dalam list liburan kamu. Kamu akan mendapatkan pengalaman menikmati bahari yang tidak akan terlupakan. Pulau ini cukup populer namun masih belum banyak yang mengunjunginya. Pasir putih di kawasan pantainya lengkap dengan jernihnya airnya menjadi nilai plusnya. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang akan sangat cocok untuk kegiatan snorkeling maupun diving di pulau ini.

Lokasi: Towua I, Kec. Wundulako, Kab. Kolaka.

9. Pantai Pitura

Pantai Pitura

Image Credit: Tokopedia.com

Pemandangan pantai yang dimiliki Kolaka memang kebanyakan masih sangat asri dan cantik. Begitu juga dengan pantai Pitura yang tak akan membuatmu menyesal. Ombaknya yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk melakukan beragam aktivitas di air. Memang pantai ini tidak memiliki pasir putih, namun pasirnya bewarna kecolkatan yang juga lembut. Mengunjungi pantai ini selain indah, kamu bisa melakukan berbagai hal menyenangkan.

Lokasi: Wolulu, Kec. Watubangga, Kab. Kolaka.

10. Baros Farm House

Baros Farm House

Image Credit: Facebook.com @Baros-Farm-House-Tawainalu-Koltim

Baros Farm House merupakan pemadian yang airnya sangat jernih dan bewarna kebiruan. Pemandangan yang ada disekelilingnya juga nampak indah dan juga rindang. Selain memiliki banyak wahana permainan, ada juga garden kids untuk sang buah hati. Kamu yang masih betah dan ingin berlama lama juga bisa menginap di Villanya. Fasilitas yang ada di tempat ini memang cukup lengkap sehingga akan membuat kamu semakin nyaman.

Lokasi: Tawainalu, Kec. Tirawuta, Kab. Kolaka.

Liburan yang menyenangkan tidak hanya pergi ke taman hiburan. Mengunjungi tempat yang memiliki keindahan alam yang memukau juga patut untuk dilakukan. Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman sekaligus momen liburan yang tak terlupakan, Kolaka Timur harus masuk daftar destinasi wisata Anda. Menjadi semakin menyenangkan jika perjalanan kamu, dilakukan dengan keluarga atau teman-teman.