10 Wisata Pantai di Bandung

Wisata Pantai Bandung

Bandung merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi wisata. Ibukota Jawa Barat ini berhawa sejuk dan tidak semacet Jakarta. Alhasil, banyak wisatawan yang tertarik datang ke kota ini untuk menghabiskan waktu liburannya. Bagaimana dengan wisata pantai? Tentu saja Bandung memiliki potensi wisata pantai. Hanya saja, lokasinya tidak tepat berada di kota Bandung.

Di mana sajakah pantai-pantai yang lokasinya dekat dengan kota Bandung? Di bawah ini kalian akan lihat daftarnya. Semua wisata pantai di bawah ini bisa ditempuh dengan waktu kira-kira dua hingga enam jam dari pusat kota Bandung. Jika memang ingin berwisata ke pantai saat liburan di Bandung, semua lokasi di bawah ini nanti cocok dijadikan pilihan.

Nah, untuk kalian yang merencanakan liburan ke Bandung dalam waktu dekat ini dan memasukkan pantai dalam salah satu daftar tempat yang harus dikunjungi, baca dulu informasi tentang pantai-pantai di bawah ini. Tentunya, semua pantai yang dekat dengan Bandung ini akan membuat liburan kalian tambah seru dan menarik. Ini dia daftarnya.

Daftar Pantai Terbaik Paling Dekat dengan Bandung, Jawa Barat

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Lokasi: Pantai Santolo, Kec. Cikelet, Kab. Garut. – Image Credit by Wikipedia.org

Pantai Santolo terletak di Garut yang notabenenya tidak jauh dari Bandung. Wisata pantai yang satu ini memang terkenal sekali di kalangan orang-orang Bandung atau wisatawan yang datang ke Kota Kembang dan mencari lokasi pantai untuk berlibur. Di pantai ini, suasananya sangat asri dan panoramanya indah, apalagi jika bertepatan dengan momen sunset.

Di pantai yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 5 jam dari Kota Bandung ini, kalian juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain pasir putih dan juga berenang di tepian pantai. Pokoknya, Pantai Santolo ini merupakan salah satu pantai yang wajib sekali dikunjungi ketika kalian main ke Jawa Barat.

2. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut. – Image Credit by Digarut.com

Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Sentolo. Hanya saja, untuk bisa sampai di pantai ini, kalian harus terlebih dahulu mengunjungi Pantai Sentolo, kemudian kalian nanti harus menyeberang menggunakan perahu untuk menuju ke Pantai Sayang Heulang ini. Proses penyebrangan inilah yang unik dan sangat menarik.

Kalian akan disuguhi pemandangan pantai nan indah selama perjalanan menyebrang dari Pantai Sentolo ke Pantai Sayang Heulang. Pantainya sendiri tidak akan mengecewakan kalian begitu sampai di sana. Suasananya tenang. Tidak banyak wisatawan yang memadati pantai dan tentu suasana ini cocok untuk menenangkan diri dan melepas beban aktifitas sejenak.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut. – Image Credit by Topijelajah.com

Kalau kalian mau wisata kuliner sekaligus wisata pantai, Pantai Rancabuaya menjadi pilihan yang tepat. Pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan alam yang indah, terutama di malam hari ketika langitnya dipenuhi oleh banyak bintang. Selain itu, pantai ini juga merupakan pusatnya kuliner pantai, dengan seafood dan menu bakar-bakaran yang menjadi andalannya.

Orang-orang kebanyakan datang ke pantai ini ketika hari mendekati senja. Sunset atau matahari terbenam di pantai ini memang terlihat sangat indah dan disitulah biasanya orang-orang akan menikmati keindahan pantai ini sambil menikmati wisata kuliner. Pantai eksotis ini memang cocok dikunjungi saat liburan ke Bandung bersama dengan keluarga.

4. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Lokasi: Pesona Sawarna Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir, Kec. Sawarna, Kab. Lebak. – Image Credit by Wikipedia.org

Salah satu pemandangan yang kerap kali ditemui di pantai adalah hamparan batu karang. Kalau kalian ada di Jawa Barat, tepatnya di daerah Sawarna, ada satu pantai yang menyuguhkan pemandangan batu karang yang sungguh spektakuler. Namanya adalah Pantai Tanjung Layar. Di pantai dengan hamparan pasir putih nan luas ini, terbentang puluhan batu karang yang berdiri kokoh.

Batu-batu karang berukuran besar ini membuat suasana pantai menjadi unik dan eksotis. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang memadati pantai ini dan melakukan selfie dengan background batu-batu karang tadi. Kalau kalian suka selfie juga, jangan lupa kunjungi pantai yang satu ini, ya.

5. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak. – Image Credit by Wisatabanten.com

Pantai Ciantir ini terletak dekat dengan Tanjung Anyer. Jika kalian berada di Bandung, akan butuh waktu sekitar 6 hingga 7 jam dari sana untuk sampai ke pantai yang indah ini. Pantai Ciantir memiliki banyak potensi wisata, termasuk pemandangannya yang indah dan hamparan pasir putih yang membuat suasananya mirip dengan pantai-pantai di Bali.

Pantai ini terbilang masih sangat alami sehingga cocok untuk berwisata dengan tenang. Kalau kamu mau main ke pantai tapi tidak suka dengan suasana pantai yang ramai dan padat pengunjung, Pantai Ciantir inilah jawabannya. Lokasinya tidak jauh dari Bandung dan tentunya cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata pantai saat wisata bersama keluarga.

6. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. – Image Credit by Mytrip123.com

Pantai Pangandaran sudah bukan tempat wisata yang asing lagi bagi orang-orang Indonesia. Bahkan wisatawan mancanegara pun sering mengunjungi pantai indah ini. Di pantai ini, ada banyak sekali fastilitas yang memanjakan pengunjung, termasuk hotel dan penginapan yang memudahkan akomodasi para wisatawan.

Ada juga banyak restoran, warung makan, dan food court baik di pantai maupun di sekitar pantai. Pantai dengan hamparan laut biru nan cantik ini memiliki pemandangan yang sangat indah pada saat matahari terbit dan tenggelam. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang di momen-momen tersebut. Pantai ini termasuk salah satu wisata andalan Jawa Barat hingga hari ini.

7. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi. – Image Credit by Iinsquall.wordpress.com

Pantai Pangumbahan ini lokasinya ada di Sukabumi. Di pantai ini, wisatawan akan disuguhi dengan hamparan batu karang dan juga hamparan pasir putih yang sangat indah. Hal yang paling menarik wisatawan di pantai ini adalah penangkaran penyu. Ya, di pantai ini ada pusat penangkaran penyu yang bisa dikunjungi oleh siapa saja, termasuk wisatawan.

Penyu-penyu berukuran kecil yang baru menetas akan dirawat dulu sebelum nanti dilepaskan ke laut lepas. Tak heran jika Pantau Pangumbahan ini cocok dijadikan sebagai wisata pantai keluarga di mana anak-anak kecil bisa berlibur sambil belajar tentang hewan-hewan laut, terutama tentang penyu.

8. Pantai Kepulauan Seribu

Pantai Kepulauan Seribu

Lokasi: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu, Kab. Kepulauan Seribu. – Image Credit by Blibli.com

Pantai Kepulauan Seribu ini lokasinya bisa dibilang tidak terlalu jauh dari Bandung juga. Alhasil, banyak wisatawan yang datang ke Bandung dan lanjut liburan ke pantai ini setelah jalan-jalan keliling Bandung. Pantai ini memiliki banyak resort dan juga pusat-pusat kuliner. Inilah mengapa pantai yang satu ini kerap kali digunakan sebagai tujuan wisata.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu yang lama menginap di pantai, pantai ini terbilang cocok. Selain pemandangan yang indah, di pantai ini wisatawan juga biasanya akan ditawari dengan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti menaiki kapal dan berkeliling pantai atau kegiatan menyelam di pinggir-pinggir pantai. Pokoknya, pantai yang satu ini sangat cocok untuk liburan.

9. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Lokasi: Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi. – Image Credit by Dloob-online.com

Pantai Ujung Genteng terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Kira-kira membutuhkan waktu 6 jam jika ingin sampai ke pantai ini dari Bandung. Suasana pantai ini sangat asri, tenang, dan tidak terlalu padat wisatawan. Biasanya, pantai ini hanya dipenuhi oleh nelayan-nelayan sekitar (nelayan lokal) yang mencari ikan sebagai mata pencaharian utamanya.

Di pantai ini, selain melihat-lihat pemandangan, kalian juga bisa belanja ikan. Pantai ini memang pusatnya pelelangan ikan. Ikan-ikannya fresh, langsung dari nelayan yang baru saja pulang melaut. Di sini juga terdapat beberapa warung yang menyediakan jasa memasak ikan-ikan yang baru saja dibeli tadi. Menarik, bukan?

10. Pantai Peucang

Pantai Peucang

Lokasi: Selat Panaitan, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang. – Image Credit by Voinews.id

Pantai yang satu ini terbilang sangat indah pemandangannya. Tak heran jika pantai ini bahkan masuk dalam daftar UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Pemandangan pantai ini memang luar biasa indah. Ada hamparan pasir putih dan laut biru yang membentang.

Di sini juga ada banyak fasilitas untuk wisatawan, terutama bagi mereka yang ingin bersantai di pantai. Bagi kalian yang datang ke pantai ini, datanglah menjelang matahari terbenam alias saat senja datang. Dijamin, pemandangan pantai di sini akan semakin keren dan menarik.

Nah, sudah tahu bukan di mana saja ada pantai yang bisa dikunjungi saat kalian berada di Bandung? Wisata pantai memang masih menjadi pilihan hiburan hingga sekarang ini. Panorama pantai yang indah dan juga pasir putih serta laut biru yang membentang tentunya membuat wisatawan rileks dan senang berwisata di sana setiap harinya.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Muara Enim
12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Lahat
16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi