Cyprus adalah salah satu negara yang berada di Timur Tengah. Negara ini bertetangga dengan Turki, Mesir, Lebanon, dan Israel. Negara yang memiliki ibu kota Nikosia ini memiliki banyak kuliner terkenal yang sukses menggoyang lidah mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, makanan penutup, sampai kudapan yang begitu lezat.

Beberapa negara yang berpengaruh kuat terhadap hidangan Cyprus antara lain Libanon, Turki, Inggris dan Italia. Masyarakat setempat biasanya menggeluti bisnis di bidang kuliner dan sering sekali berkumpul mengitari meja bundar dengan berbagai cemilan diatasnya. Makanan khas utama di Cyprus didominasi oleh ikan dengan sentuhan minyak zaitun yang lekat. Berikut ini rekomendasi kuliner khas yang wajib Anda coba.

1. Souvlakia

Souvlakia
Image Credit: Twitter Clay Oven Joburg

Makanan khas Cyprus pertama yang wajib dicoba adalah souvlakia. Souvlakia ini merupakan makanan yang berbahan dasar daging yang dipotong kecil lalu di panggang dengan menggunakan tusuk sate. Biasanya souvlakia ini dihidangkan dengan salad yang segar. Souvlakia merupakan menu makanan khas andalan masyarakat Yunani.

Souvlakia ini biasanya dipadukan dengan roti pitta yang tipis bentuknya, dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan roti pitta yang ada di Yunani pada umumnya. Roti pitta ini semakin menambah cita rasa makanan khas satu ini.

Didesain dengan bentuk kantong untuk memasukkan beragam bahan dasar makanannya. Adapun bahan yang biasanya digunakan yaitu daging ayam atau babi yang disajikan dengan tambahan menu shefali. Ini adalah menu yang berasal dari bahan dasar sosis yang kemudian ditambah dengan bumbu, daging babi, atau daging domba yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang.

2. Meze

Meze
Image Credit: Twitter Louis Hotels

Kuliner khas Cyprus selanjutnya yang terkenal adalah Meze. Tidak lengkap rasanya, jika berwisata ke negara ini tidak mencicipi nikmatnya Meze. Meze bukan hanya merupakan makanan khas negara ini saja, namun juga menjadi kuliner khas Balkan, Yunani, Turki, hingga Eropa Timur. Meze adalah makanan yang berasal dari bahan dasar sayur maupun ikan dan juga daging.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Cyprus Buat Liburan

Meze merupakan hidangan pembuka yang wajib ada. Meskipun hanya makanan pembuka, namun nutrisi yang Anda peroleh dari hidangan ini terbilang cukup lengkap. Biasanya masyarakat lokal Cyprus mengolah Meze ini dengan memanfaatkan sumber daya alam yaitu ikan yang berada di Laut mediterania yang kemudian diolah menjadi makanan yang lezat, berupa Meze.

3. Halloumi

Halloumi
Image Credit: Twitter Cyprus Embassy in Helsinki

Tidak kalah populernya dengan makanan tradisional sebelumnya, Meze. Halloumi adalah makanan favorit masyarakat setempat dan sangat populer di Cyprus. Bahkan, Halloumi ini sangat identik dengan Cyprus. Cita rasanya yang di dominasi oleh teksturnya yang kenyal, asin, ringan dan berbahan dasar yang bermacam-macam, yakni daging domba atau dengan kentang goreng.

Makanan khas ini memiliki cita rasa yang cukup kuat pada kejunya. Keju yang ada pada makanan khas satu ini merupakan kombinasi antara susu domba dan kambing yang sebelumnya sudah mengalami proses penyetelan dengan menggunakan rennet.

Setiap bagian pada prosesnya sudah steril dari bakteri penyebab asam. Halloumi mempunya titik leleh yang cukup tinggi sehingga akan cocok untuk dihidangkan dengan cara digoreng maupun di panggang. supaya semakin sempurna, nikmat dan lezat, biasanya makanan khas satu ini ditambahkan irisan semangka supaya lebih segar.

4. Kleftiko

Kleftiko
Image Credit: Twitter Holidays in Cyprus

Makanan khas Cyprus selanjutnya adalah Kleftiko. Ada sedikit cerita yang tersimpan mengenai menu makanan yang satu ini. Kleftiko ini memiliki arti dicuri, yang secara historis ada orang yang mencuri daging tersebut, supaya tidak ketahuan lantas di masak dalam tanah dengan cara mengubur daging tersebut sehingga asap pun tidak mengepul serta tidak mengundang kecurigaan.

Kleftiko ini di masak dengan cara dimasukkan ke dalam oven putih tradisional selama berjam-jam lamanya. Kleftiko ini semakin nikmat dengan adanya tambahan ramuan bumbu oregano, daun salam, dan juga anggur merah. Dihidangkan bersama dengan kentang oven yang lezat, atau dengan gandum bulgar, yang dipadukan dengan tomat serta saus bawang merah.

5. Koupepia

Koupepia
Image Credit: Twitter Holidays in Cyprus

Koupepia merupakan makanan khas Asia Barat yang sangat disukai oleh masyarakat pedesaan dan menjadi menu andalan negara Turki, Yunani, Cyprus dan Timur Tengah. Bahan dasar pembuatan koupepia ini berasal dari bahan herbal seperti, tomat, bawang, daging cincang, dan beras. Bahan-bahan tersebut lalu diolah dan dijadikan sebagai bahan isian yang kemudian dibungkus dengan daun anggur segar.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Nicosia Buat Liburan

Proses produksi makanan khas satu ini biasanya dalam jumlah besar, dan bisa dikonsumsi di lain hari dengan cara dibekukan. Selain itu, ada juga isian yang berbentuk gemista yang pada umumnya terdiri dari bawang, tomat, cabai dan juga zukini. Kemudian isian tersebut dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam oven dengan ditambah minyak zaitun.

6. Stifado

Stifado
Image Credit: Twitter Elizabeth

Stifado adalah sajian khas Cyprus yang terkenal. Sama halnya dengan makanan khas lainnya, Stifado ini juga berbahan dasar daging. Bedanya makanan khas ini diberi tambahan siraman anggur merah dan bawang. Selain itu juga ditambahkan kayu manis serta cengkeh sehingga aromanya lebih kuat dan rasanya lebih sedap.

Resep ini oleh masyarakat lokal diyakini berasal dari Venesia yang dimana masyarakat Cyprus menambahkan sentuhan tomat segar pada abad ke-16. Cara masak Stefado ini cukup lama yaitu dilakukan selama berjam-jam dan ditambahkan nasi atau bulgur sebagai sajian.

7. Ttava

Ttava
Image Credit: Twitter Crypto_hopeful

Makanan khas Cyprus selanjutnya yang wajib di coba adalah Ttava. Dalam bahasa setempat, kata Ttava ini berarti pot yang terbuat dari tanah liat. Ini tidak lepas dari cara pelayanannya yang disajikan dalam bentuk wadah tersebut. Makanan ini berasal dari desa Lefkara yang di dalamnya terdapat banyak budaya tradisional yang bahkan sudah diakui secara global.

Ttavta ini merupakan makanan khas yang berbahan dasar daging domba yang lezat, kemudian dipadukan dengan kentang dan juga sayuran yang sehat. Selanjutnya daging domba tersebut dimasak dalam panci dan ditambahkan rempah yang kuat yaitu jinten, yang menambah cita rasanya.

8. Louvi

Louvi
Image Credit: Twitter Self Sufficient Schools

Louvi merupakan makanan pokok dari Negara Cyprus. Hidangan sederhana dan sehat ini berbahan dasar dari kacang bermata hitam, yang disajikan dengan cukini rebus atau lobak Swiss, minyak, garam, dan juga lemon. Meskipun kacang ini rendah lemak, namun kaya akan karbohidrat dan protein.

Louvi ini biasanya dimasak ketika sedang musim panas yang sangat terik di Cyprus. Tuna, mentimun, dan tomat sering disajikan sebagai lauk segar dengan flavuorful louvi. Banyak rumah tangga mempunyai kacang pada hari Senin dan Selasa, hal ini adalah budaya dan agama yang diwariskan dari generasi ke generasi. Louvi juga dapat dimakan sebagai salad dengan tomat, mentimun dan selada.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Cyprus Buat Liburan

9. Souvla

Souvla
Image Credit: Twitter Kopiaste

Souvla hampir mirip dalam melihat souvlakia, tetapi rasanya berbeda. Souvla ini berbahan dasar daging yang dipotong besar dan dimasak perlahan di atas tusuk sate besar di atas arang barbeque, yang dinamai foukou dalam bahasa Yunani.

Biasanya daging yang dimasak adalah leher dan bahu babi, domba, atau ayam. Makanan ini disebut sebagai raja hidangan daging di masakan Cyprus, karena sangat umum bahwa sekelompok teman sedang berkumpul untuk memasak souvla, sambil minum bir, ngemil dan mengobrol.

Souvla ini adalah makanan populer yang biasanya juga dimakan pada Minggu Paskah untuk merayakan akhir puasa dan biasanya juga dihidangkan dengan berbagai hidangan lainnya, seperti kentang dan salad.

10. Makaronia Tou Four Nou

Makaronia Tou Four Nou
Image Credit: Instagram my passion

Kuliner khas selanjutnya adalah Makoronia Tou Four Nou. Makanan ini bahan utamanya yaitu saus bechamel, daging babi yang dicincang dengan tomat, dan pasta. Kemudian diatasnya ditaburi dengan keju dengan bentuknya yang keriting sehingga memberikan rasa crispy crunch. Makanan ini di masak dalam oven dan diberi salad segar untuk menambah cita rasanya.

Makanan khas Cyprus tidak lepas dari bahan dasar daging, ikan dan rempah yang banyak. Perpaduan budaya Eropa, Asia dan Timur Tengah membuat kuliner yang ada di negara Cyprus ini terasa lezat dan bervariasi. Namun perlu diketahui bahwa kuliner khas negara ini tidak semuanya halal karena beberapa ada yang mengandung daging babi.