Berlibur merupakan kegiatan yang menyenangkan di sela-sela kesibukan. Akan lebih baik lagi jika anda berlibur di negara lain yang hits dan terkenal memiliki banyak destinasi wisata. Salah satu negara yang terkenal akan hal tersebut adalah Siprus. Ibukotanya yang bernama Nicosia selalu menjadi langganan wisatawan. Banyak sekali tempat wisata di Nicosia yang cocok sebagai tujuan liburan.

Tentu yang namanya merencanakan perjalanan wisata dengan tujuan di Indonesia dan luar negeri adalah tidak sama. Anda harus mempersiapkan lebih banyak barang untuk pergi ke Nicosia, termasuk pakaian yang sesuai dengan musim. Selain itu, anda yang perlu menyiapkan destinasi menarik agar tidak bingung saat sampai di sana. Berikut adalah daftar objek wisata paling recommended.

1. Leventis Municipal Museum of Nicosia

Leventis Municipal Museum of Nicosia
Image Credit: Google Maps S. 7

Spot pertama yang bisa anda temukan adalah sebuah museum yang dikenal dengan nama Leventis Municipal Museum of Nicosia. Spot tersebut merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi arkeologi, artefak, kostum, perhiasan, perabitan, dan berbagai peninggalan Nicosia sejak periode 3.000 tahun sebelum masehi.

Tempat menarik di Nicosia ini dikenal sejak era Chalcolithic yang kemudian berkembang ke arah era modern seperti sekarang. Seluruh perabotan yang ada di sana disimpan dan disusun dengan baik sehingga bisa dipelajari oleh setiap wisatawan. Dengan berkunjung ke sana, anda akan dibawa ke masa lalu Nicosia beberapa ratus tahun lalu. Museum ini dibuka pada tahun 1984 sehingga koleksi nya sangat banyak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ayiou Prokopiou, Nicosia, Siprus.

2. Selimiye Camii

Selimiye Camii
Image Credit: Google Maps Bernd U. aus B. an der S.

Selimiye Camii atau Masjid Selimiye merupakan spot wisata peninggalan Ottoman yang saat itu menguasai Kota Edime Turkey. Lokasinya berada di sekitar perpustakaan, rumah sakit, dan madrasah sehingga menjadi salah satu ikon yang tidak boleh sampai ketinggalan untuk anda kunjungi. Objek wisata ini sangat besar dan desainnya berbentuk lorong megah.

Anda bisa mampir dan menggunakan setiap sudutnya sebagai spot mengambil foto. Hal semacam ini sudah sangat lumrah, sehingga anda tidak perlu merasa sungkan. Masjid ini dan kompleks kulliye masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2011. Tidak heran jika spot ini selalu ramai dan menjadi destinasi utama perjalanan dari berbagai turis mancanegara.

BACA:  10 Makanan Khas Cyprus yang Terkenal dan Wajib Dicoba
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selimiye Sk, Lefkoşa, Siprus.

3. Famagusta Gate

Famagusta Gate
Image Credit: Google Maps Alexey Barkov

Famagusta Gate merupakan sebuah kota yang letaknya tidak jauh dari Siprus. Meskipun tidak tepat berada di Nocasia, namun perjalanan untuk sampai kesana tidak terlalu jauh. Kota tersebut dulunya dibangun pada tahun 300 masehi. Anda akan melihat bagaimana megahnya bagunan yang dulu digunakan oleh maysrakat setempat untuk tinggal dan bermindung.

Tempat ini memiliki bentuk arsitektur yang kuat dan kokoh karena ukurannya yang besar. Famagusta dulunya juga termasuk kota yang kaya karena menjadi pusat perdagangan. Banyak sekali kapal yang dulunya berlayar di sekitar lokasi. Kompleks gereja pun dibangun dengan gaya yang berbeda beda, tidak heran jika Famagusta dikenal sebagai distrik gereja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Athinas, Nicosia, Siprus.

4. Ledas Street

Ledas Street
Image Credit: Tripadvisor.com

Yang namanya perjalanan wisata pasti tidak asik jika tidak disertai dengan berburu oleh oleh atau berbelanja. Salah satu lokasi yang bisa anda kunjungi adalah Ledas street. Kawasan ini berada di pusat Nocasia sehingga bisa dengan mudah anda kunjungi. Anda akan menemukan banyak sekali souvenir atau barang barang unik yang patut untuk dibawa pulang.

Ledas Street ini juga dikelilingi dengan bangunan yang estetik di sisi kiri dan kanannya. Anda akan dibuat kagum dengan megahnya banguanna yang berada di Ledas street. Suasana akan semakin menyenangkan jika anda datang di sore hari. Masih di lokasi yang sama, anda juga akan menemukan Shollu Clas Tower yang yang berisi kafe versi lebih modern.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nikosia, Siprus.

5. Venetian Walls of Nicosia

Venetian Walls of Nicosia
Image Credit: Google Maps Cristian Mihai Ionescu

Venetian Walls of Nicosia adalah sebuah tembok tinggi di Asia Barat yang dibangun mengelilingi kota ini. Tembok tersebut dibangun sejak abad pertengahan dan sempat dihentikan. Kemudian dibangun kembali sepenuhnya saat masuk ke abad 16. Dinding ini masih utuh hingga sekarang dan penampakannya masih sangat terpelihara dengan baik.

Berkat alasan itulah yang membuat Venetian Walls of Nicosia mendapat jurulan sebagai benteng Renaisans paling terawat di kawasan Mediterania Timur. Akan sangat disayangkan jika anda tidak mampir. Usahakan untuk melihat tempat wisata bersejarah di Nicosia ini walaupun hanya sebentar. Kemudian abadikan di dalam foto sebagai kenang kenangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nikosia, Siprus.
BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Cyprus Buat Liburan

6. Athalassa National Forest Park

Athalassa National Forest Park
Image Credit: Google Maps Anna Athanassiou

Selain menjelajah unsur kebudayaan kota setempat, ada baiknya jika anda menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan alam di Nicosia. Salah satu rekomendasi terbaik jika anda merupakan pecinta lingkungan adalah Athalassa National Forest Park. Anda bisa jalan jalan dan menyusuri tepian sungai dengan leluasa.

Waktu terbaik bagi anda yang hendak mengeksplor lokasi terbaik adalah di pagi dan sore hari. Kondisi di sana bisa sejuk, namun ada kalanya menjadi panas tergantung musim. Perjalanan anda di sana akan terasa menyenangkan jika dilakukan bersama dengan teman teman atau rombongan tour yang lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aglantzia, Siprus.

7. Shacolas Tower Museum and Observatory

Shacolas Tower Museum and Observatory
Image Credit: Google Maps ΝΙΚΟΣ ΠΟΛΥΖΟΣ

Destinasi wisata berikutnya adalah shacolas tower museum and Observatory. Di dalam sana, anda dapat melihat ke setiap sisi kota dengan leluasa tanpa terhalang oleh bangunan apapun. Di dalam sana juga sudah ada fasilitas seperti touch screen yang menunjukkan peta. Masih di lokasi yang sama, anda juga bisa menemukan penjual souvenir.

Penjual tersebut akan menjajakan produknya hingga anda salah satu wisatawan yang membeli, namun anda tidak perlu ambil pusing karena keputusan untuk membeli barang atau tidak berada di tangan anda. Mampir ke Shacolas Tower Museum and Observatory juga menjadi aktivitas yang bersifat 2 in 1 karena anda tidak hanya menikmati pemandangan namun juga berbelanja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nicosia, Siprus.

8. Kykkos Monastery

Kykkos Monastery
Image Credit: Google Maps ΓΙΑΝΝΗΣ ΑΝΑΣΤΑΣΙΑΔΗΣ

Kykkos Monastery adalah sebuah biara ortodoks yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Desa Peludas. Tempat menarik di Nicosia ini terkenal sebagai biara paling kaya yang ada di Siprus. Mulanya, bangunan ini didirikan pada masa Kaisar Romawi Alexios I Komnenos. Periode belum menjabat adalah sekitar tahun 1081 hingga 1118.

Ketinggian biara ini sekitar 1.318 meter namun sayangnya banguan biara yang asli sudah tidak ada karena kebakaran. Kendati demikian, susana biara yang tenang dan bangunannya yang megah menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong. Di spot tersebut juga terdapat ikon bunda maria sehingga kerap dikunjungi oleh peziarah yang hendak beribadah.

BACA:  10 Makanan Khas Cyprus yang Terkenal dan Wajib Dicoba

Bagian dinding bangunan bukan hanya berupa batu bata yang disusun, namun juga dihiasi oleh mozaik mozaik cantik. Saat diperhatikan, mozaik tersebut erat kaitanya dengan unsur keagamaan. Anda bisa menggunakan tembok itu untuk mengambil foto yang estetik. Selama anda mengambil dengan sudut yang baik, maka hasilnya akan sempurna.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Biara Kykkos, Siprus.

9. Cyprus Classic Motorcycle Museum

Cyprus Classic Motorcycle Museum
Image Credit: Google Maps Артем Руденко

Ternyata club atau penggemar sepeda motor bukan hanya ada di Indonesia, namun juga di Cyprus. Bagi anda yang suka adegan hal hal berbau otomotif dan motor, maka tempat liburan yang direkomendasikan adalah Cyprus Classic Motorcycle Museum. Ada lebih dari 150 sepeda motor dari berbagai tahun dipamerkan di sana. Kabarnya, koleksi tertua mereka adalah motor tahun 1914 dan yang paling muda adalah tahun 1983.

Deretan sepeda ditata dengan baik sehingga terlihat sangat teratur dan terawat. Namin anda sebagai pengunjung tidak diperbolehkan untuk menaikan atau memegang sepeda. Anda hanya boleh melihatnya dari batas yang telah disediakan dan mengambil beberapa foto. Peraturan tidak boleh memegang juga sebenarnya cukup lumrah karena barang di sana masuk kategori antik dan langka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nicosia, Siprus.

10. Mevlevi Lodge Museum

Mevlevi Lodge Museum
Image Credit: Google Maps আবুবকর

Jika diperhatikan, maka destinasi wisata yang ada di Nicosia kebanyakan masuk dalam kategori wisata budaya. Banyak seklai museum dan bangunana bangunan tua. Demi menambah pengetahuan dan mengisi waktu, anda boleh mampir ke Mevlevi Lodge Museum. Bangunannya tidak kalah megah dan didalamnya berisi koleksi yang sangat beragam.

Destinasi ini juga cukup populer sehingga anda tidak akan kesulitan untuk bertemu dengan sesama wisatawan. Bahkan ada juga anak muda yang datang ke Nicosia hanya dengan ransel atau backpack. Anda bebas menjelajah apa saja saat berkunjung ke kota ini. Rasanya berkunjung ke Nicosia hanya satu hari tidak akan cukup.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girne Cd, Lefkoşa, Siprus.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang menarik di Nicosia, Cyprus. Namun sebelum berangkat, anda baiknya jika anda browsing untuk mengenal masing-masing destinasi secara lebih detail. Saat spot wisata yang hendak dituju memiliki rating yang baik, maka anda bisa segera mampir ke sana untuk menghemat waktu. Akan sangat disayangkan njia ternyata destinasi populernya terlewat begitu saja.