Menghabiskan waktu liburan di Oman merupakan suatu cita-cita bagi sebagian orang. Anda tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisata, tetapi juga berkesempatan untuk melakukan wisata kuliner di Oman. Negara satu ini merupakan bagian Arab yang menempati wilayah begitu strategis diantara teluk Persia dan berbagi batas laut Iran dengan Pakistan.

Selain itu, negara bagian yang satu ini juga berbatasan secara langsung dengan Uni Emirat Arab di Barat Laut, Arab Saudi di Bagian Barat dan Yaman di Barat Daya. Lokasi strategis ini menjadikan Oman memiliki budaya yang unik, dan berbagai hidangan tradisional yang sangat lezat, mulai dari kurma dan kopi hingga nasi daging panggang. Yuk simak apa saja makanan khas Oman yang lezat.

1. Shuwa

Shuwa
Image Credit: Twitter Gasky Group

Shuwa dalam bahasa Arab diartikan sebagai daging panggang. Schwa ini dianggap sebagai hidangan populer di Oman dan sering dimasak pada acara-acara khusus seperti Idul Fitri. Memasak hidangan Shukaku ini membutuhkan banyak waktu. Padahal, orang Oman biasanya memasak daging sejak hari pertama Idul Fitri dan memakannya pada hari kedua atau ketiga.

Untuk proses pembuatannya, shuwa ini direndam dalam rempah-rempah Oman, dibungkus dengan pisang dan daun palem, ditempatkan di oven pasir bawah tanah, dan shuwa dimasak perlahan selama satu atau dua hari. Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi banyak yang mengatakan Shukaku adalah salah satu hidangan terlezat yang ada di dunia.

Hidangan yang satu ini termasuk dalam makanan yang sangat istimewa karena disajikan dalam momen hari raya kemenangan umat islam. Untuk itu, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk bisa menikmati kelezatan dari makanan yang satu ini. Shuwa biasanya bisa ditemukan pada restoran atau tempat makan yang berada di kawasan destinasi wisata.

2. Tanggal

Pohon palem adalah salah satu perkebunan yang paling terlihat di Oman, menawarkan hasil kebun yang menarik dari semua ukuran, warna dan kelembutan dari berbagai tingkat. Tanggal merupakan makanan khas Oman yang ditawarkan kepada semua tamu berkunjung sebagai bagian dari keramahannya. Resep khas menggabungkan kurma kering dengan pasta wijen.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Oman yang Paling Diburu Wisatawan

Masyarakat juga umumnya menggunakan kurma untuk menyiapkan berbagai macam makanan penutup dan manisan. Anda bisa mencoba makanan yang unik satu ini ketika berada di Oman. Jenis makanan yang satu ini bisa anda jumpai pada toko kuliner di sekitaran negara ini. Tidak perlu khawatir karena hidangan ini mudah untuk didapat.

3. Kahwa

Kahwa
Image Credit: Facebook Chai Shai Oman

Kafuwa dalam bahasa Arab artinya Kopi. Cafe terkenal dengan rasa dan teksturnya. Jangan lupa pengolahannya saat menanam, memanen, mengeringkan, dan menyiapkan penyajiannya. Manset Oman biasanya dicampur dengan bubuk kapulaga. Seperti pohon kurma, kahwa adalah bagian penting dari keramahan Oman dengan disajikan halva.

Makanan ini dikenal sebagai sejenis makanan penutup. Kebanyakan orang Oman minum manset beberapa kali sehari, menyiapkan panci, dan terkadang membawanya saat mengunjungi tetangga. Makanan atau hidangan satu ini sudah menjadi ciri khas, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk bisa mendapatkannya di pusat kuliner Oman.

4. Roti Oman

Roti Oman
Image Credit: Twitter Zafran Cafe

Hidangan selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah dengan menikmati roti khas Oman. Makanan khas ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari untuk mengisi perut sebelum melakukan aktivitas. Anda juga bisa membawanya sebagai menu persiapan ketika sedang dalam perjalanan untuk mengunjungi destinasi wisata.

Sebenarnya ada beberapa jenis roti di Oman. Salah satunya biasanya tebal dan memiliki bentuk bulat besar. Ada sepotong roti lagi yang renyah, tipis, dan seukuran piring makan bundar kecil. Kebanyakan orang memanggang roti satu ini di rumah, dan beberapa lainnya menjual roti yang populer ini di restoran untuk disajikan dengan hidangan lainnya.

5. Meshkak

Meshkak
Image Credit: Twitter Fitz

Makanan dengan nama Meshkat ini juga dikenal sebagai kebab Oman dengan daging kambing atau daging ayam yang diasinkan, dipanggang di tusuk sate Biasanya Meshkat diasinkan dengan bumbu yang terbuat dari berbagai rempah, terutama rempah-rempah kari dengan roti. Anda perlu mencobanya ketika berada di kawasan wisata Oman.

Meshkat adalah hidangan khas Oman yang dimasak secara nasional, terutama selama perayaan. Meskipun begitu, makanan khas Asia Barat ini tetap bisa didapatkan dengan mudah walaupun tidak dalam momen perayaan. Mencoba makanan kebab khas Oman ini menjadi hal wajib yang perlu dilakukan. Untuk itu masukkan Meshkak dalam daftar kuliner anda.

6. Majboos

Majboos
Image Credit: Twitter Gasky Group

Hidangan berikutnya yang juga dikenal sebagai Majboos dan Kabsa adalah suatu hidangan nasi campur tradisional yang lahir di Arab dan sangat populer di Semenanjung Arab, terutama di negara-negara Teluk, termasuk Oman. Hidangan ini terdiri dari bahan-bahan berikut yaitu nasi diantaranya nasi basmati, lalu sayuran, lalu daging sapi atau kambing.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Muscat Buat Liburan

Selain itu juga dapat diganti dengan menggunakan daging ayam, dan campuran bumbu, dan sajikan di piring besar sebelum disantap secara merata. Hidangan makanan khas Oman ini terkadang disajikan dengan yogurt, salad hijau, roti tradisional, dan saus tomat. Anda bisa mencobanya ketika datang berwisata ke negara yang berada Timur Tengah satu ini.

7. Omani Laban dan Harees

Omani Laban dan Harees
Image Credit: Twitter Najette

Laban dalam bahasa arab diartikan sebagai susu asam. Omanilaban adalah minuman khas yang terbuat dari yogurt dan buttermilk. Laban adalah minuman asin populer yang disajikan di banyak bagian Oman, biasanya dibumbui dengan kapulaga, mint, atau jinten. Minuman ini dapat ditemukan di berbagai swalayan yang berada di negara ini.

Selanjutnya anda juga bisa menemukan Harees yang dikenal sebagai suatu hidangan khas tradisional Oman lainnya yang biasanya dimasak pada acara-acara khusus. Hidangan unik ini umumnya terbuat dari campuran gandum dan daging, membentuk semacam bubur dengan soba dan daging, biasanya bagi yang suka hidangan ini juga disertai dengan saus khusus.

Hidangan ini berisi sepiring daging kelinci yang dicampur dengan biji-bijian. Kelinci biasanya dibuat dari gandum kasar yang dicampur dengan mentega, air, daging, dan rempah-rempah Timur Tengah kemudian direndam semalaman. Banyak negara di kawasan ini menggunakan bahan-bahan lokal untuk membuat variasi berbeda dan memberi nama hidangan lokal.

8. Coklat Kurma

Coklat Kurma Oman
Image Credit: Twitter خالد الغريبي

Salah satu kurma Oman yang paling terkenal adalah coklat kurma. Proses ini terjadi karena banyaknya tanggal yang dibuat di negara ini. Oleh karena itu, banyak orang mengolah kurma ini menjadi makanan ringan yang disebut kurma coklat. Rasa manis coklat dan kurma asli merupakan kombinasi yang luar biasa di lidah dan enak untuk disantap di perjalanan.

9. Halwa

Halwa
Image Credit: Twitter Jafar

Halva berarti makanan khas sebagai penutup. Namun, halva juga merupakan nama manisan Oman dan sangat populer. Halva memiliki tekstur yang keras, lebih kental dari custard, berwarna coklat, namun tidak menggunakan bahan coklat. Bahan-bahan Halva adalah gula dan madu, serta air mawar, telur, dan beberapa rempah-rempah dan kacang Oman.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Muscat Buat Liburan

Halva ini biasanya disajikan dengan manset dan kurma. Orang-orang Oman menyajikannya dalam piring besar dengan beberapa sendok di sekitarnya sehingga para tamu dan pengunjung dapat berbagi rasa kelezatannya. Anda bisa menyantapnya bersama dengan keluarga di beberapa restoran yang tersedia ketika sedang berada dan berkunjung ke Oman.

10. Kurma

Kurma Oman
Image Credit: Twitter Dani – Valar Morghulis

Kurma dikenal sebagai salah satu buah yang diproduksi di banyak negara Timur Tengah, termasuk Oman. Jika Anda berwisata ke Timur Tengah, Anda akan selalu dimintai kencan sebagai oleh-oleh saat kembali ke Indonesia. Kurma juga dapat ditemukan di negara-negara Timur Tengah lainnya, tetapi rasanya tidak sempurna membawa kurma saat kedatangan dari Oman.

Rasa manis kurma dan tekstur aslinya membuat semua orang jatuh cinta dengan buah ini. Selain itu, jika Anda dapat memperoleh kurma segar dari Oman, keluarga dan kerabat Anda dijamin akan sangat bahagia. Karena itu, pastikan untuk membawa pulang makanan ini untuk teman atau bahkan pasangan Anda setelah datang ke Timur Tengah.

Itulah beberapa menakan khas Oman yang terkenal lezat dan wajib dicoba saat berkunjung. Wisata kuliner merupakan suatu hal yang menyenangkan dan wajib untuk dilakukan. Anda akan berkesempatan merasakan berbagai cita rasa yang ditawarkan oleh makanan khasnya. Masukkan makanan diatas dalam daftar hidangan yang perlu dicoba.