Yordania merupakan negara dengan standar pendidikan yang tinggi dengan tingkat melek huruf tertinggi di Timur Tengah. Yordania mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan, seperti kota Petra, Wadi Rum, Gunung Nebo, hingga Siq. Tentu saja semua destinasi wisata tersebut menarik untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Di tempat wisata tersebut banyak menyediakan berbagai fasilitas, seperti restoran, tempat membeli oleh-oleh, hingga penginapan. Namun, berlibur tanpa membeli buah tangan akan ada yang terasa kurang. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berburu berbagai oleh-oleh yang beraneka ragam khas Yordania yang terkenal unik dan juga estetik.

1. Perhiasan Suku Badui

Perhiasan Suku Badui
Image Credit: Facebook Julak Farah

Suku Badui merupakan suku nomaden yang berada di tanah Arab, mereka sering berpergian dengan unta dan tinggal di tenda berwarna merah atau hitam yang terbuat dari kulit kambing ataupun unta.

Wisatawan dapat menemui wisata seperti Wadi Rum dan Petra di Yordania, yang kerap dijadikan sebagai tempat tinggal mereka. Umumnya tenda memiliki ruang duduk yang cukup luas, dan sebuah toko kecil untuk menjual souvenir.

Perhiasan khas ini merupakan salah satu produk andalan mereka yang ditawarkan kepada wisatawan. Hampir sama seperti ketika berkunjung ke tempat wisata di India, di sini wisatawan juga dapat menemukan aneka perhiasan perak.

Desainnya pun sangat unik serta otentik. Salah satu perhiasan yang paling banyak diburu wisatawan adalah perhiasan yang terbuat dari koin. Perhiasan ini mengingatkan kepada Lambadis yang memiliki gaun dengan koin sebagai hiasannya.

2. Kohl dan Parfum

Kohl dan Parfum
Image Credit: Facebook Beky Machdan

Ketika berjalan melalui banyak tempat di gurun, anda mungkin dapat melihat suku-suku nomaden yang memakai pakaian berlapis dan tertutup. Satu-satunya bagian tubuh merekan yang terlihat adalah mata. Oleh karena itu, kohl menjadi bagian terpenting dari make up yang mereka gunakan.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Amman Buat Liburan

Wisatawan dapat melihat pria dan wanita Badui umumnya menggunaksn garis kohl yang begitu kuat dan tegas di sekitar mata mereka. Dan tentu saja wisatawan dapat membawanya sebagai oleh-oleh khas Yordania. Selain itu, tentunya parfum juga dapat anda jadikan sebagai hadiah untuk teman maupun keluarga.

Parfum Yordania memiliki bau khas dan juga tahan lama, jika tidak ingin parfum beraroma kuat. Wisatawan dapat memilih parfum yang memiliki bau harum yang lembut yang memikat. Anda juga dapat membeli parfum dalam kemasan botol kecil untuk dibawa sebagai oleh-oleh Yordania, ataupun sebagai kenang-kenangan dari negara ini.

3. Karya Seni Mozaik dan Keramik

Karya Seni Mozaik dan Keramik
Image Credit: Twitter JordanAllureTours

Karya seni mozaik terbuat dari potongan batu maupun keramik kecil yang sudah diatur sedemikian rupa hingga membentuk sebuah lukisan yang begitu indah. Inilah salah satu oleh-oleh khas Yordania yang wajib dibeli oleh wisatawan ketika berlibur ke Yordania.

Meskipun bisa dibeli di pertokoan, kios pinggir jalan, ataupun pasar. Namun ada sebuah tempat yang bernama Madaba. Di Madaba ini witawasan dapat menyaksikan begitu banyak karya mozaik yang estetik. Seperti mozaik tertua yang terdapat di lantai Gereja St George.

Di sepanjang jalan Madaba, wisatawan juga dapat melihat bengkel-bengkel kecil yang membuat lukisan mozaik. Selain mozaik, keramik juga dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik sebagai oleh-oleh. Keramik-keramik ini memiliki lukisan yang berbeda dan terlihat memiliki warna serta desain yang khas.

4. Lukisan Pasir dalam Botol

Lukisan Pasir dalam Botol
Image Credit: Facebook May Historycal

Salah satu souvenir yang paling terkenal dari Yordania, hampir di semua tempat wisata Asia Barat wisatawan dapat melihat para seniman mengisi botol-botol kaca dengan pasir berwarna.

Pasir berwarna-warni tersebut diisi ke dalam botol hingga menciptakan pemandangan yang begitu indah. Biasanya botol kaca yang bening akan membuat lukisan pasir terlihat lebih jelas, para seniman biasanya juga memilih pemandangan berupa unta di gurun pasir yang terlihat sangat cantik.

Lukisan pasir dalam botol ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari botol yang berukuran besar hingga terkecil seukuran dengan gantungan kunci. Lukisan ini tentu saja, sangat menarik untuk dibeli. Sebab hanya di Yordania wisatawan bisa membeli gantungan kunci dengan pasir aneka warna di dalamnya.

BACA:  10 Makanan Khas Yordania yang Terkenal & Wajib Dicoba

5. Ajloun Olive Oil

Ajloun Olive Oil
Image Credit: Facebook Hfaz Zaroor

Negara ini banyak memiliki pohon zaitun. Karena hal tersebut Yordania terkenal akan surganya pohon zaitun. Sehingga ketika sedang berlibur ke Yordania membeli Aljoun Olive Oil merupakan hal wajib yang harus di beli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ketika kembali ke tanah air.

6. Kefifyeh

Kefifyeh
Image Credit: Twitter jpd

Barang selanjutnya yang dapat anda beli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ketika sedang berkunjung ke Yordania adalah keffiyeh. Keffiyeh ini merupakan sebuah penutup kepala yang biasa dipakai oleh masyarakat timur tengah, seperti orang Arab ataupun Yordania.

Keffiyeh Yordania klasik memiliki pola kotak-kotak houndstooth: merah dan putih dipakai oleh orang Badui, hitam dan putih oleh orang Palestina. Beli masing-masing. Kefifyaeh ini banyak di tempat-tempat yang paling banyak dikunjungi di Yordania,

Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih bergaya, SEP Jordan membuat syal dan membungkus dengan gaya tradisional dan pelangi warna. Potongan etis dijahit menggunakan tangan oleh pengungsi wanita yang telahdidukung oleh perusahaan.

7. Coklat Khas Yordania

Coklat Khas Yordania
Image Credit: Facebook بالوطني بدعم بلدي – صنع في الأردن

Saat ini semakin banyak perusahaan yang membuat cokelat lokal di Yordania. Namun, ada dua tempat yang secara khusus mencerminkan budaya setempat. Yang pertama yaitu Jameed Chocolate, bahan yang digunakan tidaklah rahasia.

Dimana Chef Omar Sartawi menggunakan susu kambing lokal, yougurt yang sudah dikeringkan dan menjadi keju keras, sama dengan yang digunakan dalam hidangan nasional Yordania yaitu mansaf. Sedangkan yang kedua yaitu Ishq Artisan Chocolates, Zahira Haram membuat cokelat dengan indah serta rasa yang lebih modern.

Cokelat di tempat ini dipengaruhi oleh musim, bahan-bahan yang dipakai pun berasal dari dalam Yordania. Menariknya, Zahira Haram tidak menggunakan gula, melainkan bahan alami lainnya untuk memperoleh cita rasa manis pada cokelat.

8. Sabun Minyak Zaitun

Sabun Minyak Zaitun
Image Credit: Twitter Mel Jouzy

Oleh-oleh selanjutnya yaitu sabun minyak zaitun. Karena tingginya kualitas minyak zaitun yang tersedia di Yordania, maka terdapat beberapa sabun minyak zaitun yang hebat di pasaran dengan harga yang sangat pas di kantong. Anda bisa menemukan sabun kerajinan tangan lokal ini di supermarket Cozmo, seperti Dr. Mak, yang tersedia dalam bentuk batangan serta cair.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Yordania Buat Liburan

9. Rempah-Rempah Khas Yordania

Rempah-Rempah Khas Yordania
Image Credit: Twitter Jordan Tourism Board

Rempah- Rempah khas Yordania yang dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh adalah Sumac dan Za’atar. Sumac merupakan bumbu lemon dan asin warna anggur merah, sedangkan za’atar hadir dalam berbagai campuran, tetapi dasarnya adalah biji thyme dan wijen. Kedua rempah tersebut dapat ditambakan ke semua jenis hidangan.

Selain itu, tentu saja, mengambil garam dari Laut Mati selalu merupakan ide bagus untuk para koki dalam hidup Anda. Anda dapat membeli semua rempah-rempah ini di sebagian besar pasar mini dan supermarket. Namun, toko bumbu Kabatilo yang tersebar di sekitar Amman dikenal karena kualitasnya.

10. Manisan Arab

Manisan Arab
Image Credit: Twitter lilac bambi

Oleh-oleh selanjutnya yang dapat anda beli yaitu manisan arab khas timur tengah yang banyak di temukan di Yordania ini. Manisan arab ini diantaranya adalah, Baklava, Khunafa, Basbousa dan lain sebagainya.

Bakhlava merupakan makanan yang berupa lapisan pastry yang renyah dan memiliki cita rasa manis. Hal ini karena baklava dimasak diatas pinggan panas yang kemudian disajikan dengan siraman air sirup atau madu selain sebagai perekat setiap lapisannya.

Sedangkan Khunafa merupakan salah satu manisan arab yang memiliki tekstur renyah. Karena memiliki rasa manis dan gurih, membuatnya cepat digemari orang-orang dari berbagai negara.

Basbousa ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bika ambon. Makanan ini dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika kembali ke tanah air. Karena terbuat dari tepung semolina sebagai bahan utama dengan sirup berbahan dasar air kelapa untuk bahan pelengkapnya, makana ini memiliki rasa yang begitu unik.

Demikian daftar oleh-oleh khas Yordania yang dapat anda beli ketika sedang berlbur bersama keluarga atau teman dekat. Selain memiliki banyak tempat wisata yang indah, ternyata Yordania juga memiliki buah tangan yang tak kalah menarik, mulai dari perhiasan, rempah-rempah hingga makanan khas yang rasanya begitu lezat dan nikmat.