Langkawi menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini mulai banyak diminati oleh wisatawan selain Kuala Lumpur, Melaka, atau kota lainnya yang populer di Malaysia. Kota ini sendiri merupakan sebuah gugusan yang berada di barat negara bagian Perlis dan Kedah. Gugusan ini memiliki hingga 104 pulau dengan Pulau Langkawi sebagai pulau yang terbesar.

Salah satu pulau yang masuk distrik negara bagian Kedah ini memiliki banyak legenda-legenda dan juga keindahan alam yang eksotis. Oleh karena itulah, Langkawi yang memiliki sejarah panjang ini kini menjadi primadona wisatawan. Pasalnya, kepulauan ini menyimpan beragam destinasi-destinasi wisata menarik yang harus dikunjungi jika berada di Malaysia.

Salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan jika berada di Langkawi adalah pantai. Berada di kepulauan dengan keindahan alamnya, pantai disini sangat cantik. Selain itu, setiap pantainya memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri sehingga wisatawan dapat mengeksplorasi pantai demi pantai tanpa merasa bosan. Berikut beberapa pantai cantik yang berada di Langkawi.

1. Pantai Cenang

Pantai Cenang
Image Credit: Google Maps jean claude violy

Pantai Cenang merupakan pantai yang sangat populer dan wajib dikunjungi di Langkawi. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, pantai ini juga hidup dengan banyaknya hal-hal yang menarik yang dapat ditemukan. Pantai ini juga terkenal dengan kehidupan malamnya dengan cukup banyak bar dan lounge yang ada di sepanjang pesisir pantai.

Pantai Cenang memiliki pasir putih yang lembut dengan laut biru yang jernih. Pemandangan alam di sekitarnya juga sangat indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Ada cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Selain bersantai atau berjemur, wisatawan juga dapat bermain jet ski, banana boat, parasailing, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Wisatawan dapat mengunjungi destinasi-destinasi wisata lainnya yang berada tidak jauh dari Pantai Cenang. Salah satu yang sangat menarik adalah Underwater World Langkawi yang menjadi akuarium terbesar yang ada di Malaysia. Terdapat lebih dari 200 spesies baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Selain itu, ada juga The Rice Garden Museum, Mega Water Sports, dan masih banyak lainnya.

Berkuliner di pantai ini juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan. Ada cukup banyak restoran-restoran dan café-café yang menawarkan beragam menu yang lezat dan memanjakan lidah. Makanan yang tersedia juga tidak hanya makanan lokal, namun juga ada makanan dari Prancis, Italia, India, Mediterania, dan masih banyak yang lainnya dengan harga yang relatif terjangkau.

BACA:  25 Tempat Wisata Menarik di Malaysia Buat Liburan

Tidak perlu bingung juga untuk mencari oleh-oleh atau souvenir. Tersedia juga cukup banyak shopping centre di sekitar Pantai Cenang sehingga wisatawan dapat sepuasnya berwisata belanja. Tidak perlu juga terburu-buru karena wisatawan juga bisa bermalam di hotel maupun resort dengan beragam fasilitas, harganya sendiri dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Harga Tiket: RM 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lengkawai, Kedah, Malaysia.

2. Pantai Tanjung Rhu

Pantai Tanjung Rhu
Image Credit: Google Maps Mark Lee

Pantai Tanjung Rhu menjadi salah satu destinasi wisata pantai selanjutnya di Langkawi yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini menawarkan warna lautnya yang sangat jernih. Ada cukup banyak spot foto di Pantai Tanjung Rhu, juga tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu sambil bersantai dan rehat sejenak dari pekerjaan sehari-hari.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga sangat memadai, sehingga wisatawan dapat berlibur dengan nyaman. Sudah tersedia kamar ganti untuk wisatawan yang ingin bermain air, tempat ibadah, dan juga warung makan untuk mengisi perut. Warung makan yang tersedia juga memiliki beberapa menu dengan harga yang relatif terjangkau.

Pantai ini juga memiliki cukup banyak daya tarik, salah satunya adalah keindahan pemandangan bawah lautnya. Tidak heran pantai ini menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi bagi para pecinta kegiatan snorkeling. Wisatawan dapat sepuasnya melihat keindahan terumbu karang dan berenang bersama ikan-ikan berwarna-warni.

Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah banyaknya burung elang yang berterbangan bebas sehingga membuat suasana menjadi lebih alami. Tidak hanya itu, bebatuan kapur memiliki formasi yang mengagumkan, serta juga ada goa-goa yang dapat dieksplorasi. Tidak heran jika ada cukup banyak wisatawan yang datang baik dari Malaysia maupun dari mancanegara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langkawi, Kedah, Malaysia

3. Pantai Pasir Hitam

Pantai Pasir Hitam
Image Credit: Google Maps Liew Meng Seng

Sama seperti namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Cukup berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Langkawi, namun justru menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Sebenarnya pasirnya tidak benar-benar berwarna hitam, namun bercampur dengan warna pasir biasa.

Pasir yang berwarna hitam ini sendiri memiliki kandungan campuran zircon dan granit turmalin ilmenite. Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah kampung nelayan yang hanya berjarak 300 meter saja dari pesisir.

BACA:  15 Tempat Makan Menarik di Ipoh untuk Menikmati Kuliner Lezat

Selain itu, ada juga dermaga kuno di antara pemandangan pantai yang cantik. Dermaga ini memberi kesan sejarah. Pantai ini juga memiliki beberapa legenda seperti pasir hitam merupakan sisa pertempuran sosok Garuda dengan Pangeran Romawi dalam memperebutkan putri cantik dari China.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah dan menawan, pantai ini masih cukup sepi pengunjung. Namun, justru itulah yang membuat pantai ini cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Wisatawan dapat bersantai sambil menyusuri pantai sambil menikmati pasir yang tampak lebih hitam selama musim penghujan.

Pantai Pasir Hitam berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Rhu, hanya kurang lebih 2 km saja. Pantai ini sendiri juga cukup mudah untuk diakses, dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, juga bisa menggunakan kendaraan umum. Dari Bandar Kuah, wisatawan dapat menggunakan taksi maupun bus.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langkawi, Kedah, Malaysia

4. Pantai Tengah

Pantai Tengah
Image Credit: Instagram Marek Wedman

Pantai Tengah berada tidak jauh dari Pantai Cenang, pasir putih dan air lautnya juga memiliki kemiripan. Bedanya, pantai ini jauh lebih sepi dan tenang. Di sekitar pesisirnya terdapat banyak pepohonan seperti palem dan pohon kelapa sehingga membuat suasana menjadi teduh. Pantai ini sendiri sangat cocok sebagai tempat untuk berlibur bersama pasangan maupun keluarga.

Ada cukup banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh wisatawan jika berada di Pantai Tengah ini. Banyak wisatawan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri, melakukan kegiatan seperti parasailing, jet ski, dan banyak lainnya. Ada beberapa tempat di pesisir pantai ini yang juga cocok sebagai tempat untuk berenang, namun terkadang ada ubur-ubur sehingga harus berhati-hati.

Selain sangat indah dengan pemandangan alamnya, terdapat juga daya tarik lain dari Pantai Tengah. Salah satunya adalah adanya bebatuan di ujung utara pantai yang menjadi pemisah antara Pantai Tengah dengan Pantai Canang. Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, dapat juga mendaki bebatuan ini untuk melihat pemandangan pantai dari atas ketinggian.

Ada cukup banyak hotel dan resort di sekitar pantai bagi wisatawan yang ingin bermalam dengan harga dan fasilitas yang cukup bervariasi. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli berbagai barang souvenir untuk oleh-oleh. Beberapa barang yang dijual seperti baju, aksesoris, dan masih banyak lagi lainnya.

BACA:  15 Tempat Makan Menarik di Langkawi untuk Menikmati Kuliner Lezat
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langkawi, Kedah, Malaysia.

5. Pantai Pasir Tengkorak

Pantai Pasir Tengkorak
Image Credit: Google Maps Zuhaili Rasul

Pantai Pasir Tengkorak memang terdengar menyeramkan, namun sebenarnya menawarkan keindahan alam yang akan memanjakan mata para wisatawan. Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi jika berada di Langkawi. Tempatnya cukup terpencil dan sangat tenang sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri.

Nama dari pantai ini sendiri diambil dari cerita rakyat yang banyak tersebar dari masyarakat setempat. Menurut cerita, pernah terjadi badai yang mengakibatkan kapal-kapal yang melewati Selat Malaka rusak. Banyak awak kapal yang meninggal, kemudian tengkorak-tengkoraknya banyak yang tersapu ombak hingga ke pantai ini.

Meski ceritanya cukup kelam dan menakutkan, namun pantai ini sendiri memiliki pasir putih yang lembut dan indah. Lautnya yang biru menyegarkan mata yang memandang. Pantai ini juga memiliki bebatuan yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Keindahan alam ini masih ditambah dengan hutan lebat yang ada di sekitarnya sehingga tampak segar dan teduh.

Pantai ini sudah memiliki fasilitas seperti toilet dan kamar mandi. Dengan begitu, wisatawan tidak perlu bingung jika ingin membersihkan diri setelah puas bermain-main air di pesisir pantai. Selain itu ada juga gazebo dan meja-meja untuk beristirahat. Cocok juga sebagai tempat untuk berekreasi jika datang bersama keluarga.

Tidak ada restoran maupun warung di sekitar pantai, sehingga wisatawan harus membawa bekal dari rumah untuk mengisi perut. Akan tetapi, jika akhir pekan atau hari libur, biasanya akan ada cukup banyak pedagang kaki lima. Pantai ini merupakan destinasi murah meriah karena tidak ada tiket masuk, akan tetapi wisatawan harus cukup berhati-hati karena ada banyak monyet di sekitar pantai.

Harga Tiket: RM 12; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langkawi, Kedah, Malaysia.

Langkawi menjadi salah satu destinasi dengan banyak tempat wisata yang sangat menarik jika berada di Malaysia. Ada banyak destinasi-destinasi yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah pantai. Dengan berbagai keunikan tersendiri dan kegiatan-kegiatan seru yang dapat dilakukan membuat pantai cantik di Langkawi tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.