Jika membahas Afghanistan, yang terlintas di benak anda mungkin peperangannya. Namun siapa yang menyangka jika dibalik konfliknya, tersimpan banyak pesona yang luar biasa. Siapapun yang memiliki kesempatan singgah akan dibuat terpana. Anda bisa menemukan padang pasir luas dengan budaya masyarakat sekitar yang juga unik.

Cerita peperangan di beberapa dekade juga tidak luput jadi daya tarik tersendiri. Afghanistan menyimpan banyak cerita karena banyak yang singgah. Dari suku Neolitik di Lembah Indus, Alexander Agung, Persia Kuno dan lainnya. Dan berikut deretan tempat wisata menarik di Afganistan yang siap untuk membuat liburan anda makin seru.

1. Taman Nasional Band-e Amir

Taman Nasional Band-e Amir
Image Credit: Google Maps hakim ahmadi

Destinasi yang siap untuk membuat anda terpana yang pertama yakni kawasan Band E Amir. Ada banyak danau danau yang menakjubkan untuk anda saksikan. Dimana kawasan ini merupakan tujuan musim panas yang paling populer untuk turis. Menjadi Situs Taman Nasional Afghanistan yang pertama dan akan dibuka di bulan Maret sampai November pertengahan.

Perairan yang ada di danaunya dikatakan sebagai yang paling biru dan menyegarkan mata. Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik, mulai dari naik perahu angsa, mengunjungi kulit Hazrat Ali, berkemah dan juga mandi di air yang katanya bisa menyembuhkan. Apabila anda datang di selain musim panas, cuacanya akan sangat dingin.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bala Tang, Afganistan.

2. Broghol

Broghol
Image Credit: Google Maps SHUJAAT ALI

Situs panorama yang menawarkan pemandangan indah berikutnya yakni Broghol. Merupakan daerah lereng gunung Afghanistan, anda akan menikmati panorama yang indah. Banyak juga yang menyebutnya sebagai Dorah Pass atau jalur yang menyatukan antara provinsi Chitral dan Badakhshan. Aktivitas liburan yang bisa anda lakukan juga melimpah.

Salah satunya berkuda sembari menikmati panorama jajaran pegunungan megah. Anda juga bisa menemukan danau dengan air yang biru juga segar. Kawasan ini termasuk kawasan yang masih sunyi, sehingga cocok bagi anda yang ingin menikmati suasana tenang. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang tinggi juga jangan melewatkan kawasan wisata indah ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

3. Waduk Qargha

Waduk Qargha
Image Credit: Google Maps Najeebullah Najeeb

Jika anda berada di kawasan Kabul, anda bisa mengunjungi kota Qargha yang terbilang dekat. Dan anda akan menemukan Waduk Qargha yang menjadi destinasi wisata di Afganistan buat liburan yang menarik. Pemandangan yang bisa anda nikmati seperti sedang berada di tepi danau atau di tepi pantai yang begitu luas.

Selain memiliki pemandangan yang indah, waduk cantik ini juga menjadi sumber air bagi warga sekitar. Duduk di tepi waduk sembari menikmati indahnya akan membuat segala penat hilang. Atau anda juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling area waduk. Terdapat juga bukit yang bisa anda naiki, sehingga anda bisa melihat waduk dari atas ketinggian.

Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: Qargha, Kabul, Afghanistan.

4. Herat Citadel

Herat Citadel
Image Credit: Instagram Abdulsami Haidari

Herat Citadel berdiri menjulang di atas Kota Tua, dan juga menjadi saksi biru atas kemunduran Herat. Benteng ini menjadi salah satu bangunan paling tua di Herat yang juga peninggalan Alexander Agung. Karena itu benteng ini memiliki nama Citadel of Alexander. Lokasinya berada di bukit buatan dengan luas sekitar 250 meter.

Anda bisa mengagumi bangunannya yang memiliki 18 menara tinggi. Bangunan kokoh juga megah ini adalah bukti dari kekuatan militer Afghanistan saat itu. Di beberapa bagian benteng ada yang bisa dimasuki oleh pengunjung, seperti bagian atrium. Atau bisa di bagian halaman belakang yang bisa menikmati kemolekan dari Kota Herat.

Harga Tiket: 500 AFN; Map: Cek Lokasi
Alamat: Herat, Afganistan.

5. Garden Of Babur

Garden Of Babur
Image Credit: Google Maps Ishaq Salarzai

Garden of Babur adalah makam dari raja pertama Mughal dengan bangunan yang begitu megah juga luas. Sehingga situs ini menjadi tempat wisata menarik di Afganistan buat liburan yang banyak dikunjungi turis. Terdiri dari 15 teras, dimana makam dari Raja Mughal berada di teras yang ke 14. Anda bisa menemukan taman yang didesain dengan arsitektur rumit.

Bentuknya seperti teraspiring dengan rerumputan dan tumbuhan hijau di bagian tamannya. Anda juga bisa menemukan kolam yang saat ini berubah fungsi menjadi kolam renang bagi pengunjung. Tujuannya dibangun situs ini tentu saja sebagai cara untuk menghormati raja yang dihormati serta diagungkan tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Walkway, Kabul, Afganistan.

6. National Museum Of Afghanistan

National Museum Of Afghanistan
Image Credit: Google Maps Mattias Bengtsson Byström

Selain bangunan yang unik, wisatawan juga bisa menikmati museumnya. Anda tinggal mengarahkan kendaraan anda menuju National Museum of Afghanistan yang merupakan museum yang paling tua. Bagaimana tidak, museum ini sudah ada sejak tahun 1297. Anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar sejarah dan peradaban di Afghanistan.

Lengkap juga dengan berbagai koleksi bersejarah yang memang sengaja disimpan di dalam. Ada juga koleksi yang didapatkan dari berbagai belahan dunia. Seperti relik Buddha yang berasal dari Indonesia, dokumen Al Quran sampai dengan kerajinan perunggu dari Roma. Pengunjung juga bisa menemukan barang peninggalan dari kerajaan Afghanistan kuno.

Harga Tiket: 100 AFN; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darulaman Rd, Kabul, Afganistan.

7. Lembah Bamiyan

Lembah Bamiyan
Image Credit: Google Maps David Sussman Steinberg

Singgah di kawasan ini, anda akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati lanskap budaya juga sisa arkeologi dari Lembah Bamiyan. Karena Lembah Bamiyan memang mewakili perkembangan keagamaan di abad 1 sampai ke 13 dan juga perkembangan artistik. Anda akan menemukan banyak bangunan berbenteng dan tempat suci Buddha.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bamyan, Afganistan.

8. Shrine Of Hazrat Ali

Shrine Of Hazrat Ali
Image Credit: Instagram Mikhael Chai

Kuil Hazrat menjadi tempat wisata menarik selanjutnya yang sayang untuk anda lewatkan. Kuil menawan ini memiliki kubah biru di bagian atap yang menjadi ciri khasnya. Peziarah muslim banyak mendatangi masjid indah ini. Di dalam kuil anda juga bisa mengunjungi makam untuk ziarah.

Untuk anda yang Non Muslim memang tidak diijinkan untuk masuk ke dalam. Hanya bisa mengambil foto masjidnya dari bagian depan. Arsitektur kuilnya begitu menarik dijelajahi, anda akan menemukan marmer dengan warna putih, abu dan biru tosca yang menawan. Bagian interiornya begitu terawat dan indah, tak ada salahnya untuk beribadah di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: The Great Masoud St, Mazar-i-Sharif, Afganistan.

9. Minaret Of Jam

Minaret Of Jam
Image Credit: Google Maps Mohamamd Mohammadi

Minaret Of Jam merupakan warisan UNESCO yang ada di Ghor. Bangunannya dibuat dari batu bata panggang dan memiliki seni yang begitu rumit tapi indah. Pola pola geometris berpadu dengan ayat ayat al Quran akan membuat siapapun kagum. Hanya saja saat ini masuk dalam daftar wisata yang berbahaya untuk dikunjungi saat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dżam, Afganistan.

10. Pulkishti

Pulkishti
Image Credit: Google Maps Mujeeb Sediqi

Afghanistan memiliki banyak bangunan masjid cantik yang juga cocok untuk dijadikan tujuan wisata rohani. Seperti misalnya Pulkishti yang juga menjadi masjid paling besar di Kota Kabul. Konon masjid cantik ini dibangun oleh sahabat Rasulullah SAW, Abdurrahman bin Samrah. Sempat juga mengalami renovasi di tahun 1960 oleh Rajah Muhammad Zahir Syah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pul-e Kheshti Mosque, Kabul, Afganistan.

11. Mazar-i Sharif

Mazar-i Sharif
Image Credit: Google Maps Ishaq Salarzai

Mazar-i Sharif juga dikenal dengan nama Masjid Biru yang memiliki keindahan arsitektur luar biasa. Lokasinya ada di Distrik Mazar-i Sharif, tepatnya di Balkh. Layaknya oasa, bangunannya terlihat seperti menganbang. Pada dindingnya anda akan menemukan mozaik dari keramik. Ribuan merpati biasanya juga akan terlihat semakin mempercantik Masjid Biru.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mazari Sharif, Afghanistan.

12. Masjid Hijau

Masjid Hijau
Image Credit: Google Maps Shoja Naseri

Masih di Balkh, anda juga akan menemukan masjid unik lainnya yang bernama Masjid Hijau. Sabza Mosque memang memiliki kubah hijau yang menarik perhatian. Dindingnya terbuat dari batu bata dengan ukiran dan mozaik yang cantik. Keindahan inilah yang membuat masjid ini tidak pernah sepi pengunjung. Beberapa ilmuwan percaya jika masjid indah ini dibangun antara 1419 hingga 1421.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balkh, Afghanistan.

13. Istana Darul Aman

Istana Darul Aman
Image Credit: Google Maps hakim ahmadi

Memiliki arti sebagai tempat tinggal yang damai, Istana Darul Aman juga menjadi objek wisata hits di Afganistan buat liburan. Dibangun di sekitar 1919 dan 1929 atas perintah Amanullah Khan. Bangunannya cenderung bergaya Eropa dengan taman indah yang mengelilinginya. Di kota ini, anda juga akan menemukan banyak pemukiman bergaya Eropa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kabul, Afghanistan.

14. Lembah Panjshir

Lembah Panjshir
Image Credit: Google Maps Izat KHOGYANI

Lembah cantik ini berada di pertengahan utara, membutuhkan jarak 150 dari Kabul. Lokasinya dekat pegunungan Hindu Kush, sehingga anda sudah bisa membayangkan akan pegunungan cantik yang mengelilinginya. Kelokan Sungai Panjshir juga terlihat menawan. Saat ini ditinggali oleh lebih 140 ribu jiwa dan menjadi jantung dari Provinsi Panjshir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panjshir, Afghanistan.

15. Tempat Suci Khwaja Abdullah Ansari

Tempat Suci Khwaja Abdullah Ansari
Image Credit: Google Maps Firooz Amini

Bagi masyarakat Afghanistan, Khwaja Abdullah Ansari adalah tokoh Islam yang berpengaruh di masanya. Karena inilah warga Afghanistan masa itu membangun tempat suci dengan namanya. Bentuknya begitu unik dan juga memiliki pemandangan yang luar biasa. Tidak heran jika banyak pengunjung dari berbagai negara untuk berbondong bondong kesini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khaja Abdullah Ansari Rd, Herat, Afghanistan.

16. Kandahar

Kandahar
Image Credit: Google Maps aimal khan

Kandahar adalah tujuan wisata yang cocok bagi anda yang senang akan sejarah. Kota ini memang menyimpan sejarah yang luar biasa. Selain itu anda juga bisa menemukan Masjid Jubah Suci yang berlatar pegunungan. Prasasti unik seperti Mughal Babur lengkap dengan lanskap Chil Zina bisa anda nikmati. Kandahar adalah salah satu tempat wisata menarik di Afganistan buat liburan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandahar, Afghanistan.

17. Jalalabad

Jalalabad
Image Credit: Google Maps Khalid Ahsas

Kota selanjutnya yang bisa dijelajahi adalah Jalalabad. Anda bisa menelusuri zaman kuno di kota ini. Jika ingin berpetualang bisa menuju Pegunungan Safid dengan puncak bersalju. Selain itu juga bisa mengunjungi Makam Raja Amanullah Khan. Kebun jeruk dan taman hijau di Jalalabad juga cukup terkenal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalalabad, Afghanistan.

18. Samangan

Samangan
Image Credit: Google Maps ᴀᴘᴇx ᴘʀᴇᴅᴀᴛᴏʀ

Samangan menyimpan pesona yang tak kalah misterius, yakni kehadiran Takht i Rostam. Goa ini mengukir jalan dengan melalui pegunungan penuh debu. Diperkirakan bangunan ini ada di abad ke 4 atau ke 5 M. Bangunan ini menawarkan pesona masa lalu pra Muslim yang sudah mulai usang.

Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aybak, Afghanistan.

19. The Great Jamie Masjid

The Great Jamie Masjid
Image Credit: Google Maps Qudratullah Rahmati

Beberapa orang mengenal masjid menawan ini dengan sebutan Friday Mosque. Namun ternyata namanya adalah Masjid Besar Jamie. Berada di kota Herat, bangunan tempat ibadah ini begitu indah dan megah. Bagian dindingnya dibuat dengan cara tradisional yang sangat cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sultan Ghias Uddin Ghouri Rd, Herat, Afghanistan.

20. Gawhar Shad Madrasa and Mausoleum

Gawhar Shad Madrasa and Mausoleum
Image Credit: Facebook Appunti d’Oriente

Destinasi wisata menarik di Afganistan buat liburan ini menawarkan gaya Persian lampau yang begitu indah. Anda yang sedang di Herat jangan sampai melewatkan kemegahan bangunan ini. Baik bagian atap ataupun dindingnya begitu menawan, arsitekturnya lah yang menjadi daya tarik utama. Anda juga bisa menikmati taman sekitarnya yang tidak kalah indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Musalla Complex, ‎Herat, Afghanistan.

Berlibur ke Afghanistan memang tantangan tersendiri bagi wisatawan asing. Keindahan yang ditawarkan sejenak bisa melupakan bahwa negara ini termasuk kawasan konflik. Jika anda berniat untuk berkunjung, pastikan anda mencari informasi yang banyak. Terutama terkait tentang kondisi saat ini.