Siapa yang tidak bahagia ketika memiliki kesempatan untuk bisa liburan ke luar negeri? Tentu ada banyak orang yang memiliki impian untuk bisa menjelajah setiap negara. Jika anda memang berkesempatan, Bangladesh bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan. Karena ada beberapa tempat wisata menarik di Bangladesh yang cocok dijadikan tujuan liburan.

Bangladesh sendiri memang terkenal sebagai negara dengan wisata yang mengagumkan. Memiliki peradaban kuno antara Islam dan Budha membuat Bangladesh memiliki beberapa situs bersejarah. Merupakan negara yang beriklim tropis, lokasinya berdekatan dengan India dan Pakistan. Berikut beberapa destinasi yang bisa dikunjungi saat anda di Bangladesh.

1. Ahsan Manzil

Ahsan Manzil
Image Credit: Instagram Traveler ATIQ

Memulai perjalanan anda di negara yang memiliki sejarah agama unik ini, anda bisa menjadikan Ahsan Manzil sebagai tujuan pertama. Dikenal dengan nama Pink Palace karena memang bangunan megah ini memiliki warna pink yang cantik. Dahulu istana cantik ini menjadi tempat tinggal Keluarga Dhaka Nawab.

Berdiri megah di tepi Sungai Buriganga dan sudah ada sejak 1859. Menjadikan Ahsan Manzil sebagai tujuan liburan yang Instagramable. Pendirinya adalah Sheikh Enayet Ullah di era Mughal pada zaman dahulu dan beliau menjulukinya sebagai Istana Rongmohol. Dan memang di dalam bangunan yang indah ini, ada makam dari Sheikh Enayet Ullah.

Hanya saja yang bisa anda nikmati saat ini bukanlah desain asli, karena sempat mengalami kerusakan lantaran tornado. Dan Gobinda Chandra Roy mengawasi proyek pembangunan kembali istana indah ini. Tempat wisata saat ini menjadi Museum Nasional Dhaka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ahsanullah Rd, Dhaka, Bangladesh.

2. Somapura Mahavihara

Somapura Mahavihara
Image Credit: Google Maps md. mohsin rana

Selain menikmati pesona megah istana, anda juga bisa melakukan wisata religi. Situs peninggalan yang dimilikinya begitu unik, seperti misalnya Somapura Mahavihara. Situs peninggalan Buddha ini berada di urutan ke 8 dan menjadi situs yang penting. Walaupun desainnya sederhana, tetapi memiliki banyak ukiran yang cantik.

Tidak hanya berarti untuk agama Buddha, tetapi juga menjadi pusat bagi agama Hindu juga Jain. Dengan begitu wisatawan bisa menyaksikan bagaimana masing masing agama mempengaruhi arsitekturnya. Dimana masing masing ruangan akan mencerminkannya, mulai dari Dewa Jain di dinding utama, patung sakral umat Hindu dan karya seni terakota milik Budha.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Somapura Mahavihara, Bangladesh.

3. Kuil Dhaneshwari

Kuil Dhaneshwari
Image Credit: Google Maps Sudipto Roy

Objek wisata di Bangladesh yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Kuil Dhakershwari. Kuil yang berdiri kokoh ini memiliki bentuk bangunan yang begitu unik. Mungkin memang tidak semegah kuil lainnya, tetapi memiliki warna yang cantik. Hal inilah yang akhirnya banyak wisatawan datang untuk mengabadikan momen liburannya.

Diklaim sebagai tempat umat Hindu, kuil unik ini sudah ada sejak abad ke 12. Begitu memasuki kuil, anda juga akan menemukan bangunan kuil lainnya. Dan menariknya dari jenis arsitektur yang berbeda dan memang sempat mengalami beberapa renovasi. Spot yang paling favorit adalah area Kuil Shib yang berjajar empat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dhakeshwari Rd, Dhaka, Bangladesh.

4. Shopnopuri Artificial Amusement Park

Shopnopuri Artificial Amusement Park
Image Credit: Google Maps Sakib Reza

Selain wisata arsitekturnya yang kondang, ketika di Bangladesh, anda juga bisa mengunjungi taman bermain. Shop Puri Artificial Amusement Park merupakan taman bermain yang begitu kondang. Begitu anda tiba, anda akan disambut dengan dua patung besar bidadari putih. Dimana kedua patung tersebut juga menjadi ikon dari taman bermain hits ini.

Harga Tiket: 5 TK; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aftabgonj, Bangladesh.

5. Bangladesh National Museum

Bangladesh National Museum
Image Credit: Google Maps HAMIDUR RAHAMAN

Liburan juga bisa sekalian untuk menambah wawasan, seperti dengan datang ke destinasi sejarah di Bangladesh satu ini. Bangladesh National Museum akan mengajak anda untuk lebih mengenal sejarah dari Bangladesh. Diresmikan di tanggal 17 November tahun 1983, museum cantik ini juga termasuk yang terbesar di Asia Selatan.

Di dalam museum anda bisa menemukan berbagai koleksi. Terutama untuk pameran seni klasik, seni arkeolog juga kontemporer. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang etnografi, sejarah alam, sejarah sosial juga peradaban di dunia. Bangunannya juga begitu unik dengan taman luas yang berada di depannya.

Harga Tiket: 100 TK; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shahbagh Rd, Dhaka, Bangladesh.

6. Lalbagh Fort

Lalbagh Fort
Image Credit: Google Maps Khan Jahid Hasan

Bangladesh juga memiliki benteng cantik yang dibangun oleh Shaista Khan. Hanya saja ditinggalkan dalam kondisi setengah jadi lantaran mempercayai jika benteng tersebut telah dikutuk. Kendati tidak dalam kondisi bangunan, tetapi keindahannya tidak bisa diragukan. Ada tiga bangunan yang kondisi juga sudah lengkap, seperti Masjid Quilla, Diwan-i-Aam dan Mausoleum Pari Bibi.

Mausoleum Pari Bibi menjadi bangunan yang paling banyak dikunjungi. Dibangun dari marmer putih dan ada sebuah makan di tengahnya. Ketika bangunan yang telah jadi tersebut juga dikelilingi oleh taman yang menawan. Keindahan benteng ini menjadikan banyak orang yang mengambil foto di tempat wisata ini.

Harga Tiket: 200 TK; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lalbagh, Dhaka, Bangladesh.

7. Jatiya Sangsad Bhaban

Jatiya Sangsad Bhaban
Image Credit: Google Maps Neel Vromora

Bangunan yang juga menarik perhatian dan bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata adalah Jatiya Sangsad Bhaban. Bangunannya sendiri layaknya gedung putih di Amerika Serikat dan memang difungsikan sebagai gedung parlemen ibu kota Bangladesh, Dhaka. Memiliki arsitektur yang megah dengan dominasi garis asimetris.

Menjadikan bangunan dengan kesan futuristik yang kuat ini menarik perhatian wisatawan. Menggunakan batu bata abu abu, membuatnya terlihat semakin elegan sekaligus artistik. Yang membuatnya makin cantik, di sekeliling bangunan menjulang ini juga ada kolam air dan taman. Anda bisa berburu foto cantik saat sedang di Jatiya Sangsad Bhaban ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dhaka, Bangladesh.

8. Fantasy Kingdom

Fantasy Kingdom
Image Credit: Google Maps Shariful Islam

Fantasy Kingdom menjadi salah satu destinasi liburan terbaik bersama dengan si kecil. Tempat rekreasi andalan Bangladesh ini termasuk komplit dan menawarkan berbagai wahana. Mulai dari wahana air, replikasi bersejarah, wahana anak anak sampai dengan wahana ekstrim. Fasilitasnya terbilang lengkap, anda bahkan bisa menemukan penginapan yakni Atlantis Resort.

Harga Tiket: 380 TK; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dhaka – Ashulia Hwy, Jamgora, Bangladesh.

9. Pulau Santa Martin

Pulau Santa Martin
Image Credit: Google Maps Hossain Mohammad Mustahid

Menjadi pantai dengan garis pantai paling panjang di dunia, Pulau Santa Martin menjadi destinasi yang tidak boleh diabaikan. Menjadi primadona Bangladesh, anda tentu akan menikmati panorama lautan yang indah. Dan menariknya, wisata pantai indah ini hanya bisa anda kunjungi ketika Bangladesh ada di musim dingin.

Selain menikmati keindahan alamnya, anda juga bisa lebih mengenal masyarakat sekitar. Nantinya anda juga akan dikelilingi dengan batu karang yang sangat pas berpadu dengan birunya laut. Karena listrik belum masuk, saat malam hari anda justru bisa berburu milky way. Mengunjungi tempat wisata ini pasti akan berkesan bersama pasangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Martin’s Island, Bangladesh.

10. Hutan Rawa Ratargul

Hutan Rawa Ratargul
Image Credit: Google Maps Google View

Melanjutkan perjalanan ke wilayah Gowaingaht Upazila, anda akan menemukan hutan rawa yang begitu cantik. Saat musim tertentu hutan indah ini justru akan tenggelam tetapi dedaunannya begitu subur. Belum lagi jika anda beruntung juga bisa bertemu berbagai satwa khasnya. Menyusuri hutan rawa yang indah ini bisa dengan perahu yang pasti akan menyenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ratargul Swamp Forest, Bangladesh.

11. Danau Boga

Danau Boga
Image Credit: Google Maps Life on 2wheels

Selain pantai dan hutan, Bangladesh juga memiliki Danau yang bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan. Danau Boga memiliki luas sekitar 15 hektar dan berada di 1800 mdpl. Memiliki air danau yang berwarna biru, anda juga akan menemukan batu batu besar yang eksotis. Alam sekitarnya juga begitu asri, akan membuat anda ingin berlama lama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Boga, Bangladesh.

12. Pantai Guliakhali

Pantai Guliakhali
Image Credit: Google Maps Osama Bin Sufiullah

Tempat Wisata Menarik di Bangladesh ini juga tidak boleh absen dari daftar liburan anda. Pantai Guliakhali berbeda dengan pantai lainnya, anda tidak akan menemukan garis pantai panjang. Jutsu bukit bukit hijau yang tertutup rumput, seperti sedang di negeri dongeng. Ada lubang di sela bukit ini dan dipenuhi oleh air laut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sitakund – Golabaria Rd, Muradpur, Chattogram, Bangladesh.

13. Lembah Sajek

Lembah Sajek
Image Credit: Google Maps Taj-E-Solaiman Akanda

Lembah Sajek menjadi tujuan yang pas untuk anda yang ingin menikmati Bangladesh dari ketinggian. Perbukitan hijau dari pegunungan Kasalong akan menjadi daya tariknya. Dari atas bukit ini, anda juga akan melihat kelokan Sungai Mayni dan Sungai Kasolong. Perpaduan warna yang dihasilkan akan membuat siapapun jatuh hati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dighinala, Sajek, Bangladesh.

14. Jaflong

Jaflong
Image Credit: Google Maps Nahid ibna reza

Berada di perbatasan antara Bangladesh dan India, Jaflong adalah lanskap yang mengagumkan. Area perbukitan yang berdampingan dengan sungai Mari tidak bisa dilewatkan begitu saja. Di wisata yang indah ini, anda juga bisa menemukan batuan yang beraneka ragam ukurannya. Jaflong adalah destinasi wisata yang cocok untuk fotografi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lkasi
Alamat: Jaflong, Bangladesh.

15. Inani Beach

Inani Beach
Image Credit: Google Maps Nazmul Hasan

Inani Beach juga jangan sampai dilewatkan saat anda singgah di Kota Cox’s Bazar. Pantai Enani terbentang sepanjang 18 km dengan batu karang yang terkenal runcing juga tajam. Uniknya bebatuan ini memiliki warna hijau dan hitam yang bisa dilihat saat musim panas dan hujan. Keindahannya akan berlipat ketika matahari mulai tenggelam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Inani, Bangladesh.

16. Gulshan Lake Park

Gulshan Lake Park
Image Credit: Google Maps Mir Umme Sumaia

Selanjutnya anda juga bisa mengunjung Gulshan Lake Park yang berada di tengah tengah taman. Masyarakat lokal biasanya akan mengunjunginya dengan keluarga. Pepohonan hijau di tamannya membuat suasananya begitu asri. Fasilitas pendukung yang ada juga terbilang memadai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dhaka, Bangladesh.

17. Taman Nasional Ramna

Taman Nasional Ramna
Image Credit: Google Maps MSR SHAHEEN

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi Taman Nasional Ramna saat anda di Bangladesh. Termasuk Tempat Wisata Menarik di Bangladesh, anda akan dibuai dengan keindahan tamannya. Apalagi pepohonan tinggi nan hijau menghiasi hampir setiap sudutnya. Selain pohon, beberapa hewan dan bunga juga bisa dijumpai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Moulana Bhasani Rd, Dhaka 1217, Bangladesh.

18. Hutan Mangrove Sundarbans

Hutan Mangrove Sundarbans
Image Credit: Google Maps Abdul Azim Shohan

Berada di paling ujung Bangladesh, Hutan Mangrove Sundarbans ini mendapatkan julukan sebagai hutan bakau paling besar menurut UNESCO. Termasuk dalam warisan dunia, membuat anda tidak boleh melewatkannya. Keindahan dan aneka ragam satwa di dalamnya akan memberikan pengalaman liburan tidak terlupakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sundarban, Bangladesh.

19. Cox Bazar Beach

Cox Bazar Beach
Image Credit: Google Maps Tanjid Tahmid

Cox Bazar Beach juga menjadi destinasi yang cocok saat anda berada di Bangladesh. Pantai dengan garis pantai panjang ini cocok sebagai tempat bersantai. Terkenal dengan pantai paling natural, pemandangan baharinya sungguh memanjakan mata. Ombaknya memang cukup besar tetapi sangat eksotis ketika senja datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cox’s Bazar, Bangladesh.

20. Masjid Kota Bagerhat

Masjid Kota Bagerhat
Image Credit: Google Maps Sree Kantha Bormon

Saat di Bangladesh, anda juga bisa singgah di kota Bagerhat dan anda akan menemukan masjid yang unik. Masjid Kota Bagerhat didirikan di abad ke 15 dan telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Yang membuatnya unik adalah kubahnya memiliki jumlah sekitar 72. Tempat Wisata Menarik di Bangladesh yang cantik ini juga memiliki koleksi barang antik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bagerhat – Khulna Rd, Bangladesh.

Bangladesh tidak hanya memiliki bangunan bangunan indah, tetapi anda juga akan dimanjakan dengan alamnya yang menakjubkan. Mulai dari hutan, pantai sampai dengan perbukitan semuanya menarik untuk dikunjungi. Untuk anda yang berencana ke Bangladesh, ada baiknya siapkan semuanya dengan baik.