Manila merupakan ibukota Filipina dan termasuk kota metropolitan. Kota ini juga menjadi pusat ekonomi, pendidikan, budaya, dan industri. Kota yang juga sering disebut dengan Mutiara Orient ini sendiri berada di tepi sebelah timur Teluk Manila, di Pulau Luzon yang menjadi pulau terbesar dan letaknya paling utara Filipina.

Dengan iklim tropis, Manila memiliki temperatur paling bawah 20 0C sedangkan paling tinggi 38 0C sehingga cukup hangat. Suhu dengan jarak temperatur yang tidak terlalu jauh ini disebabkan karena kota ini berada di garis khatulistiwa. Ada cukup banyak transportasi umum di Manila seperti MRT atau bus dalam kota. Sedangkan jika sedang krodit, taxi dan kendaraan privat menjadi pilihan terbaik.

Manila juga memiliki cukup banyak tempat-tempat wisata yang menarik untuk liburan. Dari bangunan yang bersejarah tinggi, pemandangan pegunungan dan pantai yang indah, juga kawasan metropolitan untuk tempat berjalan-jalan dan menghabiskan waktu. Dengan banyaknya tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di Manila, tidak heran jika kota ini menjadi salah satu tujuan wisata.

1. National Museum of Philipines

Museum Nasional Filipina
Image Credit: Google Maps Jovial Wanderer

Museum ini merupakan sebuah lembaga pemerintah Filipina yang menjadi pusat pendidikan, kebudayaan, juga ilmu pengetahuan. Museum ini sendiri memiliki beragam koleksi budaya yang dibagi menjadi empat kategori yaitu seni, arkeologi, sejarah, dan juga etnografi.

Salah satu koleksi yang menjadi daya tarik adalah San Diego yang merupakan kapal kuno untuk transportasi perdagangan. Selain itu, terdapat juga satu ruangan yang memamerkan karya Juan Luna, seorang pelukis yang terkenal pada abad ke-19.

Juan Luna juga tidak hanya dikenal sebagai pelukis, namun juga pemahat dan aktivis politik. Wisatawan juga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan informasi mengenai koleksi di dalam museum karena ada pemandu wisata yang akan menemani.

Harga Tiket: PHP 12; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padre Burgos Ave, Ermita, Manila, Metro Manila, Filipina.

2. Metropolitan Museum of Manila

Metropolitan Museum of Manila
Image Credit: Google Maps Xharm Babas

Satu lagi museum yang menarik dikunjungi jika berada di Manila. Museum ini sendiri merupakan tempat pameran seni kontemporer. Jika dari luar, bangunan museum tampak minimalis dengan dominasi warna abu-abu sehingga tampak modern. Museum yang dibangun sejak tahun 1976 ini sangat terkenal, oleh karena itu banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Museum ini sendiri memiliki pameran yang bersifat permanen dan juga yang sementara waktu. Ada banyak sekali pameran berbentuk lukisan dan patung. Koleksi-koleksi yang memiliki nilai kuno ditata di ruang dengan tema klasik, pilar-pilar, serta patung khas Eropa kuno. Sementara itu, koleksi kontemporer ditata rapi di ruangan yang lebih minimalis dan modern.

Harga Tiket: PHP 75; Map: Cek Lokasi
Alamat: BSP Complex, Roxas Blvd, Malate, Manila, Metro Manila, Filipina.

3. Museum Uang

Museum Uang
Image Credit: Google Maps albert cheong

Museum Uang atau dikenal juga dengan nama Banko Sentral ng Pilipinas berada di otoritas sentral bank Filipina. Di dalam museum, wisatawan dapat melihat koleksi-koleksi berupa mata uang yang digunakan oleh Negara Filipina dalam beberapa dekade. Selain itu, ada juga artefak-artefak dan uang koin lama yang dipamerkan, serta perubahan mata uang Filipina waktu ke waktu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ocampo St, Malate, Manila, Metro Manila, Filipina.

4. Rizal Park

Rizal Park
Image Credit: Google Maps صادق الناصر

Rizal Park berada di pusat kota Manila dan menjadi taman yang memiliki sejarah panjang perjuangan rakyat Filipina dalam meraih kemerdekaan. Monumen ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Jose Rizal, seorang pahlawan Filipina yang dieksekusi di sekitar area taman oleh otoriter Spanyol. Monumen khusus tersebut berbentuk patung Jose Rizal dengan bendera Filipina di tengah taman.

Terdapat patung-patung pahlawan dan martil Filipina lainnya pada masa penjajahan. Di area taman juga ada kolam besar yang membuatnya tampak lebih cantik. Wisatawan dapat berjalan-jalan santai, terutama saat sore hari sehingga matahari tidak terlalu terik. Semakin petang, wisatawan dapat melihat air mancur yang dihiasi dengan lampu-lampu berwarna-warni.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ermita, Manila, Metro Manila, Filipina.

5. Manila Cathedral

Manila Cathedral
Image Credit: Google Maps ابن المليك

Gereja tua yang berada di Manila ini sangat terkenal, juga kental dengan penjajahan Spanyol sebagai bangsa dengan mayoritas Katholik di Filipina. Selama masa penjajahan, bangsa Spanyol membangun banyak gereja untuk tempat peribadatan, salah satunya adalah Manila Cathedral yang dibangun sejak tahun 1581 ini.

Dari luar, gereja ini didominasi dengan warna abu-abu. Sedangkan jika dilihat dari dalam gereja, interior lebih didominasi dengan warna putih. Salah satu daya tarik Cathedral ini adalah adanya organ pipa tua yang besar dan megah yang memiliki bunyi khas ala gereja Katholik. Cathedral ini juga seringkali mengadakan konser-konser musik klasik menggunakan organ pipa tersebut.

Harga Tiket: PHP 200; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beaterio St, Cabildo St, Intramuros, Manila, Metro Manila, Filipina.

6. Shrine of The Black Nazarene

Shrine of The Black Nazarene
Image Credit: Google Maps Mylene Roldan

Gereja Katholik Roma yang satu ini juga banyak menarik para wisatawan. salah satu daya tarik di destinasi wisata ini adalah Patung Yesus. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat patung tersebut, bahkan ada pula yang datang menyeka dan mencium kakinya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plaza Miranda, Quiapo, Manila, Metro Manila, Filipina.

7. Malacanga Palace

Malacanga Palace
Image Credit: Google Maps Art Tibaldo

Malacanga Palace merupakan kediaman resmi dan tempat kerja utama Presiden Filipina. Berada di tepian Sungai Pasig, istana yang dibangun tahun 1750 ini memiliki gaya Kolonial Spanyol. Pada pembangunan awal, istana ini dibangun menggunakan batu dan dilengkapi dengan taman, pemandian, juga pagar batu sebelum dirombak setelah masa pemerintahan Ferdinand Marcos.

Saat ini beberapa ruang di bangunan istana ini digunakan sebagai tempat pemeliharaan sejarah yaitu sebagai museum dan perpustakaan kepresidenan. Museum berisi barang sejarah milik presiden-presiden Filipina dan dibuka untuk umum tahun 2004. Sedangkan perpustakaan memamerkan galeri kegiatan kepresidenan dan juga karya seni serta furnitur yang merupakan koleksi lama milik istana.

Harga Tiket: PHP 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malacañan Palace, JP, Kalayaan Hall, Jose Laurel St, San Miguel, Manila, Metro Manila, Filipina.

8. Pulau Corregidor

Pulau Corregidor
Image Credit: Google Maps Jay-R Patron

Pulau ini tidak terlalu jauh dari Manila, hanya 48 kilometer saja. Destinasi ini merupakan wisata sejarah yang memiliki kisah yang kelam. Terdapat sisa-sisa dari pertempuran invansi Jepang saat perang dunia ke-2. Wisatawan dapat berkeliling pulau dan mencari banyak informasi dan wawasan tentang perang dunia ke-2.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Cavite, Filipina.

9. Manila Ocean Park

Manila Ocean Park
Image Credit: Google Maps Adrielle Ortiz

Manila juga menawarkan destinasi wisata yang memungkinkan wisatawan dapat melihat keindahan alam bawah laut di dalam akuarium raksasa. Meskipun konsep destinasi wisata ini juga ada di beberapa negara Asia yang lain, namun Manila Ocean Park tetap menarik dikunjungi dengan atraksi-atraksi kehidupan bawah laut dan wahana-wahana yang menjadi daya tarik.

Salah satu yang cukup menarik adalah Oceanarium di mana wisatawan dapat melihat berbagai jenis hewan laut dalam ruangan yang besar. Selain itu, wisatawan juga dapat berinteraksi dengan beberapa koleksi hewan seperti memberi makan penguin. Ada juga area Jellies Exhibit di mana wisatawan dapat melihat pameran ubur-ubur yang menakjubkan.

Harga Tiket: PHP 590; Map: Cek Lokasi
Alamat: Quirino Grandstand, 666 Behind, Ermita, Manila, Metro Manila, Filipina.

10. Manila Bay

Manila Bay
Image Credit: Google Maps Vic Candilanza

Manila Bay menjadi tempat yang sangat cocok untuk tempat jogging atau berjalan-jalan santai sambil melihat pemandangan tempat ini yang berada di Teluk Manila. Di kawasan ini wisatawan juga dapat melihat kapal-kapal yang sedang beraktivitas. Malam hari di kawasan ini juga sangat cantik untuk berwisata malam karena kerlip lampu dari pelabuhan maupun cahaya dari gedung-gedung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manila Bay, Filipina.

11. Pagsanjan Falls

Pagsanjan Falls
Image Credit: Google Maps carlo radicioni

Destinasi wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang harus dikunjungi jika berada di Manila. Dengan keindahan sekitarnya yang masih alami, air terjun ini cukup banyak dikunjungi pada bulan Agustus dan juga September. Tempat ini juga menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk berenang dan juga berendam di airnya yang segar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagsanjan, Laguna, Filipina.

12. Fort Santiago

Fort Santiago
Image Credit: Google Maps Marjun Magalona

Fort Santiago merupakan bangunan benteng yang berada di dekat muara Sungai Pasig yang cukup banyak menarik wisatawan baik lokal maupun asing. Benteng ini sendiri merupakan peninggalan Bangsa Spanyol yang masih kokoh berdiri sejak perang dunia ke-2. Meskipun di dalamnya menyimpan banyak cerita kelam, namun benteng ini menjadi situs sejarah dengan bangunan yang indah.

Bangunan ini juga memiliki taman yang terawat dengan baik dan sangat rapi. Terdapat juga patung berwarna hitam yang menunjukkan reka adegan tentang kejadian yang pernah terjadi di masa lalu. Untuk menambah suasana, terdengar alunan musik Spanyol dari saat wisatawan masuk ke halaman benteng.

Harga Tiket: PHP 100; Map: Cek Lokasi
Alamat: Intramuros, Manila, Metro Manila, Filipina.

13. Kultura

Kultura
Image Credit: Google Maps Maria Elen Løvik

Kultura merupakan salah satu destinasi wisata belanja yang terbilang mewah namun dengan harga yang cukup terjangkau. Kultura tidak hanya menawarkan beragam souvenir, termasuk barang-barang seperti kaos, topi, kain, dan lainnya, namun juga oleh-oleh yang dapat dibawa pulang. Oleh-oleh ini juga cukup tahan lama sehingga wisatawan tidak perlu khawatir makanan akan cepat basi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palm Dr, Makati, Metro Manila, Filipina.

14. Divisoria Market

Divisoria Market
Image Credit: Google Maps Dean Red

Divisoria Market merupakan destinasi wisata belanja lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pasar ini menawarkan banyak barang-barang menarik dan juga souvenir dengan harga terjangkau. Wisatawan juga banyak yang datang ke Divisoria Market ini untuk membeli oleh-oleh sebelum pulang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: De Santos St, San Nicolas, Manila, Metro Manila, Filipina.

15. Seafood Dampa

Seafood Dampa
Image Credit: Google Maps Paweł Jażdżyk

Bagi para pecinta wisata kuliner atau makanan laut, maka harus mengunjungi Seafood Dampa yang merupakan tempat makanan laut yang terbesar di Manila. Uniknya, wisatawan dapat berbelanja hasil laut yang segar dan menawar agar mendapatkan harga lebih murah. Selanjutnya wisatawan dapat mencari restoran untuk memasak hasil laut yang baru dibeli sesuai dengan menu yang ditawarkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Diosdado Macapagal Blvd, Pasay, Metro Manila, Filipina.

Filipina kini mulai banyak diminati sebagai salah satu tujuan wisata dengan banyak destinasi yang menarik. Kota-kota di Filipina memiliki keunikan tersendiri yang sangat seru untuk dieksplorasi. Salah satu kota yang dapat dikunjungi adalah Manila dengan beragam tawaran tempat wisatanya. Di kota metropolitan ini, wisatawan tidak perlu takut merasa bosan untuk menghabiskan waktu liburan.