Berlibur ke Thailand memang menjadi kesenangan tersendiri. Apalagi di tiap kotanya selalu menawarkan beragam objek wisata menarik. Salah satunya di daerah Pattaya yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Wisata yang ditawarkan di Pattaya ada yang berupa wahana air, kebun binatang, hingga destinasi alam. Harga tiketnya sendiri bervariasi dan dijamin tidak akan menguras kantong. Tiap wisata tersebut menyediakan fasilitas penunjang agar pengunjung yang datang merasa betah saat berlibur.

Anda yang berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini tidak boleh sampai melewatkan destinasi yang ada. Selain itu, cobalah mencicipi kuliner yang dijual di sekitarnya. Jangan lupa membawa kamera saat berlibur untuk mengabadikan momen. Berikut rekomendasi tempat wisata di Pattaya yang menarik Anda jelajahi.

1. Ramayana Waterpark

Ramayana Waterpark
Image Credit: Google Maps Ramayana water park

Bisa dibilang ramayana waterpark adalah salah satu wahana air terbesar di Thailand. Di dalamnya memiliki beragam permainan yang dapat dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak. Mulai dari kolam renang, perosotan, serta wahana satwa gajah. Wisata tersebut buka mulai senin sampai minggu dan jam operasionalnya mulai dari pagi hingga sore hari.

Pada beberapa sudut areanya menyediakan taman yang luas dengan dipenuhi rumput dan bunga. Selain itu di bagian lain juga ada tempat khusus untuk area anak-anak dan restaurant. Fasilitas lengkap inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harga Tiket: 50 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ban Yen, Na Chom Thian, Sattahip District, Chon Buri, Thailand

2. Pattaya Cartoon Network Amazone

Pattaya Cartoon Network Amazone
Image Credit: Google Maps Manson Lam

Berbeda dengan wahana air lainnya, pattaya cartoon network amazon ini mengambil tema yang begitu unik. Disini desainnya menampilkan karakter kartun yang berbeda-beda. Saat hari tertentu akan ada penampilan menarik dari petugas setempat dengan mengenakan kostum kartun.

Taman air cartoon network amazon memiliki beberapa kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Semua kolamnya dilengkapi dengan permainan prosotan. Terdapat pula penyewaan alat renang mulai dari baju, kacamata, hingga pelampung. Anda yang ingin berlibur ke destinasi ini disarankan datang mulai pagi agar puas menikmati semua wahananya.

Harga Tiket: 1.40 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukhumvit Rd, Na Chom Thian, Sattahip District, Chon Buri, Thailand.

3. Coral Island

Coral Island
Image Credit: Google Maps Jithin Balu B G

Coral island merupakan pulau di Pattaya yang menyuguhkan banyak pemandangan. Sebelum kesini, Anda dapat melakukan perjalanan dari dermaga menggunakan kapal laut. Jarak tempuhnya hanya sekitar 40 menit saja. Kapal tersebut bisa menampung lebih dari 20 orang penumpang yang ingin berlibur ke pulau coral.

Saat sudah sampai di pulaunya, pengunjung akan melihat pantai yang cantik. Airnya yang berwarna biru kehijauan dengan hamparan pasir putih menambah keelokan wisatanya. Ombaknya pun tidak begitu besar, hanya riak-riak kecil. Para pelancong dapat melakukan beragam aktivitas seperti bermain air, snorkeling, bermain jet ski, dan bermain banana boat.

Harga Tiket: 50 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

4. The Sanctuary of Truth

The Sanctuary of Truth
Image Credit: Google Maps Toto Gmail

Destinasi the sanctuary of truth mempunyai bangunan megah yang lahannya cukup luas. Tingginya diketahui sekitar 105 meter. Designnya begitu unik dan klasik melambangkan arsitektur Thailand. Di sisi lain nampak kayu yang diukir dengan bentuk dewa Hindu dan Budha yang menambah keesktetikannya.

Pada pintu depan terpampang relief dewa Shiwa dan Dewi Parwati. Kemudian ada pula ukiran cerita Ramayana yang menggambarkan bahwa makhluk hidup harus menyatu dengan alam. Semua ukiran tersebut dibuat sendiri oleh arsitek dari Thailand dan tentunya mempunyai arti simbolik masing-masing.

Harga Tiket: 465.99 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattaya-Naklua, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

5. Art In Paradise Pattaya

Art In Paradise Pattaya
Image Credit: Google Maps Thành Lê Trung

Art in paradise Pattaya merupakan wisata museum 3 dimensi yang tidak kalah menarik dengan wisata lainnya. Museum ini tidak berisi koleksi sejarah, namun hanya menyuguhkan karya lukisan yang dibuat langsung oleh para seniman. Semua karya yang ada tampak seperti nyata, hal itulah yang membuat pengunjung dari berbagai daerah selalu mendatangi destinasi ini.

Traveller yang datang bisa membawa kamera atau smartphone karena banyak spot menarik untuk berfoto. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengabadikan momen melalui rekaman video untuk dijadikan kenang-kenangan. Perlu diingat saat berada di areanya, wisatawan tidak boleh merusak dan mengotori lukisannya.

Harga Tiket: 0.35 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattayasaisong Rd, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

6. Pattaya Floating Market

Pattaya Floating Market
Image Credit: Google Maps theppitak sang

Nama lain Pattaya floating market yaitu pasar apung. Tempatnya berada di sungai sekitar Pattaya dan penjual menawarkan barang dagangannya di atas perahu. Para pelancong yang ingin berkunjung bisa menyewa perahu yang telah disediakan. Tujuan adanya pasar apung ini adalah untuk mengenalkan budaya dan tradisi masyarakat Thailand.

Di tempat ini menjual aneka ragam ukiran, miniatur, dan kerajinan tangan lainnya yang dibuat sendiri oleh penduduk setempat. Tidak hanya itu, tempat makan pun tersedia di pinggiran sungai bagi yang ingin menikmati kuliner setempat. Saat pukul 1 siang dan 3 sore biasanya akan ada pertunjukan sea boxing dan tarian yang ditampilkan oleh petugasnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukhumvit Rd, Muang Pattaya, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

7. Pantai Jomtien

Pantai Jomtien
Image Credit: Google Maps Jarosław Pineles

Letak pantai jomtien yang jauh dari pusat kota, membuat pariwisata ini banyak diincar banyak orang. Anda yang pertama kali datang akan disambut dengan pohon kelapa yang berjejer rapi. Hamparan pasirnya tampak berwarna putih bersih. Air lautnya pun sangat jernih karena masih terjaga kebersihannya.

Saat siang hari terlihat wisatawan dari mancanegara yang berjemur di area pasirnya. Ada juga yang bermain layang-layang, berenang, serta selancar. Setelah usai bermain, traveller dapat mencicipi hidangan yang dijual di sekitar pantai dengan menu seafood.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jomtien, Chonburi, Thailand

8. Kebun Binatang Khao Kheow

Kebun Binatang Khao Kheow
Image Credit: Google Maps ด.ช.ธนภัทร นุชเล็ก

Kebun binatang khao kheow didirikan sekitar tahun 1974 dengan luas sekitar 200 hektar. Setelah mengalami renovasi, lahannya mengalami pelebaran hingga 1000 hektar. Di dalamnya terdapat 2800 ekor satwa yang dilindungi oleh pengelola setempat. Tempatnya pun dibagi-bagi, ada yang untuk area hewan buas, reptil, satwa herbivora, dan hewan laut.

Tiap areanya diberi papan informasi mengenai nama dan penjelasan mengenai satwa tersebut. Bagi Anda yang tidak ingin berjalan kaki, bisa menyewa kereta untuk berkeliling. Selain itu traveller juga dapat memberi makan hewan yang ada dengan didampingi oleh petugas.

Harga Tiket: 309,74 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bang Phra, Si Racha District, Chon Buri, Thailand.

9. Ripley’s Believe It Or Not Museum

Ripley’s Believe It Or Not Museum
Image Credit: Google Maps XXX Hallo

Diketahui museum ripley’s believe it or not hanya ada 4 di dunia, salah satunya di Pattaya Thailand. Banyak wahana yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Terdapat wahana the vault dimana wisatawan harus merayap untuk menghindari sensor laser. Permainannya sangat seru dimainkan apalagi dengan mengajak kerabat.

Pada sudut lain ada pula wahana infinite maze yang mirip dengan rumah kaca. Pengunjung harus berjalan untuk mencari pintu keluar dari tiap kaca yang terpampang. Selain itu Anda akan dimanjakan dengan bioskop 3 dimensi yang menayangkan film seru.

Harga Tiket: 0.70 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattaya City, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

10. Nong Nooch Tropical Garden

Nong Nooch Tropical Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Peter Meyer

Taman wisata ini menyuguhkan pemandangan hijau yang membuat kawasannya terasa sejuk. Tanamannya tertata rapi dengan gradasi warna hijau muda dan tua. Lahannya begitu luas dan bersih sehingga traveller akan nyaman saat berada di wisatanya.

Tempatnya dihiasi dengan patung lucu yang melengkapi hiasan wisatanya. Nong nooch tropical garden juga menyuguhkan penampilan atraksi baik dari petugas maupun dari hewan. Biasanya ada elephant show atau pertunjukan gajah yang menari dan ada live musik.

Harga Tiket: 0.81 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Na Chom Thian, Sattahip District, Chon Buri, Thailand.

11. Silver Lake

Silver Lake
Image Credit: Google Maps Black Michael

Anda yang berlibur ke silver lake akan melihat kebun anggur yang begitu luas. Para pelancong bisa memetik anggur tersebut untuk dimakan, asalkan tidak berlebihan. Rasa buahnya sangat manis dan segar cocok untuk menemani Anda saat berwisata.

Selain itu, ada pula danau yang menghadap langsung ke arah kebun anggur ini. Traveller dapat duduk santai untuk melepas penat karena udara disini terasa sejuk. Di area depan terdapat toko oleh-oleh yang menjual aneka makanan yang terbuat dari anggur dan bisa dijadikan buah tangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sattahip District, Chon Buri, Thailand.

12. Pratumnak Hill

Pratumnak Hill
Image Credit: Facebook Pattayacentral.com

Pratumnak hill dibangun untuk memperlihatkan budaya Thailand yang sudah turun temurun. Dari depan tampak patung Budha yang sangat besar dengan corak emas. Pembuatan patung ini diketahui membutuhkan waktu yang cukup lama. Traveller yang datang kesini dapat berfoto di sekitar patung Dewa dan mempelajari budayanya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattaya City, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

13. Pattaya Tiffany Cabaret Show

Pattaya Tiffany Cabaret Show
Image Credit: Google Maps Alexander Dudka

Bentuk pertunjukan tiffany cabaret diperankan oleh para ladyboy atau waria. Bentuk shownya ada yang menyanyi, menari, serta fashion show dengan mengenakan kostum yang glamor. Pertunjukannya diadakan setiap hari pada jam 6 sore hingga 8 malam. Tarif tiketnya sendiri diketahui mencapai 990 Bath untuk VVIP.

Harga Tiket: 0,82 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattaya 2 Alley, Muang Pattaya, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

14. Mimosa Pattaya

Mimosa Pattaya
Image Credit: Google Maps Mike Carter

Mimosa Pattaya adalah kota mini yang dibentuk dengan sentuhan desain bergaya Eropa. Di sekitarnya terdapat 300 toko yang menjual berbagai souvenir, kerajinan tangan, maupun makanan. Tempatnya banyak dimanfaatkan untuk berkeliling dan bersantai. Jam operasionalnya sendiri dibuka sampai malam hari dan biasanya akan ada pertunjukan musikal.

Harga Tiket: 0,30 Bath; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukhumvit Rd, Na Chom Thian, Sattahip District, Chang Wat Chon Buri, Thailand.

15. Underwater World Pattaya

Underwater World Pattaya
Image Credit: Google Maps omer bin abdullah

Underwater world Pattaya diketahui memiliki koleksi biota laut yang beragam. Semua biota tersebut diambil langsung dari dalam maupun luar negeri dengan jumlah lebih dari 2500 spesies. Pada jam tertentu biasanya ada pertunjukan lumba-lumba. Anda juga bisa menyentuh biota laut tersebut dengan didampingi oleh petugas.

Harga Tiket: 0,51 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukhumvit Rd, Bang Lamung District, Chon Buri, Thailand.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang hits di daerah Pattaya, Thailand. Wisatanya yang memiliki beragam keunikan masing-masing akan membuat Anda senang saat berlibur. Jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk menikmati setiap destinasi yang ada.