Gentala Arasy merupakan menara jam setinggi 80 meter yang menjadi landmark kota Jambi, berada dekat dari Jembatan Pedestrian. Menara megah ini memiliki museum budaya dan mini bioskop untuk penayangan film dokumenter.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi; Map: Cek Lokasi

Saat Anda berlibur ke Kota Jambi maka perlu untuk Anda mengunjungi tempat wisata yang bernama Gentala Arasy. Tempat ini merupakan sebuah museum budaya yang cukup populer sebagai salah satu simbol Islam di wilayah Jambi. Museum ini diresmikan pada tanggal 28 Maret tahun 2015.

Menara Gentala Arasy dibangun di wilayah Jakarta budaya yang berada di kota seberang dan menjorok ke pinggiran sungai Batanghari. Museum tersebut menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda-benda bersejarah yang telah menjadi saksi bisu atas perjalanan Islam di Kota Jambi.

Menara ini disebut sebagai salah satu ikon baru dari kota Jambi. Sengaja dibangun dengan tujuan untuk semakin mendongkrak wisata kota tersebut. Dengan wisata yang makin maksimal, diharapkan nantinya dapat mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar, dan dapat lebih mengenal nilai-nilai sejarah Jambi.

Daya Tarik yang Dimiliki Gentala Arasy

Daya Tarik Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps (Randy Hernando)

Sebagai salah satu tempat wisata tentunya Gentala Arasy juga memiliki daya tariknya sendiri, sehingga mampu untuk membuat para wisatawan datang untuk berkunjung. Daya tarik yang dimiliki tersebut antara lain yaitu:

1. Jembatan Pedestrian

Hal yang membuat merana jam ini menjadi salah satu tempat wisata yang unik adalah dikarenakan adanya jembatan pedestrian yang berada tepat di belakang museum ini. Jembatan tersebut dikenal dengan sebutan Titian Arasy.

Titian Arasy memang sengaja dibuat oleh pemerintah daerah guna memanjakan pejalan kaki agar dapat menikmati suasana di sekitar museum dan sungai. Jembatan ini memiliki ukuran mungil dengan panjang 5000 m dan lebar 4,5 m saja.

Namun dikarenakan tidak boleh ada kendaraan yang melintas melewati jembatan ini, tentunya berjalan kaki di jembatan tersebut akan terasa sangat nyaman dan aman.

Jembatan ini menghubungkan museum dengan daerah yang berada di seberang sungai sehingga memiliki bentuk serupa huruf S yang diartikan sebagai lambang terhadap rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa.

Terdapat juga dua tiang pancang pada jembatan yang memiliki makna sebagai keseimbangan hidup atas keberadaan perempuan dan laki-laki. Gentala Arasy juga sangat kuat dengan nuansa islami, baik itu dalam segi arsitekturnya maupun dari segi sejarahnya.

Museum ini banyak mengisahkan sejarah tentang berkembangnya Islam di wilayah kota Jambi. Terdapat pula Alquran yang memiliki ukuran besar di dalam museum tersebut.

2. Desain Menara yang Menarik

Gentala Arasy adalah museum budaya yang terletak di tepi sungai Batanghari Jambi. Menurut pengakuan dari warga sekitar bahwasanya nama Gentala Arasy diambil dari 3 suku kata yang berbeda, antara lain yaitu genta yang berarti suara, tala yang berarti keselarasan serta arasy yang artinya memancar ke langit.

Sehingga secara keseluruhan dapat diartikan bahwa Gentala Arasy merupakan bunyi yang selaras dan memancar hingga ke langit. Bunyi yang dimaksud di sini yaitu bunyi dari sebuah lonceng Gentala yang mana berbunyi sebagai penanda waktu salat fardhu umat muslim.

Menara jam ini memiliki ukuran tinggi mencapai 80 meter berwarna kuning dan hijau. Di bagian puncak terdapat sebuah jam besar yang dapat dilihat dari kejauhan. Menara ini tidak jauh berbeda dengan landmark suatu daerah.

Tempat wisata ini juga banyak memberikan edukasi kepada Anda yang berkunjung mengenai sejarah dari kota Jambi. Sisi sejarah tersebut ditampilkan melalui museum serta bioskop mini yang terdapat di dasar menara dan menayangkan beragam film-film sejarah.

Daya Tarik Dimiliki Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps (Oky)

3. Museum Mini

Museum ini yang terdapat di Gentala Arasy memiliki koleksi yang cukup menarik untuk dilihat. Koleksi tersebut antara lain yaitu kitab-kitab kuno Islam serta naskah-naskah kuno.

Terdapat juga benda-benda bersejarah Islam seperti misalnya jubah, sabuk, tasbih, sorban, uang logam kuno, gelas, mangkok, rompi dan sebagainya yang merupakan pemberian dari para ulama-ulama besar.

Sementara itu di bagian halaman menara, Anda juga bisa menemukan relief dua dimensi yang menggambarkan perjalanan tentang perjalanan Islam. Di atas bangunan menara tersebut terdapat jam berukuran besar yang mana mengadopsi menara jam yang terdapat di kota Mekah.

Di sekitaran menara juga terdapat kios-kios yang merupakan sentra wisata, sehingga dapat menyuguhkan aneka kuliner khas bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke kota Jambi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gentala Arasy

Alamat entala Arasy
Image Credit: Twitter.com @kukusdingin

Objek wisata Gentala Arasy berada di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Lebih tepatnya yaitu berada di depan rumah dinas gubernur Jambi dan berada persis di sebelah mall WTC.

Masyarakat setempat menyebut tempat tersebut dengan sebutan ‘ancolnya Jambi’. Untuk mencapai tempat tersebut dirasa sangatlah mudah, hal itu dikarenakan lokasi berada di pusat kota dan juga tidak berada jauh dari bandara Sultan Thaha Jambi sehingga dengan begitu akses sangatlah mudah.

Terdapat beberapa macam mode transportasi yang bisa dipakai, seperti misalnya bus, angkot, taksi bandara ataupun ojek.

Salah satu hal yang sangat menggembirakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini yaitu Anda tidak akan dikenakan tiket masuk. Karena memang untuk dapat mengunjungi tempat ikonik ini tidak dikenakan biaya sama sekali. Mungkin nantinya Anda hanya memerlukan uang untuk membeli jajanan yang ada di sana.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gentala Arasy

Kegiatan di Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps (Hateke Jimmy)

Ada banyak ragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain yaitu:

1. Bersantai

Anda bisa datang untuk sekedar bersantai Gentala Arasy. Berjalan-jalan dengan santai sepanjang jembatan. Di area sekitar Anda dapat menemukan tempat duduk bagi para wisatawan yang datang dan ingin beristirahat. Tempat duduk yang tersedia cukup banyak, sehingga Anda bisa bersantai dan beristirahat sepuasnya.

Di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak sekali anak-anak muda yang berkunjung, kebanyakan dari mereka akan datang untuk sekedar melihat pemandangan dan menghabiskan waktu sambil menyeruput es tebu dan jagung bakar.

Namun tak hanya anak muda saja, Anda juga bisa menemukan banyak keluarga yang datang ke tempat ini. Ketika Anda datang bersama dengan anak-anak, Anda bisa membuat mereka bahagia dengan permainan yang ada di sana.

Seperti misalnya penyewaan skuter dan lain-lain yang sangat digemari oleh anak kecil. Oleh karena itulah tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi baik bagi Anda yang masih muda ataupun yang sudah berkeluarga.

2. Fotografi

Bagi Anda yang hobi dalam fotografi juga sangat cocok untuk datang ke tempat yang satu ini. Anda bisa datang ketika senja. Karena memang disaat tersebut Anda akan menemukan panorama yang begitu indah di lokasi ini.

Perpaduan antara hamparan langit merah jingga yang menyala, berpadu dengan sungai-sungai Batanghari yang tak pernah sepi oleh aktivitas perahu kecil akan semakin membuat pemandangan terasa indah dan syahdu.

Atau Anda juga bisa datang saat malam hari ketika banyak kilauan lampu, sehingga semakin memberikan efek menarik pada hasil fotografi Anda. Tersedia banyak spot yang bisa Anda gunakan di tempat ini. Jadi tak perlu ragu untuk datang dan mengabadikan momen di Gentala Arasy.

Menara ini juga memiliki sebuah lift yang memungkinkan bagi Anda untuk menikmati pemandangan kota Jambi dari ketinggian sekitar 80 m. Pemandangan paling apik yang bisa Anda lihat yaitu sungai Batanghari yang ketika semakin malam akan tampak semakin cantik.

Kegiatan Menarik di Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps (Yopie Franz)

3. Menikmati Kuliner

Di Gentala Arasy selain Anda dapat menyeberang, jalan kaki, jogging atau pun melihat perahu, terdapat kegiatan menarik lain yang bisa Anda lakukan di tempat tersebut.

Kegiatan tersebut yaitu menikmati kuliner khas Jambi. Di bagian ujung jembatan Anda akan menemukan pusat wisata kota Jambi, di sanalah terdapat bermacam-macam warung makan serta pertokoan.

Anda dapat mencoba gulai kepala kakap, tekwan, ikan bawang goreng dan beberapa kuliner khas lainnya yang tentunya mampu menggugah selera Anda. Dengan datang ke tempat ini rasa lapar Anda akan benar-benar bisa teratasi dengan aneka makanan lezat dan murah.

Fasilitas yang Tersedia di Gentala Arasy Jambi

Fasilitas di Gentala Arasy Jambi
Image Credit: Google Maps (Naomi Sianipar)

Sebagai salah satu tempat wisata yang populer di kota Jambi, tentunya fasilitas yang dimiliki oleh Gentala Arasy sudah cukup lengkap dan memadai. Anda bisa menemukan warung makan yang banyak tersedia, tempat-tempat untuk bersantai, mushola serta toilet.

Namun sayangnya di tempat ini belum disediakan tempat sampah umum, karenanya sangat rentan bagi para wisatawan yang datang dan membuang sampah sembarangan. Maka dari itulah bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi menara jam ini diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Selain hal tersebut dapat merusak pemandangan, juga bisa menjadi pemicu wisatawan lain untuk mengikuti perilaku buruk yang telah membuang sampah sembarangan tersebut.

Itulah tadi ulasan lengkap Gentala Arasy mengenai apa saja daya tariknya, aktivitas yang bisa dilakukan, lokasi serta rute, harga tiket dan fasilitas yang bisa ditemukan di sana. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke kota Jambi, maka wajib bagi Anda mengunjungi salah satu ikon wisata di kota tersebut. Dengan tidak diberlakukannya tiket tentu akan membuat Anda tidak akan rugi saat memutuskan untuk mengunjungi wisata tersebut.