Berwisata & Belajar Sejarah di Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

Lokasi: Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
MapCek Lokasi

Mengunjungi tempat wisata merupakan aktivitas wajib bagi kebanyakan dari Anda. Melihat keanekaragaman yang ditawarkan di destinasi wisata dipercaya menjadi hal yang pas menghilangkan rasa penat. Bila Anda bosan berwisata di lokasi itu-itu saja, layak mencoba datang ke Cirebon.

Di Cirebon, destinasi wisata yang di tawarkan lain dari pada yang lain. Pengunjung dapat berwisata sembari menambah ilmu pengetahuan. Julukan sebagai kota wali nyatanya membuat Cirebon memiliki beragam peninggalan islam penting yang patut Anda jelajah.

Kota Cirebon dapat menjadi wisata edukasi menarik bagi pengunjung. Banyak peninggalan dan bangunan sejarah penting dengan arsitektur kelas dunia. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Cirebon ialah keraton Kasepuhan. Di bawah ini adalah penjelasan detail tentang keraton Kasepuhan.

Menyusuri Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

Menyusuri Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Keraton Kasepuhan merupakan satu di antara banyaknya keraton yang ada di Cirebon. Meski begitu bisa dibilang keraton Kasepuhan inilah yang paling besar dan yang paling luas. Sebagai keraton utama yang ada di kota wali ini, tentu ada banyak sekali peninggalan sejarah yang tertata rapi di dalamnya. Pengunjung tidak akan mudah bosan ketika berkeliling di area lokasi wisata tersebut.

Keraton Kasepuhan mulai dibangun pada abad ke 15. Dahulu nama dari keraton ini ialah keraton Pakungwati. Nama tersebut merupakan pengambilan nama dari istri Sunan Gunung Jati. Salah seorang wali songo yang terkenal menyebarkan agama islam di tanah air. Memiliki sejarah yang panjang demikian membuat mengunjungi keraton tertua ini akan semakin menarik bagi wisatawan.

Banyak peninggalan penting yang bisa Anda eksplore lebih. Maka dari itu ada baiknya Anda membawa anak-anak ketika datang ke keraton Kasepuhan. Membawa anak-anak tidak hanya akan sebagai ajang berwisata yang menghibur, melainkan pula menambah wawasan serta ilmu pengetahuan anak. Tak ayal akan mudah ditemui wisatawan yang juga membawa anak-anak.

BACA:  14 Wisata Pantai di Cianjur Paling Hits Dikunjungi

Daya Tarik di Keraton Kasepuhan

Daya Tarik di Keraton Kasepuhan

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Keraton Kasepuhan merupakan destinasi wisata sejarah yang populer di Cirebon. Tak ayal akan banyak ditemui wisatawan yang tidak hanya datang dari lokal tapi juga mancanegara. Kebanyakan wisatawan datang untuk menggali informasi lebih mengenai peninggalan serta ingin melihat secara lebih dekat mengenai perjuangan sejarah di masa lampau.

Pengunjung diperbolehkan untuk berkeliling di sekitar lokasi keraton. Ada beragam bangunan klasik yang masih terawat rapi yang bisa terlihat. Anda dapat berswafoto dengan latar belakang bangunan sejarah yang cemerlang tersebut. Tak kalah menarik, pengunjung juga bisa melihat ribuan artifak benda pusaka peninggalan berusia ratusan tahun peninggalan sunan Gunung Jati.

Keraton Kasepuhan tidak hanya mengutamakan peninggalan islam saja. Akulturasi budaya dan agama juga terekam dalam setiap detail keraton. Hal itu bisa dilihat juga dari beberapa model bangunan maupun furniture yang ada. Ada beberapa bangunan yang menggunakan keramik asal Tiongkok. Terlebih lagi terlihat Kereta Kencana Singa Barong yang menjadi simbol akulturasi.

Fasilitas yang Tersedia di Keraton Kasepuhan

Fasilitas yang Tersedia di Keraton Kasepuhan

Image Credit: Jdlines.com

Sebagai destinasi unggulan yang ada di Cirebon, Keraton Kasepuhan jelas memiliki fasilitas lengkap. Beberapa fasilitas sangat membantu aktivitas pengunjung saat datang ke lokasi wisata. Fasilitas umum berupa kamar mandi, tempat parkir serta mushola jelas ada di sekitar area wisata. Jadi Anda tidak perlu panik ketika membutuhkan satu ataupun dua hal penting.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Keraton Kasepuhan maka tidak akan pernah merasa bosan. Ada beberapa bangunan detail arsitektur tinggi yang bisa pengunjung lihat. Jika Anda tertarik melihat dan mengenal lebih dekat sejarah bangunan tersebut bisa langsung datang serta melihatnya. Bangunan seperti Museum Benda Kuno, Taman Dewandaru,serta Siti Inggil sangat indah di pandang.

BACA:  10 Tempat Wisata di Dago Bandung Terbaru & Paling Hits

Kunjungan Anda selama di Keraton Kasepuhan tidak hanya jalan-jalan semata melainkan juga menambah wawasan dan  ilmu pengetahuan. Pengunjung dapat melihat secara lebih dekat beragam benda-benda kuno, aneka ornamen-ornamen bangsal dan melihat kereta kesultanan Cirebon. Tak ayal akan lebih baik bila mengajak serta keluarga maupun rekan agar semakin menambah keseruan.

Jangan khawatir lelah ketika berjalan-jalan ketika datang ke Keraton Kasepuhan ini. Di beberapa sudut terdapat tempat duduk yang sengaja di buat untuk istirahat para pengunjung. Pengujung juga diperbolehkan untuk mencuci muka di Sumur Agung Kasepuhan. Banyak pengunjung datang ke Keraton Kasepuhan hanya untuk mengambil air dari dalam sumur tersebut.

Rute Menuju Kawasan Wisata Keraton Kasepuhan

Rute Menuju Kawasan Wisata Keraton Kasepuhan

Image Credit: Ceritaeka.com

Jika Anda memiliki niatan datang ke keraton Kasepuhan, jangan khawatir mengenai akses jalan. Semua akses jalan dapat ditempuh dengan mudah. Hal itu terkait dengan kemudahan menemukan jalur akses yang dapat di pilih. Anda dapat datang menggunakan kendaraan pribadi ataupun alat transportasi umum seperti bus maupun angkutan lainnya seperti kereta.

Jika Anda memulai perjalanan dari Stasiun Kereta Api Kejaksan, waktu tempuh menuju keraton Kasepuhan hanya membutuhkan waktu selama 30 menit. Hal yang sama juga bila pengunjung datang dari terminal bus Harjamukti Cirebon. Selama perjalanan yang ditempuh memiliki akses yang baik dan lancar jadi perjalanan hanya butuh kurang lebih 30 menit.

Bila Anda datang dari luar kota seperti Jakarta pun tidak perlu panik. Jika mau perjalanan cepat dan tidak melelahkan, pengunjung dapat memilih mode transportasi kereta. Terhitung dari stasiun gambir menuju Keraton dapat ditempuh kurang lebih selama 175 menit. Perjalanan demikian di rasa cepat mengingat jarak tempuh Jakarta menuju Cirebon lumayan jauh.

BACA:  10 Air Terjun (Curug) di Bandung Paling Hits Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Keraton Kasepuhan

Harga Tiket Masuk Keraton Kasepuhan

Image Credit: Flickr.com @Istana Kerajaan dan Kesultanan di Indonesia

Keraton Kasepuhan itu sendiri masih digunakan oleh anggota keluarga Kerajaan. Apabila Anda ingin datang berkunjung tak perlu risau mengenai harga tiket masuk. Harga tiket yang dipatok sangatlah terjangkau dengan hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 15.000. Biaya demikian tergolong bersahabat mengingat ada banyak tempat yang bisa Anda jelajah.

Mengunjungi keraton Kasepuhan jelas menjadi pilihan menarik. Mengingat Anda tidak hanya jalan-jalan saja tetapi juga menggali informasi penting. Pengunjung dapat melihat benda-benda keramat jaman penjajahan Belanda dan Jepang secara lebih jelas. Keraton Kasepuhan itu sendiri mulai dapat dikunjungi pada pukul 8 pagi hingga jam 6 sore. Jadi pastikan Anda datang di waktu tersebut.

Mengingat beragam aktivitas menarik dan menambah wawasan, jadi Anda tidak perlu lagi ragu untuk datang berkunjung. Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk masih bisa mengalami perubahan. Perubahan harga merupakan keputusan pihak pengelola terkait. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengecek update harga terbaru di Keraton Kasepuhan dengan menghubungi langsung pihak terkait.

Itu dia beberapa informasi menarik seputar Keraton Kasepuhan. Dengan datang ke keraton terluas di Cirebon ini, Anda tidak hanya sekedar melihat bangunan dan peninggalan masa lampau saja. Melainkan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Berkunjung bersama rekan atau keluarga jelas akan menambah keseruan saat di Keraton Kasepuhan.