Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WITA, Alamat: Jl. Raya Baturiti, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata Tabanan yang memiliki alam yang masih perawan di Pulau Bali adalah Pura Teratai Bang yang terletak di Desa Candikuning. Di lokasi wisata menawan ini anda dapat menyaksikan bagaimana indahnya sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat beribadah untuk umat Hindu.

Meskipun merupakan tempat berdoa bagi umat Hindu, namun pura cantik ini juga dibuka untuk masyarakat umum sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Bali. Sekitar tempat wisata rohani ini juga terdapat alam yang masih sangat terjaga, hal tersebut juga dikarenakan pura hits ini masih masuk ke dalam kawasan Kebun Raya Eka Karya Bedugul.

Maka dari itu tidak heran jika selama perjalanan anda akan melihat banyak tumbuhan yang hidup di lokasi Pura Teratai Bang nan indah ini. Bahkan tumbuhan tersebut tidak dibiarkan tumbuh begitu saja, namun akan dirawat dan ditata dengan baik. Berikut ini adalah sedikit review mengenai tempat wisata dengan ciri khas bau belerang asal Desa Candikuning tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Teratai Bang

Daya Tarik Pura Teratai Bang
Image Credit: Google Maps Mad Jon Channel

1. Bagunan Pura

Daya tarik paling utama dari Pura Teratai Bang jelas adalah bangunan pura itu sendiri. Terdapat 4 bagunan utama yang ada di tempat wisata rohani ini, pertama yaitu Pelinggih Gedong yang merupakan sebuah tempat untuk memuja Sang Hyang Brahma, Bale Penegtegan, Padmasana, dan Piyasan.

Selain ke 4 bangunan tersebut ada juga beberapa area di sekitar jeroan (zona paling suci dari sebuah pura) yaitu pada bagian Barat jeroan terdapat Pelinggih Siwa, Genah Toya Panca Maha Merta, dan Pelinggih Saka Pat Sari. Kemudian di sebelah Barat Laut jeroan terdapat Beji dan Air Belerang atau Maha Mertha Mancawarna.

Beralih ke sebelah Timur jeroan terdapat Pelinggih Biji dan beberapa pelinggih lainnya, kemudian di sisi Timur Laut jeroan ada Air Suci yang bisa diambil menggunakan Beji. Pura cantik ini memiliki warna merah yang merupakan simbol untuk memuja Dewa Brahma atau Agni.

2. Alam Sekitar

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu alam sekitar tempat wisata rohani ini yang masih sangat alami. Hal ini juga dikarenakan lokasi Pura Teratai Bang yang masih berada di dalam kawasan Kebun Raya Eka Karya Bedugul, sehingga semua tumbuhan di sekitar destinasi wisata cantik ini sangat dijaga.

Dengan adanya banyak tumbuhan seperti pepohonan di sekitar pura menakjubkan ini membuat hawa udara sekitarnya juga menjadi sejuk dan segar. Oleh karena itu, selain bisa menikmati semua keindahan pura dan alam, anda juga bisa melakukan refreshing di lokasi wisata populer asal Bali ini.

3. Kuliner

Daya tarik terakhir dari tempat wisata menawan asal Desa Candikuning ini adalah kulinernya. Tempat wisata keagamaan bagi umat Hindu ini juga memiliki beberapa warung makan yang menjual beberapa makanan khas daerah sekitar, sehingga anda juga bisa sekaligus melakukan wisata kuliner.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pura Teratai Bang
Image Credit: Google Maps Wika Putri

Pura Teratai Bang berada di Jl. Raya Baturiti, Kecamatan Baturiti, Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Jika anda ingin ke lokasi tersebut dari Kota Denpasar, Bali maka menggunakan Taman Lumintang Denpasar di Denpasar Utara sebagai patokan.

Silahkan ambil jalur menuju pertigaan Jl. Ahmad Yani kemudian belok kanan lalu terus lurus sampai menemukan pertigaan Jl. Ken Arok dan belok kiri dan melewati Jl. Warmadewa. Setelah tiba di pertigaan Jl. Ken Dedes anda harus belok kiri kemudian belok kanan di pertigaan Jl. Cokroaminoto.

Terus di Jl. Cokroaminoto sampai memasuki Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk dan tetap di jalur utama melewati Jl. I. Gusti Ngurah Rai dan tiba di pertigaan dekat SMA Negeri 1 Mengwi. Disini anda harus belok kiri untuk masuk ke Jl. Gandamayu lalu belok kanan di pertigaan Jl. I. Gusti Ketut Jelantik dan terus lurus untuk melewati Jl. Raya Denpasar – Singaraja.

Terus ikuti Jl. Raya Denpasar – Singaraja sampai anda memasuki Jl. Raya Baturiti dan tiba di pintu masuk Kebun Raya Bali. Silahkan ikuti Jl. Kebun Raya Eka Karya sampai menemukan bundaran Patung Kumbakarna Laga dan terus lurus lalu tiba pertigaan pertama anda harus belok kiri.

Setelah itu anda akan tiba lagi di pertigaan dekat Taman Kaktus Kebun Raya Bali, disini silahkan belok kiri dan tiba di pertigaan sebelum memasuki Makam Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al-Maghribi lalu belok kanan. Setelah itu anda akan tiba di Pura Teratai Bang yang berada tepat di ujung jalan.

Panjang Rute perjalanan ini kurang lebih sekitar 49 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi adalah selama 1 jam 25 menit. Sepanjang perjalanan anda akan melihat banyak sekali tumbuhan dan merasakan udara sejuk dan segar.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi

Harga Tiket Pura Teratai Bang
Image Credit: Google Maps Yuni Wahyuni

Untuk tiket masuk Pura Teratai Bang adalah Rp. 10.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp. 5.000 per orang untuk anak-anak.

Perlu diketahui bahwa tempat wisata rohani ini buka setiap hari dengan rincian Senin sampai Jumat mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WITA, sedangkan untuk Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WITA.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pura Teratai Bang

Aktivitas di Pura Teratai Bang
Image Credit: Google Maps Wika Putri

1. Berdoa di Pura Teratai Bang

Karena tempat wisata menawan ini merupakan sebuah tempat beribadah maka kegiatan berdoa adalah kegiatan menarik paling pertama yang bisa anda lakukan. Jelas kegiatan ini hanya berlaku bagi umat beragama Hindu, namun jika hanya sekedar melihat umat Hindu beribadah tidak akan jadi masalah (selama tidak mengganggu).

2. Berfoto-Foto

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Pura Teratai Bang adalah berfoto. Kegiatan ini sangat disarankan karena terdapat banyak sekali spot foto menarik seperti bangunan pura itu sendiri dan alam sekitar. Anda juga bisa mencoba pakaian tradisional masyarakat setempat dan mengabadikannya dengan kamera kesayangan anda.

3. Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yaitu menikmati alam sekitar yang masih sangat alami. Banyak sekali tumbuhan seperti pepohonan yang bisa anda jumpai di Pura Teratai Bang yang cantik ini, dimana hal tersebut akan membuat perasaan menjadi lebih tenang apalagi dengan keadaan sekitar tempat wisata asal Desa Candikuning ini yang sangat nyaman

Maka dari itu, anda juga bisa melakukan refreshing sejenak di tempat wisata rohani ini. Dengan udara yang sejuk, suara alam yang tenang, dan bau belerang yang khas membuat perasaan tidak nyaman akan hilang dengan sendirinya begitu anda mulai menyatukan diri dengan alam sekitar.

Aktivitas Menarik di Pura Teratai Bang
Image Credit: Google Maps Ngurah Abdi Saputra

4. Menjelajahi Kawasan Kebun Raya Eka Karya Bedugul atau Kebun Raya Bali

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan ketika sampai ke lokasi wisata nan cantik ini adalah menjelajahi kawasan Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Seperti yang sudah diketahui bahwa Pura Teratai Bang berada di dalam kawasan Kebun Raya Bali sehingga banyak sekali tempat yang bisa anda dikunjungi.

Yang paling dekat adalah Makam Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al-Maghribi yang letaknya hanya dibedakan oleh pertigaan saja. Selain itu ada juga Taman Kaktus yang letaknya hanya sekitar 200 meter dari lokasi wisata rohani umat Hindu ini.

5. Wisata Kuliner

Terakhir anda bisa melakukan wisata kuliner di pura cantik ini. Kegiatan ini sudah didukung dengan adanya beberapa warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar, dimana ada beberapa makanan khas daerah setempat yang dimasukan kedalam menu warung makan tersebut sehingga kegiatan wisata kuliner bisa dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pura

Fasilitas Pura Teratai Bang
Image Credit: Google Maps Wika Putri

Tempat wisata menakjubkan asal Desa Candikuning ini juga memiliki beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan oleh wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut terbilang sudah sangat baik, dan berikut adalah fasilitas apa saja yang ada di Pura Teratai Bang.

Fasilitas pertama yang bisa anda jumpai di tempat wisata yang juga merupakan tempat berdoa bagi umat beragama Hindu ini adalah warung makan. Fasilitas ini sangat membantu bagi wisatawan yang datang berlibur tanpa membawa bekal dari rumah karena di warung makan tersebut terdapat banyak menu makanan dan minuman yang dijual.

Beralih ke fasilitas selanjutnya yaitu toilet umum yang dapat anda gunakan untuk membuang air besar atau kecil. Fasilitas ini juga sudah dibedakan menjadi toilet umum pria dan toilet umum wanita jadi anda tidak perlu khawatir soal masalah privasi. Untuk kebersihannya juga sudah terjamin karena ada petugas pembersihnya.

Demikian sedikit review mengenai sebuah tempat wisata asal Kecamatan Baturiti, Bali yang bernama Pura Teratai Bang. Jangan kaget ketika anda mencium bau belerang di sekitar lokasi wisata menakjubkan ini karena itu merupakan salah satu ciri khasnya yang terjadi akibat adanya sumber air yang mengeluarkan asap dan berbau belerang.