15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Lubuklinggau

Lubuklinggau merupakan kabupaten setingkat kota madya yang berada di provinsi Sumatera Selatan. Berada di bagian paling barat Sumatera Selatan membuat kota Lubuklinggau menyimpan potensi wisata yang cukup potensial. Tak heran jika banyak sekali tempat wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung baik wisata alam, wisata religi, wisata sejarah hingga wisata buatan. Terlebih pemerintah setempat terus menggalakkan pengelolaan di setiap objek wisata yang ada di Lubuklinggau.

Penasaran apa saja destinasi menarik di Lubuklinggau? Simak ulasan 10 rekomendasi tempat wisata berikut ini.

1. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam

Image Credit: Ksmtour.com

Air terjuan Temam merupakan salah satu tempat wisata alam andalan yang ada di Lubuklinggau. Air terjun Temam ibarat kata merupakan Niagaranya Lubuklinggau lantaran memiliki kemiripan denhan air terjun Niagara yang ada di Kanada. Air terjun Temam memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan lebar 25 meter serta kedalaman kolamnya yang mencapai 4 meter.

Sangat cocok untuk Anda yang ingin bermain air sepuasnya di lokasi ini. Selain airnya yang jernih serta pemandangan sekitar yang indah, jika Anda beruntung Anda akan menemui pelangi di kaki air terjun. Air terjun ini berada di kecamatan Lubuklinggau selatan.

Lokasi: Air Teman, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau.

2. Masjid Agung Darussalam Musi Rawas

Masjid Agung Darussalam Musi Rawas

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Masjid agung Darussalam Musi Rawas merupakan sebuah tempat ibadah umat Islam yang dibangung sekitar tahun 2009. Meski sebuah masjid, namun juga digunakan sebagai tempat wisata religi andalan Lubuklinggau. Desain arsitekturnya yang indah dan unik membuat banyak orang menggunakan masjid ini sebagai tempat prewedding.

Lokasi: Muara Beliti Baru, Kec. Muara Beliti, Kab. Musi Rawas.

3. Air Terjun Takli

Air Terjun Takli

Image Credit: Rimbakungku.blogspot.com

Air terjun Takli merupakan air terjun berikutnya yang menarik untuk dikunjungi. Berada di Desa Ulak Surung, kecamatan Lubuklinggau Utara II, untuk menuju ke lokasi air terjun cukup sulit aksesnya. Karena Anda diharuskan melewati jalan yang sulit dan sempit kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Belum lagi Anda harus berjalan kaki selama 1 jam untuk sampai ke lokasi air terjun.

Meski memerlukan perjuangan yang ekstra namun, akan terbayar dengan indahnya air terjun serta segarnya air yang ada di sana. Bagi Anda yang suka akan tantangan tak ada salahnya untuk mengunjungi air terjun Takli.

Lokasi: Belalau II, Taba Baru, Kec. Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau.

4. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking

Image Credit: Gubug-makan-mang-engking-lubuk-linggau.business.site

Puas berkeliling kota Lubuklinggu tak ada salahnya untuk sejenak mampir di gubug makan Mang Engking. Gubug ini memang sekilas seperti warung makan biasa namun, seringkali menjadi tempat favorit para wisatawan untuk mengisi perut. Belum lagi konsep warung makannya yang unik ala-ala pedesaan membuat semua pengunjung betah berlama-lama di sana. Banyak sekali hidangan makanan yang bisa Anda nikmati bersama keluarga sembari bersantai.

Untuk urusan rasa jangan ditanyakan dan diragukan lagi karena semua makanan yang tersedia memiliki citarasa yang enak khas masakan nusantara. Yang membuatnya semakin menarik lantaran warung makan ini sering memberikan diskon.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Siring Agung, Kec. Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

5. Sungai Siring Agung

Sungai Siring Agung

Image Credit: Tentangwebsites.blogspot.com

Sungai Siring Agung menjadi tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Berada di kecamatan Lubuklinggau Selatan, sungai Siring Agung sebenarnya meruapakan jalur irigasi dan konon katanya memiliki sejumlah cerita yang mistis.

Diantara cerita mistis yang menyelimuti sungai ini adalah adanya hantu berbulu hitam yang kerap muncul. Jika Anda tertarik berkunjung ke sungai ini ada baiknya jangan sekali-kali berenang cukup abadikan momen di sekitar sungai.

Lokasi: Siring Agung, Kec. Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

6. Sungai Kelingi

Sungai Kelingi

Image Credit: Mongabay.com

Berbeda halnya dengan sungai Siring Agung, sungai Kelingi bebas untuk dikunjungi tanpa takut adanya cerita mistis. Sungai yang berada di Desa Ulak Surung, kecamatan Lubuklinggau Utara ini menyimpan banyak keanekaragaman hayati.

Bagi Anda yang suka bermain arung jeram bisa untuk mencoba arung jeram di sungai kelingi ini. Dijamin liburan Anda sekeluarga akan menyenangkan dan mengesankan.

Lokasi: Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

7. Air Terjun Curug Leko

Air Terjun Curug Leko

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Air terjun Curug Leko merupakan air terjun yang berada di Desa Jukung dan terbilang masih sangat alami. Air terjun Curug Leko memang tidak terlalu tinggi namun memiliki air yang sangat segar dan jernih. Belum lagi ada pemandian yang menyerupai telaga membuat banyak orang ingin berenang di tempat ini. Karena masih alami sehingga air dan lingkungan sekitar air terjun dijamin bebas dari sampah yang sering menganggu para wisatawan.

Lokasi: Jl. Sudirman, Jukung, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau.

8. Bukit Sulap

Bukit Sulap

Image Credit: Koran-me.com

Tempat wisata yang terbilang baru dan cukup unik di Lubuklinggau adalah bukit Sulap. Bukit yang berada di Desa Ulak Surung, kecamatan Lubuklinggau Utara ini memiliki spot foto yang sangat banyak dan menarik. Belum lagi suasana disekitar bukit sangatlah sejuk ditambah dengan panorama alamnya yang indah semakin membuat siapapun enggan untuk meninggalkan tempat ini.

Lokasi: Jl. Bengawan Solo No.RT 10, Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

9. Air Terjun Sando

Air Terjun Sando

Image Credit: Yandika7.blogspot.com

Lubuklinggau memang memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun dan masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Yang juga menjadi favorit para wisatawan adalah air terjun Sando. Air terjun Sando berada di kecamatan Lubuklinggau Barat ini memiliki air terjun yang cukup deras sehingga pas untuk berenang.

Terlebih disekitar tebing air terjun terdapat rerimbunan pepohonan yang membuat suasana menjadi lebih asri. Air terjun yang tingginya mencapai 10 meter ini memang seringkali menjadi tempat yang diburu banyak wisatawan lantaran keindahan air terjunnya yang tiada duanya.

Lokasi: Kayu Ara, Kec. Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau.

10. Air Terjun Pelegan

Air Terjun Pelegan

Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Tak ada habisnya untuk mengeksplor air terjun yang ada di Lubuklinggau. Pasalnya banyak sekali tempat wisata berupa air terjun yang ada di kota ini. Salah satunya yang cukup menarik adalah air terjun Pelegan. Air terjun yang berada di Desa Rahma, kecamatan Lubuklinggau Selatan ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Untuk sampai ke lokasi Anda diharuskan untuk berjalan kaki sekitar 10 menit menyusuri perkebunan karet milik warga.

Lokasi: Air Temam, Kec. Lubuk linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau.

11. Pusat Kuliner Lubuklinggau

Pusat Kuliner Lubuklinggau

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Selain gubug Mang Engking, Anda pun bisa menikmati beragam kuliner di pusat kuliner Lubuklinggau. Terletak di sepanjang jalan Yos Sudarso ini berjejer beragam stand makanan dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pun bisa sepuas hati menikmati beragam kuliner bahkan yang khas kota Lubuklinggau juga ada di pusat kuliner ini.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.08 Rt.02, Taba Koji, Kec. Lubuk Linggau Timur II, Kota Lubuklinggau.

12. Pemandian Air Panas Suban

Pemandian Air Panas Suban

Image Credit: Wartanasional.com

Di Daerah Cawabng Baru, Selupu Rejang terdapat pemandian air panas yang cukup terkenal yakni pemandian air panas Suban. Selain menjadi tempat pemandian air panas favorit, Suban juga memiliki beragam flora dan fauna yang cukup unik dan mungkin tidak bisa Anda temui di tempat lain. Untuk menuju lokasi cukup mudah aksesnya dengan alokasi perjalanan sekitar 2 jam dari Provinsi Bengkulu.

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

13. Bendungan Watervang

Bendungan Watervang

Image Credit: Yandika7.blogspot.com

Bendungan yang cukup terkenal dan kini menjadi tempat wisata di Lubuklinggau adalah bendungan Watervang. Bendungan ini berada di kecamatan Lubuklinggau Timur tepatnya di kelurahan Watervang ini memang selain indah pemandangannya juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Diketahui bendungan ini merupakan bendungan peninggalan jaman Belanda dan lokasinya persis berada di kawasan sungai Kelingi.

Dulunya bendungan Watervang digunakan masyarakat sebagai irigasi atau pengairan khususnya di wilayah Lubuklinggau dan sebagian kabupaten Musi Rawas. Namun, seiring berjalanya waktu masyarakat mengembangkan bendungan sebagai tempat wisata lantaran keindahan alam sekitar bendungan yang indah. Selain mengabadikan momen, Anda pun bisa mencoba permainan arung jeram yang ada disana.

Lokasi: Bendungan Watervang, Kec. Lubuk Linggau Timur I, Kota LubukLinggau.

14. Museum Sriwijaya Subkoss Garuda

Museum Sriwijaya Subkoss Garuda

Image Credit: Asaljeplak.com

Selain wisata alamnya yang luar biasa, Lubuklinggau juga memiliki museum bersejarah untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan di masa lalu serta tempat menyimpan beberapa peninggalan penting terkait kota Lubuklinggau. Untuk menuju museum ini cukup mudah karena berada di tengah kota serta berseberangan dengan masjid agung Assalam.

Berada di Jl. Garuda No.1, Bandung Kanan, kecamatan Lubuklinggau Barat II museum ini memang belum sepenuhnya dikelola dengan baik karena masih dalam tahap pengembangan, namun tak ada salahnya untuk berkunjung sekedar untuk tahu sejarah kota Lubuklinggau atau berfoto ria.

Lokasi: Jl. Garuda No.1, Bandung Kanan, Kec. Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau.

15. Kampung Warna-Warni

Kampung Warna-Warni

Image Credit: Horesurabaya.co.id

Kampung warna-warni merupakan tempat wisata buatan yang terbilang masih baru di Lubuklinggau. Berada di Desa Lubuklinggau Ulu kampung warna-warni berdiri atas dasar inisiatif dari para ibu-ibu PKK. Dengan dukungan penuh dari pemerintah setempat, kampung warna-warni terbentuk dan cukup membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Di kampung warna-warni hampir ratusan rumah sengaja dicat dengan warna-warni dan tak ketinggalan beragam mural yang kretif menghiasi dinding kampung.

Lokasi: Jl. Depati Said, Lubaklinggau Ulu, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

Itulah 15 tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Lubuklinggau, provinsi Sumatera Selatan. Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata baik yang sudah dikeloka maupun yang masih alami dan semuanya memiliki keunikannya tersendiri. Berkeliling kota Lubuklinggau dan mengekplor semua objek wisatanya tak bisa sehari dua hari saja karena banyaknya tempat wisata yang ada. Manfaatkan masa liburan dengan berkunjung ke Lubuklinggau. Tidak hanya wisatanya saja yang menarik namun, juga kekayaan kulinernya yang dijamin membuat lidah Anda ketagihan. Dan yang tak boleh ketinggalan adalah banyaknya oleh-oleh khas Lubuklinggau bisa menjadi buah tangan untuk keluarga yang di rumah. Selamat berlibur dan berakhir pekan.