10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Ogan Komering Ulu

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu sedang gencar-gencarnya membangun desa wisata untuk memperkenalkan keindangan alam Kabupaten ini yang menakjubkan ke mata dunia. Meski wilayah Ogan Komering Ulu dikenal sebagai daerah penghasil pertanian, namun kabupaten ini ternyata juga menyuguhkan banyak wisata alam yang tak kalah cantik dengan daerah-daerah lain di Indonesia khususnya Sumatera Selatan.

Uniknya, wisata di Kabupaten Ogan Komering Ulu masih alami dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia, sehingga bisa dibayangkan alam yang asri dan udara yang sejuk siap menyambut kedatangan Anda di desa wisata tersebut. Berikut ini 10 tempat wisata di Ogan Komering Ulu yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung.

1. Air Terjun Villa Masin

Air Terjun Villa Masin

Image Credit: Tribunnews.com

Air Terjun Villa Masin ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, karena aliran airnya yang tak terlalu deras dan ketinggian tebing yang juga tak terlalu tinggi maka wisata Air Terjun Villa Masin cocok dikunjungi sebagai wisata keluarga. Meski begitu, tak mengurangi indahnya Air Terjun Villa Masin.

Untuk menuju ke Air Terjun Villa Masin ini Anda harus berjalan sekitar 20 menit melewati Desa Mendah, Kecamatan Jayapura. Meski perjalanan menuju ke Air Terjun Villa Masin sedikit melelahkan, Anda tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan Anda akan melihat aktivitas penduduk membajak sawah, budidaya ikan hingga bekerja di ladang, sungguh anugerah alam yang menakjubkan.

Lokasi: Mendah, Kec. Jayapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

2. Bendungan Perjaya

Bendungan Perjaya

Image Credit: Srivijaya.id

Sepertinya yang diketahui, nama Ogan Komering Ulu berasal dari Sungai Ogan dan Sungai Komering, yakni dua sungai besar di Sumatera Selatan yang mengalir Kabupaten Ogan Komering Ulu. Pemerintah kemudian membangun Bendungan Berjaya yang berfungsi untuk membendung tingginya debit air sungai. Bendungan Perjaya berlokasi di Desa Perjaya dan merupakan bendungan terbesar di Sumatera Selatan.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer

Tak hanya berfungsi untuk menahan debit air sungai, karena keindahan alamnya, Bendungan Perjaya juga dijadikan sebagai tempat wisata berkemah dan outbond. Lokasi Bendungan Perjaya yang dikelilingi oleh persawahan dan pertanian di Belintang, menjadikannya sebagai lokasi yang cocok untuk destinasi wisata air.

Lokasi: Perjaya, Kec. Martapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

3. Bukit Batu Mencar

Bukit Batu Mencar

Image Credit: Jagoan-cerita.blogspot.com

Masyarakat Martapura tentunya tidak asing lagi dengan destinasi wisata Bukit Batu Mencar di Desa Lingot, Jayapura. Bukit Batu Mencar merupakan salah salah satu destinasi wisata air lainnya setelah Bendungan Berjaya. Bukit Batu Mencar berupa pemandian yang airnya diperoleh dari mata air yang mengalir dari celah bebatuan besar di sekitaran Bukit Batu Mencar. Sehingga airnya jernih dan masih alami. Bahkan air tersebut tak mengering meski memasuki musim kemarau.

Lokasi: Lingot, Kec. Jaya Pura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

4. Desa Betung

Desa Betung

Image Credit: Sriwijayaterkini.com

Apabila Anda menyukai wisata sejarah, maka berkunjung ke Desa Betung adalah pilihan yang tepat. Sebab desa ini tergolong desa tertua yang berada di Pesisir Komering, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Nama Desa Betung terinspirasi dari rumpun bambu betung yang menjadi salah satu habitat di desa tersebut. Dikabarkan Desa Betung telah berdiri sejak tahun 1520 dan ditempati oleh pengungsi yang berasal dari Lampung.

Di dalam Desa Betung terdapat sedikitnya 52 makan bersejarah hasil asimilasi budaya Hindu, Budha dan Islam seperti Ambali-bali (perdamaian), Anjojok, Sidokah Rumpok, Rogoh , Manjau Diharani, Manjau , Bumiah dan Turun Bara (Rogoh Bara). Sehingga desa ini kerap kali dikunjungi orang-orang yang ingin belajar sejarah di desa ini.

Lokasi: Betung, Kec. Semendawai Barat, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

5. Batu Berputar

Batu Berputar

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi unik yang ada di Ogan Komering Ulu. Dinamai Batu Berputar lantaran dipercayai bahwa batu tersebut jatuh dari langit, dan konon batu ini mampu memancarkan cahaya terang karena adanya energi berlawanan dari dalam batu tersebut sehingga mampu memercikan api.

BACA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Batu Berputar ini bisa Anda temui di Perkebunan Karet. Cocok untuk mengobati penasaran Anda tentang kebenaran berita yang telah beredar luas.

Lokasi: Batu Raja Buangin, Kec. Bunga Mayang, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

6. Desa Darma Buana

Desa Darma Buana

Image Credit: Flickr.com @Baka_neko_baka

Desa Darma Buana ada karena pengaruh masyarakat transmigran dari Bali yang dulu pernah menempati Kabupaten Ogan Komering Ulu. Mereka lantas tinggal di Belintang dan mendirikan komunitas yang kemudian dikenal dengan nama Desa Darma Buana. Layaknya Pulau Bali di Sumatera Selatan, mereka pun membuat miniatur-miniatur pariwisata Bali. Agama mereka juga masih mengikuti agama mayoritas di Bali yakni Hindu dan Budha.

Meski jauh dari tempat asalnya, masyarakat Desa Darma Buana tetap melaksanakan hari raya seperti Ogoh-ogoh setahun sekali, Ngaben lima tahun sekali. Kini Desa Darma Buana terus dikontrol oleh pemerintah mengenai perkembangan wisatanya sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Lokasi: Darma Buana, Kec. Belitang II, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

7.  Makam Pangeran Peranpati

Makam Pangeran Peranpati

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Makam Pangeran Peranpati merupakan makan bersejarah dan menjadi salah satu makam yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Konon, Pangeran Peranpati memiliki kekuatan sakti mandraguna yang hingga kini makamnya masih didatangi untuk ziara mencari ilmu oleh banyak orang.

Makam Pangeran Peranpati ini terletak di Desa Muncak Kabau, Kecamatan BP Bangsa Raja. Bagi Anda yang menyukai wisata misteri, atau memiliki penasaran tinggi, Makam Pangeran Peranpati ini bisa jadi alternatif wisata di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Lokasi: Lengot, Kec. Jayapura, Kab. Ogan Komering Ulu.

8.  Makam Ratu Bagus Baginda Ali

Makam Ratu Bagus Baginda Ali

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Disinyalir bahwa Makam Ratu Bagus Baginda Ali ini merupakan makam tertua di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Makam Ratu Bagus Baginda Ali ini terletak di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Belintang. Menurut beberapa penelitian sejarah, Ratu Bagus Baginda Ali ini merupakan putra mahkota Lampung Way Kanan.

BACA:  37 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pada tahun 1800an Ratu Bagus Baginda Ali dikabarkan merantau ke Kabupaten Ogan Komering Ulu dan akhirnya membuat peradaban baru yang kini disebut dengan Desa Tanjung Raya. Makam bersejarah ini bisa jadi wisata menarik untuk didatangi.

Lokasi: Tanjungraya, Kec. Belitang I, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

9.  Prasasti Tapak Tuan Rizal

Prasasti Tapak Tuan Rizal

Image Credit: Okutimurnews.id

Prasasti Tapak Tuan Rizal bisa Anda kunjungi di Desa Brunei Mulia, Kecamatan Semendawai Timur. Wisata ini bisa menjadi wisata sejarah yang patut Anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Di lokasi wisata ini terdapat juru kunci yang akan memberikan penjelasan mengenai sejarah dan asal usul Prasasti Tapak Tuan Rizal. Kabarnya, Tuan Rizal adalah sosok intelektual yang mampu memajukan daerah-daerah yang ia kunjungi, salah satunya di Desa Brunei Mulia ini.

Lokasi: Brunei, Kec. Semendawai Timur, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

10. Sungai Komering

Sungai Komering

Image Credit: Mongabay.co.id

Pada sungai ini Anda bisa berwisata menyusuri keindahan Sungai Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini menggunakan perahu motor atau perahu karet yang disediakan di sekitaran lokasi. Sembari menikmati indahnya panorama di Sungai Komering, Anda juga bisa menikmati dinginnya air Sungai Komering ini. Daerah ini memiliki panorama wisata yang indah dan menyejukan karena dikelilingi dengan perbukitan hijau, persawahan dan pedesaan.

Lokasi: Sunagituha Jaya, Kec. Martapura, Kab. Ogan Komering Ulu Timur.

Itulah 10 tempat wisata di Ogan Komering Ulu yang dapat dijadikan referensi untuk liburan Anda selanjutnya.